[Review] Clannad : Banyak Makna yang Tersembunyi

Sebuah arti keluarga merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Dimana seseorang pasti memerlukan ikatan yang kuat dari yang lainnya. Begitulah arti dari keluarga atau yang bisa disebut sebagai clan. Clan sendiri merupakan perkumpulan yang terdiri dari berbagai orang di dalamnya. Begitulah maksud dari Clannad dibentuk, yakni perkumpulan dari berbagai orang yang saling melengkapinya.
Clannad
Clannad
© Kyoto Animation
Clannad (CLANNAD -クラナド-) adalah anime yang dibentuk berdasarkan visual novel karya KEY ditahun rilis 2004 yang sangat terekenal di era masanya, dan dibangun oleh Kyoto Animation. Clannad sendiri merupakan anime lama yang sangat terkenal dan berakhir di season 2, Clannad After Story. Anime ini begitu menarik sekali untuk disimak oleh banyak penonton sehingga menjadi anime terbaik sepanjang masa. Berikut merupakan anggota dari Kyoto Animation yang mengerjakan anime Clannad ini.

Yoko Hatta dan Shinichi Nakamura sebagai produser.
Tatsuya Ishihara sebagai Sutradara
Yasuhiro Takemoto, Naoko Yamada, Taichi Ishidate, Mitsuyoshi Yoneda, sebagai kunci animasi
Key sebagai pemilik asli Clannad,
Jun Maeda, Shinji Orito, dan Magome Togoshi  sebagai pemusik dengan membawa berbagai penyanyi lainnya.
Yuuichi Nakamura, Mai Nakahara, Ryou Hirohashi, Akemi Kanda, dan lain sebagainya sebagai pengisi suara.
Dan lain-lainnya yang tergabung dalam pembuatan Clannad ini.

Bagaimana keseruan anime Clannad yang melegenda ini? 

Plot Keseluruhan

Okazaki Tomoya merupakan anak SMA kelas 3 yang hidup sebagai anak nakal di sekolahnya, kehidupannya yang begitu buruk inilah ditemani oleh temannya Sunohara. Sebagai anak nakal, dirinya belum mengerti apakah itu arti kehidupan dan lebih banyak membuang waktu bersamanya di sekolah. Hidup yang penuh dengan kebosanan dirinya lalui disekolah.

Namun, perlahan kehidupaan berubah ketika dirinya menemukan seorang gadis lemah bernama Nagisa Furukawa yang ingin menghidupan klub Teater. Dirinya mulai menemukan jati dirinya dan kehidupan yang lebih berarti. Bagaimana kisah perjalan hidupnya bersama Nagisa?

Plot yang Unik Sekaligus menarik

Salah satu plot yang menarik sekaligus sulit dan indah tertanam dalam cerita Clannad ini. Mengangkat dari sebuah visual novel yang cukup terkenal karya Key. Dimana memnceritakan bagaimana hubungan yang terjadi antar karakter yang ada didalamnya. Untuk mengerti ini, banyaklah untuk menonton dan mendalaminya.
Clannad
Kisah antara Nagisa dan Tomoya
© Kyoto Animation
 4 episode awal merupakan pengawalan dan pengenalan antar tokoh dalam anime Clannad ini. Dimana dibuka dengan Tomoya bertemu Nagisa dan berakhir di ruang referensi. Perkenanalan ini sangat diapresiasi karena dapat memperkenalkan seluruh karakter yang menarik. Dim ana mereka diperkenalkan secara sekilas walaupun tidak begitu banyak pendalaman. Karakter-karakter inilah yang akan menjadi pusat permasalahan dalam anime keluarga ini. Belum mencapai permasalahan inti yang akan disampaikan.

Setelah plot yang sulit ini, pasti akan diperjelas dengan baik dalam anime ini, maka saya akan membuatkan berbagai bagian yang akan memperkuat maksud dari anime ini.

Jalan Ibuki Fuko - Penyambung Antar Karakter, Bertemanlah dengannya

Bagian inilah yang menurutku cukup menarik untuk disimak karena menghadirkan seorang gadis yang tergila-gila terhadap bintang laut. Dirinya sebenarnya anak yang masih berada di rumah sakit dalam kondisi kritis. Dirinya berubah menjadi manusia supranatural, berada di dekat Tomoya dan ingin mewujudkan suatu cita-cita yang besar kepada kakaknya, yakni suatu pernikahan. Terdiri dari episode 5 sampai 9.

Bagian inilah yang menurutku cukup menarik di awal, memang sangat sulit sekali mendapatkan arti yang jelas, dimana harus menonton berulang-ulang, tapi jikalau sudah mendapatnya, maka akan berasa sangat indah untuk disimak. Di mana siapa yang menerima bintang laut dari Fuuko, maka dia akan tersambung dengan clan yang ada di dalamnya. Bagian inilah yang memberikan good ending yang menarik dan memberikan begitu banyak kesan, sebuah cahaya harapan muncul seketika.

Jalan Kotomi Ichinose - Trauma Masa Lalu

Satu-satunya anak yang genius dalam anime Clannad. Terlihat tidak begitu banyak masalah., tapi masih ada masalah yang ada dalam masa lalu semenjak ditinggal oleh orang tuanya, bahkan ditambah bagaimana dirinya mulai mengenal orang-orang di luar, Kotomi memang jarang sekali bicara banyak orang dan terlihat kaku sekali. Bener-bener bermasalah juga gadis ini, dan Tomoya berusaha menyelesaikannya, bahkan mengorbankan waktunya untuknya
Clannad
Kotomi Ichinose
© Kyoto Animation
Saya sangat merekomendasikan bagian yang satu ini, dimana memberikan kesan yang begitu dalam saat akhir episode, yakni di episode 14 yang bener-bener kuat. Bener-bener begitu unik bagian Kotomi sebagai bagian yang begitu kuat di mata penonton dan penyajiannya terdengar menarik sekali, bahkan merupakan bagian yang luar biasa menginpirasi bagi seluruh penonton.

Jalan Tomoyo Sakagami - Kebersamaan Membangun Klub Teater

Salah satu episode yang cukup unik juga di episode ini, dimana ada dua kombinasi yang terjadi di episode ini, yakni ada 3 hal, Fujibayashi, Sakagami, dan Pembangunan Kembali Klub Teater dimana dikombinasikan dalam 4 episode ni dan diakhiri di episde 18 dengan terpilihnya Tomoyo sebagai ketua OSIS.

Bagian ini diperlucu dengan persaingan cinta di dalamnya antara Kyou yang memaksakan Ryou kepada Tomoya dan Tomoyo yang dekat dengan Tomoya. Kombinasi yang begitu baik inilah cukup banyak ini dieksekusi dalam 4 episode saja dengan baik. Bahkan beberapa pemanis berasa sangat menarik untuk disajikan. Kesan yang terbentuk tidak begitu dalam, tapi cukup enak ditonton.

Jalan Nagisa Furukawa - Impian yang Terwujud

Hingga tiba pada waktunya, bagian puncak dari anime Clannad ini muncul, yakni Impian sang Nagisa itu sendiri terwujud. Menjadi seorang pemain Teater. Namun, saat pementaskan, berakhir dengan permasalahan yang dihadapi oleh keluarganya. Bagaimana dirinya mengatasi permasalahan tersebut
Clannad
Nagisa Furukawa
© Kyoto Animation
Memang merupakan jalan yang akhir dan bagian akhir dari anime Clannad ini dimana tujuan awal telah terwujud. Berakhir dengan akhir bahagia. Di mana Nagisa telah mewujudkan impiannya sejak dahulu, ditabah dengan berlanjutnya ke musim berikutnya yang masih banyak permasalahan di sana, dan pada akhirnya ditutup dengan episode 23 sebagai penyambung season berikutnya. Bagian yang menarik sekali dieksekusi sebagai ending Clannad

Banyak Makna yang Tersembunyi

Salah satu nilai menarik dalam anime Clannad merupakan makna dan pesan moral yang ada di dalamnya secara tersirat ini. Makna yang begitu kuat tertanam dalam setiap penonton yang menonton Clannad dengan dalam.

Makna yang tertanam inilah menunjuk kepada hubungan yang terjadi pada setiap karakter yang membentuk suatu jalinan keluarga yang dalam. Pesan yang ingin disampaikan inilah yang menjadi nilai plus dalam anime ini. Cerita yang tidak terlalu padat tapi dieksekusi dengan berbagai hubungan antar karkater merupakan hal yang menarik.

Jalinan keluarga yang dimaksudkan memperkuat moral yang tertanam dalam anime Clannad ini dengan unik. Pesan yang disampaikan pun tertanam dengan mudah dalam anime keluarga ini. Moral yang tersimpan adalah keutuhan dalam keluarga sekaligus bermasyarakat yang baik di dalamnya. Selain itu, banyak yang memperkuat ini dengan visual yang begitu khas sehingga mudah sekali dikenang dalam segala masa. Termasuk dari segi cerita maupun kelucua dan feeling yang diperoleh.
Saya sangat merekomendasikan bagi beberapa pencinta anime pemula yang cukup unik di sini dan setiap jalan dan chapternya menginpirasi banyak orang.

Kombinasi yang Menarik

Salah satu hal yang menarik untuk disimak adalah genre yang dikombinasi dengan menarik dalam Clannad ini. Menawarkan genre pusat yakni slice of life, supranatural, dan komedi dengan sangat baik. Bahkan dengan penawaran perasaan yang dalam inilah sangat diapresiasi dari Kyoto Animation. Secara keseluruhan, genre yang ditawarkan sesuai dengan anime Clannad itu sendiri dari visual novel yang ingin diungkapkan dalam sebuah anime.

Slice of life yang ditawarkan merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh kreator Key dalam visual novel yang dianimekan oleh Kyoto Animation. Pesan inilah yang menarik untuk disimak dan didalami agar menginpirasi banyak orang setelah menontonya.
Clannad
Kombinais yang menggelitik
© Kyoto Animation
Walaupun pencakapannya yang diperbanyak dalam anime Clannad ini, tapi tidak turut lupa agar anime ini menjadi lebih seru adalah komedi yang ingin disuguhkan dalam anime ini. Percakapan dalam suatu anime memang memberikan kesan membosankan, tapi tetap diperbagus adalah komedi yang diberikan agar tidak menjadi percakapan garing semata. Kinerja inilah yang membuat Clannad tetap bagus untuk ditonton.

Selain itu pula, beberapa efek supranatural yang diberikan juga memperbaiki anime ini, bahkan sang gadis dari dunia lain merupakan nilai yang belum muncul dan masih kurang mengerti, apa tujuannya dalam anime Clannad ini.

Karakteristik sangat menarik

Satu-satunya nilai plus lainnya adalah karakter yang diberikan, dimana kita diberikan berbagai karkater utama yang tergabung dalam pembangunan kembali klub teater. Bahkan anime ini dipenuhi dengan berbagai karakter yang sangat mendukung jalannya cerita ini. Berikut adalah 2 karakter utama yang menjadi pengaruh luar biasa dalam anime Clannad ini.

Tomoya Okazaki merupakan anak berandalan yang tidak mengerti makna hidup bersama temannya Sunohara, dirinya mulai mengerti arti hidup semenjak Tomoya mengenal Nagisa untuk pertama kalinya. Sebagai penonton, kita diminta untuk mengerti bagaimana kinerja dari Tomoya ini dalam membangun kembali klub teater dan perubahan-perubahan dashyat lainnya seiring jalannya anime ini. Dirinya pelahan namun pasti mengerti apa makna hidupnya yang sesungguhnya bersama Nagisa. Tomoya sendiri diahlisuarakan oleh Yuuichi Nakamura.

Nagisa Furukawa, seorang gadis muda lemah dan merupakan anak dari psangan penjual roti di kotanya. Dirinya mencintai kota dimana dirinya dilahirkan dan merupakan gadis yang sangat baik. Dirinya memang lemah sejak dilahirkan dan bercita-cita membangun klub teater kembali. Nagisa memang mencintai sejak bertemu dengan Tomoya pada awalnya dan merupakan gadis yang kuat dalam penderitaan. Dirinya memang spesial bagi Tomoya semenjak Tomoya mengenalnya. Nagisa sendiri diahlisuarakan oleh Mai Nakahara.
Clannad
Wow cewek mana nih
© Kyoto Animation
Karkater-karkater lainnya bekerja dengan sangat melengkapi jalannya Clannad dalam 23 episode ini, baik itu keluarga Furukawa, Fuko, Fujibayashi, Tomoyo, Kotomi, dan lain-lainnya. Mereka memiliki kepribadian yang sangat jelas bukan hanya karena pecakapan dan interaksi yang diberikan, tapi dukungan dalam anime yang besar. Oleh sebab itu, secara keseluruhan karakter yang diberikan sangat mudah dikenali dan sangat mendukung jalannya anime Clannad ini, kecuali gadis dari dunia lain bersama boneka daur ulangnya yang belum menunjukkan tujuan irinya.

Visualiasi yang Memoriable

Salah satu unsur yang tidak kala penting adalah visual yang akan diberikan oleh Kyoto Animation yang terkenal dengan visualisasi yang unik-unik. Salah satunya yang sangat jelas adalah anime Clannad ini di mana sampai sekarang tetap dilihat dan diperhatikan.

Visual yang diberikan berasa lebih baik daripada visual novel yang mereka berikan pada anime ini oleh Kyoto Animation. Bahkan memperkuat sang visual novel yang diberikan oleh Key secara tersendiri, khussnya pada bagian visual karkater yang diberikan. Bahkan lebih mengenang setiap karkater yang diberikan, ditambah backgroundnya tergolong baik dan bersih.

Salah satu kunci yang unik dalam anime Clannad adalah visual pada animasi efek yang diberikan olehnya. Dikarenakan ini anime supranatural, maka memberikan visual efek inilah yang terlalu baik untuk ditonton. Oleh sebab itulah, kunci yang cukup baik dalam Clannad terdapat pada visual efek yang diberikan oleh mereka.

Musik yang Kuat

Salah satu hal yang kuat lainnya dalam anime Clannad adalah musik yang diberikan oleh mereka selaku produksi anime. Unsur inilah yang membuat saya senang karena dapat memberikan hal-hal yang bersifat baik dalam setiap adegannya. Musik yang diberikan merupakan label dari studio Pony Canyon dan dikerjakan oleh Jun Maeda, Shinji Orito, dan Magome Togoshi .

Musik opening yang diberikan mengangkat lagu yang tidak terlalu asing dalam telinga para pendengar visual novel yang diperbagus lagi di versi anime, yakni Megumeru /Mag Mell versi cukool mix tahun 2007 oleh eufonius. Sebuah lagu yang menggambarkan perasaan yang diungkapkan. Dengan nada yang sangat menghipnotis sekaligus memoriable ini sangat patut untuk didengarkan.
Clannad
Nagisa Furukawa
© Kyoto Animation
Musik Ending yang diberikan mengangkat lagu yang menceritakan kekeluarga, yakni Dango Daikazoku yang dinyanyikan oleh Chata. Secara keseluruhan, nadanya terlalu sederhana dan mudah sekali untuk dinyanyikan. Memang terlihat seperti lagu anak-anak, tapi cukup diapresiasi apa yang ingin disampaikan dalam anime Clannad ini, yakni menjadi seperti Dango Daikazoku.

Secara keseluruhan, anime ini menawarkan berbagai musik yang bener-bener memoriable. Mulai dari musik opening, background, hingga lagu insert yang bener-bener mantap sekaligus tepat menggambarkan anime keluarga ini. Bahkan beberapa lagu insert berasa sangat menarik untuk di dengar.

Kesimpulan

Sebuah anime muncul mengangkat cerita bagaimana perubahan sang anak nakal ke jalan yang benar ditambah dengan cerita tentang kekeluargaan yang dibentuk dalam Clannad. Clannad itu sendiri merupakan anime yang mengangkat dari kata Clan yang artinya perkumpulan. Oleh sebab itu tidak jarang menceritakan bagaimana perkumpulan yang terjadi dalam suatu perkotaan di Jepang yang penuh dengan kejutan.
Clannad
Nagisa Tomoya yang menginspirasi
© Kyoto Animation
Anime Clannad sendiri memiliki cerita yang cukup sulit dimengerti, tapi pelahan menjadi menarik untuk disimak, di mana kita sendiri berusaha mengerti apa isi yang terkandung dalam anime Clannad ini. Selain plot yang diberikan, musik, visual, karakter, genre, dan perasaan yang sangat baik dan mendukung anime Clannad ini dengan luar biasa, sehingga pesan moral yang ingin disampaikan terwujud dengan sentuhan yang baik. Secara keseluruhan, saya merekomendasikan untuk menonton anime Clannad bagi mereka yang menyari arti kelaurga di dalamnya.

Kelebihan

  • Pesan Moral yang mudah sekali diterima dan lebih memancar dalam Clannad
  • Musik yang sangat menawan di Clannad.
  • Plot yang terbilang cukup meriah dan mudah kearah mana ditebak
  • Karakeristik yang berasa baik dan mudah dikenali
  • Permasalahan yang cukup baik diangkatnya.
  • Ending yang cukup baik di setiap jalan ceritanya. Bahkan untuk Kotomi dan Fuko adalah Ending yang berperasaan.
  • Feelingnya terpancar pada Clannad dan bener-bener istimewa.
  • Ending anime yang akan berlanjut di season berikutnya yang akan menghabiskan visual novel di dalamnya.
  • Romancenya cukup sederhana dan akan mendalam dengan sendirinya.
 

Kekurangan

  • Penyelesaian dalam suatu permasalahan lebih mudah di bedakan dalam setiap 4 episodenya.
  • Bagian Tomoyo dan Fujibayashi terlalu dibuat menjadi satu, sehingga tidak terlalu nampak untuk dipisahkan.
  • Banyak percakapan, namun tetap diimbangi dengan baik.
  • Gadis dari dunia lain belum menampakan perannya dengan baik

Saran

  • Memerankan gadis dari dunia lain di season berikutnya lebih diperjelas.
  • Berlanjut ke season 2 yang terlihat memberikan titik terang.
  • Memperjelas moral yang diberikan di season 2, karena nilai inilah yang tetap bernilai plus.
  • Mempertahankan ciri khas yang tertanam dalam Clannad, termasuk komedi agar tidak menjadi membosankan saat terjadi percakapan di dalamnya. 
  • Memperkuat permasalahan yang ada di dalamnya.
  
Cocok : Bagi mereka yang memperlukan cerita kekeluargaan dan perjuangan dua pasangan ini bersama teman-temannya. Serta mereka yang memerlukan komedi didalanya dan cerita slice of life.

Tidak Cocok : Bagi mereka yang menginginkan anime Aksi yang kurang cocok dalam anime Clannad ini dan mementingkan percakapan yang ke poin inti.
  

Terima Kasih :

Kyoto Animation, Key, dan Pony Cayon dalam membangun anime Clannad ini.


LANJUT KE REVIEW CLANNAD AFTER STORY
  
 Bagaimana dengan pendapat kalian mengenai anime Keluarga ini?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini