[Review] Suzume no Tojimari - Anime ini Bencana Dunia

Setiap tiga tahun sekali, Makoto shinkai selalu mengungkapkan dan menerbitkan movie terbaru mereka. Bahkan movie yang kali ini sering kita sebut sebagai Makoto Shinkai Effect selalu aja bikin kita benar-benar suka. Apakah memang sang Makoto Shinkai bisa mengungkapkan keunikan dari anime yang digarap dari Suzume no Tojimari ini? Apakah yang menarik dari Suzume no Tojimari ini? Apakah yang membuat Suzume menjadi anime yang dinantikan?

Suzume no Tojimari
Suzume no Tojimari
© Makoto Shinkai / CoMix Wave Films
  

Suzume no Tojimari atau sering disebut Suzume adalah anime yang punya peran penting di dalam. Anime ini sendiri telah tayang sekitaran tahun 2022 yang ditayangkan dan diterbitkan  November 2022. Sebuah anime yang memiliki keunikan tersendiri karena diproduksi oleh CoMix Wave Films dan diedarkan oleh Toho Animation. Salah satu anime yang memiliki pendapatan tertinggi dikala itu. Bahkan menjadi salah satu anime movie yang menarik perhatian semua orang yang hadir untuk menonton. Bahkan dapat dibilang, Suzume ini punya kesan menarik sekaligus kesan tersendiri. Apakah yang bikin anime ini naik daun setinggi-tingginya?


Plot

Suzume baru saja bertemu dengan pria yang sangat misterius, yakni Souta Munakata. Bertemu sepanjang ketika Suzume mau ke sekolah. Pertemuan yang misterius ini hanya membahas dimana ada daerah yang terbengkalai dan terpencil. Hal ini yang telah dicari sepenuhnya oleh Souta Munakawa untuk menutup pintu yang terjadi di dalam desa Suzume. Namun suzume yang tahu mendadak tidak begitu memperdulikan. Namun tiba-tiba ke gerbang dan menutup gebang itu. 

Suzume no Tojimari
Memulai Kisah sang Suzume
© Makoto Shinkai / CoMix Wave Films

Suzume yang tahu bahwa pintu-pintu mulai terbuka mendapatkan sebuah tugas dengan pemuda bernama Souta Munakawa. Dengan tugas-tugas untuk menutup pintu. Maka bencana tidak akan terjadi. Dan bencana punya  permasalahan yang sangat besar. Terutama bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan negara yang mendapatkan gerbang itu. Pintu Terbuka, Bencana Terjadi!


Anime ini adalah Bencana Dunia

Dari setiap anime Makoto Shinkai. Tidak akan melupakan melibatkan bencana-bencana yang sering mereka ungkapkan. Baik di dalam Kimi no Nawa Bencana dari runtuhnya desa Mizuha karena meteor. lalu Tenki no Ko yakni bencananya yang disebabkan sang tokoh utama sedang pacaran dan bencana tentang hujan silih berganti. Lalu Garden of Word juga ada bencana. Dengan hal-hal demikian, kita bisa melihat bagaimana konsep bencana dan cuaca adalah mungkin ciri khas dari sang Makoto Shinkai yang suka akan hal ini. Bahkan konsep bencana Alam dan cuaca mungkin menjadi nilai utama melihat anime movie Makoto Shinkai ini.

Suzume no Tojimari
Pintu yang Punya Keunikan
© Makoto Shinkai / CoMix Wave Films

Dan harus kuakui. ANIME INI Bencana. Karena bencana yang dibawakan dalam anime ini sendiri tidak main-main. Karena bencana berasal dari sebuah hal yang berasal dari dunia lain. Mungkin kali ini anime Suzume no Tojimari punya keunikan tersendiri yang berbicara tentang bencana Alam dan Cuaca. Dengan cara yang begitu ekstrim dan bencana yang tidak main-main adalah sebuah tema yang penting untuk dinikmati. 


Meskipun reviewer mengungkapkan anime ini sebagai anime bencana. Anime ini sendiri adalah anime yang cukup wow untuk dinikmati. Karena setiap distater atau bencana adalah hal yang bisa dinikmati. Bahkan dapat dibilang dengan konsep distater ini, bisa dibilang bencana alam adalah kunci untuk menjadikan anime ini berarti dan menghentikan bencana adalah kunci utamanya.


Memadukan Kerja Keras, Tanggung Jawab, Pertemanan, dan Keluarga

Value utama dari anime ini adalah kerja keras, tanggung jawab, pertemanan, dan keluarga. Apakah yang menarik. Bahkan dari empat poin ini dibawakan dengan baik dari setiap sendi dari kehidupan. Apakah penjelasan dari empat poin ini?

Suzume no Tojimari
Bencana yang akan hancur
© Makoto Shinkai / CoMix Wave Films

Pertama, Kerja Keras. Salah satu kerja keras yang dibawakan dari Suzume adalah perjuangannya dengan mandat dan tugas yang diberikan. Dengan Kerja keras untuk menyelesaikan tugas sedangkan dirinya anak SMA kelas 2, adalah sesuatu yang sangat mustahil. Apalagi tugasnya bukanlah tugas sekolah. Tugasnya berkaitan dengan tugas negara dalam menyelamatkan dunia. Dengan tugas demikian, kerja keras sang Suzume meningkat.


Tanggung Jawab. Sebagai anak muda yang punya tanggung jawab besar. Tanggung jawab yang diberikan kali ini adalah tanggung jawab menjaga dunia bersama Shouta. Tujuan dari tanggung jawab adalah mencari sebagian besar pintu dan menutupnya. INi bukan sembarang pintu yang dimaksud. Ini pintu yang mengarahkan kepada kita untuk dunia tak kasat mata dan ada  monster yang akan menghanguskan dunia. (Tugasnya hanya tutup pintu saja loh)

 

Pertemanan. Suzume belajar bagaimana memiliki pertemanan yang semakin luas dari hari ke hari. Pertemanan mereka sendiri tindakan terpisahkan oleh waktu yang ada di dunia saat ini. Pertemanan mereka antara Shouta dan Suzume dengan teman-teman baru membawa Suzume semakin lebih dewasa dan mungkin mengenal kedewasaan yang lebih cepat dan baik. Oleh sebab itu, Suzume semakin akrab dari hari ke hari berikutnya.

Suzume no Tojimari
Value lainnya : Kisah Keluarga
© Makoto Shinkai / CoMix Wave Films

Keluarga, Poin berikutnya adalah keluarga. Dari Keluarga ini, Suzume adalah keluarga yang benar-benar tidak sehat dan masih ada konflik keluarga. Karena Suzume sendiri anak yang baru saja Anak baru Besar yang tumbuh dengan konflik di dalamnya. Konflik ini terjadi karena Suzume masih belum dewasa dan ini yang ingin di fokuskan dalam anime ini.


Terasa Temponya Bermasalah?

Sebenarnya Tempo dan porsi yang diberikan. Menurut saya secara pribadi. Temponya kadang cepat dan kadang lambat di satu sisi. Karena tempo yang diberikan memang sangat bermasalah. Karena bermasalah ini sendiri karena tempo yang dirasakan di dalam tempo. Kadang bersama sangat cepat dan sangat lambat. Karena tempo yang diberikan sendiri terlihat sangat bermasalah untuk dinikmati. Oleh sebab itu ini agak bermasalah dalam tempo.


Tempo yang bermasalah ini telah menjadi keunikan tersendiri. Karena fokus utama adalah bagaimana pendekatan dari sang Cewek dengan cowok. Kisahnya memang terasa berat sih tapi memang inilah yang menjadi fokus utama ceritanya. Porsi tempo yang kadang cepat kadang lambat adalah mungkin keunikan tersendiri. Memang mungkin ini perlu diperbaiki dari anime ini.


Karakter Pendukung Anime "cuman Mendukung"

Sebagian besar karakter yang Suzume temui sebenarnya hanya seorang pendukung saja. Dari sebagian besar karakter ini. Terutama karakter dari utama Yakni sang Suzume itu sendiri. karena karakter utama Suzume punya peluang besar ini adalah cerita bagi sang Suzume.Dan Suzume terfokus dengan baik bagaimana perjuangannya sebagai Cewek loh. Kita akan bahas tentang Suzume dan dengan Souta ini. Bahkan karakter utama sendiri sang Suzume menjadi pusat perhatian.


Karakter Utama adalah Suzume, Souta Hanya NPC 

Okey kali ini bahas karakter, karakter Suzume difokuskan menjadi yang sangat utama dari Suzume. Karena Suzume punya cost maupun fokus utama. Bahkan dapat dibilang, Suzume yang harus difokuskan menjadi tokoh utama. Tokoh yang penting, tokoh utama yang utama dan tokoh yang penting untuk difokuskan. Karena Suzume ini sendiri adalah nilai utama yang penting. Bahkan sebagian besar tokoh anime ini mencoba memfokuskan untuk Suzume dan memfokuskan agar Suzume menjadi karakter utama dalam anime. 

Suzume no Tojimari
Fokus utamanya adalah Suzume
© Makoto Shinkai / CoMix Wave Films

Lalu Souta, hanya seorang NPC yang ada di dalam anime ini. NPC ini sendiri terlihat bagaimana Souta sendiri menjadi seorang NPC tapi memang meskipun seorang NPC. Maka Souta sendiri adalah tokoh yang punya pengaruh hebat di dalam anime ini. Seorang Suzume akhirnya suka akan Souta dan Souta menjadi tokoh yang ditunggu oleh Suzume. Dan inilah kisah percintaan dan perjuangan yang baik. Karena menjadi seorang NPC dan pembantu dari Suzume.


Visualisasi dan Musiknya Wow Amazing 

Perlu kita ketahui, bahwa Visualisasi dari sang Makoto Shinkai dan CoMix Wave Films. Dimana Comix Wave Films berhasil untuk menjelaskan bagaimana Kisah sang Suzume dengan baik. Visualisasi yang dibawakan dan musik yang dibawakan sangat unik. Bahkan Suzume memiliki pengaruh kuat. Bahkan musik yang dibawakan adalah lagu Suzume oleh Radwimps dengan lagu Suzume. Dengan pembawaan ini, kita bisa dibilang Suzume menjadi fokus dari seluruh anime ini bergerak.

Suzume no Tojimari
Animasinya sangat Wow
© Makoto Shinkai / CoMix Wave Films

Visualisasi dan Musik yang dibawakan sangat amazing dan tidak perlu diragukan lagi. Karena keraguan kita tentang visual dan musik ini baik. Dengan visual dan musik yang dibawakan sangat amazing untuk dinikmati. Karena kenikmatan cerita ini bisa dinikmati dengan baik karena musik dan visual. Excited banget. BAHKAN MUSIKNYA SANGAT MENARIK. Bahkan Musiknya bikin terharu banget.


CGINya hampir tak Terlihat. Meskipun kita tahu bahwa bagian tertentu ada CGI tapi CGI yang dibawakan tidak begitu terlihat banget. Bahkan cukup memperindah visual yang diberikan. 


Endingnya CUKUP PUAS

Dengan perjuangan Suzume untuk menghadapi rasa takut dan pengalaman masa lalu. Suzume berhasil untuk menghadapinya. Tidak banyak saya spoiler cerita yang diberikan. Karena yang diberikan endingnya cukup puas bahkan meskipun plotnya hanya berbicara bencana saja. Tapi endingnya berbicara perjuangan dan percintaan. Sudah deh gk perlu di spoiler cukup dipuaskan.


Kesimpulan

Suzume menang banyak kali ini. Cerita yang membawa teman bencana alam,  Oleh karena itu, Suzume punya cerita yang sangat unik dinikmati. Visualisasi, musik, dan pembawaan anime ini bisa tidak biasa karena sang Makoto Shinkai telah berhasil menghipnotis kita semua karena sutradara dari Makoto Shinkai. Karena keberhasilan ini, Anime Suzume menjadi anime yang cukup unik dan bisa menjadi anime yang berkembang dan anime movie terbaik.

Suzume no Tojimari
Selamat Berjuang Suzume
© Makoto Shinkai / CoMix Wave Films

Dengan memperhatikan hal-hal demikian kita sudah pasti mengetahui bahwa Suzume menjadi sebuah contoh anime yang bener-bener mantap untuk dinikmati. Bahkan dapat dibilang Suzume adalah anime yang cukup mantap untuk ditonton meskipun tempo agak susah ditebak. Kadang cepat kadang lambat tapi bisa okey-okey saja. Karena fokus utama adalah Suzume.


Kelebihan :

  • Fokus kepada Suzume yang benar-benar okey
  • Kisah sang Suzume menjadi inspirasi bagi orang-orang yang berjuang
  • Visualisasi dan Musik yang dibawakan sangat baik untuk dinikmati (Amazing)
  • Endingnya sangat Puas untuk dinikmati
  • Value-Value yang dibawakan sangat menarik (Pertemanan, Tanggung Jawab, Keluarga, dan Kerja keras dan Tanggung Jawab).
  • Ceritanya sangat menarik banget.
  • Komedi salah pahamnya mengena di setiap scene


Kekurangan :

  • Temponya tidak begitu kelihatan
  • Souta adalah tokoh NPC sebenarnya. Tapi bener-bener diharapkan.


Penilaian : 8.9 / 10


Apakah dirimu suka akan Suzume ini? Apakah memang anime Suzume no Tojimari ini adalah kisah yang memorable dari Makoto Shinkai?

Komentar Facebook
1 Komentar Blogger

1 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini