[Review] Darwin's Game : Filosofi Charles Darwin, Action, Survival, dan Fragmanted dalam Seleksi Alam

Udah lama gk review anime ya? Jujur ya saat ini banyak sekali kesibukan yang sebenarnya gw hadepi saat kuliah. Bahkan kesibukan gw selama gw melakukannya. Termasuk kuliah, bersama teman-teman, dan pembantu orang tua (eh gue jujur amat nih). Tapi sebeanrnya salah satu anime yang tidak luput dari perhatian sebenarnya anime yang satu ini. Yaitu anime Darwin's Game dari adaptasi manga FLIPFLOPs.
Darwin's Game
Siap Memberantas Semua
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Pernahkah kebayang mengenai survival real life beneran? Pernahkah kalian menonton Hunger Game atau sejenis bertahan hidup di dalam dunia ini. Diberkahi sebuah kemampuan khusus yang tidak pernah dimiliki oleh orang lain. Mungkin kita akan benar-benar mempergunakan kemampuan itu dan akan selalu mencoba memangsa siapapun yang ada. Itulah yang disebut Bertahan Hidup. Namun apakah konsep ini hanya sekedar diambil dari ajaran Charles Darwin atau mungkin sekedar sebuah teori tanpa ruang? Inilah Darwin's Game, anime bikinan studio Nexus.

Plot 

Sebenarnya gua gk tahu harus ngomong apa? Gue tiba-tiba masuk begitu saja dalam sebuah game yang gua aja kagak ngerti ini game apa. Sahabatku yang memberikan game ini sendiri entah kemana? Apakah game ini, apakah Darwin Game ini? Tiba-tiba seekor ular menggigit leherku? Kupu-kupu merah tuh?? Apakah ini semua?
Darwin's Game
Apakah itu Darwin Game?
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Gua terbangun, tiba-tiba sang beruang gila menghampiri gue dan gua kagak ngerti apa salah gue? Kehidupan gue bagaikan bencana. Siapapun gue hadapi banyak dari mereka kagak tahu gue bagaiamana? Gue tiba-tiba memenangkan game tersebut. Gue gk tahu apa yang harus gue perbuat, Sudou Kaname, itulah nama Gua, Gua kagak ngerti apa yang harus gue lakukan? Darwin Game? Apakah itu? Bertahan hidup? so bull.....


Filosofi Charles Darwin

Pernahkah kalian membayangkan siapakah itu Charles Darwin adalah yang dikenal mengenai teori manusia dari kera. Yap manusia yang berevolusi dari Kera menjadi manusia yang dicetuskan oleh sang Charles Darwin ini. Kita pasti saat SMA kelas 3 Biologi akan menerima teori semacam ini. Namun apakah dasar dari teori evolusi manusia dari kera adalah berasal dari teori Bertahan hidup milik Darwin.

Jelas disini saya tidak akan membahas teori Evolusi milik Charles Darwin, jelas-jelas teori ini tidak dipergunakan dalam Anime ini dan akan dibahas lain kesempatan. Namun kali ini akan membahas filosofi dan teori Charles Darwin yang berkatian dengan bertahan hidup. Yap benar Bertahan hidup itu adalah salah satu teori Charles Darwin . Akan tetapi tidak cuman itu. Terpenting ialah bagaimana kita bisa survicve dari berbagai seleksi alam. Seleksi Alam adalah teori sebenarnya dibicarakan oleh Charles Darwin dalam teorinya.
Darwin's Game
The Origin of Species
Buku Karangan Charles Darwin
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Seleksi Alam adalah salah satu teori yang mengatakan bahwa makhluk hidup makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah. Yang tertinggal hanyalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya dan sesama makhluk hidup akan saling bersaing untuk mempertahankan hidupnya.

Disinilah apa yang dimaksudkan dalam anime ini, seleksi alam dan bertahan hidup adalam tema penting. Tema sang Charles Darwin menjadi sentral penceritaan sang Charles Darwin ini.
Akan tetapi jauh daripada itu adalah teori yang mengenai bertahan hidup adalah salah satu teori yang menjadi Dasar dari segala teori yang ada dalam teori manusia berasal dari kera. Dan akhirnya diiplementasikan dalam suatu karya Darwin Game.

Filosofi 1 : Seleksi Alam dan Bertahan Hidup

Diawali dalam seleksi Alam. Jujur dari segala yang ditampilan sebenarnya merupakan seleksi alam satu persatu manusia yang akan hidup disitu. Dikendalikan oleh Smartphone "God". Dimana eksistensi tuhan ini sendiri dikendalikan oleh sebuah sang smartphone. Jelas kita dalam hal ini harus benar-benar menyeleksi diri kita dan memperkuat diri dalam di alam ini.

Jelas sang Sudou Kaname tidak memahami Selut beluk dari keberadaanya di dalam game ini. Ia hanya sebagai survivor yang masuk dalam suatu pertarungan di alam. Seorang pemain dari peringkat bawah yang langsung menjadi pemain top dalam jalannya anime ini. Jelas sang Sudou Kaname bertarung di alam Darwin Game.


Filosofi 2 : Manusia menjadi Kera!!?

Selain memiliki sifat yang seleksi Alam. Jelas aplikasi dari teori Darwin mengarah pada evolusi dan teori bertahan hidup. Aplikasinya dari teori ini adalah menjadikan manusia semakin menjadi kera. Atau dalam evolusi Darwin, manusia sebenarnya berasal dari kera. Sifat hewani dalam diri manusia muncul begitu saja dalam anime ini. Tidak menutup kemungkinan segala manusia dan karakter disini memiliki sifat hewan semua?
Darwin's Game
Seperti Hewan, Mereka hidup kayak Hewan
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Jujur setidaknya dalam Darwin's Game, mereka hanya ingin masuk ke dalam kebodohan mereka disini. Terseleksi dengan kesadaran dan ketidaksadaran masuk suatu game yang mengharuskan mereka menjadi makhluk yang aneh sekaligus rakus karna Harta. Disinilah suatu kritik kemanusian sekaligus Kritik yang terpenting selain kita melihat hunger Game di Anime ini. Jujur saya melihatnya anime ini telah memasuki ke arah next level dimana manusia saling menbunuh.

Kera? Jujur aja bro. Ya saya jujur, sejuurnya saya tidak ingin memberikan poin ini dengan sebutan kasar. Namun nada tepat untuk menggambarkan Darwin Game adalah ini adalah memang mereka adalah hewan yang bener-bener ingin sesuatu yang menjijikan. Mereka yang dulunya manusia berubah menjadi bukan manusia lagi. Mereka itu hewan yang haus darah dan makanan mereka sehari-hari hanyalah bertempur. Hampir segala karakter sebenarnya memiliki sifat HEWAN ini.

Anti Tesis ini Semua dalam Karakter Utama

Sejujurnya anime ini tidak menfokuskan pada heroine selain Sudou Kaname saja. Dimana antitesis dari seluruh filosofis diatas. Memang ada filosofi dimana ia bertahan hidup namun ia berusaha untuk masuk dalam seleksi Alam agar tidak membunuh orang-orang yang baik disitu. Seakan-akan melawan hukum alam dan seleksi Alam. Sudou Kaname adalah orang yang nekat melewatinya.
Darwin's Game
Kaname Berusaha Menghadapi semua
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Sudou Kaname adalah seorang siswa SMA yang normal menjalani kehidupan yang menurutku sah-sah saja. Ia anak yang berprestasi, sekaligus anak yang pinter dalam bidang problem solving. Jelas Sudou Kaname adalah orang yang terbaik di bagian ini. Dimana ia satu-satunya superhero yang dapat menghentikan seluruh aktivitas kotor di dalam Darwin Game. Mungkin saja diibaratkan Ia sedang MELAWAN TEORI CHARLES DARWIN. Perlawanan dengan sejuta cara agar teori ini bener-bener runtuh.

Episode Ending yang Memuaskan

Salah satu yang penting dari sini adalah memberikan Endingnya yang sangat memuaskan bagaimana dihiasi bagaimana pertarungan antar Clan, dimana clan terkuat Eight dilawan dengan Sunset Ravens. Pembawaan ending yang cukup menarik telah memberikan kepuasan tersendiri di anime ini. cukup terpuaskan karena Ending seperti ini. Sehingga beberapa bagian yang menjadi easter egg di bagian berikutnya.

Action yang masih kurang

Saya bukan berarti action disini jelek, tidak namun melihat suatu kepuasan yang dikemaskan dalam anime ini. Memang bagus action yang diberikan. Saya cukup puas sekaligus enak apa yang diberikan dalam anime ini.  Dimana dibawakan dengan lihai dari penggambaran animasinya. Jelas tidak banyak cacat di dalam actionya. Namun masih kurang puas, bener-bener kurang puas di beberapa episodenya.
Darwin's Game
Action yang keren namun kurang memuaskan
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Sejujurnya Action yang diberikan cukup mengangumkan dimana anime ini dikemas dalam action yang menarik untuk dinantikan. Saya sangat menantikan beberapa bagian action dari manga diadaptasi langsung ke dalam anime Darwin's Game. Akan anime ini, jelas action yang diberikan tidak sekalian dihabiskan. Maksudnya adalah berasa seperti kepotong di beberapa episode atau merasa masih kurang puas. Pada bagian ini akan dibahas dalam poin fragmented.

Sayangnya Fragmented Ceritanya

Kalau mau membandingkan antara Manga (Berharap diterbitkan di Indonesia) dengan Anime saya bandingi sekitar 11/10. Dimana beberapa bagian anime jelas diadaptasi dari manga Darwin's Game namun, beberapa bagian ini sepertinya tidak diadaptasi secara sempurna. Ada satu bagian penting di arc pencarian harta karun, bahkan sebelumnya ditiadakan. Yakni bagian polisi Shibuya yang tidak dimasukan dalam anime..

Secara pribadi perannya memang tidak signifikan jika dipikir, namun sebeanrnya sebuah kecatatan dalam Darwin's Game karena seakan-akan Kaname ajaib menemukan Cincin paling besar di game ini. Arc pencarian harta karun berasa sangat hampa tanpa kehadiran polisi yang memasuki Game, lalu hal ini tidak mendatangkan sesuatu yang wow lagi. Harusnya Arc ini adalah Arc yang terbaik dan terbaik ditampilin di eksekusi kurang matang saja di bagian ini.
Darwin's Game
Ada ketimpangan di sini 
saat pencarian Cincin
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Terlebih bagian pertarungan dan action yang ditampilan. Sungguh amat sangat terpotong. Beberapa bagian dari action sebenarnya terpotong-potong. Satu episode di Arc Pencarian Harta karun sebenarnya dapat diselesaikan dalam satu episode tetapi berasa terpotong-terpotong seperti kurang greget dieksekusi sepanjang anime ini. Apakah setuju atau tidak? Saya merasa hal-hal tersebut terpotong-potng sekaligus kurang greget. Padahal manga dan animenya sendiri telah memberikan kegregetan tersendiri.

Karakter Pendukung yang Kurang Porsi

Sebenarnya karakter pendukung yang menjadi teman sekerja Kaname adalah Karakter yang benar-benar tepat sesuai kepribadian yang sangat berbeda daripada karakter lainnya yang ingin menjadi hewan. Kebanyakan karakter yang menjadi musuh Kaname seperti Hewan yang ingin memaksa Hewan. Tetapi pemilihan karakter pendukung kali ini mereka bukan seperti hewan, melainkan manusiawi yang ingin bertahan hidup.

Shuka, Rein, Ryuuji, Sui/Souta adalah kumpulan dari group pemain pendukung yang ingin hidup bersama Kaname. Saya setuju dengan tujuan mereka untuk hidup tetap bertahan dan tidak ingin mati. Bukan untuk uang ataupun apa, tetapi untuk kebersamaan yang ada. Mereka seperti orang yang terjebak tanpa arti hanya untuk bertahan hidup dan menjalani hidup seperti biasa.
Darwin's Game
Dua karakter yang menarik
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Tetapi beberapa karakter pendukung justru telah memberikan sentuhan-sentuhan emosi yang sebenarnya sederhana. Sentuhan-sentuhan ini sebenarnya, merupakan kematian dari teman-teman Sekolah SMA Kaname. Bagiamana kedekatan sahabat-sahabat kaname yang lama ini telah membekas dalam Kaname dan cukup untuk beberapa penonton. Saya merasa cukup sedih karena beberapa karakter pendukung meninggal. Tetapi bukan musuh yang meninggal, akan tetapi pemain yang memiliki sifat kemanusiaan disini.

Visualisasi, Baik dan tidak berarti buruk

Saya mendapatkan animasi dalam visualisasi ini terlihat cukup baik. Saya tidak ada masalah sepanjang visualisasi yang diberikan. Bahkan visual kali ini terlihat lebih keras daripada anime yang lainnya. Berbagai pertumpahan air merah menjadi ciri khas tersendiri jalannya anime ini meskipun secara konsep harusnya ada gambar-gabar pop yang menjadi bagian kematian antar game. Namun beberapa bagian dihiasi dengan berbagai pernik yang sebenarnya pelengkap sempurna anime ini.

Musik, Audio, dan Seiyuu

Gw tidak ada masalah bakan lagu yang dimainkan dalam Darwin's Game. Sebab lagu-lagu yang dijalankan sebenarnya cukup baik dan mengenang. Apalagi lagu opening dan ending yang diputar telah membawa kenangan yang membekas meskipun tidak semeriah Attack on Titan. Akan tetapi telah membawa dalam suasana anime yang bener-bener tepat dan representasikan bagaimana kita harus tetap hidup.

Kesimpulan

Telah panjang lebar sebenarnya saya tulis dalam satu hari. Sebenarnya anime inisendiri membawa tema Hunger Games dengan filosofi esensinya dari Charles Dharwin sebagai main idea sepanjang jalannya anime ini. Setuju atau tidak jelas anime ini mengajarkan kita untuk masuk dalam seleksi alam. Bahkan seleksi Alam menjadi bagian permasalahan penting dari Darwin Game ini. Akan tetapi Sudou Kaname berusaha melawan dan mengkritisi sang Darwin ini sendiri.
Darwin's Game
God of Iron
© Nexus / Funanimation / Aniplus
Terbilang cukup baik dari segi visualisasi, action, dan pengkarakteran. Namun kebanyakan karakter mereka sebagai musuh yang tidak tahu apa-apa. Karena itu merupakan suatu kera yang tidak bisa mengerti kehidupan, setidaknya telah berubah menjadi hewan yang rakus akan harta dan kedudukan. Selain itu lu bisa baca sendiri diatas kwwk.

Kelebihan :

  • Pembawaan Plot yang menjelaskan arti filosofi dan main idea jalannya anime
  • Karakter utama yang melawan berbagai aturan dari Game Master Darwin Game ini.
  • Fokus utama jelas menyelesaikan Game tergila ini
  • Memberikan Makna dari Seleksi Alam.
  • Aksi yang diberikan sangat keren (Sebenarnya).
  • Mengambil ala Filosofi
  • Endingnya Cukup Memuaskan

Kekurangan :

  • Karakter pendukungnya setidaknya memiliki porsi kurang
  • Musuh-musuhnya terlihat sangat bodoh
  • Porsi actionnya sebenarnya memuaskan tapi berasa kurang dikit
  • Beberapa bagian di cut sehingga terlihat kagak logis
  • Inti utama anime ini sudah jelas jalannya
  • Plotnya agak bolong-bolong
  • Terfokus pada Arc Pencarian Harta Karun

Penilaisan : 8.2/10

Darwin's Game
Sahabat yang ditinggal
© Nexus / Funanimation / Aniplus

Bagaimana? Apakah Filosofi Darwin ini menjadi meriah dan dieksekusi terbaik untuk lu atau hanya sekedar Filosofi Saja?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini