[Review] Website Jurnal Otaku : Standar bagi Para Wibu

Rubrik baru untuk pertama kalinya di dalam Nahason Otaku yang sepertinya sudah pada tahu dari judul diatas. Yap sebenarnya sedng bikin sebuah ghibah website meskipun rubrilnya adalah sebuah Review. Menganalisi sebuah web anime maupun wibu yang mungkin saat ini ada di Indonesia maupun dunia. Termasuk website dari bahasa inggris maupun bahasa Indonesia. Sebuah ciri khas tersendiri dan keunikan tiap website menyajikan konten konten anime di tempat mereka. 

Tampilan website Jurnal otaku
© jurnalotaku.com / 2 November 2020

Salah satu website yang cukup tua dan terkenal karena sudah ada di hati para otakh adalah Jurnal Otaku sendiri. Mungkin website yang terlihat sederhana ini adalah website handalan bagi orang orang ingin menyaksikan berita-berita update terkini. Tetapi dibalik itu semua, ada beberapa hal yang mungkin kita garis bahwahi apa keunikan dari Jurnal Otaku ini?


Sekilas Pengamatan Saya

Dari Sebuah website anime yang sangat populer di Indonesia, Jelas tidak diragukan lagi apa yang ditawarkan dari sang Jurnal Otaku selaku portal anime. Setidaknya post pertama yang saya temukan adalah berada di tahun 2013 (akan tetapi ternyata ada di youtube). Post yang cukup menarik ini dapat di link ini Dan merupakan web berita yang cukup populer di era masanya. Jurnal otaku ini sendiri di dirikan pada 20 Desember 2012 (dari Youtube) jika kita melihat search degan tulisan "Jurnal otaku". Maka kita menemukan flashback apa yang mereka tunjukan. Terlebih lagi ada post di tahun 2019 yang menunjukkan kebersamaan dari Jurnal Otaku. Menurutku .... Jurnal otaku ini cukup memberikan kesan tersendiri. Bahkan kesan yang menarik disini


Stuktur sekarang (2020 saat Review ini)

Setidaknya kita bisa lihat siapa aja yang sering aktif di Jurnal otaku. Tetapi kita bisa melihat dari team yang tergabung di dalam Jurnal Otaku. Kita bisa buka post ini dan melihat di gambar : 

Tim di dalam Jurnalotaku (saat ini)
© jurnalotaku.com


Rubrik Khusus yang menarik

Setidaknya apa yang telah saya ikuti dan temukan dari Jurnal Otaku ini :

dsb yang belum tercatat...


Penulis yang Berkesan

Saya lebih senang tulisan dari Signum karena dirinya adalah penulis yang menarik di dalam tulisannya. Mungkin banyak yang sengaja menunggu sang Signum untuk menulis kali. Tetapi beneran. Signum memiliki tulisan yang cukup enak untuk diikuti. Namun kali ini yang menjadi fokus poin penulis yang saya ikuti adalah Ctian yang sepertinya ahli di manga. Setidaknya dari 2 orang ini menurutku menarik. Apalagi dulu dulu saat Signum sering bahas waifu. Waifu kini lebih sering dipegang oleh kaczmarek dan Musim_Semi.


Kelebihan:

Artikel Waifu yang Dinantikan

Salah satu keunikan di dalam Jurnal Otaku dari website yang pernah saya ketahui adalah artikel dari waifu. Pembahasan Waifu adalah keunikan tersendiri dari website Jurnal otaku. Bayangkan adakah ada websitey ang anime yang akan membahas suatu tokoh yang menjadi keinginan dari para otaku yang ada. Mereka pasti akan ada namanya perang waifu maupun husbando yang bikin bener-bener merasakan tokoh itu hidup bagi kita. kadang kala kita menganggap tokoh tersebut adalah milik kita karena kita merasakan dirinya adalah tokoh teraik kita. Dan disinilah keunikan dari Jurnal Otaku yang menyajikan pembahasan Waifu yang konsisten.

Artikel waifu yang menarik.
© jurnalotaku.com

Beritanya Cukup Cepat

Salah satu yang harus kita pikirkan dalam suatu website berita adalah bagaimana kecepatan berita itu adalah hal utama yang harus kita perhatikan Maka beritanya sangat cepat dan cukup bikin kita bener-bener melihat dan menikmati berita yang sedang diberikan. Berita-berita yang disampaikan Jurnal otaku cukup cepat.


Enak diajak kerjasama

Jurnal Otaku terlihat cukup baik diajak kerjasama dengan beberapa media yang ingin bekerjasama. Untuk saat ini yang saya lihat adalah kerjasama dengan media Harlequin yang dikenal dengan novel maupun komik romantis. Karena apa yang jurnalotaku berikan kali ini pasti bisa diajak untuk ramah kerjasama dengan lainnya.


Rubrik baru tentang Terbit buku sangat bermanfaat

Meskipun ada media lain yang serupa utnuk memberikan daftar terbit buku. Tetapi kali ini terbit buku ala Jurnalotaku sangat bermanfaat untuk kita nikmati disini karena terlihat lebih singkat padat jelas.


Rubriknya bervariasi

Sebenarnya rubrik yang diberikan kali ini cukup banyak variasi yang diberikan oleh sang Jurnal Otaku. Bahkan menurutku ini keunikannya dan pembeda antara Media-media Jepang lainnya


Opini yang bagus, Sekarang lanjutkan

Rubrik opini yang diberikan adalah rubrik istimewa yang sangat dinantikan. Dikarenakna di dalam rubrik ini adalah rubrik yang menarik untuk dinikmati. Seperti tulisannya Signum yang sangat bermanfaat dan cukup menarik jadi bahan penelitian di dalamnya.


Tampilan ala Indonesia

Dominasi warna yang dibahas dan dipakai dalam tempalte website Jurnal otaku adalah warna merah putih. Karena dominasi inilah yang bikin jurnal otaku adalah website sekaligus tempat anime yang sangat menarik untuk kita baca dan jadikan referensi website anime-otaku kejepangan.


Kekurangan:

Rubrik Review yang kurang memadai

Sebagai perbandingan dari Kaorinusantara. Kali ini bagian review bisa dibilang cukup sederhana dan kurang banyak. Sedangkan di Kaori Nusantara memiliki banyak sekali jenis-jensi review yang menurutku jadi keunikan tersendiri, sedangkan 


Kadang-kadang bahas Game

Sebenarnya gk masalah membahas game soalnya fokus utama adalah anime, jepang, dan manga. Tetapi rubrik game ini tidak begitu terawat dengan baik. Dikarenakan game memang ada dibahas beberapa konteks dan bahasan beberapa. Tetapi yang terjadi kurang begitu menjadi fokus poin dan akhirnya hanya sekedar membahas sederhana aja. Sangat disayangkan kalau bagian ini tidak dikembangkan secara maksimal.


Rubrik-Rubrik lama udah jarang aktif

Beberapa rubrik yang dulu pernah ditampilkan kini sudah tidak terlalu aktif. sangat disayangkan kalau rubrik-rubrik dan artikel-artikel itu tidak menjadi bagian penting. Terutama rubrik dari Husbando dan kadang rubrik Flashback friday yang kurang begitu difokuskan. Tetapi mungkin ini juga pilihan baik karena khusus husbando kebanyakan di review oleh cowok. Lebih baik cewek kali yang akan memakai ini.


Kesimpulan

Kali ini, saya rasa website Jurnal otaku adalah website yang cukup standar untuk kita ketahui. Memang ada saingan tua yang ada di dalam. Yaitu Kaori Nusantara. Tetapi khusus Jurnal otaku. Standar otaku dan kejepangan yang asih bisa menjadi keunikan sekaligus juga di dalam Jurnal otaku. Saya merasa apa yang diberikan Jurnal otaku adalah hal yang sangat maksimal. Termasuk rubrik-rubrik yang dirinya berikan disini. Jurnal otaku kali ini telah memberikan standar website otaku yang sangat enak untuk dibaca. 

Opini yang bagus untuk dinikmati.
© jurnalotaku.com

Apakah memang cukup menarik untuk kita dapatkan dari sang Jurnal otaku ini? seberapa enaknya kalian akan menimati sajian berita otaku dan anime yang diberikan dari website muda ini?

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini