[Review] Haifuri / High School Fleet : Original Anime yang unik, tapi ...

Sebuah anime original Spring 2016 muncul mengangkat cerita militer, school, dan action. Walaupun kepopuleran anime jarang sekali memihak pada original anime, bahkan jika mereka yang mengejar deadline pembuatan anime, maka mereka akan kalah untuk melawan anime anime yang diadaptasi dari berbagai jenis. Tapi, ada satu anime akan mengalahkan mitos-mitos yang ada di dunia anime.
Hai-furi / High School Fleet
Haifuri / High School Fleet Logo
© Production IMS
Haifuri, itulah anime-nya, dengan judul bahasa Inggris "High School Fleet". Haifuri didukung dengan untuk perkembangan "moe"difikasi yang seperti anime Kantai Collection dan Girl und Panzer. Haifuri berusaha menyatukan kedua unsur yang terlihat hampir sama di depannya, namun sedikit perbedaan di dalamnya. Girl und Panzer mengarah pada angkatan darat bersama tank dan gadis imut, dan Kantai Collection mengarah pada "moe"difikasi kapal-kapal ke dalam bentuk gadis-gadis. Apakah mungkin Haifuri dapat menyatukan itu semua?
  
Haifuri merupakan anime karya original studio Production IMS (Date a Live dan Shinmai Maou no Testament). disutradarai dan story board oleh Yuu Nobuta, Hiroto Morishita sebagai designer suara, dan Reiko Yoshida sebagai penulis. Luna Haruna, TrySail, ZAQ, sebagai penyanyi dalam anime ini. Shigeo Komori sebagai pemusik. Serta membawa animator-animator yang begitu kuat dan terkenal dalam studio Production IMS. Dengan membawa orang-orang yang cukup berpengalaman di bidangnya. Serta mendapatkan 12 Episode untuk Haifuri. Apakah mungkin dapat menjadi anime Spring 2016 yang original ini sangat hebat?

Before to The Point

Di era modern, akan terjadi perubahan besar, khususnya pada kemiliteran angkatan laut dunia. Dunia militer angkatan laut akan menjadi kurikulum resmi kemiliter di sekolah-sekolah tinggi negara. Tanpa kecuali di Jepang. Dimana Sekolah Militer se-usia Sekolah Menengah Atas sudah ada di Jepang untuk melindungi wilayah Jepang dari bahaya.
  
Perkembangan militer laut ini dikarenakan terjadinya pergeseran lempeng tektonik yang terjadi pada 100 tahun lalu. Sehingga banyak sekali daerah-daerah yang tenggelam oleh laut. Untuk menjaga wilayah Jepang masih ada dalam peta, maka terbentuklah kota-kota pesisir bersamaan dengan kemiliteran laut.
Haifu / High School Fleet
Bener-bener ada Misteri
© Production IMS
Di saat yang sama, dengan terbentuknya sekolah-sekolah militer. Blue Mermaid, penjagaan maritim yang dikhususkan untuk para wanita-wanita perkasa. Di saat yang sama pula, pekerjaan untuk menjaga maritim ini menjadi sangat populer di kalangan anak-anak. Begitu juga mauk ke dalam tokoh utama, Akeno Misaki dan temannya Moeka China.

Pengalawan Semi-Misteri

Di awali dengan Akeno Misako baru masuk sekolah SMA Angkatan Laut bersamaan dengan Moeka China. Bercita-cita ingin menjadi Blue Mermaid dengan Motto Blue Mermaids "Living by the sea, protecting the sea, and journeying across the sea... They're the Blue Mermaids!". Pertama SMA langsung diberi pelatihan secara langsung untuk terjun ke lapangan, yakni berlatihan dengan kapal perang. Akeno Misako dan Moeka China teraklamasikan menjadi captain, namun berbeda kapal. Akeno Misako dalam kapal Destroyer Harukaze (Destroyer Harekaze) dan Moeka China dalam kapal Musashi (Battleship).
  
Saat melalukan pelatihan, kedua kapal tersebut telat. Karena keterlabatannya, sang pelatih memberinya hukuman berat dan akan menenggelamkan kapal Harukaze, tetapi Harukaze melawannya. Karena perlawanan itu, Harukaze menjadi kapal yang dicari untuk di tenggelamkan. Bersamaan dengan itu, Kapal Jerman Admiral Graf Spee juga melakukan perlawanan kepada Harukaze dan salah satu anggota Jerman terlepas, Wilhelmina. Sebuah penyerangan yang dilakukan oleh kapal selam kepada Harukaze, dan Pertolongan Darurat dari Musashi. Apakah yang menyebabkan kekomplekskan itu semua?
Haifuri / High School Fleet
Bener-bener ada Misteri
© Production IMS
Diawali dengan pengenalan berbagai anggota yang banyak dan cita-cita mereka untuk menaiki kapal-kapal itu. Setelah itu diberi suatu permasalahan yang cukup serius sekali dimana harus menghadapi kapal-kapal yang akan menyerangnya? Apakah yang menjadi penyebab itu semua cukup menjadi misterius dan bertanya-tanya. Disinilah yang menjadi nilai plus dalam anime ini. Pembawaan Episode satu yang terbawa dalam suasana nostalgia dan mencapai episode akhir cukup menenggangkan. Suasana inipun di dukung dengan music-music militer dan music yang tergolong cukup menarik. 3 Episode pertama dibawakan dengan sangat baik dan penuh dengan pertanyaan.

Sumber Permasalahan

Bagian ini diawali dengan masalah persediaan yang kurang, namun saat mencari persediaan. Mereka bertemu dengan anggota kapal lain dan menceritakan apa yang sebenarnya terjadi pada mereka. Dengan episode 5 yang lebih bermasalah lagi ialah keganasan Kapal Musashi dalam menghancurkan seluruhnya. Setelah Salah satu anggota Harukaze menemukan permasalahan, permasalahan utama terletak pada tikus dan virusnya.
  
Sejujurnya aku bingung kenapa harus virus yang menjadi permasalahan anime ini. Sebuah hal yang menurutku aneh dan unik di anime ini. Sumber permasalahan adalah tikus saja. Tapi Cukup mempengaruhi seluruh kapal dalam anime ini. Sesudah menemukan sumber permasalahan tikus ini membuatku kurang merasakan hal-hal yang lebih menonjol lagi. Justru penonjolan yang terasa terlalu cepat bagi anime ini karena udah tidak memberikan pertanyaan dan keingintahuan anime ini lagi. Cukup "oh begitu".

Aksi Penyelamatan Dimulai!

Setelah menemukan permasalahan yang menjadi titik pusat dari anime ini. Maka waktunya untuk melakukan action yang harus dilakukan oleh Harukaze. Bagian yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pencari action! yang ada dalam Haifuri. Diawali dengan penyelamatan epik untuk menyelamatkan seluruh penunpang Kapal Mall bernama Shinbashi, Lalu pertarungan epic untuk menyelamatkan Kapal Perang Hiei, serta ditutup dengan penyelamatkan kapal Jerman, Graf Spee.
Haifuri / High School Fleet
Ayoo bertarung!!
© Production IMS
Bagian ini adalah bagian yang dinantikan. Bagian perang mulai memberikan porsi yang lebih banyak pada aksi kersajama yang disuguhkan. Dengan permasalahan yang harus dihadapi adalah tikus. Disuguhkan se-epic mungkin dalam anime ini. Sebenarnya cukup telat untuk memberikan aksi dengan porsi lebih. Walaupun udah ada di episode-episode sebelumnya. Tapi Episode sebelumnya hanya memberikan pertanyaan belaka akan permasalahan yang dihadapi. Bagian yang berusaha ditonjolkan ini masih kurang pendalamannya.

Penutup

2 Episode akhir (bukan episode 10) merupakan bagian paling dicari dari segala story yang ada dalam anime. Episode-episode yang paling ditunggu-tunggu ini sangat memberikan kesan untuk Haifuri. Puncak yang paling puncak untuk anime Haifuri. Porsi lebih yang dilakukan oleh studio Production IMS pada Haifuri. Penyelamatan Musashi bagian yang paling ditunggu dalam anime ini. Dengan pertarungan sengit antar Musashi dan Harukaze yang begitu hebat ditampilkan begitu berkesan. dan Ending yang ditutup dengan penuh emosional.
 
Bagian penutup ini hampir diberikan porsi yang sama dengan anime lain pada umumnya, yaitu 2 episode terakhir. Namun dari segi ceritanya yang membedakan anime Haifuri dengan anime lainnya. Pertarungan yang berkesan lebih baik daripada episode-episode sebelumnya dikarenakan memiliki porsi yang lebih daripada bagian-bagian yang lainnya. Cukup baik pembawaan yang dilakukan oleh Production IMS dalam membentuk kesan-kesan lebih di bagian akhir.
 

Plot yang Original berbalut Semi-Misteri

Secara keseluruhan. Plot yang diberikan begitu berbeda dan unik dari anime yang serupa yang mengangkat Sekolah Militer. Selayaknya Kantai Collection yang mengangkat cerita untuk melawan musuh dark fleet, Girl und Panzer untuk memenangkan suatu turnamen agar sekolahnya terselamatan. Namun Haifuri terkesan sebagai plot yang unik sekaligus aneh.
  
Se-original anime yang diberikan, kali ini sukses sebagai original anime. Terkesan sebagai anime semi misteri dan lebih banyak mendapatkan spekulasi sampai  5 episode. Mulai dari karena telat sekolah sehingga harus dihukum, Kapal yang dicari oleh sekeluruhan kapal, hingga sebagai kejahatan perang karena menculik kapal sekolah. 5 episode ini sebagai permasalahan yang mengadai-gadai karena banyak spekulasi keluar begitu saja di audiens. 5 Episode membuat banyak audiens bertanya dan menebak anime ini.

Hingga sebagai jawaban berada pada episode 6. Titik permasalahan sebenarnya dikarenakan karena virus yang menjelma sebagai tikus. Disinilah spekulasi-spekulasi yang berbeda begitu saja berubah seketika hanya karena tikus. Serta episode berikutnya hingga penutup disakikan aksi kerjasama yang begitu epik untuk menyelamatkan seluruh kapal milik temannya.

Tidak perlu ditanya lagi tentang anime original yang mengangkat permasalahan unik ini. Terlihat sebagai anime original yang berdiri mengalahkan Kantai Collection karena permasalahan yang dihadapi. "Moe"difikasi yang dilakukan cukup berasa dengan hadirnya karakter-karakter imut pendukung cerita. Secara overall, ceritanya aneh dan unik.

Karakter

Titik terlemah dari anime ini dan anime serupa adalah terlalu banyak karakter yang harus diingat. Sepertinya telah melakukan banyak sekali "moe"difikasi untuk seluruh karakter dalam anime sehingga saya sendiri hanya tahu gambarnya ketimbang nama karakter yang saya kenal. Bagian ini sangatlah lemah karena audiens hanya memilih satu karakter yang bener-bener menonjol sehingga yang lain tidak terlalu di tonjolkan.
  
Walaupun begitu, banyaknya karakter tetap dan sangat mendukungnya cerita. bayangkan jika suatu kapal dijalankan seorang diri, maka itu bukanlah kapal dan bahkan tidak jalan. Banyaknya karakter ini akan mengajarkan suatu hal yang menjadi jawaban semuanya.
  
Tapi yang menjadi nilai plus yang harus dilihat adalah, sang Kapten, Akane Misaki yang menjadi captain yang bekerja keras bahkan berbeda dari yang lain. Dia menjadi Kapten yang berani terjun ke dalam masalah yang dihadapi oleh teman-temannya. Keberanian yang dimilikinya sangat diapresiasi sebagai kapten wanita. Selain itu, Karakter dari Jerman, Wilhelmina digambarkan sangat cantik cukup menjadi pusat perhatian karakter di anime Haifuri.

Penderitaan membentuk Persahabatan

Dengan banyaknya karakter yang ada tidak menjadi nilai plus dalam Haifuri. Tapi persahabatan, kerjasama, dan kekompakan yang dilakukan dalam satu tim memberikan nilai plus. Kebersamaan pada umumnya ini terbentuk dengan proses yang panjang. Bahkan bisa bertahun-tahun proses terbentuknya. Namun anime ini memberikan persahabatan yang begitu cepat dalam melalui proses penderitaan. Penderitaan yang dihadapi ialah menjadi penyelamat bagi banyak kapal. Sangat patut diapresiasi segi positif ini.
Haifuri / High School Fleet
Ayoo bertarung!!
© Production IMS
Selain penderitaan pembentuk persahabatan, juga ada festival Equator yang terjadi pada episode 10. Episode 10 merupakan episode dimana mereka membentuk kapalnya menjadi tempat mengadakan festival yang memperingati hari penting disana. Sebuah hal yang biasa bercampur agak aneh. Tapi cukup membentuk persahabatan yang ada. Serta lebih sedikit mengarah pada komedi dalam episode ini. Overall. Menurutku tidak terlalu penting untuk episode ini. Tapi cukup untuk pembentukan kerjasama dan persahabatan nya.

Porsi Makanan

Makanan adalah hal yang paling dibutuhkan oleh banyak orang. Namun untuk kali ini, anime Haifuri hanya menyajikan dialog antar karakter yang berasa kurang menarik saja. Sebenarnya anime militer lebih mementingkan aksi daripada percakapan antar karakter, namun kali ini hanya mendapatkan porsi sedikit dan menonjolnya porsi dialog. Saya sendiri masih kurang merasakan aksi militernya. Padahal hal unik jika aksi militer saat muda itu ditampilkan (apalagi militer wanita). Sedikit memberikan nada komedi ringan tapi berasa okay. Porsi yang diberikan masih berasa kurang.

Kelas Perkapalan

Suatu hal yang begitu saja saya dapatkan dari anime ini adalah kelas sekolah dalam kapal. Bentuk yang berbeda ini cukup mengalahkan anime serupa. Dengan modernisasi yang terlihat berupa tablet, smartphone, satelit, dan distrik kota. Sangat memungkinan juga ada sekolah dalam kapal. Hal ini  terlintas sebagai evaluasi penulis blog ini. Jujur, Sekolah dalam kapal merupakan hal yang belum pernah saya temukan. Secara overall. Sangat unik dan beda. Bagian ini berhasil menarik perhatianku.

Visualisasi

Visual yang dikerjakan oleh studio Production IMS sangat menjanjikan. Dengan karakter-karakter yang divisualkan secara "moe"difikasi, imut dan cantik cukup baik. Visual yang diberikan sangat enak dilihat. bahkan pewarnaannya yang tidak terlalu mencolok masih terlihat enak dilihat. Dengan mengabungkan beberapa hal, tapi masih nyambung dengan pengambarannya. 
Haifuri / High School Fleet
Kerjasama..
© Production IMS
Selain karakter, visualisasi kapalnya pun lebih berasa. Mencoba mendetailskan kapal yang digambarkan dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Bahkan sangat diapresiasi untuk mengambar kapalnya dengan details. Tapi, hanya beberapa gambar pendalaman kapal yang belum ditampilkan secara baik. Selain kapal yang menjadi pusat visual. Ternyata background pula yang berasa lebih enak bahkan berasa agak real dalam penggambarannya dan pewarnaannya.
  
Secara overall, pegambungan antara karakter, kapal, dan background tidak berbeda terlau jauh dan berhasil disatukan. Visual, background, dan karakter sangat berkesan dalam visual anime Haifuri. Semuanya berasa enak untuk dilihat dengan details-details yang cukup diperlihatkan. Kombinasi ini sangat diapresiasi.

Musik

Theme lagu Opening yang dinyanyikan oleh TrySail mengangkat lagu High Free Spirits. Lagu High Free Spirits sesuai dengan judulnya sangat memberikan nada semangat yang diberikan. Lagu yang mengangkat lirik untuk menyemangati dan enak didengar. Dengan kombinasi-kombinasi dan intrument yang kuat lebih membangun semangat untuk menonton. Lagu menjadi lagu dikenang dan memoriable disini serta mengacu pada anime Haifuri ini.
 
Lagu Ending yang dibawakan oleh Haruna Luna, dan ZAQ dengan lagu Ripple Effect. Lagu ini membawa pada cita-cita para gadis dalam menjadi Blue Mermaid, selain itu bahwa lagu ini merupakan kebersamaan yang ada dalam harukaze. Dibawakan dengan baik oleh penyanyi dan intrument yang diberikan. Namun sayang belum menjadi lagu yang dikenang dalam anime ini.
 
Musik yang dikelola oleh Hiroto Morishita dan direktor suara, Shigeo Komori sebagai pengelola musik, cukup berkesan. Bahkan saat kondisi menegangkan cukup baik dengan alunan musik yang diberikan. Selain itu, kondisi yang santai diperlihatkan secara komedi dan santai. Kombinasi alunan musik yang diberikan cukup baik dan berkesan.

Namun sangat disayangkan musik yang menjadi penguat kondisi tapi masih bentrok dengan dialog. Tubrukan pengisi suara dengan musik background cukup memberikan sedikit nilai minus. Walaupun ada nilai minus, tapi ada nilai plus-plus dalam situasi lainnya lainnya, misalkan aja pada Harukaze versus Misashi.

Kesimpulan

Haifuri merupakan anime original yang dapat menunjukan keoriginalannya dalam anime serupa. Di era modern saat ini, Haifuri tampil sebagai anime militer original yang mengalahkan mitos-mitos yang ada dalam dunia anime. Mengapa tidak? Mengangkat plot yang tergolong aneh, unik dan semi-misteri. Visual yang modern dengan ditampilkan kapal-kapal, karakter yang imut, dan kombinasi dari bagian-bagian visualnya. Tema Militer di era modern tahun-tahun kedepan, serta music-music yang mengacu pada Haifuri. Persahabatan dan kerjsama yang terjalin, aksi-aksi yang di tampilkan dieksekusi cukup baik. Pengalaman belayar dengan gadis-gadis moe sangat menarik dan patut diperhatikan. Original anime yang diberikan oleh studio Production IMS sangat diapresiasi.
Haifu / High School Fleet
Selamat Ulang Tahun
© Production IMS

Kelebihan

  • Plot yang sangat original ditampilkan dan dieksekusi dengan baik
  • Visual Karakter yang terlihat Imut dan baik. Karakter yang dieksekusi oleh studip Production IMS sangat baik.
  • Visual Kapal yang terlihat baik dan berasa agak real.
  • Background yang berasa enak dan real.
  • Pembentukan persahabatan dari semua karakter terbentuk secara cepat.
  • Musik opening yang cukup berasa dan memoriable ketimbang ending.
  • Secara tak langsung, mendorong sebuah distrik perkapalan di Jepang.
  • Semua Episode saling berkaitan, tidak ada yang berdiri sendiri.

Kekurangan

  • Permasalahan yang tergolong aneh "Tikus", Haifuri adalah anime original yang tidak sama dengan anime serupa, tapi permasalahan yang diangkat tergolong aneh.
  • Terlalu banyak karakter. Dengan hadirnya banyak karakter, maka susah sekali untuk memahaminya. Sebagian karakter saja yang cukup dikenal.
  • Penyebutan nama karakter yang masih kurang. Banyaknya karakter tapi penyebutan karakternya kurang sehingga selalu mengarah pada satu orang yang dikenal. Padahal penyebutan nama karakter ini berguna sekali dalam anime Haifuri.
  • Musik yang belum memoriable. Musik merupakan unsur penting dalam anime, namun kali ini, musik yang diberikan masih bentrok dengan beberapa dialog pengisi suara sehingga masih kurang didengar.
  • Porsi yang sebenarnya masih kurang pada aksi. Walaupun sudah 1 : 1, tapi aksi yang diinginkan justru belum ditunjukan dengan porsi yang lebih.
  • Komedi yang ditampilkan secara tak langsung tidak menimbulkan gelak tawa yang berlebihan. Bahkan berasa agak serius.

Saran

  • Lebih sering menyebutkan nama karakter dikarenakan hanya satu pusat karakter yang selalu menjadi perhatian jika terdapat banyak karakter.
  • Walaupun ini anime original, cukup disayangkan pada permasalahan yang jatuh pada tikus. Banyak menimbulkan tanda tanya dan penasaran pada fans tapi hanya jatuh pada tikus virus. Sebaiknya persamasalahannya lebih baik tanpa menimbulkan kata "abstrub"
  • Porsi aksi yang disajikan sebaiknya diberi lebih banyak porsi agar lebih banyak dikenang.
  • Sebaiknya karakter lebih dikurangi.
  • Sebaiknya memperkenalkan karakter lain dengan porsi yang lebih.
  • Sudah ada komedi, tapi lebih ditampilkan lebih kuat dan halus agar anime ini berasa agak santai (Walaupun udah di kasih dalam dialog karakter).
  • Lagu Sebaiknya lebih memoriable agar dapat dinilai melalui musik.  


Cocok : Pencari nada militer dalam anime dibalut dengan moe girl, original anime, dan mengandung permasalahan yang harus ditebak.

Tidak Cocok : Pencari permasalahan dalam anime, anime adaptasi, dan tidak suka militer.

Sumber : 
MAL -> High School Fleet
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini