[Review] Kuzu no Honkai / Scum's Wish : Mangkelin...!!

Dalam kita menjalani hubungan. Pasti ada tantangan berat yang harus kita terima. Bahkan tantangan itu membuat kita harus bener-bener kuat di segala situasi. Hingga harus berhadapan dengan rasa saling nikung maupun perselingkuhan (NTR) berat yang marak terjadi saat ini. itulah gambaran secara umum dari anime Kuzu no Honkai.  
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Kuzu no Honkai
© Studio Lerche
Kuzu no Honkai (Scum's Wish, クズの本懐) merupakan anime dewasa pada Winter 2017 yang dibangun oleh studio Lerche. Kuzu no Honkai sendiri merupakan adaptasi manga-nya yang ternyata juga cukup laris karya Mengo Yokoyari. Kuzu no Honkai menceritakan hubungan saling nikung yang memberikan harapan palsu kepada pasangannya. Bahkan saya rasa anime ini menceritakan hal yang begitu kuat yang sering terjadi saat berpacaran. Khususnya ketika terjadi perselingkuhan yang kuat dan NTR yang terjadi dalam percintaan. Saya sendiri akan mengulas anime Kuzu no Honkai walaupun sebenarnya saya kurang menyukai plot yang diberikan. 
  
Anime yang tayang Winter 2017 ini sendiri pemilik cerita yang terbaik sekaligus terkuat saat itu. Bahkan dengan banyaknya service yang disediakan. Studio Lerche berusaha untuk menampilkannya dalam 12 episode dengan mengeksekusi seluruh manga yang ada.
 
Studio Lerche adalah studio yang guru Koro-Sensei dalam anime Ansatsu Kyoushitsu dan monster-monster girl di Monster Musume. Kemungkinan besar merupakan studio yang sangat berkompeten dalam membangun anime-anime dewasa terbaik saat ini. Khususnya anime yang akan kita ulas berjudul Kuzu no Honkai. Berikut merupakan daftar staff ahli yang menganani Kuzu no Honkai. 
Masaomi Andou sebagai sutradara
Jin Aketagawa sebagai sutradara suara yang cukup terkenal dan ahli
Makoto Uezu sebagai penulis naskah sekaligus komposisi seri yang merangkum manga-nya yang baik. 
Mengo Yokoyari sebagai pemilik original dari Kuzu no Honkai.
Yukie Okikawa sebagai editor.
Masaru Yokoyama sebagai pemusik dalam label Sony Music
Hidehiro Kawai sebagai pengatur lagu thema yang menggadeng 96neko dan Sayuri sebgai penyanyinya.
Tomoyuki Kunii sebagai sutarada foto. 
Keiko Kurosawa sebagai pendesains karakter sekaligus chief animation.
Kumiko Yanagizawa sebagai pendesains warna.
Serta beberapa animator lainnya.
Selain itu juga membawa pengisi suara yang cukup profesional, yakni Nobunaga Shimazaki, Anzai Chika, Haruka Tomatsu, Shiori Izawa, Kenji Nojima, Shintaro Asanuma, Aki Toyosaki, dan Yuusuke Kobayashi.
Selain membawa profesionalitas dalam kerja sama tim, apakah mungkin harapan yang ingin disampaikan oleh kreator aslinya terwujud dalam animenya?
 

Plot Cerita

Sebuah relationship pasti pernah dialami hampir setiap orang., Bahkan untuk pasangan yang sudah lama menjalin relation itu. inilah yang dialami oleh Hanabi Yasuraoka dengan Mugi Awaya. Mereka sebenarnya merupakan pasangan yang sempurna. Namun dalam realitasnya, mereka cuman harapan sampah dari orang yang mereka cinta. Bahkan dibalik itu semua, ada pihak lain yang menyukai Hanabi maupun Mugi. Sehingga terjadinya perselingkuhan berat yang adalah hubungan mereka. bagaimanakah kelanjutan hubungan (sampah) mereka berdua?
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Kerasnya percintaan
© Studio Lerche
Jelas-jelas disini, anime ini menceritakan sebuah perselingkuhan sekaligus cinta segitiga (terlebih lagi segi empat) yang dialami oleh semua karakter dalam Kuzu no Honkai. Bahkan perselingkuhan ini diam-diam mereka lakukan. Terlebih lagi mereka harus menghadapi tantangan berat yang terjadi di hubungan mereka yang bener-bener tidak sehat. Bagaimana kelanjutan dari hubungan mereka?
  

Segitiga Kehidupan Percintaan

Hampir setiap episode disajikan sebuah romance keras yang cukup menyita perhatian setiap audiens. Namun untuk pertama kalinya, anime genre dewasa ini lebih memiliki cerita yang cukup kuat. Dimana kita sendiri diperhadapan cinta segitiga yang belum apa-apa muncul begitu saja. Bahkan unsur cinta segitiga dan perselingkuhan sudah terbentuk dari episode 1 hingga 12.

Episode pertama hingga akhir selalu memperkuat segi perselingkuhan dan napsu yang diceritakan. Bahkan bagian inilah yang porsinya terlalu banyak ini selalu dihiasi dengan indahnya perselingkuhan yang ada. Unsur inilah yang dapat memperlihatkan keindahan itu lebih baik ketimbang unsur lainnya. Bahkan anime ini penuh dengna drama yang begitu kuat. Saya rasa. Hanya unsur perselingkuhan romance, dan indahnya itu semua yang sangat (di)luar (ke)biasa(an).
  

Combinasi Visualisasi yang Indah

Untuk saat ini, saya sedikit menaikan visualisasi di bagian atas. Entah kenapa dan apa yang membuat saya berusaha untuk itu dengan mengesampingkan cerita yang penuh dengan segitiga percintaan ini? Alasan utama yang cukup kuat juga Kuzu no Honkai adalah visualisasi yang diberikan.
Untuk kesekian kalinya atau pertama kalinya saat saya menonton anime, visualiasi yang diberikan cukup menggoda mata bukan karena fans servis yang diberikan. Tapi kali ini, pembawaan visualisasi yang terlihat bukan seperti anime pada umumnya. Tapi untuk anime ini, memberikan perbedaan yang mencolok sehingga dapat membedakan diri sebagai anime yang perlu banyak perhatian khusus (terutama pada ceritanya).
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Dua insan yang merasakan
percintaan ditolak
© Studio Lerche
Selain itu, background yang diberikan dibuat se-beautiful mungkin tapi berasa Okay. Background yang diberikan oleh studio Lerche masih berasa bagus di mata. Walaupun memang tidak terlalu beautiful.
 
Namun untuk kali ini, saya sangat menyayangkan bagian karakter yang diberikan. Walaupun memang memberikan perbedaan yang begitu jelas dari anime pada umumnya. tapi kali ini berasa seperti di buat dengan cara manual yang baik. Namun saya masih kurang puas dengan visualisasi karakter yang diberikan.
  
Walaupun hampir teman-teman sekolahku suka akan visualisasi yang diberikan, tapi kali ini saya akui. Pembawaan visualisaisi (hampir semua) yang diberikan sangatlah berlebihan. Karena berlebihan inilah cukup baik dieksekusi.
 

Karakteristik yang Saling Menjatuhkan dan Nakal

Salah satu hal membuatku gk suka adalah karakteristik yang ada di dalam Kuzu no Honkai. Baik itu utama dan pendukung. Mereka sama-sama resek dalam menghadapi cinta itu sendiri. Karena mereka saling meluapkan keinginannya dengan lawan jenis mereka. Secara tak langsung mereka saling menjatuhkan.

Namun bagiku, aku sangat tidak suka dari apa yang mereka lakukan. Walaupun demikian, saya harus berusaha untuk memberikan gambaran yang ada dalam Kuzu no Honkai. (2 karakter utama saja).
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Percintaan yang tidak resmi
© Studio Lerche
Hanabi "Hana" Yasuraoka (Chika Anzai) adalah seorang cewek berambut pendek yang sangat menyukai guru sekaligus teman masa kecilnya. Yakni Narumi Kanai(Kenji Nojima) . Hanabi sangat sekali saat berhadapan dengan Narumi walaupun paling dia cintai. Namun dirinya sangat nyaman bersama Mugi. Hanabi terlalu jujur dan sarkastik. Hanabi merupakan cewek yang sangat kuat, sekaligus cerdas daripada yang lainnya.

Hanabi sangat terbuka sekali pada Sanae Ebato (Haruka Tomatsu) dan Mugi. Walaupun dirinya juga terbuka pada Mugi. Tapi sayangnya Mugi sangat dingin sehingga Hanabi lebih curhat kepada selingkuhannya Sanae. Hanabi berpenampilan dengan rambut bob hitam yang pendek dengan poni yang dipadukan dengna warna ungu. Selain itu pula, salah satu hal yang cukup unik adalah mata dari Hanabi yang kadang kala berubah menjadi perpaduan dari hitam, abu-abu, ungu, dan kandang kala hijau. Tokoh yang paling cukup berjuang demi mendapatkan cinta yang sejati.
    
Mugi Awaya (Nobunaga Shimazaki) adalah seorang cowok yang menjadi harapan bagi Hanabi. Dirinya merupakan cowok yang sangat beruntung mendapatkan Hanabi. Tapi, dirinya lebih cinta pada guru musiknya bernama Akane Minagawa (Aki Toyosaki). Namun dirinya memberikan harapannya kepada Hanabi karena satu-satunya yang dapat dipercaya. Mugi pun juga disukai oleh teman masa kecilnya bernama Noriko Kamomebata (Shiori Izawa). Sehingga kadang kala dirinya harus memberikan sedikit harapan kepada Noriko.
   
Mugi merupakan tipe cowok yang cukup dingin dan sulit untuk dimengerti. Mugi juga digambarkan sebagai orang yang cukup. Memiliki rambut yang pirang halus dan kulit yang putih. Selain itu pula dirinya sangat suka akan hal-hal yang berbau kedewasaan. Dibuktikan kepada cewek yang menyukaian dan disukainya. Mugi juga merupakan cowok yang cukup beruntung karena ketampanangnya pula banyak orang yang menyukainya. (Walaupun tidak terlalu cerdas dirinya).
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Sebenarnya!!
© Studio Lerche
Walaupun saya gambarkan secara sekilas. Namun karakter utama ini selalu menyimpan selingkuhannya secara diam-diam. Mugi yang menyukai Akane, dan Hanabi yang menyukai Narumi. Mereka harus menjadi sampah dari Akane dan Narumi yang saling menyukai. Mengapa tidak cinta segitiga yang berakhir dengan perselingkuhan yang berat. Bahkan Hanabi dan Mugi harus saling cinta palsu (hingga pacaran palsu). Juga kedatangan karakteristik pendukung Noriko dan Sanae yang menjadi orang keempat dalam cinta segitiga ini. Sunguh karakteristiknya berasa saling menjatuhkan dan sangat Nakal.
  
Satu-satunya karakter yang paling dicari sekaligus paling aku tidak suka adalah Akane. Kecantikan dari seorang guru musik inilah memberikan cetar membahana dalam Kuzu no Honkai. Bu Guru Akane inipun menuangkan napsunya kepada banyak orang termasuk selingkuhannya. Selain itu pun, dirinya berusaha merusak hubungan (sampah) yang ada dalam Mugi dan Hanabi. Bagiamana rasa sakitnya ketika melihat orang berselingkuh. Inilah yang sangat buruk. Sebab Selingkuh bukanlah jalan terbaik mempertahankan hubungan. Akane merupakan guru kotor yang pernah aku tahu. (can be exploit all men).
 

Perselingkuhan yang Indah, Tapi ... ?

Memang benar perselingkuhan yang dilakukan oleh karakteristik berasa sangat indah sekali. Perselingkuhan yang dilakukan inilah yang menjadi bahan kuat dalam Kuzu no Honkai. Mengapa tidak, Baik itu tokoh utama yang perlakukan sampah oleh Tokoh pendukung. Hingga kemunculkan tokoh pendukung yang lain membuat tokoh utama melakukan perselingkuhan secara diam-diam guna menajamkan keinginan dirinya dia. Baik itu Mugi maupun Hanabi. Mereka berdua saling menyampahkan harapan mereka peada orang-orang terdekat mereka.
  
Keindahan dan keenakan yang mereka lakukan dalam melakukan selingkuh justru luar biasa. Menggambarkan bener-bener apa yang mereka inginkan sebagai harapan sampah dari orang yang mereka sukai. "Akane dengan Narumi". Jadi mereka cinta yang haram sekaligus cinta yang tak bermakna selain meluapkan keinginan mereka. Bahkan Akane dengan Narumi pun punya perselingkuhan tersendiri di hadapan mereka. Mugi dan Hanabi pun memiliki perselingkuhan sendiri diluar hubungan mereka. Pergambaran NTR dan Selingkuh yang cukup hebat.
   

Mangkelin!! 

Bener-bener indah apa yang mereka perbuat dalam perselingkuhan itu, namun di sisi lain, saya secara pribadi membenci adalah perselingkuhan itu. Seindah-indahnya apa yang diberikan, tapi itu menghasilkan cinta yang tak murni. Pasangan yang tidak sehat hingga keburukan-keburukan yang terjadi di masa depan nanti. Bahkan untuk keturunan pula sangatlah buruk.
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Sayonara~~~~
© Studio Lerche
Memberikan hasrat dewasa yang tidak baik untuk anak-anak dan tidak baik untuk masa depan masyarakat yang sehat. Mengapa tidak, perselingkuhan membuatku sangat mangkel sekaligus agak marah. Karena meluapkan napsu yang bener-bener buruk di kehidupan masyarkat. Walaupun aspek dalam anime ini adalah luapan dari cinta yang tidak sehat. Tapi aku tetap tidak suka akan anime semacam ini karena mengajarkan hal-hal yang tidak baik di masyarakat.
    
Pemberian hasrat saat SMA inilah yang membuatkan anime ini membuatku mangkel. Selain itu pula adegan-adegan yang diberikan saat SMA sangatlah tak baik. Hingga cerita-cerita NTR yang sangat kuat dalam anime ini. Saya sangat mangkel akan hampir seluruh karakter yang melakukan NTR itu. Eiit. jangan terlalu mangkel. Masih ada diambil dari ini (walaupun kesan yang tersurat itu lebih besar dari yang tersirat).
 

Cinta itu Menyakitkan Sekaligus Menakutkan

Sesuai dengan OST pembuka dan penutup yang tersirat mengajarkan bahwa Cinta itu menyakitkan. Memang benar, mengapa tidak, si Mugi dan Hanabi harus merasakan sakitnya cinta dari orang yang dia cintai. Selain itu pula, orang yang mereka cintai(Akane dan Narumi) harus menolak mereka hadir dalam kehidupannya. Hingga orang yang mereka cintai harus menikah dihadapan mereka. Mereka harus merasakan sakitnya cinta hingga nusuk ke dalam hati mereka. Sehingga mereka merupakan lambang dari masyarakat mengeluarkan seluruh keinginan buruknya kepada orang-orang disekitar.

Walaupun Hanabi dan Mugi saling melakukan cinta palsu (sekaligus perfect), mereka juga dihadirkan dengan karakter-karakter lainnya yang mendukung keinginan sampah mereka. Seperti Sanae kepada Hanabi, Noriko kepada Mugi, dan lain-lain. Bahkan menggambarkan bahwa mereka berusaha menghilangkan cinta yang menyakiti hati mereka karena Akane dengan Narumi.
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Sangat menyakitkan?? Bener
© Studio Lerche
Satu-satunya anime yang berusaha menekankan bahwa cinta itu menyakitkan dengan memberikan perselingkuhan adalah Kuzu no Honkai. Mengapa tidak? Sebagian besar masyarakat pasti tidak setuju akannya perselingkuhan. Pasti hal inilah yang menjadi minus dalam Kuzu no Honkai. Selain itu pula memberikan moral yang sangat sangat berharga. Janganlah berselingkuh, sebab "Cinta itu sangat menyakitkan, menakutkan, hingga harus merusak masa depan yang indah dari setiap kehidupan."
 

Cobaan Cinta dan Psikologi yang Berat

Satu-satunya yang Hanabi dan Mugi hadapi secara langsung adalah Cinta. Mengapa tidak, cobaan cinta yang mereka hadapi inilah yang sangat mengubah pola dan tingkah laku dari Hanabi dan Mugi. Mereka secara diam-diam menyatakan cinta kepada seseorang yang juga merupakan bukan cinta sejati mereka.

Satu-satunya yang harus bersabar dalam anime Kuzu no Honkai adalah Hanabi. Mengapa tidak dirinya harus merasakan hal perselingkuhan sekaligus sakitnya cinta semenjak kelas SMA. Hanabi merupakan lambang penderitaan cinta secara diam-diam oleh Cowok yang dia cintai.

Tidak ada penderitaan yang lebih menyakitkan selain menderita karena cinta. Cinta dapat merubah setiap manusia menjadi maklhluk yang lebih rendah dari makluk lainnya. Cinta sendiri berasal dari perasaan manusia yang begitu dalam sehingga sulit untuk dikendalikan oleh otak mereka. Cinta berasal dari feeling yang ada di dalam manusia (hati manusia yang begitu dalam). Oleh sebab itu, hati-hatilah dalam berinteraksi sekaligus memilih pasangan.

Ending yang Tepat Sekaligus Menyakitkan

Satu-satunya cara tersakiti yang tepat adalah untuk mengalah, yaitu dengan cara untuk putus. Memang telah terjadi broken heart sekaligus cobaan berat. Ending dari anime ini merupakan pernikahan Guru Akane dengan Narumi yang sebenarnya menjadi cobaan begitu dalam bagi Hanabi dan Mugi.
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Ending... 
© Studio Lerche
Ending inilah yang cukup plot twist inilah harus diakhiri dengan putusnya Hanabi dengan Mugi sebagai pasangan sempurna sekaligus sampah dari Akane dengan Narumi. Putus memang merupakan hal terberat yang dilakukan oleh setiap pasangan tanpa alasan apapun. Namun untuk kali ini, putus merupakan bagian yang dieksekusi dengan baik oleh Studio Lerche. Mengapa tidak, Hanabi dan Mugi akan belajar untuk lebih dewasa setelah ini. Twist yang begitu hebat terjadi sekaligus bagian cukup menyedihkan. Tapi aku sangat apresiasi yang dilakukan oleh kreator Lerche sekaligus kreator aslinya dalam mengambarkan penderitaan cinta ini. Sangat tepat tapi sangat menyakitkan.

Musik yang Memoriable

Satu-satunya bahan yang terkunci dalam anime Kuzu no Honkai adalah musik yang diberikan. Musik berasa sangat cukup menghiasi anime Kuzu no Honkai. Musik ini ditangani oleh Masaru Yokoyama berlabel Sony Music. 
 
Lagu Opening dibawakan oleh 96neko berjudul Uso no Hibana (嘘の火花) sangat memoriable. Mengapa tidak? Lagu ini merupakan lagu yang menceritakan seluruh isi dari Kuzu no Honkai yang divisualkan secara baik. Lagu inipun memiliki pembawaan yang luar biasa dan lyrics yang mendalam. Terutama hipnotis "Kurushii yo, Kowai hodo, Anata ga Suki" di visualisasi opening Kuzu No Honkai. Secar overall. lagu ini sangat memoriable serta keren. Serta lagu inipun menceritakan rasa sakitnya cinta yang dihadapi oleh orang yang diselingkuhin.
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Begitulah menggambarkan
Kuzu no Honkai
© Studio Lerche
Lagu Ending dibawakan oleh Sayuri berjudul Heikousen (平行線). Lagu ini juga lagu yang cukup unik dengan lantunan instument yang pass. Seperti lagu openingnya yang menceritakan Sakitnya Cinta. Kali ini lebih diperkuat lagi dengan mengeluarkan diri dari sistem tata surya yang melintasi gari sejajar. Makna dibalik lirics ini sangat sulit namun nampak memperkuat openignnya. Secara overall. Sangat memoriable Lagu ending ini dengan makna menurutku cukup sulit. (Kemungkinan dugaanku adalah keluarlah dari cinta yang menyakitkan ini.).

Musik background yang telah diberikan secara overall memang ada (sedikit) musik yang diulang. Namun kali ini musik diputar sangat cocok di anime ini dengan lantunan yang terlihat okay. Saya rasa background musik yang diberikan sangat tepat serta hiasan yang baik.

Kesimpulan

Kuzu no Honkai memang menceritakan bagiamana rasanya sakitnya cinta hingga menimbulkan rasa perselingkuhan dimana-mana. Seluruh karakter dalam Kuzu no Honkai merupakan orang-orang yang berselingkuh sekaligus menceritakan cinta Segitiga (Bahkan segi tempat) sehingga menimbulkan kesan Cinta yang tidak dewasa sekaligus menyakitkan yang diderita. Satu-satunya hal yang paling mangkelin adalah perselingkuhan yang terjadi di sini ditambah dengan napsu yang sebenarnya tidak baik. Oleh sebab itu, carilah pasangan dewasa yang dapat membahagiakan kehidupanmu.
Kuzu no Honkai / Scum's Wish
Cinta yang aneh
© Studio Lerche
Memang plot yang cukup mangkelin sekaligus secara tersirat mendidik orang agar mendapatkan pasangan yang super sehat. Selain itu pula, pembawaan kombinasi visual yang indah karena jarang ada pembawaan visual anime seperti Kuzu No Honkai. Selain itu pula musik yang diberikan sangat menggambarkan anime Kuzu no Honkai secara baik. Namun untuk karakteristik secara overall cukup mangkelin karena memberikan napsu kepada lawan jenis sekaligus menyelingkuhi orang-orang yang mencintainya (Bahkan telah menjadi pacar sekalipun). Penggambaran perselingkuhan, cinta Segitiga, dan NTR yang cukup baik terjadi di Kuzu no Honkai. Kuzu no Honkai cukup layak untuk ditonton namun harus diambil sisi positifnya adalah pelajaran di balik itu.

Kelebihan

  • Secara tersirat mengajakan bahwa harus memiliki pasangan yang sehat.
  • Menyajikan perselingkuhan yang baik.
  • Kombinasi visualisasi yang terlihat berbeda dari anime pada umumnya (beautiful)(baik itu effect, backgorund, dan karakter terlihat berbeda)
  • Opening Musik yang berasa sebagai nasehat agar mengerti cinta itu menyakitkan.
  • Ending Kuzu no Honkai yang begitu layak sekaligus pula menyakitkan
  • Plot yang kuat.. Sangat kuat dihiasi dengan karakteristik di dalamnya.
  • Diajari bahwa cinta itu menyakitkan, menakutkan, dan sangat tidak baik. Maka perlunya untuk mencari pasangan yang lebih dewasa daripada pasangan yang sebelumnya.  

Kekurangan

  • Tidak suka perselingkuhan sebab dapat merusak hubungan pacaran kepada seseorang.
  • NTR - NTR yang cukup dirty (kotor) serta dihiasi dengan napsu yang buruk untuk disimak
  • Fans servis yang kuat sekaligus hal yang terburuk anime ini.
  • Karakteristik yang menurutku tidak baik untuk itu dijalani kehidupannya (hampir semuanya).
  • Cinta memang menyakitkan kok. Terutama yang jomblo yang akan merasakan cinta itu berat.
  • Mangkel, yap itu kesan yang terjadi dalam anime ini karena memang saling melakukan NTR - NTR dimana-mana sekaligus memberikan fans servis kuat dalam anime ini. 
  • Akane Minagawa, the best of this anime. Terlalu beruntung sang guru ini.

Saran

  • NTR - NTR dan Perselingkuhan di dalamnya sangatlah dieksekusi cukup baik. Tapi Setidaknya tidak baik ditonton oleh anak-anak.
  • Pesan moralnya secara tersirat sangat keluar, diapresiasi jikalau setiap anime memberikan kesan demikian karena secara tak langsung. Audiens mengerti dengan sendirinya.
  • Mempertahankan visualiasi yang terlihat kurang biasa ini. Karena memang memberikan visual cukup baik sekaligus variasi yang berbeda dari anime pada umumnya.
  • Vairasi musik perlu di tingkatkan lagi. Terutama penempatan musik background yang tepat dimana visualisasi itu muncul.
  • Secara overall. memang bagus namum plot yang ini menurutku sangat tidak dianjurkan untuk dicoba. Perbedaan plot dari anime pada umum inilah yang menjadi ciri khas terkuat dalam Kuzu no Honkai.

Cocok :  Orang-orang yang berusia sangat tua agar mengenang masa lalunya, yang sedang mencari cinta terbaru saat ini, dan yang masih belum mendapatkan cinta dari seseorang, drama persekolahan, drama cinta, dan plot yang cukup keras. 

Tidak Cocok : Yang sedang punya pasangan saat ini (pacaran), orang yang sedang melakukan perselingkuhan / NTR. Action, maupun slice of life, comedy.
 
Terima kasih :Studio Lerche dalam mengeksekusi anime ini.
Mengo Yokoyari sebagai pemilik manga Kuzu no Honkai.
Aniplex, dan noitaminA sebagai distributor
Dan screenshot dari anime Kuzu no Honkai.


Bagaimana pendapat kalian mengenai Kuzu no Honkai?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini