[Review] Sword Art Online Part 1 : Bencana, Cinta Pertama, dan Survive dalam Futuristik Game

Kita tidak tahu apakah yang akan terjadi dalam masa depan nanti. Apakah itu jauh lebih keren? atau hanya akan sekedar sampah? Perbandingan yang cukup sulit ketika kita berusaha membandingkan. Namun menjadi juga pilihan akhir dimana kita tidak bisa memungkiri perkembangan teknologi akan Secepat itu. Teknologi berupa Virtual Reality (VR) dimana dapat mengumpulkan orang-orang dari berbagai tempat melalui sebuah alat yang disebut denga VRMMO. Mungkinkah ini akan terjadi dalam tahun 2022+++ kedepan? Mungkinkah alat tersebut akan benar-benar muncul?
Sword Art Online
Kirito in Action
Sword Art Online
© A-1 Pictures / Aniplex 
Pada kali ini sebuah pembukaan anime dari SAO season 1, yang saya rasa dapat dibagi menjadi bagian pertama, yaitu antara episode 1 - 14. Dimana episode ini adalah episode pembukaan yang merupakan arc dari Sword Art Online. Gua rasa ini adalah pembukaan dari anime SAO ini hadir di dunia peranimean yang menjadikan dunia ini sangat banyak terdengar tidak secara langsung di mata otaku saat ini. Bagaimana Sword Art Online bikinan A-1 Pictures menjadi anime yang sangat diantisipasi di jamannya?

Plot

Perayaan pembukaan dari permainan VRMMO Nerve Gear dibuka begitu saja. Game ini sendiri bernama Sword Art Online, disingkat SAO. Dimana banyak sekali dan hampir 10000 orang mulai mencoba game ini begitu saja dari versi Beta Tester. Percobaan beta besar-besaran terjadi diawal peluncuran merupakan sebuah kegembiraan sekaligus. Menjadi game terbaik seantero Jepang saat itu. Bahkan banyak sekali yang menyukai jalannya game Sword Art Online ini.
Sword Art Online
Bencana Terjadi dalam Game Bikinan GM ini
© A-1 Pictures / Aniplex
Semua berubah begitu saja, bagaimana game yang sebelumnya menjadi game yang sangat menginspirasi. Seketika itu juga menjadi suatu bencana besar-besaran. Banyak dari mereka terjebak dalam game yang akan membunuh mereka. Bahkan kebencian terhadap Beta-Tester begitu luar biasa. Bahkan unuk menyelesaikan game ini hanya dengan mencapai peringkat lantai 100 dan mengalahkan boss utama disitu. Bagaimana mereka dapat menyelesaikan game ini dengan sempurna? Dapatkah Semua orang yang terjebak menyelesaikan Sword Art Online? Mungkinkah mereka akan berhasil mencapai target. Dapatkah bencana ini berakhir begitu saja sangat cepat atau memang merupakan tantangan tersendiri di dalam Game ini?
Pikiran (otak) mereka tidak akan pernah kembali. Orang mati lenyap dari pikiran kita (game), sama di dunia mana pun(real life). Dengan kata lain, 10 ribu orang bertahan sampai akhir, maka ia tidak akan mati di dunia nyata. Bahkan pikiran mereka akan kembali. Akan tetapi, Mereka mati di dunia SAO, maka tidak akan pernah kembali pikiran mereka

Kesedihan di dalam Bencana Survival

Gua yakin akan menjadi bencana. Kenapa gua begitu yakin menjelaskan ini adalah bencana? Karena ini bukan cuman sekedar permainan biasa. Melainkan permainan yang dapat mempengaruhi otak kita. Seandainya memang sebuah teknologi dapat menjadi bencana alam besar-besaran. Gua rasa ini yang menjadikan sebagian besar pemain menjadi tergila-gila, bagaimana ia dapat bertahan hidup, memainkan bersama, atau menjadikan diri menjadi lebih rakus. Disinilah bencana yang merusak seluruh ekosistem game yang tidak sehat lagi.

Yap dari sebuah bencana ini, gua yakin bahwa banyak dari antara kita akan anti terhadap namanya perkembangan jaman. Terutama ini adalah suatu kritik sekaligus perkembangan jaman yang menyedihkan. Beneran ini menyedihkan dikarenakan apa yang menjadi perkembangan dunia hancur begitu saja. Bagaikan eksperimen manusia yang diuji coba dalam SAO ini. Sungguh bencana atau anugerah dari game ini?
Sword Art Online
Salah satu Scene Tersedih
© A-1 Pictures / Aniplex
Selain itu, beberapa kematian karakter di dalam guild Kirito telah membuat saya sedih. Kematian dari Sachi adalah yang paling menyakitkan dan menyedihkan. Dibawakan secara menyedihkan dan lebih tidak terduga. Bagaimana merasakan kesedihan seorang yang bener-bener bikin emosi naik dratis kepada bagian yang amat sedih. Saya merasa bagian ini telah dieksekusi secara baik oleh sang studio agar lebih keren.

Plot dan Drama Yang Baik

Salah satu kelebihan mungkin juga salah satu yang menjadi ciri khas adalah cerita yang disuguhi penuh dengan cerita yang linear. Namun permainan antara plot dan drama menjadikan cerita yang linear mungkin tidak berarti sama sekali. Sepanjang 14 episode telah menjadi pusat pehatian fokus untuk menyelesaikan setiap game. Kali ini Sword Art Online sebagai media dan wabah game yang memainkan peran drama yang baik.
Sword Art Online
Penghiburan :v 
Tetapi bagian fragmen juga
© A-1 Pictures / Aniplex
Cerita yang memberikan kita ending yang bisa dipastikan, namun sepanjang tengah-tengah cerita, baik bagaimana Kirito bisa bertemu dengan Asuna dan beberapa pemain pembantu lainnya. Disini sebagai pengenalan cerita dan karakter yang mungkin akan kita pahami bagaimana karakeristik setiap pemainnya.

Story Masih Fragmented

Salah satu yang teraneh dalam jalannya SAO ini adalah bagaiamana cerita yang dibawakan sepanjang anime ini sungguh cukup fragmented. Tidak bergerak secara maju, namun jauh lebih mengarah kepada fragmented. Fragmented yang dimaksud adalah adalah menceritakan scene-scene yang terpisah dan mungkin saja tidak ada kaitannya dengan lainnya. Framented disini berasa kayaknya tidak ada ketersambungan antara episode 1 - 7.

1-7 merupakan episode keterpurukan Kirito kurasa. karena beberapa hal hanya menjelaskan bagaimana ketersendirian Kirito dalam mengatasi permasalahan di dalam SAO. Namun terpecah-pecah seakan-akan hanya sebatas pertemanan sedikit kepada beberapa pemain pembantu saja, bahkan hanya pengenalan terhadap pemain pembantu dengan pemain utama. Sehingga episode-episode awal ini berasa kurang puas reviews merasa hal ini. Sehingga berasa tidak menjadi yang terbaik.

Tetapi sampai kepada episode 8 - 14 (akhir setengah season ini) telah memberikan runtutan lagi tanpa menjadi fragmented lagi. Sehingga terlihat sangat urut daripada fragmented sebelumnya yang hanya pengenalan karakter. Tetapi bisa memberikan sesuatu yang menarik sehabis fragmented ini. Saya merasa bagian 8 - 14 salah satu bagian terbaik disini.

Kebersamaan dalam Cinta dan Pertemanan

Salah satu yang menjadi poin disini adalah bagaimana kebersamaan yang ada di dalam SAO. Baik kebersamaan antara Asuna dan Kirito serta beberapa karakter lain sepanjang jalannya Anime. part 1 ini berjalan. Bagaimana kebersamaan ini menjadi hal yang bener-bener menjadi sentral poin perjalanan Sao Season 1 part 1 ini. Dimana membentuk suatu komuniti yang semakin luas dengan pertemanan beberapa karakter pendukung yang baik.
Sword Art Online
Kebersamaan Kirito dan Asuna
© A-1 Pictures / Aniplex
Mulai dari rasa cinta antara Kirito dan Asuna. Gua rasa kita pasti akan setuju kalau mereka adalah pasangan yang cocok. Sepanjang jalannya ini, Bahkn perasaan Romantis antara Asuna dan Kirito berbeda daripada yang lainnya. Keromantisan setiap jalannya Asuna dan Kirito sangat diperlihatkan disini. Bagaimana menyelesaikan masalah, pembentukan keluaga bersama Yui. Bagaimana hal ini terbentuk sangat romantis. Bahkan dalam berbagai tantangan, ia memperlihatkan bagaimana kita perlu meneladani seperti apakah tantangan percintai, baik dalam pacaran bahkan hampir kepada keluarga. Disini diajarkan selain berkembang sepenuhnya, kita perlu

Action yang melegakan dan seru

Bagian ini merupakan hal yang keren. Bagaimana telah memperlihatkan berbagai action yang tidak kalah keren daripada yang lain.Bagaimana aksi yang dilakukan antara Asuna dan Kirito dalam urusan skill pedang tidak kalah heboh dengan anime lainnya. Beberapa adegan terlihat sangat epic diperlihatkan sepanjang jalannya ini.

Bahkan beberapa bagian terlihat menegangkan disini. Bahkan kalaupun merasakan bagaimana emosi pikiran saya sangat meningkat pula. Bagaimana bagian ini sendiri telah membawa aksi yang membawa ke dalam suatu memory tersendiri. Meskipun demikian mungkin tidak semua pertarungan terlihat epic.
Sword Art Online
Pertarungan yang Sengit
© A-1 Pictures / Aniplex
Beberapa adegan epic sebenarnya telah diperlihatkan dalam episode awal, bahkan tidak kalah epic selain episode-episode awal. Dilanjut dengan episode 9 yang memperlihatkan bagaimana mereka menyelamatkan orang-orang dari Clan kebebasan yang ceroboh dalam masalah menyelesaikan game ini, hingga pada akhirnya memperlihatkan aksi terbaik antara Kirito, bahkan online Kirito yang bener-bener menghadapi boss dengan kemampuan unique nya. Bahkan Kirito sendiri memiliki dual sword yang unik.

Masih adanya Trace of Comedy

Salah satu bagian minor disini, beberapa bagian komedi diperlihatkan dalam Sword Art Online ini. Bagian-bagian tersebut antara lain adalah komedi yang diperlihatkan dalam romantisnya rumah tangga Kirito-Asuna. Selain itu, bagaimana Klein sendiri yang menjadi pusat perhatian dalam komedi ini. Bahkan saat komedi itu muncul, kamipun cukup tertawa berbahak-bahak dalam jalannya anime ini berjalan.
Sword Art Online
Wihh kadang ngelawak
© A-1 Pictures / Aniplex
Saya rasa salah satu penyeimbang dari anime yang tidak hanya menegangkan, aksi yang diberikan telah menjadi jalannya aksi-aksi sepanjang Sword Art Online. Kalau diibaratkan ini bumbu garam dengan penyedap. Garam adalah bumbu utama dalam masakan. Sedangkan agar lebih sedap dan menyeimbang dalam masakan, diperlukan penyedap, dan penyedap ini adalah komedi, garam adalah bagian aksi dan cerita yang ada.

Ending yang sedikit Ngetwist Tapi keren

Menghadapi berbagai monster boss fight adalah cara terbaik untuk menyelesaikan Sword Art Online ini. Bagaimana mereka berusaha untuk mengalahkan boss besar disii, yaitu di lantai 100. Tetapi sesampainya di beberapa lantai sebelum mencapai boss utama, mungkin 15 lantai. Terjadilah suatu twist yang menurut gua hal tersebut adalah tidak terduga. Bagaimana biasanya harus menghadapi musuh-musuh berupa monster tetapi sehabis melawan monster.
Sword Art Online
Big Boss vs Kirito
© A-1 Pictures / Aniplex
Disini saya rasa bisa rangkum dalam pembawaan yang sangat keren. Sengit dimulai sebelum mengalahkan boss, yakni anak buah boss monter hingga  akhirnya pertarungan antara Boss akhir dengan Kirito adalah salah satu yang sangat mengesankan. Bagaimana pembawaan Aksi, Musik, Twist, dual sword, bahkan cinta emosi, dan kebersamaan bersatu padu dalam pertarungan sengit dan penuh aksi ini. Saya rasa pembaawan ending cukup keren, bahkan ditutup dengan bagaimana Kirigaya Kazuto bangun dari sejak 2 tahun berada di SAO.

Mari Membahas Visual dan Audio

Tidak lengkap karena saya telah hampir membahas pembawaan Sword Art Online dari segi perasaan dalam cerita telah menjadikan anime ini sangat keren. Namun tidak kalah penting adalah bagaimana pembawaan visual dan audio dalam anime yang menjadi bagian penting sepanjang jalannya anime ini. Saya rasa tidak lengkap kalau tidak membahas bagian yang penting ini dalam anime.

Secara keseluruhan, pembawaan visual terlihat baik. Meskipun tidak kalah menarik sepanjang anime lainnya. Bahkan mungkin anime tahun 2012 yang mungkin belum gua melihat anime. Tetapi karena pembawaannya yang cukup baik. Saya merasa sepanjang anime ini, visual tidak terlalu menjadi persoalan, tetapi bisa menyeimbangi. Bahkan sekelas A-1 Pictures telah membentuk anime besar ini.
Sword Art Online
Grapich semi 3D di beberapa Boss Fight
© A-1 Pictures / Aniplex
Kuy bahas Audio. Musik yang diperlihatkan sangat mengejukkan hati. Bahkan background musik dimana ada kebersamaan antara Asuna dan Kirito adalah yang sangat memberikan memories. BGM pertarungan, dan juga beberapa cukup dibawakan secara baik. Namun sangat disayangkan saya kurang bisa menikmati lagu pembuka dan penutup ini.

Berfokus pada Kirito

Banyak yang setuju kalau karakter utama adalah Kirito dan Asuna sepanjang jalannya anime ini. Saya bisa bilang itu juga setuju. Namun jauh lebih dalam adalah bahwa menemukn fakta kalau karakter utama hanya dan sangat hanya berfokus pada Kirito. Namun karakter seperti Asuna, Yui, Keiko, Rika, Klein, Boss, Akihito, dan lain-lain berasa sepertinya mereka hanya sebatas karakter pembantu. Terutama beberapa cewek, selain Asuna menjadi pesain sengit untuk mendapatkan Kirito. Hal tersebut terlihat bagaimana Kirito menjadi Idol sepanjang jalannya anime.

Ketika kita mencoba membahas karakter lain, saya merasa hal tersebut tidak terlalu perlu. Dibahas. bagi saya Kirito adalah cowok yang sangat beruntung sepanjang anime ini. Mengapa kok bisa gitu ya? Karena sepanjang jalannya anime, Kirito bertemu berbagai player lainnya yang notabenenya adalah Cewek. Gua rasa akan nyeset/ kecewa dek begitu karena ketika mengerti Kirito adalah Pasangan Asuna. Mungkin pda kagak percaya sekuat kirito harus kalah terhadap Asuna.

Mungkinkah ada Futuristik Game?

Ketika saya memikirkan anime ini jauh lebih dalam, Saya melihat disini adalah sebagai cita-cita dari penulis mengenai teknologi yang akan dimiliki dalam dunia game di tahun 2022 kedepan. Alasan ini terlihat bagaimana teknologi mungkin akan menjadi suatu opini membangun. Bahkan munkgin saja merupakan harapan

Saya merasa salah satu permasalahan dalam manusia adalah bagaimana menuangkan suatu pemikiran ke dalam suatu mahakarta. Entah mahakarya berupa tulisan, musik, artikel, buku, eksperimen, dan lain-lain. Mungkin saja ini yang diharapkan penulis yan terjadi di tahun-tahun 2022 bahkan diatas tahun tersebut di kemudian hari. Mungkinkah ada game VRMMO?


Kesimpulan

Sebuah Death Game Anime yang mengharuskan seluruh pemain untuk berperang dan mencapai tingkat pertama di anime ini. Bagaimana tidak? Karena anime ini sendiri mengisahkan terjebaknya 10 ribu pemain VRMMO yang harus berjuang menghadapi survival game. Tetapi hanya Kirito yang menentukan nasib 10 ribu pemain lainnya.
Sword Art Online
Senyuman Manis YUI
© A-1 Pictures / Aniplex
Secara hampir all of this episode, 1 - 14. Jelas bagian pertama part ini adalah bagian yang keren. Saya menilai perjuangan Kirito dan kawan-kawan agar clear bersama-sama dalam SAO mencapai hasi yang memuaskan. Saya merasa hal ini sangat keren sepanjang jalannya anime.

Kelebihan :

  • Aksi yang diberikan sangatlah beragam dan penuh aksi.
  • Pertarungan Boss akhir SAO yang bener-bener keren
  • Pembawaan Cinta, Emosi, dan Kesedihan sangat meresap.
  • Plot dan Drama yang baik
  • Visualisasi dibawakan secara baik
  • BGM yang dibawakan sangat menyejukkn sekaligus memories
  • Beberapa bagian berasa komedinya yang ngakak.

Kekurangan :

  • Plot yang diberikan kadang membosankan
  • 7 episode awal adalah bagian yang sangat framented.
  • Beberapa plot masih kurang memberikan kepuasan
  • Berasa seperti hanya Kirito yang menjadi Fokus utama.
  • Karakter lain hanya sebagian kecil dan pengaruhnya kurang.
  • Mungkin karakteristik yang terlalu fokus pada Kirito

Penilaian : 8.5 / 10


Lanjutan Review Episode 15 - 25

Mungkinkah ada VR semacam Sword Art Online di masa depan nanti? Menurutlu? apakah SAO ini adalah anime the best dari tahun 2012 ini?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini