List Anime yang Mirip Clannad


Mengenal tentang keluarga mesti kita akan mengenal yang namanya anime Clannad. Anime yang terkenal dari era masanya sampai saat ini yang unik. Penggemar mengenal anime Cannad ini dengan cukup baik beserta isi yang ada di dalamnya. Tetapi apakah mungkin konsep cerita Clannad ini cukup mirip (bukan sama) dengan beberapa cerita yang lain? Kemungkinan Besar bisa mirip dan kemungkinan besar juga tidak 100 % mirip.
Anime yang mirip dari Clannad
© Visual Art's
KEY / Kyoto Animation
Meskipuna saya sebagai menyukai genre Slice of life. Genre semacam ini adalah genre yang sangat lembut disamping memberikan cerita yang merupakan penggalan cerita dari kehidupan yang ada. Cerita-cerita semacam ini sangat layak untuk ditonton karena memberikan pengajaran yang unik disamping cerita yang diemas penuh dengan kejenakaan.

Berikut beberapa daftar anime yang penulis blog anggap mirip dengan cerita yang ada di dalam Clannad.  (Tidak mengikuti angka tetapi konsep yang dipakai)

1. Tsuki ga Kirei 

Awal saya memilih Tsuki Ga Kirei adalah kemiripan dengan romantisme antara Nagisa dengan Tomoya. Sedangkan dalam anime karya Feel memerikan suatu pendekatan Romantis antara sepanjang perjalanan antara Akane Mizuno dengan Kotarou Azumi. Aku rasa pendekatan inilah yang menjadikan anime ini cukup mirip.
Ending yang mantap
Berakhir dengan Bahagia
© Feel
Kemiripan lainnya adalah sama-samam mengambil background sekolah ditambah ending yang juga mirip. Yakni membentuk keluarga dan mempunyai anak. Tetapi kita pasti yakin bahwa perbedaannya hanya terletak pada jalannya cerita maupun unsur fantasi misalnya Girl in the Illusionary World. 


2. Hyouka

Saya memilih Hyouka dikarenakan anime ini dengan Clannad Season 1 adalah mirip dalam satu konteks mengenai ekstrakurikuler yang ada di Sekolah. Clannad membentuk kelompok berupa kelompok drama yang akan ditutup di sekolahnya. Sedangkan Hyouka memberikan kesamaan berupa membentuk kelompok tim sastra yang akan mengiventigasi keunikan dalam kelompok ini. Meskipun keduanya sama-sama membentuk kelompok. Tetapi konteks romantisme dalam Hyouka dan jalan ceritanya berbeda sekali dengan Clannad dan cenderung memberikan keunikan tersendiri dari kedua anime ini.
4 Orang Bersahabat Memecahkan Misteri
© Kyoto Animation / Kadokawa

3. Angel Beats!

Setahu saya bahwa Angel Beats dengan Clannad agak berlainan cerita yang diungkapkan. Tetapi dalam kru pengerjaan. Mereka memiliki kesamaan. Yakni seorang Jun Maeda. Pemusik dalam Clannad dan Angel Beats. Memang saya mendengarkan kedua ost ini cukup khas dan kaya akan warna karena peran Jun Maeda didalamnya. Bahkan terdapat list ost Angel Beat terbaik menurut ini. (berharap ada OSt terbaik di Clannad). #CMIIW
Bagian yang tetap diingat sepanjang masa.
© P. A. Works
Disamping memliki pekerja OST yang khas dan musik yang beraneka ragam. Salah satu konteks lainnya adalah bagian komedi yang dihasilkan cukup menggelitik diantara kedua anime ini. Serta bagian sama-sama mengambil latar belakang sekolah. Bahkan salah satu unsur kesedihan dan amanat maupun pengajran masuk dalam Angel Beat. Meskipun keduanya agak berbeda genre tetapi bagian yang dianggap ini cocok dianggap memiliki kesamaan.

4. Ano Hana /Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai.

Kedua anime ini sebenarnya disini adalah kearah kelompok teman daripada kearah romantisme. Secara konteks ini clannad season 1 adalah bagan kelompok bermain dan teman yang ada dalam kelompok.. Clannad mengambil konteks kelompok ekstrakurikuler sedangkan Ano Hana adalah mengambil konteks kelompok bermain. Hal ini cukup terlihat baik dan mirip. Ditambah pada Clannad season 2 kelompok ini berakhir dan kembali kemasing-masing pada cita-cta mereka. Tetapi mereka tetap baik Ano Hana maupun Clannad mengingat persahabatan mereka dalam kelompok ini.
Persahabatan tidak akan terlupakan
©A-1 Pictures
Meskipun demikian keduanay juga terlihat sama dalam satu konteks dimana kemampuan spiritualitas. Ano Hana mengarah pada si Menma yang menghantui Jinta sedangkan Clannad mengambil fantasi dan supranatural di dalam ending maupun cerita tentang kota yang ditinggali oleh Tomoya Nagisa.

5. Byousuko 5 Centimeter / 5 Centimeters Per Second

Aku secara pribadi melihat sekilas mengenai kedua anime ini memberikan kisah romantis yang mirip oleh keduanya. dalam anime 5cm ini memiliki cerita romantis dimana kedua kisah ini dibentuk dengan baik. Dalam clannad dimana sang tokoh Nagisa harus meninggal sedangkan dalam kisah dalam 5cm pun pun tetapi dalam konteks lain dimana sang tokoh meninggalkan mereka(Meninggal tentang apa aku kurang mengerti tapi beberapa tapi saya kurang mendalami 5cm). Tokoh Tomoya harus berjuang selayaknya tokoh yang ada di 5cm. (Btw remind me untuk mendalami 5cm saat di review).
Mikirin kamu
© CoMix Wave Films / Makoto Shinkai

6. Amaama to Inazuma

Di dalam Clannad After Story saat Nagisa meninggal dan Tomoya mengurusi anak perempuannya. Dalam bagian ini mengingatkan saya kembali pada anime Amaama to Inazuma dimana sama dengan mengurusi anak kecil (Sekilas tapi mirip). Nagisa yang istrinya meninggal harus dengan terpaksa mengurusi Ushio yang notabenenya perempuan, sedangkan dalam Amaama to Inazuma Istrinya sudah meninggal duluan dan yang cowok mengurusi anaknya
Makan Bersama :)
© TMS Entertainment

7. Your Lie in April / Shigatsu wa Kimi no Uso

Entah saya memasukan ini karena masih belum paham jalan cerita Your Lie in April. Tetapi sekilas saya menemukan inti yang cukup menarik dari anime ini. Dimana memberikan cerita yang sama-sama menyedihkan. Dimana karakter utama dari Your lie in April, khususnya cewek harus mati(CMIIW) seperti Clannad Season 2. Kemiripan ini yang membuat banyak menyarankan anime Shigatsu no wa Kimi no Uso. 
Your Lie in April 
Nih buatmu
© A-1 Pictures
Selain itu, yang ku tahu Shigatsu wa Kimi no Uso memiliki berwarna-warna OST meskipun bukan sat komposer dengan Clannad. Keragama OST ini mungkin disebabkan karena Shigatsu wa Kimi no Uso mengarah pada anime musik ketimbang Clannad. Tetapi sekilas sama-sama beranekaragam OSTnya.

--> Next?? 

Kesimpulan

Meskipun memiliki kemiripan dari Clannad. Tapi hal itu unik. Dimana kemiripan ini membawa kita kepada keanekaragama cerita anime yang dengan konsep sama. Meskipun memiliki konsep sama. dalam pembawaan jalan cerita sangat amat jelas dan penting karena bagian inilah yang menjadikan anime Clannad sangat diminati penonton dari anime lain. Saya harap list ini akan menjadi sumber referensi anime berikutnya setelah nonton Clannad.

Menurutmu? Anime manakah yang memiliki kemiripan yang unik dari anime Clannad ini? Tuliskan di komentarmu.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini