6 Karakter dengan Masa Lalu Tersuram Anime Angel Beats

Angel Beats! merupakan anime yang dibuat sebagai masterpiece dari Jun Maeda dalam studio P. A. Works. Sebuah masterpiece begitu tinggi nilainya hingga dapat diminati banyak orang. Digarap untuk memperingati Spring 2011 tidak menyurutkan niat para penggemarnya untuk menontonnya ulang. Bahkan sebagian dari cerita Angel Beats! menjadi inspirasi bagi umat manusia. Khususnya masa lalu yang sangat suram dihadapi oleh karakter-karakter dari Angel Beats! itu sendiri.
Angel Beats!
Masa lalu yang suram itu kerap kali menjadi bahan dan bumbu yang sedap dalam anime. Namun Bumbu kali ini akan berasa sangat lezat ditambah bahan-bahannya. Maka terciptalah makanan yang disebut dengan Masterpiece of Anime. Daripada ngomongi soal makanan, langsung ke poin inti.

Masa lalu yang suram di Angel Beats! kerap kali diceritakan secara sadis bahkan hampir tak manusiawi sama sekali. Mereka yang terlahirnya dengan masa suram harus menghadapinya hingga mereka mati dalam keadaan proses pencapaian cita-cita. Sungguh sangat menyetuh emosional bahkan kadang kala menjadi pemberontak untuk itu semua. Saking uniknya, menyelekit, dan paling memoriable, maka saya akan bahas sebagai TOPLIST cerita masa lalu "Tersuram" terdapat dalam anime(bukan manga) Angel Beats!

Sekilas Tentang Pendirian SSS Team

Pendiri SSS Team/ Shinda Sekai Sensen Team adalah dua orang, yakni Hinata dan Yurippe. Hinata dan Yurippe memiliki kisah masa lalu begitu menyakitkan, serta penyesalan yang begitu mendalam. Sebagai pelampiasan penyesalan dan kemarahan, maka ia akan menyerang seluruh orang yang menghalanginya, termasuk Tuhan Sendiri. Semua anggota SSS Team sendiri memiliki penyesalan yang begitu dalam bahkan harus melawan Tuhan sebagai pengungkapan kemarahan merek.

6. Kegagalan Terbesarku

Hinata atau lebih dikenal Hideki Hinata (Ryōhei Kimura) merupakan co-foundation dari SSS team. namun memiliki masa yang begitu memilukan dari antara anggota SSS team yang lain. Walaupun tak sesuram yang lainnya.
Angel Beats!
Kisah Kelam Hinata
Sebuah pertandingan sangat penting dalam bola baseball, bola yang terjadi saat itu adalah fly high. Bola tersebut mengarah pada dirinya. Dirinya harus menggapai bola tersebut agar timnya memenangkan pertandingan yang menentukan keberadaan dirinya. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Dirinya gagal mengapainya.

Kegagalan yang dialaminya menyebabkan dirinya terkucilkan oleh seluruh teman dalam timnya. Dirinya sangat despresi dan malu atas kelakuannya. Seniornya menyarankan dirinya untuk meminum sebuah pil agar dirinya tidak terlalu dalam depresi. Namun pil itu berefek begitu negatif, bahkan antibodinya badannya tak mampu untuk menahan efek negatifnya.

Salah satu cerita yang terlihat memilukan bagi Hinata, bahkan kematiannya begitu tak adil. Ia sendiri mau memperbaiki cita-citanya sebagai baseball player, namun harus memadamkan cita-citanya di tengah jalan oleh karena kelakuan yang tak manusiawi dari seniornya.

5. To Get Married

Yui (Eri Kitamura) adalah seorang cewek berambut pink yang menggantikan Iwasawa untuk bernyanyi. Ia adalah cewek yang begitu enerjik dan hyper di Afterlife. Gadis yang begitu unik dengan banyak sekali permintaan di Afterlife.
Angel Beats!
Kisah ingin cinta Yui
Story past bahwa dirinya tertabrak oleh sebuah mobil saat berumur 4 tahun sehingga dirinya lumpuh total. Yui dalam rumah sakit hanya dirawat oleh Ibunya. Dirinya harus lumpuh total dan tak bisa melakukan apa-apa. Ibu Yui selalu menemani dan merawat hingga akhir hidupnya. Yui hanya berbaring di ranjang tidur dan hanya menonton televisi di depan tanpa melakukan apa-apa. Sebelum kematiannya, satu-satunya permintaan akhir yang ia minta adalah ingin menikah.

Penderitaan yang luar biasa harus dialami oleh Yui saat ia hidup. Seorang wanita muda harus mendapatkan penderitaan yang luar biasa oleh karena tertabrak mobil saja. Saya sendiri merasa kasihan kepada Yui. Namun cukup disayangkan bagian yang menarik ini diceritakan sangat singkat. Bayangi saja, seorang cewek lumpuh total tidak bisa melakukan apa-apa disaat muda. Sejak berumur 4 tahun sampai dia meninggal. Sadiskah?

4. 3 Adikku Tercinta

Yurippe, Ketua SSS Team dengan nama asli Yuri Nakamura (Harumi Sakurai). Yurippe harus menanggung seluruh tanggung jawab di Team SSS. Yurippe hidup sangat layak dengan keluarga yang berkecukupan lebih bahkan hidup sebagai orang yang sangat kaya. Ayah dan Ibu Yurippe hidup lebih dari cukup. Bahkan bisa dibilang hidup dengan makmur dalam rumah yang mewah.
Angel Beats!
Kisah cinta rumah tangga
dan persaudaraan
Hingga suatu hari, disaat keluarga damai dan tenang, sekelompok orang menyerang rumah Yurippe sendiri. Sebagai kakak perempuan yang harus sangat berjuang untuk melindungi 3 adikknya dari kumpulan penyerang tersebut. Diberi waktu untuk Namun Yurippe gagal melindunginya hingga adikknya tak bernyawa lagi dalam jangka 30 menit.

Secara manusiawi, kehidupan yang semula mewah dan mapan harus diregut dengan penderitaan yang luar biasa kepada kehidupannya. Sungguh sangat sadis dan tidak tega melihat dan merasakan apa yang dirasakan oleh Yurippe saat itu. Saya sendiri tak bisa membayangkan apa yang terjadi pada kehidupan Yurippe.

3. Twin Brother

Setelah Kanade kehilangan jabatannya, maka yang menjadi Tuhan saat ini adalah Ayato Naoi (Megumi Ogata). Naoi yang berkuasa lebih besar di ketua OSIS sehingga menghancurkan operasi-operasi yang dilakukan oleh SSS Team. Namun, Naoi memiliki masa yang begitu suram pula sehingga dia harus terbuang dalam Afterlife.

Twin brother, saudara kembar. Ayato Naoi memiliki saudara kembar yang pandai tembikar dan sangat pandai membuat tembikar. Ayato Naoi tidak memiliki kemampuan apa-apa dan hanyalah anak yang terbuang. Namun disaat "Kau adalah yang mati berikutnya.", ia bertukar tempat dengan saudaranya. Saudaranya harus mati duluan dan dirinya harus menggantikan saudaranya agar keluarganya tetap dikenal sebagai tembikar terbaik di Jepang.
Angel Beats!
Kisah persaudaraan yang terpisah
Perjuangan dari seorang yang tidak bisa apa-apa harus melakukan pelatihan yang begitu dalam. Rehabilitasi, dan perjuangan yang begitu dalam yang dilakukannya agar menjadi orang yang berguna. Ayahnya memaksanya dan melatihan untuk menjadi orang yang berguna dan ternama di Jepang. Cita-citanya dimulai saat itulah. Perjalanan untuk cita-cita nya dimulai.

Cita-cita yang baru saja dimulai, harus melewati masa yang begitu menyakitkan. Ayah Naoi harus meninggal dunia di saat ia memulai cita-citanya. Dirinya begitu stress dan hampir tak dapat melanjutkan cita-citanya. "Kau adalah yang mati berikutnya." ternyata benar terjadi pada dirinya.

Dibawakan dengan padat dan langsung to the poin permasalahan yang dihadapi Naoi. Seorang anak yang terbuang ingin menjadi seorang tembikar terbaik di Jepang, tapi harus merasakan pahitnya kehidupan dan kematian yang ia alami. Suatu bentuk penyesalan yang mendalam.

2. My Song

Sebuah lagu yang selalu menjadi memoriable, dan terakhir dari Masami Iwasawa(Miyuki Sawashiro) yang mencerminkan kehidupannya di masa lalu. Ujian berat diterima oleh Iwasawa saat ia hidup. Ia harus menerima kekerasan rumah tangga oleh ayahnya kepada keluarganya sejak kecil. Ketika menemukan Sad Machine, hidupnya langsung berubah seketika itu juga dan ingin menjadi seorang penyanyi sebagai penyelamat hidupnya. Iwasawa kabur dari rumah dan harus menghadapi kejamnya dunia. Harus bekerja partuh waktu dan hidup mencukupi kebutuhannya sendiri.
Angel Beats!
My Meaning of Life
Iwasawa meninggal dengan penyesalan yang begitu dalam karena cita-citanya tak dapat dicapai. Ia harus hidup dalam dunia Afterlife. Hidup bersama teman-teman dari SSS Team dan bertarung bersama melawan Tuhan. Saat melakukan band terakhirnya, ia menyanyikan lagu terakhir ini berjudul My Song. Sebuah lagu perpisahan sekaligus kelulusannya dalam menggapai cita-cita sebagai penyanyi.

Masa lalu yang di ulas secara cepat dan padat ini baik pembawaan. Masa lalu Iwasawa hanya sekilas saja yang diberikan, tapi cukup mewakili kehidupan dari Iwasawa. Keistimewaan dari cerita ini adalah arti lirik dari lagu Iwasawa. Iwasawa berjuang untuk menggapai cita-citanya adalah perjuangan yang begitu berat. Ditutup dengan begitu menyedihkan saat dia mati ditengah jalan. My Song ; Tetaplah berjuang. Aku ada disampingmu

1. Otonashi Hatsune

Bagian paling kuat dari segala cerita, penuh makna, dan salah satu terkuat dalam anime Angel Beats! Otonashi Yuzuru (Hiroshi Kamiya) terlahir dalam keluarga Otonashi bersama dengan adiknya Otonashi Hatsune (Nakahara Mai). Otonashi Yuzuru memiliki cerita yang bersamaan dengan adiknya Otonashi Hatsune.
Otonashi Hatsune :'(
Hatsune didiagnosa mengalami kanker dan tak bisa hidup layaknya anak normal seusianya, ia harus menanggung penderitaan yang ia alami saat ia berada di rumah sakit. Yuzuru selalu menjaga adiknya dan hanya satu-satunya tujuan hidupnya selama ia hidup. Yuzuru merasa begitu kasihan dan ingin menggantikan pada adiknya yang memiliki harapan hidup. Sungguh sangat menyentuh sekali ke dalam hati.

Namun, adiknya meninggal. Harapan hidup otonashi hilang seketika. Ia merasa hidupnya tak berarti lagi. Tapi semuanya berubah seketika itu juga ketika ia harus mencari tujuan hidup lainnya, yakni menjadi seorang dokter yang dapat menyelamatkan semua orang. Saat proses semuanya terjadi, terjadilah kecelakaan kereta.

Walaupun terjadi kecelakaan kereta, dirinya mulai berjuang kembali untuk membantu menyelamatkan seluruh penumpang yang masih selamat dan dirinya. Namun sayang sekali, dirinya harus meninggal duluan sebelum tim penyelamat datang menyelamatkan dirinya. Tapi sebelum meninggal merupakan bagian paling menyentuh dimana dirinya memberikan harapan kepada semua orang yang masih hidup dengan mendonorkan tubuhnya.
  
Sungguh bagian yang bermakna dan menyentuh. Bagian inilah yang mencerminkan kasih sayang sepenuhnya dari seorang kakak kepada adiknya dan kepada semua orang masih hidup. 2 Episode yang ditawarkan cukup kuat dan lebih dikuasai oleh Otonashi. Perjuangan Otonashi yang ingin menggapai cita-citanya dan mati seketika itu juga dapat menjadi motivasi yang kuat. Penutup dalam masa lalu Otonashi-pun dapat menjadi pelajaran yang berharga dalam kehidupan.

Pesan Moral yang Diambil

Dari keseluruhan masa lalu yang suram dalam anime Angel Beats! pesan yang timbul adalah manusia harus tetap berjuang agar dirinya tetap mencapai cita-cita yang diinginkan. Walaupun harus merasakan penderitaan yang akan dihadapi, tapi setidaknya sudah berjuang untuk hidup. janganlah menyerah sebelum semuanya berakhir dalam kematian. Jangan sampai menyesal akan apa yang telah terjadi di saat ini.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini