[Review] Grisaia no Kajitsu: Buah yang Hampir Terhilang

Grisaia adalah sebuah proyek visual novel besar yang dikerjakan oleh Grisaia Project bekerjasama dengan Frontwing sebagai publisher Utama. Namun lambat laun setelah melihat ceritanya yang cukup complicate dan menarik, maka studo 8bit mengadaptasinya menjadi sebuah anime. Grisaia No Kajitsu anime version merupakan anime yang diadaptasi dari visual novel Grisaia No Kajitsu FrontWings. Grisaia No Kajitsu versi anime ini ditayangkan waktu Fall 2014. Membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk mengadaptasi sekitar 3 tahun semenjak Visual Novelnya diliris di Jepang.
Grisaia no Kajitsu
Logo dari Grisaia No Kajitsu
© Studio Frontwing / Grisaia Project 
8bit
Grisaia No Kajitsu Anime version ini disutradarai dan directori oleh Motoki Tanaka aka Tenshou terkenal dengan anime-anime(barunya) di tahun 2017. Dengan penulisnya Hideyuki Kurata yang merangkum seluruh isi dari Visual Novel Grisaia No Kajitsu menjadi 13 Episode Anime. Pengisi suara atau Seiryuu yang mengisi anime ini tergolong sebagai pengisi suara anime dewasa. Walaupun tergolong dengan anime dewasa, jika menghilangkan unsur dewasa tersebut sebagai pelayanan penggemar kecil. Maka akan mendapatkan cerita complicate yang sangat menarik

Opening

Opening dalam anime Grisaia no Kajitsu dibawakan oleh seorang pernyanyi bernama Maon Kurosaki dengan lagu berjudul Rakuen No Tsubasa. Jika dilihat dari segi lyrics lagu ini, sebenarnya menjelaskan peran dari tokoh laki satu-satunya, yaitu Kazami Yuuji. Serta menjelaskan rangkuman cepat mengenai cerita Grisaia No Kajitsu

Berkenalan

Menceritakan seorang lelaki bernama Kazami Yuuji yang ingin bersekolah "Normal" di sekolah pada umunya dan ditransfer sekolah Akademi Mihama. Diawal permulaan, Yuuji di introgasi oleh pihak kepolisian dikarenakan Yuuji memiliki paspor palsu dan tak berindentitas secara lengkap. Setelah introgasi lama, Yuuji pun dibebaskan dari pihak kepolisian. Pihak kepolisian merasa tersindir karena ketidaktahuan mereka akan identitas asli dari Yuuji serta demi keamanan yang mereka lakukan untuk warga setempat. Lalu Yuuji dijemput oleh kepala Sekolah Akademi Mihama bernama Chiziru.

Sesampainya di Asrama Akademi Mihama, Yuuji bertemu dengan seorang cewek bernama Sachi Komine yang berkostum sebagai Maid / pembantu yang begitu royal dengan pelayanan terbaik diberikan. Keesokan harinya, Yuuji bertemu dengan Amane Suou yang sedang mengejar dengan Makina Irisu serta berkenalan dengannya. Lalu Yuuji pergi ke kelas dan bertemu dengan seorang cewek bernama Michiru Matsushima yang terlihat seperti tsundere dengan sifatnya. Dan yang terakhir adalah Sakaki Yumiko yang terlihat sangat membencinya sekali.

Episode 1 yang disajikan merupakan perkenalan yang singkat namun memberikan penjelasan tentang sifat-sifat setiap karather yang dari seluruh pemain Grisaia no Kajitsu. Dikemas dengan aliran yang cowok dikelilingan para cewek dengan beberapa pemanis yang cukup didalamnya. Sebenarnya secara jujur, saya lebih berfokus pada aliran potongan kehidupan yang secara tidak langsung terlihat.

Detik-detik terakhir berakhirnya  pengenalan ini, setelah kamar Yuuji dibajak, cukup memberikan "pentung tanya dan rasa menggali" lebih besar yang akan terjadi di berikutnya dibawakan dengan music aliran agak tegang.

Rute Cerita Secara Umum

Setelah pengenalan yang dilakukan di Akademi Mihama, mereka mulai terlihat karather diri mereka masing-masing. Yuuji berusaha dekat dengan mereka secara pasti dan mereka mulai menunjukkan keterbukaan mereka akan cowok yang tinggal di sekolah ini. Tapi bukan untuk Yumiko yang tetap benci dendam kepada Yuuji karena dia cowok yang tinggal satu-satunya di Akademi Mihama. Tapi lambat laun Yumiko mulai menerimanya di Akademi Mihama. Setelah itu dikemas dengan komedi yang terjadi di beberapa titik.

Sebenarnya di rute umum dikemas sebagai rangkuman common route juga di visual novelnya. Namun berasa tidak berarti sama sekali dikarenakan pengemasan yang terasa mengambil beberapa titik yang dianggap tidak berasa penting. Namun hanya memberikan komedi yang sebenarnya cukup teringat. Tapi di beberapa titik tetap memberikan beberapa karatheristik cewek-cewek yang terdapat didalamnya.

Apakah yang akan ditawarkan dari anime ini??

Psikologis dan Karateristik Karather

Sebelum mencapai level episode dan cerita berikutnya, terlebih dahulu berkenalan dengan sifat-sifat para siswi yang sebenarnya yang menjadi fokus dalam cerita. Sebuah peran konflik utama terdapat pada siswi-siswi itu. Dengan berfokus pada cerita umumnya, psikologis setiap dapat dibedakan menjadi beberapa bagian-bagian yang bisa disebut dengan "buah". Di setiap buah yang diperlihatkan, terjadinya perubahan psikologis yang jelas setelah resolusi telah terjadi. Jujur. Perubahan Psikologi setelah diresolusi oleh Yuuji sangatlah berkesan.

Si Lemon Michiru Matsusima- Bagaimana Rasanya ?

Michiru memiliki karakteristik seorang trundere diawal episode. Di episode 4 - 5 tidak menjelaskan sifat tsunderenya. Seluruh episode 4 - 5 ini terang-terangan menjelaskan tentang Michiru. Tapi berasa aneh banget. Perubahan sifat dari tsundere menjadi orang lain sangatlah tak masuk akal. Di awal episode 4 sebenarnya ada satu pertanyaan yang cukup meyakinkan episode ini. Apa yang terjadi setelah orang mengalami meninggal?
Grisaia no Kajitsu
Michiru Matsusima
© Studio Frontwing / Grisaia Project 
8bit
Episode 4 ini semakin dibimbangkan dengan sifat Michiru yang berubah dengan nada seiryuu yang berbeda pula. Walaupun sebagian perubahan telah terjadi di episode 3 tapi tidak begitu details terlihat. Namun episode 4 ini sangat diperjelas lagi. Banyak kebimbangan dan pertanyaan muncul terjadi. Hingga perubahan terjadi lebih luas di episode 5 sebagai puncaknya Konflik dan jawaban dari segala pertanyaan yang terjadi. Tidak perlu di spoiler. Dengan Ending untuk Michiru itu.
  
Sebenarnya cukup menarik pembawaan nya. Tapi beberapa scene terasa terlalu cepat serta banyak pengecoh yang sebenarnya tak perlu diberikan. Music yang diberikan memberikan kesan yang berarti. Resolusi Michiru yang diberikan masih kurang mendalam tapi diacungi jempol yang terjadi. Walaupun diringkas dengan cepat dan padat tapi perlu digali lebih dalam lagi yang terjadi pada Michiru saat itu. Episode inilah yang menjadi awal terbentuknya jawaban bagi episode-episode berikutnya.

Si Anggur Sakaki Yumiko - Hancur karena Kauu

Semakin lama semakin menarik juga setiap episode yang terjadi di episodenya. Yumiko adalah seseorang yang baru saja menerima Kazami Yuuji sebagai temannya yang sebelumnya sangat membencinya. Sebenarnya episode ini sangatlah ringkas. Dan dibumbui dengan konflik yang sedikit tapi membesar. Dibuka dengan renana jahat AYAH YUMIKO yang ingin membawa YUMIKO Pulang, hingga Yumiko harus mengakhirinya. Sebenarnya cukup banyak perubahan dan cerita sangat absurb untuk seorang cewek yang berlatar belakang buruk juga.
Grisaia no Kajitsu
Michiru Matsusima
© Studio Frontwing / Grisaia Project 
8bit
Walaupun hanya satu konflik utama yang disampaikan, Ayah dan Putrinya. Tapi pembawaan sepadat dan seringkas ini cukup memberikan gambaran cepat yang terjadi dalam konflik Ayah dan Putri. Jujur, Konflik inipun sangat jarang terjadi di cerita-cerita pada umumnya. Konflik Ayah Yumiko dengan Yumikonya sendiri. Hingga membuat resolusi Yumiko yang luar biasa.
  
Dengan episode ini hanya meringkas seluruh kepanjangan dari Visual Novelnya yang sebenarnya konflik ayah dan putri sangatlah panjang. Di episode ini juga memperlihatkan latar belakang terbentuknya Akademi Mihama dan merubah resolusi yang terjadi di visual novelnya(mencoba dengan ide original). Tapi secara keseluruhan cukup memoriable yang terjadi saat itu. Dan penutup dari episode ini cukup memberikan kesan, Wow dan tanda tanya.

Si Apel Sachi Komine - Aku Harus Menjadi Gadis Baik

Dikemas semakin baik namun kurang menarik sebenarnya yang ada di sini. Sachi disini terlihat lebih royal dan menuruti semua permintaan yang aneh-aneh oleh teman-temannya dan sebenarnya itu hanya bercanda. Sachi tetap saja menuruti segala permintaan yang diminta oleh teman-temannya. Bahkan untuk menghapuskan ujian yang diminta oleh Michiru. Sachi dengan akal kurang sehat, Sachi akan mengebom Akademi Mihama sebelum ujian dimulai.
Grisaia no Kajitsu
Sachi Komine
© Studio Frontwing / Grisaia Project 
8bit
Dikemas dengan begitu melambat ditambah dengan cerita masa lalu Yuuji yang terdapat pada episode ini. Resolusi yang diberikan cukup unik berarti dengan alur yang melambat. Sebenarnya masih banyak kekurangan yang terjadi. Walaupun udah diringkas dan dipadatkan sebaik mungkin. Tapi masih ada yang kurang dengan apa yang terjadi berikutnya kepada orang tua Sachi. Masih berasa cukup disini. Di bagian ini cukup menyedihkan pula dibagian akhir episode ini.

Si Strawberry Makina Irisu - Perjuangan Seorang Anak Kecil terbuang

Sebelum libur musim panas, Makina Irisu mengirim Kazami Yuuji email berupa Kazami Yuuji menjadi Papa bagi Makina Irisu. Dan Yuuji Resmi menjadi Papa baginya walaupun dibayar oleh Makina Irisu.

Saat musim panas, Makina Irisu bersama Kazami Yuuji bersama. Saat kebersamaan itu, Makina Irisu mendapatkan pelatihan yang cukup untuk serius tentang pelatihan militer dan kebersamaannya dengan Kazami Yuuji yang disebut sebagai Papa. Makina Irisu sangat ambisius yang diberikan Yuuji saat itu.
  Konflik semakin memanas ketika JB memberikan perintah untuk mengakhiri seorang bernama Makina Irisu karena ditarget sebagai akar permasalahan yang terjadi dikeluarga Irisu, Namun Yuuji menolaknya. Sebagai akibatnya, Makina Irisu sebagai target yang luar biasa bersama Kazami Yuuji.

Pembawaan yang dilakukan pada episode ini merupakan puncak yang menurutku sangat menarik dibahas. Dikarenakan hanya seorang anak perempuan kecil yang berjuang sendirian dia tetap hidup. Masa lalu Makina Irisu yang cukup menyakitkan bagi seorang anak kecil penuh dengan goncangan psikologis. Intinya Masa lalu Makina Irisu harus diperdalam serta pembawaan dalam episode ini masih berasa kurang. Sebenarnya kalau diperluas cukup memberikan nilai plus. Hanya cukup puas. padahal sangat menarik diperluas.

Si Cerry Amane Suou - Maafkan Aku Kazami Yuuji

Sebenarnya tidak perlu dijelaskan apa-apa. Amane Suou merupakan seorang cewek yang mencintai Yuuji lebih dalam saat awal bertemu. Namun bagian ini, Amane hanya menceritakan masa lalu amane Suou dengan Kazami Kazuki yang cukup panjang hingga episode akhir. Cukup jelas tentang perjuangan Amane Suou dan Kazami Kazuki untuk tetap hidup bersama teman-teman di masa sekolahnya. Namun yang menarik hanyalah saat mencapai episode akhir. 

Seseorang meneror seluruh Akademi Mihama hanya untuk mengakhiri Amane Suou, tapi untungnya, Amane Suou sedang pergi ke kuburan dari Kazami Kazuki bersama Kazami Yuuji. Saat terjadi peneroran. Apakah Yuuji dan Amane Suou dapat menghentikan peneroran itu?

Secara sekilas, hanya membahas tentang cerita masa lalu dari Kazuki Kazami dengan Amane Suou dengan cukup menarik dan luas. Walaupun bagian puncak dari anime ini, Semuanya berasa okay dengan memasukan sedikit ide original yang dilakukan oleh penulis ke dalam Anime ini. Sedikit ide original ini. Walaupun tidak menghilangkan unsur Perjuangan Kazami Kazuki dengan Amane Suou. Namun sangat disayangkan bagian resolusi dari episode ini yang kurang berkesan.

Guncangan Psikologis

Anime ini memang ada aliran psikologis setelah rangkuman dari seluruh episode yang ada. Sebenarnya walaupun udah menghilangkan pelayanan penggemar. Tapi ceritanya berasa cukup terbawa dalam psikologis penonton dan psikologis pemain-nya masing-masing. Secara keseluruhan, penonton merasakan perjuangan, penderitaan, dan masa lalu yang dialami oleh SEORANG GADIS yang akan menginjak masa dewasa. Guncangan Psikologis berupa kesedihan, kemarahan, derita, dan lain-lain terpancar sepenuhnya jika mendalami episode 4-13. Jujur, pengalaman cerita yang  menarik telah ditawarkan. Walaupun sebagian ceritanya belun diungkap secara.
Grisaia no Kajitsu
Bagi Seorang anak Kecil yang sangat tak mungkin
© Studio Frontwing / Grisaia Project 
8bit


Visualisasi yang Khas Grisaia Project Tetap Bertahan

Secara keseluruhan, Visual yang dibawakan cukup khas daripada anime pada umumnya. Khususnya pada bagian mata mereka yang terlihat sebagai pembeda dan khas tersendiri. Dengan pencahayaan putih yang cukup terlihat menambah kesan dilihat secara bioskop dengan spacr hitam diatas dan dibawah, tapi masih dikategorikan okay-okay saja. Beberapa visual lingkungannya masih perlu diperbaiki dan ditambah lagi agar terlihat menarik.

Musik Perubah Suasana

Musik yang diberikan cukup khas. Terutama Music yang memberikan nada ketegangan dan nada resolusi/santai juga. Music itu selalu menjadi atmosfer yang ada di dalam Grisaia no Kajitsu dan menjadi ciri khas yang ada disana. Baik di dalam Anime maupun di dalam Visual Novel. Namun yang disayangkan adalah bagian opening yang berasa kurang menggugah penonton untuk melihat dan semangat. Musik Openingnya jika ditinjau dari lirik sebagai ringkasan isi cerita. Dengan dibalik ending music yang berbeda dan menarik disetiap episodenya. Musik yang diberikan cukup selain music ketegangan dan music resolusi.


Kesimpulan

Studio 8bit sudah dikategorikan cukup mengeksekusi adaptasi Visual Novel dari Grisaia No Kajitsu sebenarnya sangat menarik sekali, khususnya bagian plot. Dengan menambahkan sedikit ide original yang memberikan perubahan namun tetap di dalam visual novel Grisaia No Kajitsu. Ide original yang diberikan dieksekusinya masih kurang. Secara overall. Ceritanya dikategorikan menarik, visual yang cukup, namun cukup disayang bagian music karena kurang memberikan khas memoriable. Eksekusi adaptasi yang cukup sukses dengan pembawaan ide original yang baik.

Kelebihan :

  • Cerita dari Makina Irisu yang kuat. Udah terlihat sendiri bahwa Anak Kecil yang berjuangan ditengah kesengsaraan yang begitu dalam karena perselingkuhan oleh ibunya.
  • Masa Lalu dari Amane Suou bersama Kazuki Kazami yang sangat kuat sehingga memberikan banyak klue di season berikutnya.
  • Pembawaan akhir dari Sakaki Yumiko yang memberikan kesan kuat. Para penonton banyak tertipu akan bagian ini.
  • Visual yang menjadi khas dan tidak terlalu jauh dari Visual Novel.
  • Openingnya yang cukup menarik dalam visualisasinya.
  • 2 music atau ost yang cukup merubah suasana.
  • Episode 7 - 13 merupakan episode yang sedikit menjelaskan season dua serta penyambung dari season dua.
  • Penyucian kembali bagi para karakter yang memiliki masa lalu begitu menderita. (Penyesalan yang mendalam).

    Kekurangan :

    • Pembawaan dari Sachi Komine yang kurang memoriable walaupun dibawakan dengan mengebom sekolah, tapi masih kurang dan minta yang lebih dalam lagi. Terutama Masa Lalu Dari Sachi Komine.
    • Pembawaan Michiru Matsusima yang berasa cukup, walaupun udah sebagus mungkin dieksekusi. Tapi kurang memberikan kesan.
    • Bagian akhir dari Amane Suou yang masih nilai min walaupun udah di eksekusi original tapi kurang berasa.
    • Ide original di beberapa titik kurang dieksekusi. Udah cukup menarik tapi kurang eksekusinya.
    • Music yang udah luas tapi kurang mendukung.
    • Opening yang sebenarnya menjadi rangkuman cerita.
    • Episode pengenalan dan cerita umum hanya membahas komedi, Lebih mudah dipisahkan dan tidak terlalu penting di episode 3.
    • Padat, Ringkas, dan Cepat. Terkesan terburu-buru.
    • Jika memasukan pelayanan penggemar, maka tidak cocok bagi anak-anak.
    • Romance yang kurang keluar walaupun udah disuguhi cowok dikelilingi oleh cewek.

    Cocok : Potongan Kehidupan yang masih ada walaupun hanya terkandung di episode 4 - 13. Suka akan perubahan psikologi dan pelayanan bagi penggemar. Minim Romance.

    Tidak Cocok :  beberapa aliran militer memang kurang cocok akan ini, pecinta romance karena romance yang diberikan masih kurang.
    Komentar Facebook
    0 Komentar Blogger

    0 komentar

    Post a Comment

    Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini