[Review] SAO Alternative Gun Gale Online : Spin-Off Pelengkap dengan Cita Rasa Beda

Permainan Virtual Relity adalah salah satu game yang menjadi device menarik di dalam dunia saat ini. Meskipun di saat bersamaan AR telah menjadi kebutuhan sehari-hari, namun tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa player dan orang masih nyaman dalam permainan mereka di VR. 
SAO Alternative Gun Gale Online
Sword Art Online Altervative
Gun Gale Online
© 3Hz Studio
Demikianlah hal ini terjadi ketika seseorang ingin menjauhkan dirinya dari kehidupan relaitas mereka. Bagaimana di realitas memang sangat menyakitkan, pelecehan fisik, tidak bisa menerima kehidupan mereka, bahkan susah menjadi diri sendiri. Inilah yang dirasakan oleh sang pemain utama dari Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online bikinan studio 3Hz yang didedikasikan dari adaptasi light novel yang sama dibikin oleh Keiichi Sigsawa. Apakah anime ini akan sekeren pendahulunya atau hanya sekedar Spin-off?

Plot 

Karen Kohiruimaki, seorang mahasiswa yang stress karena hidupnya. Ia adalah gadis yang tinggi. Bahkan melebihi orang pada umumnya (mungkin setinggi seorang pemain basket). Bahkan karena tingginya, memiliki permasalahan yang harus ia hadapi karena tidak bisa menerimanya. Oleh karena tingginya ini sendiri, dirinya ingin tampil beda di dunia lain. Oleh sebab itu dirinya mencoba berbagai game VR yang bener-bener menampilkan dirinya sangat berbeda.

Ketika Karen mencoba berbagai game VR yang disarankan oleh sahabatnya. Mulai dari VR ALO, SAO, dan semua VR. Setiap VR yang telah dicoba, sebagian besar karkater yang diberikan justru sama aja ketika kehidupan nyata, bahkan memperparah dirinya. Karena setiap karakter adalah sama. Akan tetapi setelah mencari dan mencoba. Dirinya menemukan GGO yang memberikan fisik seperti bocah cewek yang lincah. Semenjak dirinya menemukan ini, dirinya menyukainya dan memberi nama karkaternya adalah LLENN. 
SAO Alternative Gun Gale Online
Dua Gadis yang terobesi
dengan GGO 
© 3Hz Studio
Semenjak dirinya sangat menyukai ini, LLENN berkembang sangat cepat dan banyak sekali orang yang menakuti sosok dari LLENN dan dikenal dengan Devil pink. Akan tetapi ada permasalahan tersendiri yang harus dihadapi LLENN. Permasalahan semacam apa itu?

Dua Pertarungan Gun yang Menarik Disimak 

Sebuah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pemain GGO, yakni Squad Jam dimana mempertemukan berbagai jenis player yang berbeda jenis dan kemampuan. Dan dari berbagai tim dan sejenisnya berusaha menjadi pemenang dalam Event ini. Oleh sebab itu, event Squad Jam adalah event terbaik, terkenal, bahkan sering disiarkan dalam komunitas VRMMO Gun Gale Online. 
SAO Alternative Gun Gale Online
Setingkat dengan para Soldier 
© 3Hz Studio
Dari apa yang dibawakan, pertama pertarungannya dibentuk dari Tim LLENN dengan M. Dua sisi badan yang berbeda. LLENN sangat pendek sedangkan M sangat besar, tegas, dan bisa-bisa mengendalikan LLENN(Ketua tim). Tetapi dibalik itu semua, saya menikmati pertarungan awal ini, pertama seperti pengamatan, kedua pertarungan yang kejam dengan orang ahli boot, terakhir dengan 6 gadis AMAZON yang pandai dalam pengelolaan tim. 

Berikutnya adalah pertarungan kedua yang dilakukan dengan Fukaziroh. Sebuah pertarungan yang sengit dimana diikut dengan banyak player di dalamnya. Termasuk juga beberapa tim yang banyak, bersama, sekaligus memiliki kemampuan yang hebat. Disinilah pertarungan akhir yang sangat menarik dan besar. 
SAO Alternative Gun Gale Online
Seorang LLENN yang cerdik 
© 3Hz Studio
Meskipun ada perbedaan segi event yang dibawakan pada Sword Art Online II, akan tetapi pertarungan yang dibawakan dalam GGO. Tetapi SAO : GGO memberikan keunikan tersendiri. Bagaimana dibawakan sepenuhnya dalam game GGO memiliki perbedaan mutlak meskipun mengambil konsep VRMMO GGO. Akan tetapi perbedaan ini membawakan SAO : GGO sangat dinikmati.

Plot dan Permasalahan Kurang Lugas 

Salah satu yang dibawakan dalam plot SAO:GGO menurutku adalah plot yang kurang tepat. Meskipun dibawakan untuk mengisi GGO lebih menjadi terkenal dari ALO. Tetapi pembawan ini kurang terlihat Lugas di dalamnya. Termasuk bagaimana memberikan permasalahan di dalamnya. Apakah yang dibawakan oleh SAO : GGO ini?

Poin penting adalah yang dibawakan dalam permasalahannya sangat lambat untuk diberikan. Bahkan untuk menganalisa permasalahan yang diberikan, sebenarnya hampir susah dimengerti. Oleh sebab itu, sangat disayangkan kalau mengerti ini. Bahkan hampir tidak memiliki permasalahan penting di dalam SAO :GGO.
SAO Alternative Gun Gale Online
Sang Musuh sesungguhnya?? 
© 3Hz Studio
Terlebih lagi plot, plot yang dibawakan sebenarnya datar. Tidak memiliki plot yang intens, kuat, dan dapat dimengerti. Plot yang diberikan hanyalah sekedar mengisi pertarungan aja. Sehingga plot yang diberikan tidak terlalu dinikmati secara baik. Bahkan mungkin plot yang diberikan mirip dengan anime pada umumnya.

Spin-Off Pelengkap dengan Cita Rasa Beda 

Sebenarnya susah menjelaskan manakah yang menjadikan anime ini terkenal maupun beberapa hal yang membuat Sword Art Online II Art GGO yang dibandingkan. Meskipun merupakan anime tembak menembak tetapi memiliki rasa yang berbeda dengan SAO sebelumnya. Termasuk beberapa pertarungan dan karakter-karakter yang dibawakan bahkan perbedaan rasa ini merupakan sedikit pelengkap dari cerita Sword Art Online. Apakah yang berbeda rasa ini?

Mengapa terdapat perbeaan rasa di dalam GGO ini, jelas adalah sesuatu yang bener-bener keren sekaligus menyiksa. Bagaimana di dalam Spin-Off ini dijelaskan bagaimana permasalahan yang terjadi adalah keinginan sang Pito yang mati mengikuti legenda dari SAO yang membuat dirinya merasa bahwa mati di GGO adalah musnah juga di Reality. Sesuatu yang tidak masuk akal namun perlu diperbaiki oleh LLENN dengan menyadarkan ini. 
SAO Alternative Gun Gale Online
Sang Penembak Jitu! 
© 3Hz Studio
Berbeda rasa sangat pasti, bahkan beberapa referensi SAO sebelumnya masuk ke sini tetapi hal ini tidak menyudutkan apa yang diberikan. Ibaratnya SAO adalah blue print, nah kali ini dari SAO GGO mencoba memakai blue print yang sama tetapi dengan sedikit perbedaan gambar dan rasa yang lain. Bahkan ceritanya meskipun agak mengambil tetapi rasa yang diberikan berbeda.

Namun sangat disayangkan, apa yang menjadi beda rasa kurang dimaksimalkan dalam SAO GGO ini, ibaratnya meskipun punya satu arah dan beberapa cabang lain. Namun SAO:GGO memakai cabang yang lain, namun dieksekusi sangat mentah. Sangat disayangkan karena perbedaan rasa ini belum memiliki cerita yang cukup memungkinkan.

Action-Komedi yang cukup menggelitik 

Salah satu yang menarik dibawakan dalam SAO : GGO adalah bagaimana dibawakan dalam konteks action-komedi yang diberikan. Bagaimana SAO:GGO telah memberikan beberapa bagian-bagian komedi yang unik dan menggelitik. Seperti hanya dalam pertarungan kedua yang memberikan negosiasi antara peluru dengan sebuah kiss yang diberikan. Sesuatu yang menarik tetapi lucu dan menggelitik kami. 
SAO Alternative Gun Gale Online
Sang Bombardir 
© 3Hz Studio
Beberapa selain itu, adalah Fukarizoh yang merupakan teman LLENN yang sangat menikmati dan menyarankan LLENN untuk bermain ini. Tetapi sikap dari Fukaziroh yang penakut, gampang menyerah, tetapi memiliki ambisi kuat adalah sesuatu yang menggelitik sepanjang anime ini berkembang dan mengikuti ini. Bahkan terlihat sangat menarik untuk diikuti sikapnya.

Memiliki sedikit kesambungan dengan SAO 

Meskipun merupakan anime yang spinoff. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa referensi dalam game SAO dan beberapa didalamnya ada. Bahkan beberapa nama seperti SINON dan muzibah SAO kadang disebutkan disini. Hal ini adalah menghormati beberapa penulis lama dari Sword Art Online anime sebelumnya. Meskipun merupakan Spin-Off sekalipun.

Beberapa referensi anime SAO adalah keunikan yang diberikan. Akan tetapi kali ini, jelas adalah sesuatu yang berbeda dengan SAO. Bahkan beberapa diantaranya dibawakan secara referensif. Tetapi meskipun demikian, sesuatu yang dapat mengingatkan kita untuk mengenal SAO yang lebih dalam.

Ending dan Pertarungan Akhir yang Ditunggu-Tunggu 

Meskipun membawakan pertarungan kedua yang menjadi event terbesar sepanjang SAO: GGO ini. Salah satu pertarungan 1 vs 1 Tim dibawakan secara keren. Yaitu antara Tim Pitohou yang merupakan antargonis vs Tim LLENN yang merupakan settle battle. Dimana Pitohou sebenarnya ingin mendapatkan pertarungan yang mengesankan dengan gaya yang cukup psik.... Dapatkah LLENN bisa memberikan pertarungan ini secara baik?

Apakah yang gua berikan dalam poin ini adalah pertarungan ending yang diberikan. Sebenarnya ending yang diberikan sudah dapat ditebak dari beberapa episode sebelumnya. Tetapi saya merasa petarungan akhir antar LLENN dengan Pitohou telah dibikin sebaik mungkin. Namun lebih menarik adalah pertarungan antara tim ini. Bahkan keduanya terlihat terlalu psik.... yang keren. Pertarungan akhir yang bener-bener menguras kosentrasi. 
SAO Alternative Gun Gale Online
Sang Penembak! Ending yang.. 
© 3Hz Studio
Ending yang diberikan adalah ending yang baik tetapi tidak melegakan. Yaitu bagaimana bertemunya dua teman dan musuh yang ada dalam IRL (In Real Life). Bagaimana mereka akhirnya bisa berteman kembali dan kesehatan sang Pito kembali dengan baik. Inilah yang menjadikan mereka merupakan penguasa GGO saat Spin Off ini. Bahkan selain Sinon yang merupakan pro player generasi pertama.

Karakter yang unik-unik, tetapi ... 

Penggambaran Karakter dan visualisasi karkater memang terlihat sangat berbeda dengan apa yang SAO berikan sebelumnya. Tetpai karkaeristik setiap karakter memiliki watak yang yang keren. Bahkan beberapa terlihat cukup menggelitik. Termasuk perbedaan watak antara yang ada di Real Life dengan Virtual life. Tetapi disini akan ku sebut beberapa karakter yang menarik untuk dibahas. Yaitu : 
SAO Alternative Gun Gale Online
Tim Amazon yang Lucu 
© 3Hz Studio
Karakter utama : LLENN, seorang pemain baru yang sangat high karena karakter yang diberikan. LLENN sendiri dijalankan oleh seorang Karen yang memiliki permasalahan pada tinggi badan yang ia miliki. Alasan ini sendiri terlihat bagaimana dirinya memiliki karkater pendek tetapi pintar seketika itu juga. Karakter yang diperlihatkan cukup ambisius, tetapi kadang terlihat cukup psik.. saat melaan.

Karakter lainnya : si M, seorang pemain lama yang memiliki badan besar. Dijalankan si ganteng Goushi Asougi. Memiliki pemikiran yang cepat dan loyal, juga merupakan seorang strategis dan geografis yang keren. Si M ini sendiri adalah salah seorang yang kuat juga.

Terlebih karakter temannya yang tergabung dalam guild AMAZON (SHINC) dikendalikan Oleh Eva berserta 5 teman yang tergabung dalam guild ini. Terlihat bagaimana sang Eva”Boss” ini memiliki strategi yang bagus bahkan melebihi si M. Tetapi karena sesuatu yang bener-bener aneh adalah karkater aslinya yang merupakan bocah SMA yang dimainkan oleh Saki Nitobe.

Lalu Pitohui atau seorang antargonis yang kadang disebut protagonis. Seorang player yang dikenalikan Elza Kanzaki. Meskipun memiliki keinginan kuat dan merupakan player terbesar, terpsik..., dan terkuat dalam GGO. Susah menentukan bahwa dirinya adalah antargonis.

Visual yang Cukup Down 

Penggambaran karakter yang diberikan berbeda dengan apa yang diberikan dalam A-1 Pictures. Mungkin Sword Art Online : Gun Gale Online sendiri dibawakan oleh Studio 3Hz memiliki perbedaan gaya pengkarakteran sekaligus visualisasi karakter. Bakan saya dapat bilang penggambaran dari 3 Hz berusaha kurang. Bahkan menurutku sekelas A-1 Pictures sendiri adalah the best untuk mengeksekusi karakter berkelas. Akan tetapi Studio 3Hz memiliki gaya penggambaran yang tidak singkron dengan A-1 Pictures.
SAO Alternative Gun Gale Online
P-Chan , P-Chan! 
© 3Hz Studio
Visual yang diberikan memang cukup down, termasuk gaya karkater yang diberikan. Cukup disayangkan karena sebuah anime sekelas SAO memiliki gaya karakter dan gambar yang berbeda. Bahkan down. Menurutku nilai jelek, bukannya memberikan visualisasi yang melebihi sebelumnya atau mirip. Tetapi mengurangi. Cukup disayangan

Musik yang cukup tapi … 

Salah satu musik yang dibawakan oleh studio ini, cukup baik. Meskipun demikian, sangat disayangkan adalah opening maupun ending yang diberikan. Saya tidak menemukan sesuatu yang menarik didalamnya. Bahkan kurang memiliki keistimewaan dalam SAO : GGO.

Namun dalam menilai, kali ini pembawaan musik yang diberikan dalam pertarungan adalah hal yang baik. Hal ini diberikan dengan irama-irama menarik. Penguat petarungan yang baik, amun sangat disayangkan kalau pembawaannya masih kalah kuat dari Sword Art Online sebelumnya. Bahkan beberapa terlihat kurang epic.

Kesimpulan

Sebuah anime yang memiliki maksud Alternative cerita dari sang Sword Art Online. Bahkan merupakan cerita yang berbeda dengan rasa yang berbeda pula dari apa yang diberikan. Namun sangat disayangkan kalau cerita yang berbeda ini membawa kita untuk menikmati Sword Art Online gaya baru. Tetapi malah agak mengurangi apa yang terjadi sebelumnya, yakni Sword Art Online II.
SAO Alternative Gun Gale Online
Psi.. Mania 
© 3Hz Studio
Namun sangat disayangkan meskipun memiliki beda rasa yangdiberikan. Akan tetapi meskipun rasa yang diberikan berbeda sekaligus beberapa hal yang terlihat cukup down. Namun sangat disayangkan kalau memang beberapa down. Termasuk rasa yang kulihat dalam menonton anime ini. 

Kelebihan

  • Memiliki 2 event dan pertarungan yang cukup keren.
  • Memiliki ending dan pertarungan cukup baik.
  • Memiliki karakter yang cukup unik-unik dengan penggambaran yang unik juga
  • Karakeristik yang berbeda
  • Rasa yang berbeda namun...
  • Lebih banyak porsi Action yang diberikan

Kekurangan

  • Visualisasi yang cukup down
  • Beberapa musik yang belum keren
  • Plot yang diberikan belum terbaik
  • Permasalahan yang diberikan kurang menarik

Penilaian : Lu yang nilai

SAO Alternative Gun Gale Online
LLENN!! 
© 3Hz Studio
Bagaimana? Apakah kali ini, Sword Art Online : Gun Gale Online telah membawa kita untuk merasakan hal yang berbeda?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini