[Review] Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari : Cahaya Harapan Manusia. - Nahason Otaku

[Review] Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari : Cahaya Harapan Manusia.

Sebuah artikel review pertama saya tentang anime. Khususnya saat Winter ini. Maaf bila review anime ini kali ini saya buat yang pertama. Saya membuat artikel review tentang anime hanya karena pertama kali saya mencoba menreview anime yang sedang saya lihat ataupun yang telah saya lihat. Kebetulan sekali, saya telah selesai melihat salah satu anime terbaik menurutku saat ini. Yap sesuai dengan judulnya, Anime yang akan direview adalah Chain Chronicle - Haecceitas no Hikari yang diproduksi oleh  studios: Telecom Animation Film, Graphinica yang bekerja sama dengan Publisher Game itu sendri SEGA.
Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari
Logo Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari
© Sega Japan / Telecom Animation Film /Graphinica
Anime ini sendiri diangkat dari game android CHAIN CHRONICLE buatan SEGA JAPAN. Dilihat dari popularitas game yang melejit di Jepang pada tahun awal 2013 hingga tahun 2017(Saat ditulis artikel ini). Dan Pernah sempat dimainkan di luar negera Jepangnya sendiri(versi Dunia). Maka bisa mendapatkan gambaran bahwa anime ini memperkuat nilai intrinsik yang terdapat dalam Game-nya tersendiri. Jadi, Awal pembuatan anime Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari terinpirasi dari game main story Chain Chronicle (チェインクロニクル 3).

Langsung saja setelah gambaran mengenai Chain Chronicle. Langsung kita review unsur-unsur yang terdapat dalam game ini.

Plot

(Hampir Full Spoiler(heavy))
Chronicle Book adalah kitab yang mencatat seluruh dunia. Kitab memiliki kekuatan super sakti ini dapat menjadi kekuatan untuk menyelamatkan dunia ataupun menguasai dunia. Yggdra adalah sebuah benua kecil yang ditinggali oleh masyarakat-masyakat yang damai di beberapa titik perkotaan. Semua warga disana percaya bahwa dunia ini dicatat melalui Chronicle Book adalah kekuatan terbesar dan percaya pula. Benua kecil ini adalah benua yang menggambarkan seluruh dunia.

Di Yggdra terbagi menjadi beberapa kerajaan besar. Kerajaan-kerajaan ini sering terjadi konflik yang menyebabkan mereka selalu merebut kekuatan dari Chronicle Book. Hingga pada akhirnya, mereka sepakat untuk dipimpin oleh Holy King. Merekapun berdamai dan saling berkerja sama membangun kerjaaan mereka masing-masing

Saat semuanya menjadi damai, datanglah Setan tentara "BLACK ARMY" yang akan menculik kekuatan dari Chronicle Book. Saat itu, Chronicle Book ditangan penjaga oleh perempuan misterius bernama Phoena. Saat pengejaran, bertemu dengan Tentara Sukarela yang disebut Volunteer Army  yang dipimpin oleh Yuri dan menantang seluruh "BLACK ARMY" Di Yggdra. -- (OVA Chain Chronicle) --
Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari
Perang Besar!!
© Sega Japan / Telecom Animation Film /Graphinica
Hingga PERANG DUNIA yang menentukan antara Kegelapan dengan Cahaya. Kegelapan oleh BLACK ARMY yang dipanglimakan oleh Eirenus dan dipimpin oleh BLACK KING melawan Cahaya oleh Gabungan seluruh kekuatan kerajaan di Yggdra yang dipimpin oleh Volunteer Army, tepatnya Yuri. PERANG DUNIA ini menentukan nasib manusia yang akan musnah oleh kegelapan atau akan tetap eksintensi di Yggdra ini.

Semua telah dikerahkan, seluruh kemampuan telah dikerahkan, darah telah tercurah, dan nyawa-nyawa ini begitu berharga. Begitulah gambaran dari seluruh perang yang terjadi di dunia ini (termasuk dunia nyata). Pasukan Cahaya telah mengerahkan seluruh kekuatannya. Namun, Sangat disayangkan, ketika terjadi perebutan Chronicle Book, antara Phoena dan BLACK KING. kitab itu terbelah menjadi dua. Seluruhnya telah dikerahkan hilang seketika. Harapan Manusia-pun musnah dan tidak ada yang tersisa.

Setelah kejadian itu. Volunteer Army berserta beberapa pasukan dari Holy Kingdom bertemu dengan seorang pemuda bertarung melawan Black Army. Pemuda ini memiliki kekuatan yang begitu luar biasa, yakni memanipulasi Mana yang dia punyai. Yuri melirik bakat dan potensi yang dimiliki oleh pemuda ini dan merasa cahaya kecil tumbuh mengubah dunia. Setelah pertarungan, Yuri bertanya dan pemuda ini bernama Aram. Melihat potensi dari Aram ini, apakah manusia dapat mengembalikan kejayaan mereka kembali? Atau hanya potensi hampa, atau hanya berupa kekuatan kurang bernilai, atau lebih parahnya, Kegelapan menguasai seluruh Yggdra. Jawabannya ada dalam pemuda ini.

Plot yang saya tulis merupakan hampir spoiler anime ini. Cerita yang bermula pada OVAnya hingga pada Animenya ini memiliki kesinambungan cukup jauh. Tentu saja. Setelah melihat OVAnya dan Animenya menceritakan musim mereka masing-masing. Saat tulisan di paragraf 1 - 3 merupakan gambaran dari gamenya pada OVAnya di Season 1, Dan paragraf selanjutnya adalah gambaran dari gamenya pada Animenya di Season 2(Story Quest). 

Plot Anime ini (Tidak berbicara tentang OVA) dikemas begitu kuat oleh Studio Telecom Animation Film dan Graphinica dengan kejutan-kejutan kecil. Gambaran yang cukup jelas dari anime ini. Yaitu Cahaya Harapan Manusia. Pertarungan antara Manusia dengan Black army yang disajikan oleh Anime ini.

Plot yang dikemas pada masa Era Pascaclassic(Mungkin) dengan kekuatan magis serta pertarungan manusia dengan setan atau manusia merupakan plot cukup dikenal dalam dunia game. Terutama game RPG dan Adventure yang setara dengan ini. 

Plot dengan gambaran luas memberikan nilai minus dalam anime ini. Namun memberikan nilai plus pada gamenya serta pembawaannya. Anime ini hanya memperkuat story quest(bukan Carather Quest) di dalam game dengan seluruh episodenya cukup worth dilihat. Sebagai apresiasi terhadap studio pembuatnya, saya rasa sangat baik menyajikan cerita dari anime ini. Sarannya, sebaiknya memberikan banyak sekali porsi di kejutannya agar lebih menaikan status sebagai anime mengangkat sebuah game. Tapi kejutan kejutan dalam plot serta pembawaannya begitu luar biasa.

Theme Music

Intro Music dari anime ini adalah  ナノ nano - MY LIBERATION dengan label Flying Dog. nano merupakan singer dengan aliran J-Pop dan J-rock yang cukup dikenal. nano dan Flying Dog sendiri cukup berkontribusi dalam dunia anime Jepang. Jika dicermati lirik MY LIBERATION, lagu ini memusatkan pada HOLY Army yang patah harapan tetap berjuang hingga tak tersisa. Lagu ini juga sebagai lagu yang mengambarkan keseluruhan isi cerita dari Chain Chronicle.

Keseluruhan, lagunya memberikan gambaran pula akan cerita dari Chain Chronicles. Bagi yang belum paham akan voice lirik MY LIBERATION. Dapat mencarinya di google terdekat. Keseluruhan perasaan yang terkandung dalamnya sudah jelas akan jalannya anime ini. Dengan plot yang jelas didukung dengan intro musik rock semangat, sangat mendukung sekali jalannya anime Chain Chronicle.
Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari
Musik dalam perang!
© Sega Japan / Telecom Animation Film /Graphinica

Jika diamati dalam-dalam, Legendary Songtress Musica(Nao Toyama) Song adalah bagian paling mengenang dari seluruh anime ini. Karena Musica Sendiri membawakan lagu perjuangan dan kemampuan magis nya untuk membendung pertahanan lawan. Dengan lagu itu saja, sangat memperkuat perjuangan para Holy Knight membebaskan belenggu pertahanan BLACK ARMY, dan CHARGE!! (Namun Sayang tidak ketemu OStnya).

Outtro Music dari anime ini adalah  東山奈央 「True Destiny」 atau True Destiny penyanyi Nao Toyama label Flying Dog. Nao Toyama penyanyi beraliran J-Pop sekaligus pengisi suara (Seiyu) sangat terkenal di para penggemarnya tersendiri sejak tahun 2011. True Destiny pula merupakan single terbarunya di tahun 2017 untuk anime Chain Chronicle. Menariknya Lirik True Destiny ini mengangkat kemenangan sangat berarti bagi HOLY Army. Seluruh perjuangan tak pernah terbuang sia-sia. Secara keseluruhan. Musik dibawakan se-profesional mungkin untuk Chain Chronicle.

Visual

Secara garis besar perkembangan dunia ini. Chain Chronicle telah menyajikan visual yang berbeda dari game ke animenya. Sebagian visual disurutkan di beberapa details karather dari game. Misalnya saja karather card game Fatima yang terlihat jelas di bagian topi dan pakaian. Namun, nilai plus yang lebih berfokus pada porsi pertarungan dan perombakan beberapa visual yang cukup baik. Misalnya saja bagian Chronicle Book yang berasa berisi. Serta Visual-visual terlihat mempersona yang saling mendukung plot anime ini. Misalnya Skill animation. Telecom Animation Film dan Graphinica menyajikan cukup kuat. Sangat diapreasiasi.

Pertarungan Memoriable

Perang antara HOLY ARMY dengan BLACK ARMY merupakan bagian yang sangat memoriable dengan porsi lebih dari 60 persen. Tanpa disadari, pertarungan para penggemarnya sangat menyukai dalam anime ini, tentunya saya juga yang menyukai genre anime ini. Penyajian Skill Animation yang cukup bernilai, perjuangan HOLY ARMY terasa sangat kental, dukungan musik yang menambah suasana, dan kejutan-kejutan yang kadang tak tertebak ini merupakan nilai-nilai dalam anime ini. Penyajian visual yang lebih-lebih namun tetap di dalam batasnya.

Kejutan-Kejutan

Salah satu nilai plus hampir seluruh anime adalah kejutannya. Dengan genre demikian, maka tidak luput dari kejutan-kejutan yang cukup susah ditebak. Salah satu kejutannya adalah merekut BLACK ARMY baru dari HOLY ARMY dan anggota-anggota Dark yang baru. Walaupun Eirenus merupakan panglima tertingginya. Potensi yang berusaha dikeluarkan oleh Studio ini cukup untuk anime ini.
Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari
Woooww...
© Sega Japan / Telecom Animation Film /Graphinica
Selain hal tersebut, menghilangnya beberapa karather yang kurang berpengaruh dan menggantinya dengan karather lain. Bagian ini terlihat sangat jelas pada Anime ini. Misalnya saja pada sage dan Aram. Dengan hal ini, cukup memperkuat nilai tersendiri tapi visual yang kurang details juga mengurangi penilaian anime ini.

Cahaya Harapan Manusia

Kembali dalam plot. Plot yang ditulis cukup jelas merupakan harapan dari seluruh manusia. Kenapa demikian? Karena dunia Yggdra telah dikuasai hampir sepenuhnya oleh BLACK ARMY dengan menguasai setengah Chronicle Book. BLACK ARMY sendiri mengadakan seluruh perperangan di seluruh kerajaan Yggdra. Manusia sendiri berada di ambang kepunahan mereka. Apakah mungkin revolusi terjadi?
Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari
Perjuangan!!
© Sega Japan / Telecom Animation Film /Graphinica
Pemuda yang ditemui Yuri merupakan jawabannya. Kemampuan yang tak biasa ini merupakan harapan terakhir manusia. Walaupun masih baru dan bukan merupakan karather utama game, Aram telah melampaui kemampuan dari Yuri dan telah menunjukan potensinya begitu kuat. Cahaya Harapan Manusia telah tumbuh didalamnya


KESIMPULAN

Chain Chronicle: Haecceitas No Hikari merupakan anime memperkuat game yang cukup mempersona. Didukung dengan studio yang cukup berpengalaman. Visual yang terasa mempersona serta kejutan-kejutan kecil. Plot yang memberikan gambaran jelas pada anime ini merupakan nilai yang tak terlalu kuat pada anime ini. Dan lebih baik disini. Pembawaan visual dengan cerita sangat sinkron dikombinasi dengan musik dan kejutan-kejutan yang cukup puas. Namun overall, cukup nyaman menonton anime ini sampai selesai.
Chain Chronicle: Haecceitas no Hikari
Cuman gitu aja??
© Sega Japan / Telecom Animation Film /Graphinica

Kelebihan :
  • Visual cukup mempersona. Walaupun menghilangkan beberapa visual dari details karather, tapi visual secara keseluruhan cukup worth. Terutama saat pertarungan HOLY ARMY dan BLACK ARMY
  • Porsi pertarungan yang lebih banyak
  • Musik mendukung jalannya. Musik terasa lebih baik dan sangat mendukung plot ini. Terutama saat pertarungan yang sangat baik.
  • Karather terasa kuat, visual yang diperlihatkan cukup memperkuat jalannya anime ini.
  • Banyaknya karather yang baru. Mengeluarkan karather baru-baru memberikan nilai lebih dari anime ini. (Seleksi Karather)
  • Kejutan-Kejutan yang keluar begitu bagus dalam plotnya.
  • Bagi yang telah main gamenya udah dapat menebak jalannya cerita :)

    Kelemahan :

    • Story yang cukup mudah ditebak(Intinya cukup jelas). Dikarenakan telah memberikan gambaran cukup jelas dibagian plot, maka story anime ini cukup mudah ditebak dan tidak memberikan kesan terlalu kuat.
    • Hanya untuk memperkuat game. Karena gamenya hanya ada di JAPAN Only. jadi hanya memperkuat game saja dengan memberikan kenangan manis ketika memainkan game ini
    • Karather yang lama(OVA) yang tidak dicantumkan dalam anime ini. Beberapa fans mungkin merasa kurang pada karather yang ditampilkan karena beberapa karather merupakan karather yang disuaki oleh pengemarnya.

    Penilaian : Terserah lu pade 


    Komentar Facebook
    0 Komentar Blogger

    0 komentar

    Post a Comment

    Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini