[Review] Isekai Quartet The Movie - Underrated Tapi Komedinya Kena

Pernahkah melihat dan mendalami sebuah anime yang bersatu dari berbagai anime? Mungkin kita tahu akan hal tersebut karena anime yang menyatukan sebagian besar anime isekai adalah kisah dan konsep yang sangat abstruks banget. Namun apakah jadinya anime Isekai Quartet yang berasal dari Season 1, season 2, dan akhirnya masuk ke dalam sebuah film movie?

Isekai Quartet Movie: Another World
Isekai Quartet The Movie
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI
  

Inilah anime movie Isekai Quartet The Movie / Isekai Quartet Movie: Another World  Sebuah movie yang tayang di tahun 2022 kemarin (Sekitaran Oktober 2022 tayang di Indonesia dan di Jepang Juni 2022). Salah satu anime yang menurut penulis adalah underrated, Karena tidak begitu rame dan tidak begitu banyak dibicarakan. Hanya beberapa cerita dan cuplikan lucu saja yang ditayangkan. Namun apa jadinya jika Isekai Quartet ini menjadi movie dan kita review anime ini.  Bahkan penulis review ini akan ada anime yang sesederhana ini bisa dapat season 2 dan bisa mendapatkan movienya. Apakah yang menarik dari anime ini? Mengapa anime yang underrated ini cukup istimewa. Dan apakah yang menyebabkan sang Isekai Quartet the Movie memiliki nilai cukup berbeda?


Plot

Isekai Quartet the Movie adalah sebuah movie yang melanjutkan cerita sebelumnya di dalam Isekai Quartet season 2. Bahkan cerita ini semakin abstruks karena memang terbuat demikian. Secara tak langsung cerita yang ditampilkan adalah cerita yang berada di dalam dunia Isekai Quartet yang menggabungkan beberapa anime isekai menjadi satu. Namun apakah yang terjadi?

Isekai Quartet Movie: Another World
Perjalanan Ke Isekai Lagi lainnya
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI

Isekai Quartet sendiri adalah sebuah kisah dimana teman-teman sekolah dari Isekai Quartet berpindah dimensi lain lagi di sebuah dimensi yang tidak mereka ketahui. Bahkan dimensi dimana terdapat banyak sekali robot-robot maupun golem-golem dan gurun pasir besar. Sebuah dimensi yang lain dari dimensi sekolah mereka. Siapakah yang memanggil mereka? Mengapa mereka tergabung di dalam dunia yang lain ini? Bagaimana mereka dapat kembali ke isekai kembali mereka? 


Underrated Tapi Komedinya Kena

Kisah dari sang Isekai Quartet The Movie adalah komedi, value utama dari anime ini bagaimana menampilkan komedi menjadi value utama. Mungkin salah salah satu orang yang menonton di movie namun saat ditampilkan, Isekai Quartet The Movie tidak terlihat baik. Bahkan nilai dari sebuah anime dan keunikannya hadir di dalam setiap jenaka yang dibawakan. Kejenakaan ini adalah kunci unik dari penayangan.

Isekai Quartet Movie: Another World
Aqua sang beban bagi kita
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI

Kisah utama dari anime ini adalah komedi. Saya rasa anime yang underrated dan kisah yang sangat membosankan ini bisa memberikan konsep-konsep jenaka yang cukup fresh.  Dengan tambahan generasi maupun tokoh baru bisa menghiasi anime ini dengan unik. Dan akhirnya kita tanya, kenapa harus diakui sebagai underrated? Jujur, anime ini tidak menjual animenya sendiri, melainkan hanya cuplikan menjual kejenakaan di dalam anime ini saja. Bahkan anime Isekai Quartet The Movie adalah kisah yang penuh dengan jenaka. 


Value utama anime ini adalah kejenakaan. Dengan kejenakaan yang diberikan, maka dapat dipastikan bahwa Kejenakaan dan komedi yang diberikan sangat segar dan sangat unik. Dengan kesegaran demikian, maka komedi yang diberikan sangat Fresh dan unik untuk dinikmati. Kenapa bisa dinikmati? Karena jelas value utama ini jenaka dari setiap karakter. Oleh sebab itu, kenikmatan dari cerita ini


Kasusnya adalah bagaimana ketemu Chuunibyou lagi. Pantagruel. Dimana dia ini seperti Megumin yang didepak di dalam dunia Isekai Quartet. Dan akhirnya sang Megumin terlihat ketemu kembarannya yang juga Chuunibyou, yakni sang Pantagruel. Inilah kelucuannya. Namun juga ditambah bagaimana kelucuan yang dibawakan oleh masing-masing tokoh dari Isekai Quartet ini. Bahkan dengan kelucuan dan cerita yang aneh ini, kita diperlihatkan bagaimana kejenakaannya masing menjadi.

Isekai Quartet Movie: Another World
Pantragruel mirip Megumin
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI

Namun untuk kita ketahui, kejenakaan yang dibawakan dalam anime 2 jam ini sendiri berasal dari kejenakaan sekaligus kelucuannya berasal dari bagaimana salah paham menjadi nilai utama anime ini bergerak. Bahkan kesalahpahaman yang dibawakan dari setiap karakter bikin gelak tawa. Oleh sebab itu, setiap karakter punya keunikan tersendiri yang bikin anime ini semakin tidak masuk akal dan lucu maksimal sekali. Oleh sebab itu, kejenakaan dan kelucuan ini bikin lucu banget.


Konfliknya Bener-Bener Gak Jelas

Konflik dari anime ini sebenarnya adalah salah paham. Karena kesalahpahaman menjadi musuh utama. namun karena konfliknya bener-bener tidak jelas selain dari awal kita diperlihatkan sebenarnya terlihat bagaimana konfliknya bener-bener tidak jelas. Karena ketidakjelasan ini terlihat dari keinginan sang tokoh dari dimensi Tanya cewek itu dengan Pantagruel, yakni Vera Metrohina. Dimana sang Vera ini sendiri ingin kembali ke era dimana sang Vera berdiri. Yakni era Tanya the Devil. 

Isekai Quartet Movie: Another World
Vera dari Anime Tanya The Evil
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI

Namun sebenarnya secara garis besar konflik yang dibawakan hanya ingin kembali ke tempat mereka dan kembali ke tempat dimana mereka berkumpul kembali. Ketika mereka berkumpul di tempat mereka kembali. Maka mereka bisa senang dan bisa melanjutkan kehidupan. Konflik pindah isekai dan berkumpul para penyintas isekai di satu tempat adalah cerita yang hampir disukai. Konflik untuk pindah dan pertemanan adalah konflik sederhana yang diceritakan.


Karakter Tambahan Pinter Nge-Plot Twist

Salah satu keunikan lain adalah karakter tambahan di dalam anime ini sendiri punya kemampuan untuk membentuk plot Twist. Termasuk pantagruel yang melesat dengan begitu hebat ketika dirinya menjadi tokoh yang ngetwist kehidupannya. Bahkan kehidupan yang twist dan berubah ini lucu. Bahkan karakter Pantagruel dan Megumin ketika menjadi satu, kelihatannya lucu banget. Sebuah Chuunibyou yang semakin tingkat maks. 

Isekai Quartet Movie: Another World
Karkater dari Overlord
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI

Karakter Vera sendiri terlihat mirip sebagai antar goni utama. Padahal Vera adalah karakter yang cukup salah paham terhadap jalannya anime ini. Bahkan kesalahpahaman Vera dengan seorang Pantagruel adalah keunikan tersendiri yang diberikan dalam anime ini.


Karakter dari Berbagai Isekai atau utama Isekai Quartet Semakin Unjuk Gigi + Banyak Referensi dari Anime

Salah satu hal lain yang dapat dibicarakan dan dipahami adalah bagaimana setiap karakter mulai unjuk gigi di dalam anime ini. Unjuk gigi ini sendiri dapat dibilang sangat unik. Karena setiap karakter punya referensi khusus dari setiap dari referensi akhirnya mau menunjukkan unjuk gigi mereka masing-masing. Karena kekuatan mereka. 

Isekai Quartet Movie: Another World
Karakter Tanya yang siap Unjuk gigi
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI

Penulis yakin banyak referensi yang diambil. Sebagai contoh kekuatan dari Ram kakak dari Rem yang awalnya tidak dilihatkan di anime akhirnya diperlihatkan. Lalu ditambah dengan pintu yang dipahat oleh Aqua dan Albedo yang duet bikin pintu dan setiap ukiran pintu mereferensi salah satu anime. Sekaligus banyak hal-hal yang referensi anime. Bahkan saya rasa lebih banyak referensi dari anime Overlord daripada lainnya. Apakah mungkin penulisnya kurang mendalami anime yang lain selain overlord?


Visualisasinya Not Problem

Salh satu hal yang patut diacungi jempol adalah bagaimana mereka menggambar chibi character yang dibawakan oleh studi. Bagi saya secara pribadi, visualisasinya tidak begitu problem untuk dibawakan. karena jelas visualisasi yang kali ini terasa baik. Meskipun ada beberapa bagian mempergunakan CGI yang mungkin era sekarang cukup lazim. Namun CGI yang diperlihatkan tidak memperburuk animasi malah melengkapi kekurangan.


Musiknya Kurang Memorable tapi Okey

Salah satu kekurangan yang mungkin saya temukan anime ini adalah musik yang tidak begitu memorable dan kurang memiliki khas yang ada. Tapi memang tidak begitu memorable dan tidak punya lagu atau musik yang bagus. Namun untuk memberikan pengaruh besar dalam anime ini. Karena apa yang diungkapkan dan dituliskan dan dirasakan cukup baik.


Plot Hampir B Aja tapi Endingnya Ngakak

Plot yang diberikan sebenarnya plot yang plot yang sebenarnya B aja hanya untuk mengungkapkan kejenakaan yang diberikan di dalam cerita. Namun mencapai ending bukanlah malah sedih-sedih dikit, namun yang terjadi adalah ending yang diberikan melempar manusia ke dalam manusia sampai ketawa. Padahal demi keselamatan setiap manusia. Namun inilah yang dapat menilai. Endingnya yang ngakak happy ending malahan dibawakan oleh plot yang B aja adalah sesuatu yang unik. Tapi Isekai Quartet The Movie telah memberikan keunikan dan kejelasan dalam anime ini.

Isekai Quartet Movie: Another World
Kekuatan dari Kazuma dan Megumin
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI

Dengan plot yang hampir B aja ini, endingnya yang ngakak adalah sesuatu yang unik untuk dinikmati. Kenikmatan dari anime yang plotnya B aja adalah sesuatu yang unik dan bikin nyaman. Meskipun underrated tapi tidak buruk-buruk amat untuk menonton anime movie Isekai Quartet. Bahkan dapat dibilang, karena plotnya yang B aja dan tidak punya keunikan lain selain cerita yang penuh dengan komedi. 


Kesimpulan 

Anime Movie Isekai Quartet yang terlihat seperti anime yang underrated yang plotnya yan terlihat B aja tapi dengan fokus utama anime ini. Bahkan fokus anime ini adalah bagaimana komedi yang diberikan dan keseluruhan yang dinikmati begitu baik. Namun karena underrated dan hanya beberapa bagian dari anime ini dikhususkan untuk penggemar dari setiap anime isekai, maka dapat disimpulkan Isekai Quartet dinikmati oleh para fans yang ingin fan services. Dengan Isekai Quartet akhirnya kita bisa merasakan bagaimana dan apa jadinya tokoh-tokoh penting dari setiap isekai bisa bersatu. Dan akhirnya Isekai Quartet berjalan dengan baik. Meskipun underrated tapi komedinya bisa dinikmati.

Isekai Quartet Movie: Another World
Siap untuk Unjuk Gigi
© Isekai Quartet The Movie Comitte
/ Studio PuYUKAI

Kelebihan :

  • Anime ini menjual sebagian besar komedi yang ingin dinikmati sebagian besar ceritanya
  • Banyak mistery X maupun keunikan-keunikan dan hal-hal yang details dari anime yang masuk ke dalam Isekai Quartet
  • Sebagian besar karakter yang dibawakan sudah mulai menambah dan ada karakter original baru Yakni Pantagruel, Alec, dan Vera..
  • Endingnya ngakak meskipun anime underrated tapi punya ending yang sengakak ini.


Kelemahan :

  • Anime ini punya plot yang tidak terlalu ngejual dan terkesan B aja
  • Tidak ada yang terlalu excited dari anime Underrated ini.
  • Tidak ada promosi kuat akan anime yang underrated dan tidak punya promosi yang kuat dari anime ini.
  • Karakternya hanya unjuk gigi dan pembentukan karakter yang hanya sebagian saja yang difokuskan dan karena hanya difokuskan beberapa bagian dan beberapa karakter hanya pendukung. 


Penilaian : 7/10 Mungkin (bisa nilai lain terserah)


Apakah dirimu suka akan anime yang Underrated ini? Apakah anime yang terlihat biasa saja dan difokuskan untuk penggemar bisa menikmati quartet isekai ini? Isekai yang gabung dari Isekai lain?

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini