[Review] Grisaia no Rakuen : Eden yang Luar Biasa

Hingga tiba akhirnya review saya untuk akhir dari trilogi Grisaia tiba di season 3, yaitu Grisaia no Rakuen. Grisaia no Rakuen sendiri tetap diekseskusi kembali oleh studio 8bit. Grisaia no Rakuen sendiri berasal dari visual novel karya Frontwing yang cukup laris di Jepang saat itu hingga akhirnya diadaptasi ke dalam bahasa inggris oleh Sekai Project.
Grisaia no Rakuen
Grisaia no Rakuen
© Studio Frontwing / 8bit
Grisaia no Rakuen (The Eden of Grisaia, Le Eden de la Grisaia, グリザイアの楽園) merupakan puncak dari anime visual novel sekaligus anime Grisaia yang mulai memberikan keseruan yang lebih banyak ketimbang anime sebelumnya (menurutku). Dieksekusi dalam 10 episode puncak dan merupakan sequel dari Grisaia no Meikyuu sekaligus Season 3 dari Grisaia no Kajitsu. Grisaia no Meikyuu sendiri menceritakan tentang masa suram Kazami Yuuji. Namun kali ini memberikan cerita lebih dalam sekaligus ending dari Grisaia. Bagaimanakah keseruan dari anime Grisaia no Rakuen ini sendiri?
 
Studio 8bit akhirnya mengeluarkan anime terakhir dari trilogi Grisaia. Mengapa tidak? Studio 8bit satu-satunya studio yang menangani proyek Grisaia yang tergabung dalam Grisaia Project. Oleh Sebab itu, Frontwing memberikan kepercayaannya kepada Studio 8bit agar mengeksekusi seluruh adaptasi dari visual novel Grisaia kepadanya dengan baik.

Berikut anggota Studio 8bit yang mengeksekusi Grisaia no Rakuen :
Motoki Tanaka aka Tenshou sebagai sutradara dalam Grisaia Project.
Jin Aketagawa sebagai sutradara suara
Ebata Ryouma sebagai paapan cerita sekaligus kunci animasi.
Junpei Fujita, Haruki Mori, Daisuke Kikuta, dan Tomohiro Kita sebagai pemusik dalam label Element Garden.
Maon Kurosaki dan Nanjo Yoshino sebagai penyanyi lagu temanya.
Fumio sebagai design original karakter
Kazuhino Inoue sebagai sutradara gambar.
Hideyuki Kurata sebagai komposisi series
Mutsumi Takemiya sebagia Editing.
Tsutomu Ueno sebagai efek suara
Akio Watanabe sebagai design karakter original, dan wakil sutradara animasi.Selain itu juga membawa pengisi-pengisi suara dalam tim Grisaia, seperti Ayaka Suwa, Takahiro Sakurai, Akane Tomonaga, Tomoe Tamiyasu, Ai Shimizu, Kaori Mizubashi, Ryouko Tanaka, Hiroko Taguchi, dan lai-lain.
   
Bagaimanakah hidangan penutup yang terbaik dari Trilogi Grisaia ini?
  

Plot Keseluruhan

Pucak Grisaia diawali dengan penyajikan masa lalu dari Kazami Yuuji berada dalam Militer Angkatan Laut tentaranya utusan Asako-sensei yang telah menyelamatkannya dari Heath Olso. Setelah itu semua, tiba-tiba suatu hal yang sangat serius harus dihadapi oleh Kazami Yuuji, yaitu serangan kembali dari Heath Olso kepada Jepang. Heath Olso sendiri memanfaatkan Yuuji palsu demi kepentingan mereka dan menuduh Yuuji Asli sebagai biang keroknya. Sehingga Yuuji ditanggap atas tuduhan palsu dan berat diterimanya.
Grisaia no Rakuen
Cerita yang tajam
© Studio Frontwing / 8bit
Disamping penangkapan Yuuji pula, gadis-gadis Akademi Mihama harus menyingkirkan diri dari Akademi Mihama yang telah (tidak) didanai lagi. Namun disamping itu, garis-garis Akademi Mihama mendapatkan tugas serius agar Akademi Mihama kembali lagi oleh seseorang pihak ketiga misterius untuk menyelematkan Yuuji. Bagaimanakah peran dari seluruh gadis-gadis Mihama agar menyelamatkan Yuuji dari serangan Heath Olso?

Terbagi Menjadi Dua Cerita Besar

Puncak dalam Grisaia terdapat pada Grisaia no Rakuen ini lebih mudah dibagi ceritanya. Terbagi dalam 2 cerita besar, yakni The Cocoon of Caprice (dimaulai dari Grisaia no Meikyuu) dan The Seed of Blanc Aile (Akhir dari Grisaia). The Cocoon of Caprice menceritakan bagaimana lanjutan cerita masa lalu Yuuji dimana dirinya dirawat Asako, menjadi militer, hingga menjadi agen di Ichigaya (CIRS). Secara keseluruhan. Kisah yang dibuat lebih dalam lagi ini cukup keren. Mengapa tidak? bagaimanakah perjuangan Yuuji dalam tentanra militer cukup diapreasiasi.

Namun selain The Cocoon of Caprice, ada yang lebih keren dari itu adalah The Seed of Blanc Aile. Sebuah cerita yang menjelaskan bagaimana ada pihak lain yang mengacaukan itu semua. Heath Olso yang mulai melancarkan serangannya ke Jepang dengan melumpuhkan Yuuji terlebih dahulu terdakwa sebagai penyerangan atas itu, selain itu pula terdapat hal lain. Mihama Akademi harus kehilangan pendanaannya sehingga harus ditutup. Namun dibalik itu, ada pihak misterius lainnya yang memberikan kejutan berinisial Thanatos System untuk membantu gadis-gadis dalam menyelamatkan Yuuji. Bagaimana penyelematan yang dilakukannya?
Grisaia no Rakuen
Kisah masa Lalu berlanjut
© Studio Frontwing / 8bit
Secara overall, cerita yang terbagi ini cukup mudah sekali dicerna. Tidak seperti Grisaia no Kajitsu yang dibagi menjadi 6 bagian  untuk memberikan resolusi kepada 5 gadis Mihama ditambah 1 pengenalan.  Tapi kali ini pembagiannya baik serta banyak hal yang cukup keren di dalamnya. Pembagian yang terbagi menjadi 2 ini cukup menjelaskan dengan lebih baik.
 

Penuh Drama yang Tajam (+ PLOT TWIST)

Walaupun plot terbagi menjadi 2, tapi lebih menekankan banyaknya drama yang ada Grisaia no Rakuen. Mengapa tidak? Penekanan dalam drama cukup keras sekali(bagus) dalam 10 episode. Petarungan, penyelamatan, dan hal-hal inilah yang cukup keren dalam Grisaia no Rakuen. Selain itu, banyaknya hal yang lebih kuat daripada anime umumnya sehingga lebih dapat memberikan perbedaan mendalam antara series akhir Grisaia dengan anime lainnya.
 
Penajaman yang pertama adalah masa lalu Yuuji yang diringkas. Bagaimana dirinya harus diceritakan dalam Cocoon of Caprice. Walaupun diperpanjang daripada cerita masa lalu seluruh heroine Mihama. Tapi penajaman ini sangat lebih berarti agar mengenal Kazami Yuuji lebih dalam. Selain demikian, penajaman yang lainnya sekaligus bagian inti Grisaia no Rakuen terdapat pada The Seed of Blanc Aile.
Grisaia no Rakuen
Wih siapakah ini!!
© Studio Frontwing / 8bit
The Seed of Blanc Aile merupakan puncak yang begitu keren di berikan oleh Frontwing dan Studio 8bit dalam anime Grisaia no Rakuen. Kenapa tidak, drama awal yang diberikan cukup memberikan permasalahan yang berarti. Walaupun sebenarnya saya tidak menemukan masalah apa-apa di Grisaia no Rakuen selain saat The Seed of Blanc Aile. Oleh karena itu, semula berjalan tanpa masalah, tapi mulai berubah dan memberikan hal positif di anime ini.

Drama yang diberikan oleh studio 8bit berserta kreator original Frontwin cukup keren, dengan kejutan-kejutan yang tak terduga diberikan sangat memperkuat drama yang diberikan. Bahkan drama yang berasal dari dosa masa lalu tetap dieksekusi dengan bagus oleh 8bit. Sangat apreasiasi yang diberikan. Bahkan dengan pemberitan plot twist terbaik saat itu cukup keren pula.
 

Eden atau The End

Perjuangan akhir dari Yuuji dan kawan-kawan dalam mencapai Eden yang diinginkan. Itulah yang secara langsung ingin disampaikan pihak kreator resmi dalam Proyek Grisaia. Dimana mereka ingin memberikan ending bahagia dibalik perjuangan keras yang ada dibalik api di bumi. Maka kali ini perjuangan ini lebih kuat lagi ketimbang resolusi dari masa lalu gadis-gadis Mihama.

Gadis-Gadis Mihama yang telah dibereskan masalahnya oleh Kazami Yuuji ini-pun mencoba untuk bebalas budi. Maka mereka melakukan perbuatan yang dilakukan oleh Yuuji sehingga mereka dapat menyelamatkannya. Jikalau mereka gagal menyelemataknnya, maka berakhir sudah cerita Kazami Yuuji bahkan Jepang telah berakhir ditangan Heath Olso berserta seluruh Trilogi Grisaia. Penyelamata Yuuji dibantu dengan Thanatos System hingga pencarian Eden di Bumi.
Grisaia no Rakuen
Inilah Tujuan Akhir
© Studio Frontwing / 8bit
Cerita yang menggambarkan "bau kejahatan" terbesar ini cukup dieksekusi dengan baik oleh studio 8bit. Bahkan dibalik cerita pencarian Eden terakhir dalam project Grisaia ini cukup diapresiasi. Mengapa tidak? Cerita yang begitu dalam lagi telah disajikan secara baik oleh mereka dalam 10 Episode terakhir. Bahkan 3 episode akhir akhir disuguhkan aksi-aksi yang cukup menawan oleh para Mihama berserta Yuuji dalam memberantas Heath Olso dan kawan-kawan dengan keren walaupun durasinya padat sekali.
  

Penuh Kejutan

Dari semua plot yang diberikan, kali ini Grisaia no Rakuen memberikan banyak sekali kejutan yang ada dalam plot akhir "The Seed of Blanc Aile". Kejutan-kejutan inilah telah dieksekusi dengan baik walaupun dipercepat (sekaligus di ringkas) oleh studio 8bit selaku produser anime. Untuk Visual novel yang belum saya baca, (mungkin) ada perbedaan kecil didalamnya. Tapi saya rasa kali ini diselimuti dengan kejutan-kejutan yang sangat berarti untuk memperkuat cerita ini dan menambah kenyamanan saat menonton. Kehadiran dari Heath Olso, Thanatos System dan Gadis-Gadis Mihama inilah yang cukup menghiasi sekaligus keren.
  
Beberapa kejutan yang cukup berati dengan kehadiran Heath Olso yang menghancurkan Yuuji, Michiru yang berpergian keluar negeri oleh Thanatos, hingga Thanatos sendiri yang merupakan kakak perempuan Kazami Yuuji (Kazami Kazuki) yang sebelumnya dikabarkan meninggal karena kecelakaan kereta. Kejutan-kejutan ini baik untuk Visual Novel maupun anime telah dieksekusi dengan baik oleh Frontwing maupun studio 8bit. Walaupun sebenarnya fan servis yang diberikan udah tidak terlalu mendukung.
 

Aksi yang Memukau

Satu-satunya harapan yang diinginkan oleh audiens akan aksi Yuuji dan kawan-kawan yang diberikan dan akhirnya dijawab oleh studio 8bit dengan baik. Ditawarkan dalam 3 episode akhir yang sangat keren dieksekusi. Bahkan aksi ini diberikan berasamaan dengan gadis-gadis Mihama bersama teman-teman Kazami Yuuji yang ingin menyelamatkan dirinya sekaligus Jepang. Semuanya bekerja sama dengan bagus. Bahkan dihiasi dengan visual dan musik yang keren (cocok). Aksi yang begitu keren dieksekusi dengan baik.
Grisaia no Rakuen
Aksi memukau
© Studio Frontwing / 8bit
Aksi yang diberikan-pun cukup penuh dengan hal-hal yang asyik di saksikan dengan fokus. Karena aksi ini lebih keren daripada seri-seri sebelumnya yang masih kurang memberikan aksi. Tapi kali ini sangat lega memberkan aksi yang sangat serius. Terutama pada bagian The Seed of Blanc Aile IV - VI yang keren sekali. Plot Twistnya pun berasa sangat baik dieksekusi.
 

Ending yang Pass (Lega)

Hingga kita tiba Eden yang muncul di bumi. Satu-satunya yang ingin disampaikan telah hadir dengan baik oleh studio 8bit dan Frontwing. Saya rasa Ending yang berasa sangat pas dengan hasil perjuangan yang mereka perjuangakan selama ini. Untuk mengapai Eden yang mereka inginkan. Eden tersebut merupakan warisan dari master Yuuji kepada Yuuji, yaitu pulau yang terdapat di luar Jepang. Dan akhirnya, mereka terbebas dari apapun yang telah mengikat mereka serta hidup nyaman di pulau tersebut.
  
Dengan masa lalu yang buruk, penuh dengan penderitaan batin yang dihadapi, hingga perjuangan keras yang mereka lakukan agar mereka tetap hidup sangat diapreasiasi dengan penutup yang berasa sangat pantas mereka terima. Mereka yang telah dihantui oleh masa lalu yang sangat buruk telah menghilang/selesai dari mereka. Secara overall, ending yang diberikan cukup puas dengan alur cerita yang kuat yang telah diberikan.

Karakteristik Semakin Mendukung Jalan Cerita

Dengan karakter yang semakin memperkuat jalannya cerita cukup diapresiasi karakter-karakter yang diberikan karena telah baik dalam mendukung jalannya cerita walaupun karakteristiknya tidak dijelaskan begitu dalam. Termasuk kehadiran Heath Olso dan Kazuki Kazami yang sangat tak terduga. Mengapa tidak? Kazuki Kazami merupakan kakak Yuuji yang telah mati begitu lama muncul begitu saja serta menjadi pemimpin dalam operasi penyelamatan Yuuji dengan kejutan dan hal-hal yang aneh. Ditambah dengan Heath Olso yang akan menguasai Jepang, dan lain-lain yang sangat memperkuat.
Grisaia no Rakuen
Karakter-Karakter
© Studio Frontwing / 8bit
Walaupun karakter yang lainnya diperkuat. Mengapa tidak, karakter utama maupun pembantu memiliki kesetera yang hampir sama rata (walaupun porsi tetap dipegang karakter utama). Mereka karakter pembantu yang merupakan teman semasa Yuuji membantu Yuuji dalam menghancurkan Heath Olso dengan baik. Bahkan karakter pembantu ini bener-bener pass disituasi ini. Secara keleruhuhan yang diberikan sangatlah baik.
 

Visualisasi yang Baik dan Diperbaharui

Satu-satu visual ciri khas dari Grisaia tetap dipertahankan baik oleh Studio 8bit sekalu bagian yang menganangi anime Grisaia dari Frontwing dengan perbaikan dan penambahan yang cukup berarti. Seperti aksi-aksi yang dilakukan oleh mereka sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh audiens.
   
Background visual yang diberikan justru sangatlah tetap dipertahankan oleh studio 8bit dan tetap menjadi ciri khas dari Grisaia. Tetap berasa okay dimata meskipun beberapa masih ada yang sama dengan visual karakter yang diberikan dan kali ini berasa lebih baik dari sebelumnya.
 
Satu-satunya yang sangat dipertahan, ditambahi, sekaligus di perkuat adalah visual yang diberikan kepada aksi-aksi karakter yang ada. Mengapa tidak? Aksi yang diberikan berasa memukau sekaligus keren di dalam anime Grisaia no Rakuen. Sangat diapreasiasi apa yang menjadi ciri khas dari Grisaia. Bahkan visual yang mengambarkan aksi mereka sangat diapreasiasi.
 

Background Musik yang Keren

Musik yang ditangani oleh tim Element Garden tetap menjadi musik yang baik. Mengapa tidak? musik yang menjadi ciri khas ditambah dengan musik-musik gunanya memperkuat cerita sangat diapreasiasi, Mengapa tidak, kesuksesan dari anime sebelumnya telah membawa musik yang lebih variasi dari anime sebelumnya.
Grisaia no Rakuen
Pertarungan Asli vs Palsu
© Studio Frontwing / 8bit
Musik Opening masih ditangani oleh Maon Kurosaki membawa lagu Setsuna no Kajitsu (刹那の果実). Musik ini diberikan dengan visual masing-masing demi memperkuat Grisaia no Rakuen serta memberikan gambaran mengenai Grisaia no Rakuen secar menyeluruh. Selain itu, lagu opening yang singkat ini cukup keren pembawaannya

Selain satu lagu opening, terdapat pula 3 lagu ending yang sangat keren pula. Yaitu Tasogare no Starlight (黄昏のスタアライト) dan "Kimi wo Sagashi ni (きみを探しに) oleh Yoshino Nanjo dan Ceremony. Lagu ending memang tidak sekuat lagu Opening yang diberikan, maka sangat disayangkan namun cukup baik dalam menghiasi Grisaia no Rakuen. (Tidak terlalu buruk tapi cukup baik).

Variasi musik yang diberikan mulai berasa beraneka ragam sekaligus keren dalam anime Grisaia no Rakuen. Nilai plus tetap dipertahankan dalam anime Grisaia no Rakuen dengan baik. Secara overall. Musik yan diberikan sangat keren dan layak menghiasi anime Grisaia no Rakuen.

Kesimpulan

Dengan menghadirkan kembali cerita Grisaia yang ditunggu-tunggu oleh penggemarnya, maka inlah jawaban akhir dari seri Grisaia yang menceritakan bagaimana perjuangan mereka penggapai Eden di Bumi dengan baik. Penutup yang sangat baik ini telah di eksekusi dengan keren oleh studio 8bit, mengapa tidak? Dengan menghadirkan plot twist yang begitu kuat, karakteristik yang sangat mendukung jalananya cerita, kejutan yang cukup dieksekusi sempurna, serta musik dan visual yang banyak diberbaharui ini sangat keren dan layak untuk disimak.
Grisaia no Rakuen
Kisah Penyelamatan
© Studio Frontwing / 8bit
Walaupun telah menghilangkan unsur fan servis yang diberikan, tapi aku rasa, cukup dengan keempat unsur utama sangatlah baik untuk dilihat. Apalagi unsur cerita yang diberikan sangatlah kuat daripada Grisaia no Kajitsu. Apreasiasi kepada studio 8bit sekaligus Front Wing. (Sebagian dari rankuman Grisaia no Rakuen masih sedikit diluar konten visual novelnya perlu perbaikan). Sangat layak untuk menyaksikan Grisaia no Rakuen, Namun sebelum menonton ini harus memperhatikan seri-seri sebelumnya seperti Grisaia no Kajitsu(s1), dan Grisaia no Meikyuu(s2).

Kelebihan

  • Memberikan cerita yang semakin kuat dari pada cerita sebelumnya
  • 3 episode akhir dieksekusi dengan baik oleh aksi-aksi yang diberikan
  • Karakteristik yang mendukung sekali dalam Grisaia no Rakuen (Secara meyeluruh)
  • Fan servis yang tidak mendukung. (Nilai plus karena kita bisa fokus kecerita)
  • Ceritanya sangat padat dalam 10 episode akhir dengan baik.
  • Ending yang baik cocok sebagai akhir perjuangan
  • Musik yang dieksekusi dengan keren.
  • Kejutan terbaik adalah kehadiran Kazami Kazuki.
  • Plot Twist terkeren adalah Heath Olso yang cukup keren.
  • Beberapa cerita dibaliknya telah dijelaskan dalam Grisia no Rakuen (Termasuk Jatuhnya Bis yang ditumpangi Amane Suou)
  • Komedi terlalu sedikit cukup lucu.
 

Kekurangan

  • Fan servis tidak mendukung (ya well bagi yang mencarinya)
  • Terlalu singkat hanya 10 episode.
  • Walaupun demikian, aksi yang diberikan masih kurang banyak.
  • 2 Lagu Ending yang dinyanyikan masih kurang memoriable (Tidak terlalu buruk namun cukup baik)
  • Kazami Kazuki terlihat lebih dari pemimpin dalam operasi ini (terlalu memimpin) + sebagai kejutan terbaik
  • Terlalu padat sehingga masih perlu sedikit dilonggarkan untuk memperjelas beberapa karakter. (Aslinya bagus tidak perlu juga).
  • Alur memang berasa cepat dan padat sehingga sulit buat tidak melihatnya.
 

Saran

  • Visualiasi tetap dipertahankan keindahannya serta sedikit penabahan dalamnya.
  • Plot yang butuh diperpanjang. Namun kali ini cukup karena pemadatannya begitu berasa keren
  • Musik tetap dipertahankan sekaligus musik yang diberikan berasa keren.
  • Fan servis memang butuh dibuang untuk seri yang menawarkan plot seindah ini. Maka saya sangat mengapresiasinya. Jikalau perlu memperkuat maka diberikan dalam kadar kecil
  • Aksi yang diberikan lebih banyak lagi.
  • Plot lebih diperkuat agar setiap detiknya begitu berharga.
  • Drama tetap dipertajam lagi namun ada batasannya agar tetap keren. (Menurutku) (Bagaimana menurut kalian?)


Cocok : Drama dan Plot yang kuat serta episode anime yang tidak panjang-panjang, Musik yang cukup baik. Yang suka akan aksi waluapun sedikit disajikan. Serta yang suka akan karya FrontWing dianimekan.
  
Tidak Cocok : Mencari Aksi yang lebih, Pembaca Visual novel Grisaia, yang belum melihat Grisaia no Kajitsu maupun Grisaia no Meikyuu, pencari fan servis hunter. Serta pencari Opening maupun Ending dalam Anime.
Grisaia no Rakuen
Woii sini kau!!
© Studio Frontwing / 8bit
Terima Kasih :Frontwing berserta Studio 8bit dalam membangun Grisaia Project dengan baik.
Serta Screen shot yang terdapat dalam anime.
 

Bagaimana pendapat kalian mengenai Grisaia no Rakuen ini?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini