Kelebihan dan Kekurangan Sora dan Shiro No Game No Life

Setiap manusia pasti memiliki kemampuan yang melebihi manusia pada umumnya. Kemampuan yang terbentuk tersebut tidaklah mudah. Karena manusia memiliki minimal 1 talenta dalam kehidupan mereka dan harus melewaki banyak sekali cobaan, penderitaan, dan kegagalan yang berulang-ulang kali hingga mencapai garis batas kematian. Hingga mereka dapat mengembangkan dan menemukan kemampuan mereka yang menjadikan mereka orang yang hebat. Kemampuan inilah harus dipelihara, dipertahankan, dan dikembangkan di setiap manusia.
Sora dan Shiro
Sora and Shiro

Walaupun manusia memiliki kelebihan yang mereka miliki, tidak mungkin manusia tidak memiliki kelemahan. Pasti setiap manusia memiliki kelemahan yang sulit yang mereka atasi. Kelemahan inilah yang kadang kala menghasilkan hal-hal yang negatif dan positif dalam kehidupan. Negatifnya mereka akan gagal di tengah jalan, namun positifnya mereka akan segera mengatasi kelemahan itu agar menjadikan mereka bersemangat dan menutupinya. Oleh karena itu, jikalau manusia memiliki kelebihan yang banyak, maka kekurangan mereka harus ditutupi dan saling melengkapi. Selayaknya Sora dan Shiro. Kakak Adik yang memiliki segudang kelebihan, namun tetap memiliki kekurangan dalam kehidupan mereka.

Sora dan Shiro merupakan Kakak Adik yang melengenda di No game No life. Mereka memiliki kemapuan yang luar biasa yang ada dalam otak mereka. Mereka digambarkan manusia yang dapat melakukan segalanaya dalam dunia permainan, di Disboard. Namun, Kelebihan yang mereka miliki pasti ada kekurangan tersendiri di dalam kehidupan mereka. Bahkan hal-hal demikian telah ada di dalam anime sekaligus light novel karya Yuu Kamiya sebagai pengarang No Game No Life.
Oleh karena kelebihan-kelebihan yang terlalu nampak dengan sedikit kekurangan yang nampak, maka saya selaku penulis berusaha untuk mendalami apapun yang ada dalam No Game No Life. Khususnya mereka berdua yang menjadi tokoh utama anime ini. Maka saya akan sedikit mengungkapkanya secara bertahap. Kelebihan dan Kekurangan yang dimiliki oleh Sora dan Shiro.

Sora

Sora adalah seorang cowok NEET, Hikikomori, dan gamer yang hidup dalam anime No Game No Life. Dirinya memiliki kemampuan yang luar biasa yang jarang sekali dimiliki orang pada umumnya. Sora memiliki adik angkat bernama Shiro. Sora disuarakan oleh pengisi suara bernama Yoshitsugu Matsuoka.
Sora No Game No Life
Sora No Game No Life
Sora berpenampilan pemuda bertumbuh tinggi kurus dengan kulit yang cukup mulus. Rambut nya berwarna merah marun, Sora memiliki merah berkatup karena mungin mereka kurang tidur. Dirinya selalu mudah berpenampilan licik di wajahnya. Sora suka akan baju bertulisan I love Humanity / Imanity. Untuk mengenal Sora lebih dalam, maka harus membaca light novel karya Yuu Kamiya maupun menonton animenya dengan dalam.
 

Kelebihan Sora

Berikut merupakan kelebihan dari Sora yang saya temukan (boleh saja salah :V)

1. Pemilik Otak yang Cerdas

Selayaknya dengan Kuuhaku yang sangat pandai sekali. Maka tidak luput bahwa Sora juga memiliki kepandaian yang sama. Sebagai seorang NEET, Hikikomori, dan Terutup, diriya memiliki kecerdasaan yang luar biasa daripada yang lain. Walaupun begitu, dirinya masih kalah pandai dengan Shiro. Dirinya lebih mudah menghitung dengan cara mengamati perilaku, motivasi, dan hal-hal yang mengganjal pada lawannya. Misalnya saat bermain kartu dengan Steph.
   

2. IQ yang brilian dengan Memori yang menakutkan

Walaupun dirinya tidak memiliki perhitungan cerdas dan mendalam seperti Shiro, namun IQ Sora terbukti sangat brilian dengan memori yang kuat. Sora dapat memahami permasalahan dengan mudah dan sempurna. Sora lebih mudah mamahi apa yang terjadi, mengingat jumlah informasi yang kuat, dan cepat belajar akan suatu situasi. Sehingga dirinya fleksibel akan segala situasi. Tidak seperti Shiro yang membutuhkan suatu rencana meskipun memorinya lebih kuat dari Sora.
  

3. Charismatik dan Negosiator yang Menakutkan

Walaupun dirinya seorang terutup (Shut-in). Dirinya tetap memiliki karisma yang tinggi. Selain itu dirinya pula memiliki kefasihan dalam bicara yang luar biasa. Sehingga dirinya bisa alami bicara apapun yang ada. Selalu tahu persis yang ingin diomongkan orang disekitarnya. Hingga dia memenangkan permasalahan dalam bicara dan tidak memliki masalah dengan orang. Bahkan kemampuan inilah yang menjadikan dirinya sangat mudah dipercaya orang dan dapat memimpin Elkia dengan baik. Serta saat dirinya berbicara dengan bangsa Werebeast untuk bertarung.
  

4. Keterampilan Observasi Luar Biasa dan pemikir cepat

Dengan kemampuan obsevasi, dirinya mudah mengamati apapun yang ada di sekitarnya. Dengan kemampuan penalaran deduktif. Siro lebih cepat mengambil kesimpulan yang ada dan menjadikan dirinya membuat rencana yang kompleks dengna cepat dan mudah. Dibuktikan dengan melawan Jibril dalam Shiritori Materialis. Serta kemampuan berpikir cepat untuk masa depan. Seperti Caranya mengambil demonstran sebagai pengamat dalam permainannya bersama Izuna. Selain itu pula, dirinya mudah mengenali lawan dengan cepat.
  

5. Manipulatif

Dengan mengandalkan karisma yang tinggi dan negosiator yang baik, Sora dapat mudah memanipulasi pikiran orang sehingga dapat menyakinkan orang-orang disekitarnya. Termasuk di awal episode bersama seorang penjaga penginapan. Manipulatif yang diperolehnya tidak berbohong kepada orang lain dan dengan setengah kebenaran yang ada.
   

6. Strategic, Civilization, dan Dating Sim(VN)

Salah satu genre kesukaan Sora adalah permainan Strategic karena dirinya lebih menyukai tantangan untuk menyusun strategi. Dibuktikan dengan Saat melawan Zell dalam catur. Selain itu juga, dirinya juga akan sistem perdesaan yang dibuktikan dengan menyelesaikan permasalahan Elkia dengan mudah. Sebagai seorang lelaki jomblo, pasti dia harus memiliki pasangan hidup. Selain itu pula, kharisma yang tinggi juga membawanya dalam kondisi disukai banyak orang.
  

7. Komedian yang lucu

Dengan kemampuan yang dimiliki, Sora juga dapat membuat suatu komedi yang bener-bener tidak garing. Bahkan sedikit unsur dewasa sebagai bumbu kecil yang membuatnya semakin lucu. Komedi yang dibuat Sora memang tidak terlalu serius di beberapa permainan, namun tetap menghasilkan gelak tawa yang luar biasa. Dirinya lebih lucu ketimang Shiro yang fokus akan pikirannya.
   

Kekurangan Sora

Berikut adalah kekurangan Sora yang saya temukan :
 

1. Dikuasai oleh Nafsu

Satu-satunya yang terlihat nampak jelas adalah nafsu yang ada dalam pribadi cowok Sora. Mengapa tidak, dirinya selalu mengeluarkan nafsu kepada para cewek agar dirinya senang. Selain itu pula, dirinya juga memiliki karisma yang tinggi sehingga dapat memikat cewek manapun. Terutama Jibril secara terang-terangan suka akan Kuuhaku (terutama Sora) dan Pertarungan antara Sora dengan Steph demi mempertaruhan hal yang bodoh. Nafsu dan keinginan inipun ditentang oleh Saudaranya Shiro dengan maksud untuk mengendalikan Nafsu bejatnya.
  

2. Ditinggal Oleh Shiro (Terlalu Bergantung) (BAHAYA)

Seperti Shiro yang juga bergantung sepenuhnya kepada Sora. Sora pun demikian. Ini dibuktikan saat dipisahkan oleh Steph saat dipenginapan. Dirinya sangat lebah sekali saat dirinya harus ditinggal oleh Shiro sehingga dirinya terlihat pucat, dan tidak bertenaga. Dirinya tidak dapat menganangi masalah apapun jikalau dirinya tidak tenang. Oleh sebab itu, Shiro sebagai penenang bagi Sora.
Jikalau dirinya ditinggal, dirinya menjadi seorang yang pengecut dan tak bisa melakukan apa-apa. Namun dirinya selalu berusaha untuk mengatasi seperti episode 11. Dirinya pun kewalahan saat menangai Shiro berada di pihak musuh. Serta dirinya sangat senang ketika Shiro berada di sampingnya. Semoga dirinya dapat mengatasinya seperti episode 11.
  

3. Jika kurang Informasi, dia akan gagal. (BAHAYA)

Selama dirinya belum memiliki informasi yang banyak. Maka itu sangat bahaya bagi dirinya, Termasuk kehidupan yang ditanggung di Imanity / Humanity. Oleh sebab itu, jikalau dirinya kurang informasi, maka nasibnya sangat tragis. Informasi dan pengetahuan adalah hal yang sangat berharga sebagai faktor penentu keberhasilan yang utama.
  

4. Berjalan-jalan di Kota

Sebagai seorang yang jarang keluar dan tinggal dirumah. Dirinya sangat tidak suka akan keluar dari zona nyamannya. Dirinya suka akan zona tersebut karena merupakan zona terbaik yang mereka miliki. Mereka hanya keluar saat urusan-urusan negara termasuk urusan yang penting. Namun untuk keluar yang kurang penting, dirinya sanagat tak nyaman. Bahkan video game yang mengambil latar Tokyo membuatnya takut. Seperti Shiro yang juga demikian.
  

5. Lama Belajar bahasa

Sora dan Shiro memang sangat ahli dalam bahasa, Namun untuk Sora sendiri yang juga ahli bahasa membutuhkan waktu yang sangat lama mempelajari bahasa baru yang ia anut. Tidak seperti Shiro yang diam dan sangat cepat mempelajari bahasa apapun. Walaupun demikian, Sora tetap saja mempelajarinya meskipun membutuhkan waktu yang lama.
 

6. Kurang Gerak (Jarang Berolahraga)

Memang, Baik Sora maupun Shiro. Mereka jarang sekali bergerak cepat. Karena mereka sendiri merupakan anak rumahan yang sangat jarang untuk keluar dan bergerak. Sehingga pergerakan Sora dan Shiro sangatlah lambat. (Butuh banyak olahraga). Misalnya saja saat melawan FPS bersama dengan Izuna kalau dirinya lebih cepat lelah.
 

7. Tunduk pada Adiknya

Satu-satunya yang yang membuat pergerakannya kurang bebas adalah dia dikendalikan dan tunduk sama adiknya. Shiro. Mengapa tidak, dirinya ingin melakukan sedikit pendekatan sama cewek lain, adiknya Shiro cemburu karenanya. Bahkan jikalau membuat Kuuhaku kalah, maka dirinya harus menuruti semua perintah Shiro agar dirinya gk dibenci olehnya.
  

Shiro

Shiro merupakan adik perempuan adopsi dari Sora. Seperti Sora yang NEET, Hikikomori, dan gamer seperti Sora. Shiro berusia 11 tahun dan super jenius NEET. Shiro memiliki logika dan IQ yang sangat Tinggi. Sehingga dirinya banyak sekali ditinggali oleh orang-orang dunianya karena memiliki kelebihan yang luar biasa. Shiro dialihsuarakan oleh Ai Kayano.
Shiro
Shiro
Shiro adalah gadis berkulit pucat engan rambut panjang dan berantakan bergradasi biru muda, ungu, merah muda, hijau, dan bermata emas / kuning pucat. Dirinya terlihat agak langsing dengan tinggi rata-rata anak seusianya. Shiro juga mengenakan segaram pelaut nampak longgar dengan kaus kaki setinggi paha. Serta mulutnya sering menyerupai kucing.  Mau tahu apakah yang kelebihan dan kekurangan Shiro?
 

Kelebihan Shiro

Berikut kelebihan-kelebihan dari Shiro :
 

1. Logika, IQ, dan Kecerdasan Tinggi yang natural

Seperti Sora yang juga memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi pula. Shiro digambarkan sebagai seorang jenius berlogika dan mudah memecahkan masalah. Dirinya pun memiliki perhitungan yang luar biasa dan simulai ilmiah hebat. Bahkan dirinya merupakan manusia yang berpotensi besar dalam kehidupan.
  

2. Memori yang Eidetik Super Kuat

Memori Eidetik adalah ingatan yang bersal dari fotografis / fotographic dimana dirinya merupaakn kemampuan untuk mengingat suatu gambar, suara dan lain-lain dengan simpanan yang extrim. Dengna mengingat dalam jumlah super, dirinya dapat mempelajarinya dengan mudah dan memberikan sejumlah informasi yang cepat dan akurat. Sehingga memori yang dia miliki berasal dari jepretan mata, suara, bahkan apa pun yang telah ia lihat.
  

3. Chess Grand Master(Master Catur)

Dengan bebekal IQ, Logika, dan Kecerdasan yang Tinggi. Pasti dirinya merupakan seorang jawara Catur terbaik kelas dunia. Bahkan dirinya dapat memperkirakan komputer mengambil jalan terbaik mereka. Bahkan grandmaster-grandmaster tunduk padanya(dua puluh kali berturut-turut). Shiro berkata bahwa catur tidak ada bedanya dengan Tic-Tac-Toe.
  

4. Ahli Bahasa

Dengan berbekal Memory, IQ, dan Logika pula. Dirinya dinobatkan sebagai seorang ahli bahasa yang sungguh mengerikan. Mengapa tidak, dirinya pun dengan mudah dan cepat mempelajari bahasa baru dalam waktu 15 menit. Shiro pun juga lancar berbicara dalam 18 bahasa. Sehingga dirinya jikalau diberi bahasa baru. Maka dirinya segera mempelajarinya. Dirinya pun menyatakan bahwa "Sederhana karena bahasa tulis dan lisan identik(sama)."
  

5. FPS Terbaik

Salah satu pemain FPS dengan peringkat tertinggi adalah dalam game online. Dirinya dapat mengalahkan semua master dalam game bergenre FPS dengan baik. Dirinya bisa memprediksi pergerakan lawan dan lintasan peluru dari lawannya. Serta dapat menembakannya ke arah mussuh dengan baik dengan perhitungan matematika dan fisika yang luar biasa.
  

6. Ahli dalam Perhitungan yang Serius dan Dalam

Satu-satunya yang dimiliki Shiro adalah ahli perhitungan, Bagiamana dia harus memperkirakannya dengan hitung-hitungan agar mendapatkan hasil yang kuat. Dirinya pun juga dapat memperhitungkan kemanakah NPC dalam permainan Izuna pergi dan menggunakannya sebagai senjata bersama Steph dengan mode Memory yang kuat ditambah dengan perhitungan yang tepat. Dirinya berhak sebagai master dalam perhitungan.
 

7. Ahli dalam strategi

Satu-satunya yang dia miliki bersama Sora adalah membuat strategi permainan. Dirinya bahkan memperkirakannya dengan perhitungan yang matang. Tanpa perhitungan yang matang, Shiro bukanlah senjata yang mematikan dalam No Game No Life. Dalam melawan Izuna, dirinya berusaha menyusun strategi di pasir agar mendaptkan informasi mengenai pergerakan NPC untuk melawan Izuna.
    

8. Keimutannya

Salah satu hal yang tak akan terbantahkan adalah keimutan yang dimiliki oleh Shiro. Semua cowok pasti akan membenarkan apapun itu demi keimutan yang dimiliki oleh seseorang. Termasuk Shiro Sendiri. Bahkan kebenaran yang mesti harus dipercaya adakan keimutan yang dimiliki oleh Shiro.
   

Kekurangan Shiro

Berikut kekurangan yang ada di Shiro
  

1. Diluar Strategi (perkiraan)

Salah satu yang menjadi kelemahan Shiro adalah diluar strategi. Dirinya memiliki perhitungan yang akurat. Namun jiakalu udah berubah, dalam arti diluar perhitungannya. Maka dirinya akan menjadi kelemahan tersendiri bagi Shiro. Bahkan Shiro sendiri gagal mengatasi Catur bersama Zell karena bukan merupakan catur yang biasanya dia mainkan. Sehingga dirinya sulit untuk menyesuaikan apa yang terjadi diluar strategi dan taktiknya.
  

2. Kurang Karisma

Tidak seperti kakaknya yang penuh dengan karisma. Shiro kurang memiliki karisma yang baik meskipun memiliki wajah seimut apapun. Shiro kurang karisma karena dirinya kurang mengerti apa itu emosional. Sehingga karisma dalam dirinya sangat kecil. ini pun dibuktikan dengan permainan catur melawan Zell.
 

3. Kekurangan Informasi

Satu-satunya bagian yang paling berharga di setiap kehidupan. Informasi adalah bagian yang paling penting bagi Kuuhaku. Termasuk Shiro dan Sora. Jikalau dirinya sangat kekurangan Informasi, maka Shiro akan terlihat lemah dan tidak dapat memperkirakan apapun yang akan datang.
 

4. Kurang Mengenali Aspek Manusia (Emosional / Keberadaan Makhluk)

Shiro kurang memiliki emosional dan kemampuan mengenali manusia dengan baik. Sehingga dirinya kurang bisa membaca lawan-lawan manusia dan pergerakan mereka. Sehingga seorang manusia melakuakn sesuatu yang tidak diprediksikan bisa meresahkan dirinya. Oleh Sebab itu dirinya dibantu Sora untuk mengatasinya. Dibuktikan dengan melawan Tet dipermainan catur pertama.
   

5. Bergantung sepenuhnya dengan Sora (Fatal)

Yap Satu-satunya titik terlemah keduanya adalah bergantung sepenuhnya dengan saudaranya. Semua kelemahan pada Shiro sama dengan Sora. Ketergantungan inilah yang membuat mereka sepenuhnya sulit untuk lepas. Sora sebagai pelengkap Shiro sehingga Shiro semakin kuat. Demikian juga Sora yang tak ingin terlepas dari Shiro.
  

6. Sifat (Sedikit) Sadis

Karena kurangnya karisma yang dimiliki, dirinya secara tak langsung dirinya sanga sadis terhadap orang-orang disekitarnya. Bahkan dirinya sedikit suka akannya. Dibuktikan dengan memaksa Plum untuk menjilat dirinya. (Di Light Novel). Serta memperlakukan Jibril sebagai hal yang buruk sewaktu-waktu. Sehingga walaupun dirinya memiliki otak yang jenius. Tapi kurangnya perasaan dan karisma dapat menyebabkan dirinya kurang memiliki teman.
  

7. Tidak Suka Keluar Kota (Perkotaan)

Sepeti Sora yang tidak percaya diri untuk tampil dihadapan umum, Shiropun demikina. Mereka berdua memang tidak suka untuk merasakan dunia luar karena mereka pun Shut-in dirumah bermain game. Oleh Sebab itu, mereka sangat benci akan suasana Kota. Untuk urusan penting saja mereka keluar.
 

8. Kurang lucu

Shiro yang  kurang memiliki teman dan kurang berbicara pada orang banyak cenderung dirinya sangat garing memberikan komedi. Sehingga Shiro lebih banyak diam daripada Sora yang bisa berbicara dengan karisma tinggi walaupun sebenarnya dirinya kurang memiliki teman. Sehingga Sora lebih unggul dalam masalah memberikan komedi.
 

9. Kurang Gerak Seperti kakaknya (kurang bugar).

Sama-sama orang yang shut-in di rumah. Jelas bahwa Shiro dan Sora memiliki pergerakan lambat sehingga mereka sangat jarang melakukan olahraga diluar ruangan. Karena kurang olaharaga dan gerak. Maka mereka bergerak agak lambat dan mudah lelah (Kurang bugar)
  

Saling melengkapi

Ikatan antara Sora dan Shiro yang dibentuk sejak kecil sangat sulit untuk dipisahkan. Mengapa tidak, mereka saling menutupi kekurangan dan kelebihan mereka masing-masing. Mereka senantiasa bersama. Ditakdirkan untuk saling melengkapi serta tidak boleh dipisahkan. Jikalau mereka dipisahkan. Maka mereka akan menjadi lemah dengan sendirinya.

Jangan pernah memisahkan hubungan yang sangat dekat dari Sora dan Shiro.

Update at : 24 May 2017. Next wait in Light Novel/Anime

Terima Kasih :

Serta Yuu Kamiya yang membangun No Game No Life dan
Studio MadHouse yang memproduksinya
dan Kadokawa sebagai distributor
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini