[Review] Clannad After Story : Hidup yang Terikat Makna (Part 2)

Bagian pertama

Hidup yang Terikat Makna 

Clannad mengikat kita pada rumitnya kehidupan yang anda. Diluar dari fantasi yang diberikan. Anime ini mengajarkan berbagai hal mengenai humanis maupun keterikatan kita terhadap kehidupan kita. Anime Clannad After Story telah memberikan makna yang tertanam dalam hatiku. Jujur sebagai penonton anime yang suka genre Slice of life. Tetapi dalam anime Clannad lebih kental akan namanya kehidupan yang telah disajikan.
Clannad After Story
Keterikatan makna kehidupan
© Visual Art's/ KEY / Kyoto Animation
Penyajian macam ini adalah hal yang unik di dalam anime Clannad. Entah dari semua anime hanya Clannad yang menurutku terikat makna kehidupan. Tidak ada hidup yang benar-benar berdiri sendiri. Tidak ada hidup yang tidak susah. Tidak ada hidup yang tidak bermakna. Sebuah kota yang terikat antar lainnya. Sehingga menghasilkan klan yang terbaik. Serta menghasilkan keluarga di dalamnya. Kota dimana setiap orang akan bahagia.

Sebagai anime slice of life, anime Clannad telah berhasil membuktikannya. Tetapi hal lain ialah memberikan kan berbagai Hikmat akan pengajaran mengenai kehidupan. Menurutku Clannad cukup berhasil memberikan pengertian ini dalam pembawaannnya. Baik dalam kesedihan yang ditampilkan maupun kerasnya hidup dalam berkeluarga.

Girl in the Illusionary World

Dari segala yang kami ketahui, dari awal Clannad muncul, hingga saat akhir. Gadis dalam dunia ilusi ini masih memberikan pertanyaan hingga akhir episode. Apakah gunanya? Apakah makna Ilusi world ini? Tetapi dari awal saya menonton tidak memiliki gambaran jelas mengenai garis besar cerita yang ditampilkan. Gadis ini masih menjadi misteri hingga pada season 2 ini.
Clannad After Story
Gadis dalam dunia Ilusi
© Visual Art's/ KEY / Kyoto Animation
Gadis dalam dunia ilusi ini tidak memiiki peran apapun yang membuat anime ini hidup. Tetapi semenjak saya mencoba mengamati dan melihat episode akhir. Saya akhirnya mengerti pesan yang disampaikan oleh Girl in the Illusionary world ini. Sebuah kedekatan antara Tomoya dan Ushio terlihat sebagai garbage dan gadis kecil dalam dunia ilusi. Peran antara Ayah dan anak yang benar-benar tertanam dalam Gadis di dunia ilusi.

Secara pribadi memberikan pertanyaan tersendiri dalam anime ini, apakah gunanya gadis ini? Apakah gunanya sich ilusi world ini? Apakah gunanya mereka semua ini? Tetapi saya sadar bahwa dunia ilusi ini adalah sesuatu hal kecil yang memberikan makna kompleks. Tetapi kekompleks inilah menghasilkan cerita yang sepanjang 1 episode penuh yang ditutup dengan symbolis dari makna gadis itu, serta boneka rongsokan itu. Dimana anak dan ayah tercermin di dalam kehidupan yang penuh dengan ilusi.

Pendekatan antara Nagisa dan Tomoya Semakin So Sweet

Aku menilai pendekatan yang sangat amat jelas tercapai dalam anime. Dimana Nagisa yang semakin mencintai Tomoya dan akhirnya menikah dengannya. Dua pasangan ini sangat saling melengkapi satu dengan lain. Hal inilah yang menjadi pusat perhatian saya selama anime ini.

Meskipun dalam keadaan susah dan senang, Nagisa dan Tomoya dapat menghadapinya, kecuali ketika sang Nagisa meninggal dan Tomoya harus benar-benar hidup di bawah depresi sangat berat. Tetapi semua akan teratasi sempurna jikalau tetap bersama dengan keluarga. Keterikatan inilah yang menyebabkan jalannya anime Clannad After Story menjadi lebih kuat.
Clannad After Story
Keteritan cinta yang unik
© Visual Art's/ KEY / Kyoto Animation
Aku mengerti bahwa anime ini sendiri berfokus pada mereka berdua. Baik dalam season 1 Clannad maupun season 2. Tetapi ternyatak edekatan mereka berdua adalah nilai yang tetap plus. Bahkan kematian nagisa tergambarkan sebagai hal yang sangat menyedihkan. Saya rasa

Semakin Memberikan Kesedihan Mendalam

Salah satu teknik yang dibikin Kyoto Animation sebagai resep anime mereka adalah kesedihan dan feeling yang mendalam. Suatu resep yang sangat amat benar disamping resep yang lain telah membawakan Studio Kyoto Animation sebagai studio yang benar-benar ahli dalam resep kesedihan yang mendalam.

Sehingga membuat Clannad After Story punya ciri khas yang unik sekaligus kesedihan mendalam. Beberapa anime yang dibikin oleh studio selain Kyoto Animation tetaplah okey. Tetapi konsistensitas yang dibikin Kyoto Animation dalam penganimasian serta pemusikan dalam Clannad After Story tetaplah terbaik. Saya rasa elemen ini sangat mendukung jalannya Clannad.

Karakter Pendukung Semakin Terlihat Perannya

Tokoh sentral dalam Clannad sebelumnya ialah keenam bersahabat ini. Yaitu Tomoya, Nagisa, Sunohana, Ryou, Kyou, dan Kotomi. Tetapi dalam anime ini sendiri memperluas seluruh tokoh yang anda. Sehingga Clanad After Story semakin jelas peran setiap tokoh yang ada serta latar belakang yang tertanam di dalam tokoh ini.
Clannad After Story
Karakter pendukung sanga beragam
© Visual Art's/ KEY / Kyoto Animation
Meskipun sebagai sentral adalah Tomoya dan Nagisa, tetapi karena tokoh lain masih banyak di Clannad perlu diberi pendekatan lainnya selain keluarga Nagisa, Tokoh-tokoh lain inipun sangat penting dalam membentuk keluarga di dalam Clannad. Tokoh-Tokoh ini yang dikupas secara baik dalam anime Clannad After Story. Meskipun jabatannya hanya sebagai tokoh pembantu tetapi apa yang telah ditampilkan sangatlah baik.

Musik yang Semakin Menarik

Musik adalah bagian yang sangat penting dalam anime, bahkan penyuaraan karakter yang diperankan sangatlah menambah suasana yang Clannad dengan baik. Musik yang ditampilkan adalah khas dari Clannad After Story yang notabenennya menggambarkan kekeluargaan dan makna di dalamnya. Kesederhanaan musik dan beberapa OST yang dinyanyikan oleh penyanyi cukup menyentuh hati. Musik dan OST yang diberikan adalah suatu bagian yang lebih menarik daripada Clannad Season pertama

Aku rasa penampilan tiap karakter telah membantu musik semakin menunjukkan taringnya. Kita mengerti bahwa OST adalah bagian terpenting. Saking pentingnya OST di Clannad After Story diperbanyak dan smekain menunjukkan taring keberagamannya. Part inilah yang berhasil membuat Clannad After Story berhasil menghasilkan berbagai OST yang benar-benar mewarnai Clannad After Story.

Kesimpulan

Clannad After Story telah memberikan keajaiban cerita yang diceritakan dalam suatu keluarga. Clanaad After Story adalah sebuah penggalan cerita yang berhasil menceritakan kerasnya kehidupan luar biasa. Memiliki kesuksesan dimana karakter pendukung semakin dijelaskan perannya yang sebelumnya tidak diberikan. Warna-warni musik telah memberikan keajaiban pelangi yang tajam dan taring musiknya semakin menusuk ke dalam hati. Visual yang masih tradisional dan bukan anime modern cukup baik disampaikan meskipun tidak sepenuhnya saya bahas dalam ulasan ini. Pokoknya baik.

Kelebihan

  • Clannad After Story semakin menunjukkan Taringnya
  • Plot yang diberikan semakin bertahap dan mulai mengadaptasi berdasarkan Routenya
  • Setiap Route memiliki makna tersendiri yang sangat bernilai
  • Musik yang diberikan dan beberapa lagu berwarna-warni.
  • Karakter pendukung telah memberikan sumbangsih di dalamnya.
  • Sebagai penutup dengan penampilan terbaik sepanjang Sejarah Clannad
  • Kombinasi dari karakteristik, visual, plot, dan musik sangat baik.
Clannad After Story
Inilah kehidupan keluarga
© Visual Art's/ KEY / Kyoto Animation

Kelemahan

  • Visual masih sesuai tahunnya dan tidak cocok di era saat aku review saat ini.
  • Terlihat terlalu panjang untuk pembawaan satu season.
  • Tidak terlalu kompleks permasalahan yang ada. Tetapi hanya diberikan permasalahan secara garis besar.
Clannad After Story
Hidup penuh makna
© Visual Art's/ KEY / Kyoto Animation
Menurut kami dengan berbagai kemampuan yang diberikan. Nilai yang diberkan untuk Clannad After Story adalah 9,2 / 10. Karena Plot dan makna setiap plot serta pembawaan lainnya.

bagian pertama

Menurutmu, apakah Clannad termasuk dari salah satu anime terbaik yang dapat ditonton? Semua kembali pada penonton dalam memutuskan anime Clannad After Story ini.. For me, it's the best.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini