Review Goblin Slayer : Jangan Pernah Melupakan Hal Kecil

Pernahkah kalian mendambakan pemburuan terhadap goblin yang telah bikin kalian diganggu olehnya? Mungkin kita pernah menjadi salah satu player di dalam game yang selalu diganggu kehidupan kita oleh para goblin. Kehidupan yang demikian memang sangat tidak menyenangkan bagi para pengembara karena pasti sering diganggu oleh para goblin. Semua sangat kawathir terhadap keselamatan diri mereka yang dikelilingi oleh para goblin. Termasuk sebagian besar para pengembara baru yang akhirnya tewas karena goblin yang mereka lawan. Kok bisa? Bagaimana keberlangsungkan kehidupan rakyat di dalam anime ini?

Goblin Slayer
Goblin Slayer
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki /
White Fox / Muse Asia

Inilah anime yang berjudul Goblin Slayer. Sesuai judul bahasa inggris maupun jepang tetaplah Goblin Slayer. Sebuah anime yang hadir di tahun 2018 dalam musim Fall. Sebuah anime yang dibangun oleh studio White Fox yang mengadaptasi dari light novel Goblin Slayer karya Noboru Kannatsuki (Art) dan Kumo Kagyuu (Story). Sebuah anime yang cukup dikenal dan akhirnya ada tersedia dalam beberapa streaming legal saat ini, khususnya Muse Asia. Apakah yang bikin anime ini bisa dinikmati? Apakah yang bikin review kali ini mengarahkan kepada Goblin Slayer sebagai anime yang kita tonton?


Plot

Goblin sangat dikenal karena keganasan, kelicikan, dan reproduksi di dunia ini dengan sangat cepat. Namun karena dianggap merupakan monster dengan ancaman rendah sehingga para pengembara sangat membuat goblin ini bukan menjadi ancaman utama. Pengembara-pengembara lebih memilih musuh dengan bounty yang lebih besar daripada yang lain. Akan tetapi karena dilupakan ini, akhirnya reproduksi yang besar menjadi ancaman serius bagi kelompok pengembara ini. Bahkan saat ini diperkirakan akan terjadi invansi para pengembara sekaligus sebagian besar orang-orang yang ada disekitar. Bagaimana goblin ini menjadi musuh para pengembara?

Goblin Slayer
Kisah yang begitu Kelam..
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Untuk memperingati hari pertaanya, sebagai petualang dengan peringkat awal, seorang yang penyihir wanita muda yang usia 15 tahun. Dengan sekelompok pengembara pemula untuk menyelidiki dan memerangi suku goblin yang sangat mengacaukan perdesaaan. Tetapi gabung dalam kelompok yang tidak berpengalaman dan baru saja lulus dari akademi. Namun yang terjadi, mereka akhirnya pada gagal dan pada mati. bahkan hampir tidak ada orang yang tersisa. Takdir sang penyihir muda ini karena akan dibunuh oleh Goblin. Takdir pemula akhirnya berada diujung tanduk, apakah harus mati?


Akan tetapi sang Goblin Slayer akhirnya tiba, pembunuh dan pengembara goblin yang sangat hebat. Pengembaran dan pembunuh goblin yang terhebat. Datang untuk menolong sang penyihir wanita ini. Kehidupan penyihir wanita ini akhirnya berubah. Dirinya ikut dalam pemburuan goblin yang sangat meresahkan bahkan membunuh hingga keakar-akar goblin. Bagaimana pertualangan yang akan dilalui oleh pemburu-pemburu ini?


Awal yang Sangat Baik dan Menegangkan

Sesuai dengan cerita yang dibahas adalah goblin slayer, maka cerita ini bermula karena sekelompok petualangan pemula tegabung untuk mengalahkan komplotan goblin. Dalam hal ini, awal yang sangat menegangkan karena terlihat seperti pertarungan yang menjadikan kelompok ini gagal. Awal dari pertarungan ini yang gagal telah membawa perspektif awal yang begitu mengerikan dari sebuah komplotan goblin. Sangat membawa kita ke dalam dunia pertarungan sengit ini. Inilah yang menjadikan nuansa yang sangat menarik kita rasakan.

Goblin Slayer
Pembawaan Awal yang menarik
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Saya setuju pengawalan yang sangat baik untuk dinikmati, karena telah memberikan suatu perasaan sekaligus pandangan awal mengenai musuh yang akan dihadapi kedepan, terutama memperlihatkan musuh-musuh goblin yang akan dihadapi. Jujur, begitu menegangkan.


Action yang Sederhana Tapi Menantang

Salah satu menarik untuk kita nikmati dari Goblin Slayer adalah pertarungan yang dibawakan. Benar-benar intens. Dikarenakan action yang harus diberikan di dalam pertarungan di dalam Goblin ini sangatlah cukup menarik. Sederhana, tapi menantang. Alasan ini terlihat bagaimana pembawaan yang dibangun. Action yang dibangun oleh anime Goblin Slayer. Action inilah yang sedang ingin ditampilkan oleh studio White Fox. White Fox telah membangun suatu konten pertarungan yang sangat menarik di dalam Goblin Slayer.

Goblin Slayer
Serang!!!
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Action yang dibangun oleh White Fox dalam Goblin Slayer cukup dewasa. Baik itu versi yang udah disesuaikan dengan versi yang masih polosan. Terlihat bagaimana penggambaran dan pembawaan dari White Fox di dalam Goblin Slayer bukanlah untuk anak kecil. Tetapi juga seru untuk ditonton untuk kalian yang menyukai konten action bikinan White Fox. It's cool untuk kita nikmati dalam pembawaan Goblin Slayer.


Jalan Cerita satu Arah

Pusat cerita di dalam Goblin Slayer adalah Goblin Slayer itu sendiri. Main Character utama dalam cerita ini adalah karkater yang unik. Semua ada di tangan sang Goblin Slayer, bagaimana kisah yang dibawakan adalah kisah yang satu arah. Kisah yang membawa kita untuk menfokuskan kita kepada untuk mengenal sang Goblin Slayer. Meskipun memang betul sang Goblin Slayer terlihat remeh karena selalu berada di job terendah. Tapi memang memikul kepentingan ini sangat susah karena meskipun job kecil, tapi pengaruhnya hebat.

Goblin Slayer
Sang Goblin Slayer
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Memang betul, bahwa satu arah cerita ini mengarah kepada sang kisah Goblin Slayer. Seorang main character yang punya kemampuan khusus dalam bertarung dengan kekuatannya untuk menghadapi goblin. Dan salah satu petarung yang diejek oleh sebagian pengembara karena memang menghadapi goblin itu dianggap mudah dan tidak bernilai. Tetapi sang main character tetap fokus dalam hal ini meskipun pekerjaan ini sekalipun tidak ada peminat.


Jangan Pernah Melupakan Hal Kecil

Oke Fix, salah satu yang menjadi terpenting adalah kita tidak boleh melupakan hal-hal yang terlihar remeh temeh sekalipun. Pekerjaan yang terlihat tidak bernilai akan menjadi berat sangat berat kalau kita tidak mengerjakannya dengan sangat sungguh-sungguh. Pekerjaan yang tidak pernah kita kira sangat ringan akan berdampak sangat besar bahkan bisa merusak keseimbangan antara kehidupan manusia saat itu.

Goblin Slayer
Jika Goblin sudah Champion Bahaya
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Goblin, memang sangat kecil sekaligus sangat mudah untuk dihadapi. Namun pengaruh dari goblin ini akan berdampak kepada seluruh kehidupan masyarakat saat ini. Terlebih goblin yang dianggap ancaman sederhana sudah menjadi wabah bahkan para goblin telah menginvansi seluruh desa. Bahkan sebagian besar para gadis mereka akhirnya dijadikan sandera oleh para goblin. Ini yang tidak bleh kita lupakan.


Oleh sebab itu, sesuai yang pernah dikatakan jangan lupa perkara yang kecil, maka kau akan diberikan perkara yang besar. Yap tepat sekali, Goblin Slayer menjelaskan hal tersebut secara terang-terangan bahwa perkara yang kecil, permasalahan yang kecil, dan hal-hal yang berkenaan dengan misi dan imbalan. Dalam hal ini, saya kritik sedikit bahwa tidak semua pekerjaan ringan itu akan mendapatkan imbalan yang ringan. Ini perlu kita buang pikiran ini, melainkan apakah pekerjaan ingan dan mudah tersebut bisa berdampak besar bagi kehidupan seluruh orang? Mari kita pikirkan sekali lagi, sekali lagi kita pikirkan apakah hal kecil dapat berdampak?


Ending "War" Hampir Sempurna

Memasukin fase war, kali ini saya menilai cukup menarik di bagian ini. Di sisi fase war ini, kita diperlihatkan bagaimana pembasmian goblin terlihat remeh temeh. Tetapi pada akhirnya "war" terhadap sang kelompok goblin ini adalah bagian terpenting. Karena menyatukan sebagian besar pengembara yang tidak menyukai job ini. Tetapi karena mempengaruhi semua akhirnya warpun menjadi pilihan.

Goblin Slayer
War sama Goblin
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Goblin Slayer memang seorang yang sangat ahli di dalam pertarungan goblin. namun untuk kali ini, bertarung dengan ratusan bahkan ribuan goblin adalah hal yang sangat tidak bisa dilakukan oleh sang Goblin Slayer, bahkan kelompok kecil Goblin Slayer. Dan hal ini, jelas tidak bisa dibasmi oleh kelompok ini. Dan akhirnya, war deh. antara kelompok pengemburu dan goblin slayer.


Tapi yang sangat disayangkan adalah war bagian ini, saya setuju kalau episode 7 sangat menarik karena war ini begitu intensif meskipun hanya satu boss dan tidak banyak monster hebat. Namun intensifnya dan darknya musuh yang diberikan. Bahkan hampir bikin kelompok ini kalah. Bagian pertarungan yang war mungkin kalah menarik dari petarungan bagian episode 7 ini. Dan bagian inilah yang bikin menarik untuk disimak.


Karakteristik yang Sederhana

Sebenarnya karakter yang menjadi pemain utama ada dua. Bagian yang terpenting adalah Onna Shinkan dan Goblin Slayer. Dalam hal ini dua karkater ini adalah karkater istimewa untuk kita ikuti. Gua setuju kalau sang Goblin Slayer menjadi best character saat ini dikarenakan ini adalah karkater utama dalam anime ini.

Goblin Slayer
Kelompok yang Menjadi Pengembara Goblin
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Dalam hal ini, karkater Goblin Slayer memang oke. Tetapi Goblin Slayer tidak akan lengkap tanpa partner yang merupakan lulusan baru di dalam sekolah pengembara sekaligus penyihir putih muda bernama Onna Shinkan. Onna Shinkan adalah penyihir yang baru saja mencoba job terendah melawan goblin dengan angkatan baru, namun hal ini berakibat gagal dan berada di antara ambang kematian. Namun diselamatkan sang goblin slayer dan bomb, kepercayaan dirinya mulai tumbuh. Onna Shinkan adalah karkater yang cukup penting disini.


Selain itu, Goblin Slayer akhirnya memiliki kelompok kecil yang bersamanya menyelesaikan misi untuk menghadapi berbagai macam goblin. Kelompok yang terbentuk untuk mengatasi tugas-tugas menganghadapi goblin sangat menarik daripada karkater lain.


Meskipun ada karakter dewa bernama Tsurugi no Otome, hal ini tidak menjadi bagian terpenting di dalam goblin slayer karena tujuannya hanya untuk minta tolong dari MC game ini. Karkater ini memang terlihat menarik termasuk sang penyihir tetapi kurang begitu penting dari peran yang ia miliki disini. Khusus season 1 ini, lebih banyak mempertimbangkan peran mereka di dalam anime ini. Bukan hanya sekedar tampil dalam satu state, tetapi mungkin punya tujuan dibalik itu.


Visualisasi yang Cukup menarik dan Dark dari White Fox

Salah satu yang bikin saya betah untuk tonton adalah visual yang dibikin oleh White Fox. Memang agak dark secara keseluruhan, namun kerasa pass untuk kali ini yang diperlihatkan oleh sang studio ini. Kerasa cukup dark side, ditambah dengan krisis goblin. Inilah pembawaan White Fox di dalam anime semiechi ini. Jelas bukan untuk anak-anak visual yang diperlihatkan hingga action yang diperlihatkan. Inilah yang menjadi keunikan White Fox untuk kasus Goblin Slayer.

Goblin Slayer
SIAP BENAR-BENAR KEREN
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Goblin Slayer telah membawa kita untuk mengenal pertarungan dengan goblin. Visual yang sangat dark di awal bahkan agak gelap telah menjadi keunikan tersendiri di dalam Goblin Slayer. Memang betul kali ini visual menjadi unik disini. Termasuk bikinan White Fox sekelas Goblin Slayer dan beberapa anime lainnya. White Fox mendeliveri secara dark dengan baik. Bahkan sekelas animasi pertarungan masih bisa dinikmati gaya White Fox ini. Pertarungan yang dibangun White Fox telah membawa kita menikmati pertarungan dan animasinya.


Audio Kurang Ku Pahami (gk sepenuhnya ku dengar)

Bukan karena ku kritik audionya tidak beres cuman saya tidak mengikuti audio yang diperlihatkan. Bukan bearti tidak bagus tapi cukup fine-fine aja untuk nikmati kali ini. Cuman untuk menilai saya bisa menyerahkan kepada para pembaca dan penikmati kali ini. Apakah layak untuk kalian nikmati dari musik-musik hingga background ? Gua cukup fine-fine aja.


Kesimpulan

Sudah cukup lama ingin saya review anime Goblin Slayer karena pembawaan yang menarik untuk dinikmati pada musim Fall 2018. Terutama anime Goblin Slayer saat itu menjadi keunikan tersendiri dibawakan. Terutama White Fox yang membawa anime ini jauh lebih baik. Oleh sebab itu, dalam hal ini, Goblin Slayer cukup dinikmati diera saat itu. Bahkan menurutku sampai sekarang cukup tepat.

Goblin Slayer
Goblin Slayer banget!
©  Kumo Kagyuu / Noboru Kannatsuki / 
White Fox / Muse Asia

Salah satu yang menjadi nilai penting utnuk kita pentingi adalah bahwa kita tidak boleh melupakan hal-hal yang kecil sekalipun. Hal-hal kecil adalah hal yang sangat penting meskipun hasil tersebut kecil. Tetapi perkara kecil yang tidak terselesaikan akan membawa bencana besar, terutama akan mempengaruhi penduduk lain yang tidak bersalah. Bahkan Goblin adalah musuh tersendiri yang harus kita basmi. Meskipun hal tersebut kecil untuk kita lalui, harus kita lalui agar tidak berdampak besar.


Khusus karakteristik, visualisasi, dan audio yang dibawakan dari studio white fox tidak terlalu jelek tetapi cukup dinikmati. Bahkan Studi White Fox punya keunikan di dalam pertarungan yang dibawakan dalam serial mereka. Saya tidak menilai kejeleken visual maupun kebagusan. Saya cukup nyaman dibawakan White Fox ini. Bahkan animasi pertarungan yang dibawakan.


Kelebihan :

  • Awal pertarungan bikin menegangkan (pengen bikin first imppresion 3 episode tapi cukup di awal sini).
  • Petarungan action cukup menegangkan yang dibawakan
  • Action di episode 7 telah menjadi pertarungan yang intensif dibawakan.
  • Visualisasi cukup nyaman dinikmati.
  • Visualnya dark dan bener-bener khas White Fox
  • Nilai penting dari suatu tanggung jawab sederhana akan mempengaruhi kedepan meskipun sekecil apapun itu.


Kelemahan :

  • Tidak cocok buat anak kecil karena memang ada beberapa bagian yang dewasa
  • Terlihat tidak membawa action ke tempat yang lebih intensif.
  • Ceritanya agak boring kalau melihat pembawaan cerita
  • Fokus terhadap main character yang merupakan pembunuh goblin.


Penilaian : Nontonlah anime ini untuk mengerti bagaimana cerita yang dibawakan


Bagaimana apakah anime ini cukup layak untuk dinikmati saat ini? Apakah Goblin Slayer telah membawa kita untuk bertambah memperhatikan terhadap tugas-tugas ringan yang kita?

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini