[Review] Sword Art Online II Part 2 : Kebersamaan yang Mengesankan

Meskipun dunia sudah mencapai kemajuan teknologi yang sangat tinggi. Banyak sekali yang mulai melakukan ekspansi dari berbagai kemajuan VRMMO yang terjadi era 2024-2025 ini. Bahkan berbagai event mulai ditemukan di media-media forum game VRMMO. Perkembangan game VRMMO sendiri sudah seiringan dengan teknologi VR yang berkontemplansi terhadap alat medis. Bahkan teknologi VR dan VRMMO sendiri diujicoba dan akan dipantenkan dalam dunia medis. Bahkan art sebelumnya perkembangan VRMMO mulai berasa.
Sword Art Online II
Sword Art Online II
© Aniplex / A-1 Pictures
Dari hasil sang kerja keras para penggarap teknologi yang mengerjakan berbagai komputasi yang mutakhir di era saat ni. Sebut saja para insinyur dari jebolan-jebolan sejalan dengan filosofi Akihiko Kayaba telah membawa pada era digitalisasi yang terdepan. Dengan kecanggihan yang ada jelas, banyak sekali masyarakat yang mulai ketagihan dan mencoba berbagai teknologi mutkahir saat ini. Salah satunya adalah permainan VRMMO yang berkembang secara nyata di dalam komunitynya ALfheim Online.

Inilah kisah bagaimana kebersamaan para Fairy dalam ALfheim Online dengan seorang gadis yang dalam kondisi krisis ingin mencapai impiannya. Yang tergambarkan secara cool dalam cerita Sword Art Online 2 episode 16 sampai 25. Sword Art Online ini sendiri dibangun oleh A-1 Pictures yang diangkat dari novel terlaris yakni Sword Art Online dan termasuk dalam ark Calibur dan Mother's Rosario. Bagaimana kedua bagian ini sendiri merupakan bagian diceritakan menyatu di dalam part 2 ini.

Plot

Setelah penyelesaian dari permasalahan Sinon, kali ini sendiri adanya suatu event sekaligus permasalahan yang susah. Sinon yang telah selesai urusannya di GGO bergabung ke dalam ALO untuk membantu teman-teman Kirito menyelesaikan suatu event yang gila tersebut. Event tersebut menghasuskan pemain menemukan pedang sangat legenda bernama Excalibur. Bahkan pedang Excalibur di era lalu dengan sekarang sangt berbeda dan mungkin terlalu langka dimiliki. Sehingga dengan rumor tersebut, banyak fairy berlombang-lomba mencari pedang legenda ini. Dapatkah mereka mendapatkan pedang tersebut?
Sword Art Online II
Kebersamaan Asuna dan Yuuki
© Aniplex / A-1 Pictures
Di sisi lain, terdapat sekelompok pemain yang dikendalikan oleh seorang pemain swordwoman yang terkenal. Bagaimana kelompok ini mencoba merealisasikan cita-cita dari gadis swordwoman yang tertinggi yakni untuk menjadi nomor satu di dalam game ALO ini. Hingga suatu saat dirinya harus bertemu secara bertarung dengan Asuna, yang notabenenya pemain terkuat di drama ini. Dapatkah Asuna menang atau swordwoman bernama Zekken ini menang?

Ark Excalibur yang B aja

Dibuka dengan 3 episode pertama yang merupakan ark yang menjelaskan bagaimana mereka berjuang untuk memperoleh sebuah pedang yang sangat legenda. Tiada orang yang dapat berhasil menggapai dan memperoleh Excalibur. Namun dalam bagian ini, Dapatkah sang Studio A-1 Pitrus mengemas cerita yang keren disini? Atau hanya sekedar cerita kosong? Mengapa gua sebut sebagai B aja?
Kita fokuskan disini sabagai seseorang yang mengadakan pesta Tahun Baru. Untuk mengisi pesta ini, kelompok Kirito mencoba melaksakan Salah satu event yang tidak akan pernah terulang kembali. Yaitu pencarian Excalibur. Sebuah pedang legendaris yang tertanama dalam sejarah dan mitologi dari Raja Athur. Dimana pedang ini tertacap dalam sebuah batu besar yang letaknya di salah satu sektor Alfheim Online, serta kategori pedang sangat langka. Dapatkah mereka berhasil mencapai keberhasilan disini? Mari kita simak dalam animenya.
Sword Art Online II
Kakak-Adik
© Aniplex / A-1 Pictures
Mari kita membahas action. Disini yang cukup mengesankan adalah Kirito. Kalau kita kaitkan dengan serial sebelumnya, job dual Weilding(dua pedang) sebenarnya telah dihilangkan. Tetapi entah kepandaian Kirito telah bisa memanipulasinya. Sehingga gua bisa menjelaskan dalam 3 hal, menegangkan, menajukkan, dan keren. Ya bener Kirito telah memberikan semua iini melalui kemampuan dual weilding yang tidak biasa. (Ingat poin sebelumnya tidak ada job Dual Weilding disini).

Penutup dari Ark ini sendiri, saya tidak merasa akan kepuasan dengan menunjukkan hasil bahwa tahun baru diisi dengan menemukan pedang Excalibur. Bagian ini ibaratnya hanya sekedar lu baru membaca buku tipis. Tetapi tidak berasa ending yang disediain dengan baik. Sehingga bagian ini tidak dieksekusi dengan baik. Sehinga endingnya sendiri masih kurang. Sehingga Ark dari Excalibur berasa sangat kurang. Bahkan dibandingan dengan Ark Berikutnya.

Ark Mother's Rosario (Swordwoman) Paling Mengesankan

Salah satu ark yang bener-bener menceritakan bagaimana kebersamaan dari para newbie disini dibumbui dengan cerita sad yang bener-bener mengesankan. Sehingga Ark Mother's Rosasio, saya bisa memberikan nilai antara 1 - 10, dan nilai 8 - 9 deh untuk Ark ini.Hal ini sendiri keren dikarenakan disuguhi drama-drama yang sangat menyedihkan. Serta Zekken yang merupakan pasien dari Medicuboid yang merupakan ujicoba kesehatan terbaru di rumah sakit jepang? What ada apa dengan Zekken ya?
Sword Art Online II
Kebersamaan sang Asuna dengan Yuuki
© Aniplex / A-1 Pictures
Sebelumnya saya sudah menilai ark ini dengan sungguh hati-hati. Ark Mother's Rosario sendiri adalah ark yangb ikin saya senang dengan pendalaman yang tepat. Meskipun sepanjang ark ini dijelaskan 2 kali lebih dari sebelumnya, saya setuju pendalaman karakter yang diberikan sangat nyata disini. Bahkan saya rasa 7 episode dari 19 - 25 hanya membahas si Yuuki Konno, selaku Zekken pemain pro ALfheim Online.

Saya merasa bagian Zekken yang ada di rumah sakit sekaligus kematiannya adalah bagian yang sangat sedih. Sejujurnya sebagai anak yang memiliki bakat luar biasa. Tetapi mengalami perlemahan badan yang sangat tragis. Sangat berlawan dengan permainannya dan pengkarakterannya di dalam ALfheim Online. Bagian inilah yang menjadikan karkateristik Zekken terbentuk sekaligus bagian yang keren.

Plot yang sederhana tetapi Tajam

Memang plot yang diberikan adalah plot yang cukup sederhana sepanjang anime ini. Saya merasa tidak nyaman karena hanya sekedar bertarung-bertarung dan bertarung untuk menyelesaikan. Bayangi ketika keduanya adalah sekelompok clan atau guild yang bertarung untuk mendapatkan pengakuan, hadiah, sekaligus nama-nama dalam hall of fame yang beneran tercantum. Itu aja sich cuman itu. Tetapi kenapa plot yang sederhana ini diceritakan secara tajam?

Ya saya tidak terlalu menyukai plot yang diberikan,dikarenakan memang plot yang diusung sangat sederhana daripada yang lainnya. Bahkan mungkin plot yang diberikan hanya sekedar  Membosankan tetapi serpihan dan kedekatan setiap karakter adalah nilai terpenting. Sederhana tapi tajam ini yang bisa gua katakan sepanjang Sword Art Online II Part 2.

Pendalaman Karakter berasa tajam

Satu lagi yang menarik disini adalah pendalaman karakter. Saya sangat merasa karakter Yuuki dan Asuna lainnya sangat membawa dalam pendalaman yang tajam. Saya merasa pembawaan karakter di bagian part 2 ini cukup tajam, meskipun hanya dibawakan 6 episode aja. Mari kita bahas beberapa karakter yang diperlihatkan.
Sword Art Online II
Pendalaman dari Yuuki Konno
© Aniplex / A-1 Pictures
Konno Yuuki atau Zekken, seorang legenda yang memiliki kemampuan petarungan pedang yang sangat luar biasa. Dirinya adalah petarung pedang yang memiliki kemampuan skill yang tidak biasa pada umumnya, bagaimana pengendalian skill-skill bahkan skill tertinggi hanya satu job kesatria adalah yang tiada duanya. Bahkan dikenal dan dihormati sebagian besar pemain ALfheim Online. Gadis legenda yang keren.

Pendalaman karakter Zekken sepanjang anime ini sendiri merupakan yang terbaik. Dari seorang kestaria yang tajam, pemain yang luar biasa, pendekatan karakter terbaik. Serta memiliki latar belakang yang menyedihkan, yakni seorang gadis usia 15 tahun terkena AIDS yang harus hidup dalam medicuboid, dan seluruh jiwanya sendiri tersambung dalam VRMMO. Terbaring lemah di rumah sakit, dan hanya jiwanya yang bisa dirasakan di dalam Sword Art Online adalah hal yang tajam pula. Jujur karakter Zekken adalah karakter terbaik sepanjang anime ini.

Pertarungan yang Kurang Berasa

Melihat perbandingan antara dua ark ini, penilaian saya keduanya tidak memiliki pertarungan yang bener-bener instens, tajam, dan mengesankn. Hanya saja di ark Excalibur yang dieksekusi dalam pertarungan yang cukup lumayan, tetapi ark excalibur tidak memberikan hal-hal lain selain pertarungan tanpa pendalaman karkater. Sedangkan berbalik pada excalibur, ark Mother's Rosario justru mengurangi petarungan yang intens, tetapi memberikan pendalaman karakter Zekken yang tepat sasaran.
Sword Art Online II
Pertarungan yang intens
© Aniplex / A-1 Pictures
Meskipun dibawakan pertarungan yang kurang berasa. Bahkan pertarungan yang diberikan tidak memberikan memoriable. Tetapi semua itu sudah ditutupi oleh pendalaman Karakter yang intens dan tajam. Hal ini snediri terlihat dalam ark Mother's Rosario. Bahkan karakter dari Zekken sangat diperlihatkan secara tajam dan lembut. Sehingga dapat dikembalikan kepada poin sebelumnya mengenai pengkarakteran Zekken.

Sangat disayangkan adalah bagaimana timeskip yang dibawakan dalam episode 25. Sejujurnya memang timeskip ini harusnya bisa diperlepar. Ini yang memperparah pertarungan yang ada di dalam ini. Tetapi sepertinya sang Studio A-1 Pictures sudah menduga ini, maka lebih baik memberikan timeskip perkembangan Zekken adalah pilihan baik. Saya seirama tetapi bisakah untuk memperpanjang pertarungan ini?

Visual dan Musik yang tetap keren

Salah satu yang memberikan visual dan musik yang memoriable, keren, dan digarap dengan cantik. Karena musik yang diberikan tidak monoton sekaligus visual yang diberikan. Saya tidak akan membahas isi dari pertarungan yang diberikan yang hanya sebagian kecil dari penggambaran visual yang keren. Seujurnya kedua hal ini sendiri adalah bagian yang menarik sepanjang anime ini jalan. Serta mungkin akan dilanjut kepada anime berikutnya yang jauh lebih keren daripada saat ini, yakni Ordinal Scale, dan Alizication.

Kebersamaan yang Mengesankan

Core of the core dari anime ini adalah kebersamaan. Kebersamaan dalam perjuangan menggapai ranking satu dari impian sang  Zekken. Impian yang dibentuk sebelum Zekken meninggal ini adalah yang sangat terbaik sepanjang Sword Art Online dalam game ALfheim Online. Coba lu bayangi sejenis game To The Moon, seorang kakek tua yang sekarat di dalam impiannya adalah ingin pergi kebulan dengan manipulasi. Akan tetapi Zekken ini berbeda dengan kakek Sekarat. Melainkan Zekken dan kawan-kawan berusaha memberikan pelayanan terakhirnya secara keren.
Sword Art Online II
Kebersamaan yang dekat!
© Aniplex / A-1 Pictures
Kebersamaan ya itu poin yang tergambar nyata di dalam anime ini. Kebersamaan selayaknya mirip Clannad. Bagaimana Clannad adalah lebih mengarah slice of life, akan tetapi untuk Zekken dan Sword Art Online lebih intens sekaligus pendekatan sangat dekat meskipun hanya. Bahkan seluruh karakter di Alfheim Online, sangat deket dengan Zekken meskipun hanya player yang hanya bertarung pada Zekken.

Saya setuju kalau kebersamaan antara karakter adalah yang paling berkesan secara umum. Baik dalam ark Excalibur, dan Mother Rosario. Bahkan saya rasa adalah yang terbaik sepanjang anime ini. Excalibur kebersamaan untuk mendapatkan Excalibur di akhir tahun, Mother Rosario adalah pendekatan karakter untuk memberikan perhormatan terakhir pada Zekken, bahkan kalau dirangkum, pendekatan yang diberikan sangat tepat.

Kesimpulan

Sebagai salah satu anime garapan A-1 Pictures, saya sangat merasa adanya perbedaan yang ada antara ark GGO dengan 2 ark ini sangat berbeda. Kalau disimpulkan dalam season 2 ini sendiri, maka dapat dilihat bahwa adanya sedikit ketimpangan maupun sedikit ketidak seimbangan yang berlawanan. Tetapi karena kalau memilih antara 2 part ini, saya memilih part 1.
Sword Art Online II
Kesedihan yang mendalam
© Aniplex / A-1 Pictures
Jelas kali ini kebersamaan yang diberikan adalah yang keren. Bagaimana dalam bagian ini, jelas part 2 memberikan keintenan dan kedekatan karakter yang lebih komunity daripada part sebelumnya yang lebih individu, tetapi adalah komunity. Dan dari hasil komunity ini, saya sangat setuju dibawakan secara komunity sekaligus memberikan kedekatan tajam. Saya setuju kalau kali ini kekurangannya adalah pertarungan yang dibawakan sangat jelek maupun kurang. Apakah mungkin setuju?

Kelebihan :

  • Memiliki kedekatan karakter yang keren
  • Pertarungan yang diberikan Excalibur sangat intens
  • Kedekatan secara komunity sangat berasa. Berbeda seperti sebelumnya yang lebih menyelesaikan permasalahan Sinon
  • Visual dan musik berasa keren
  • Beberapa bagian berasa sad dan emosional terutama Zekken
  • Beberapa ada bagian-bagian komedi yang menarik

Kekurangan :

  • Pertarungan yang diberikan kurang keren
  • Memiliki plot yang sederhana tapi kurang intens dan kuat.
  • Jarang memiliki bagian-bagian yang memoriable
  • Dua ark yang diberikan agak bertentangan

Penilaian : Lu yang nilai / 10


Sword Art Online II
Last Scene yang menyedihkan 
seperti kakak adik
© Aniplex / A-1 Pictures
Apakah yang diberikan Sword Art Online 2 bener-bener memberikan sesuatu yang keren? Atau hanya 
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini