[Review] Novel The Walking Dead Rise of the Governor - RK dan JB : Sebuah Pandemi memecahkan Segalanya

Hidup ditengah kesusahan, bagaikan manusia yang terkepung di tengah hiu, buaya, maupun binatang buas lainnya. Terkurung dalam penjara hewan-hewan buas yang sesekali. Bahkan kita akan menjadi musuh bagi mereka, makanan yang sangat lezat, dan akan menjadi suatu yang sangat menyakitkan. Eksistensi kita terancam. Ancaman besar yang harus kita penuhi adalah, seluruh manusia menjadi zombie, mayat hidup yang akan menghabisi diri kita. Dapatkah kita bertahan dalam musuh yang berasal dalam jalanan kematian?
Novel The Walking Dead Rise of the Governor - RK dan JB
The Walking Dead 
Rise of the Governor
mahakarya Robert Kirkman
dan Jay Bonansinga
© Mizan Fantasy
Foto Pribadi
Inilah Novel The Walking Dead Rise of The Governor. Sebuah mahakarya yang dibangun oleh Robert Kirkman (RK) dan Jay Bonansinga (JB). Sebuah novel yang pernah terbit di tahun 2011 di Amerika dan diadaptasi oleh Mizan Indonesia dalam divisi Fantasy Tahun 2015. Sebuah novel cetakan pertama yang diadaptasi dari novel inggris yang diterjemahkan di Indo. Apakah yang menjadi keistimewaan novel ini?

Plot

Hidup ditengah pandemi mayat hidup adalah suatu keharusan yang sangat membahayakan kehidupan. Banyak diantara mereka yang zombie-zombie telah menginfeksi seluruh dunia yang ada. Perubahan orang-orang yang menjadi Zombie ini sendiri adalah tantangan tersendiri mengingat banyak eksistensi manusia telah lenyap.

Menceritakan 5 orang yang tengah bertahan dalam kepungan Zombie. keluarga Blake yang terdiri dari Brian, kakak tertua, Phillip, adiknya, dan Penny, anaknya Phillip. Beserta 2 temannya, yakni Nick Parson dan Bobby Marsh. Mereka berusaha untuk survive di tengah eksistensi banyak mayat-mayat hidup yang akan menyerang sekaligus memakan mereka. Berkelanan kian kemari, mencari pelindungan, dari rumah satu ke rumah lainnya.
Novel The Walking Dead Rise of the Governor - RK dan JB
Manusia-manusia Kopong!
© Mizan Fantasy
Foto Pribadi
Dalam perjalanan yang begitu mengerikan ditengah banyak mayat yang akan menyerang. Seperti orang yang mabuk dan perlu memakan seekor manusia yang menjadi santapannya. Hidup yang tersiksa di tengah kerumuman makhluk-makhluk yang pernah hidup nyaman. Perubahan yang dratis dari sang manusia menjadi mayat hidup suatu hal yang sangat susah untuk dihadapi. Ditambah pula dengan berbagai manua-manusia yang tidak kalah menyeramkannya untuk bertarung. Dapatkah sang berlima ini, Keluarga Blake, Bobby Marsh, dan Nick Parson bertahan dalam kepungan sang zombie-zombie yang akan menerkapnya?

Konflik Cerita yang sangat Luar Biasa

Sepanjang novel Walkting Death ini berjalan, suatu konsep cerita yang diusung adalah satu-satunya "Survive" Bagaimana caranya "Survive"? Dapatkah kita bekerja sama? Konflik semacam apa? Permasalahan yang sangat komplicate bahkan bagaimana yang diperhadapkan? Jelas konflik yang diperhadapkan ini sangat susah. Tetapi bagaimanakah pembawakan sang permasalahan yang akan diberikan dalam sang novelist.

Permasalahan pertama, kematian sang Booby Marsh. Seorang karakter dan juga pemimpin dalam kumpulan ini. Pandai dalam penggunaan senjata serta manajemen sumber daya manusia yang tangguh. Namun yang terjadi adalah kematian yang tidak mengenakan dari sang Bobby Marsh. Termakan oleh sang mayat, tubuh sang pahlawan mulai tergeletak, pemimpin yang telah tiada. Sehingga dengan tak sengaja, adik Brian, Philip Blake yang harus menjadi pemimpin. Meskipun itupun tidak layak

Awal yang diberikan, sejujurnya menurutku adalah hal yang tiba-tiba. Permasalahan awal yang sangat tidak elegan diberikan sangat bikin saya ngambek. Karena masih diperlihatkan awal pertemanan. Prolog yang belum mengenali karakteristik sang Bobby Marsh. Namun, satu yang penting dan pasti. Kita kehilangan pemimpin kali ini yang menyebabkan. Mencengkamnya sang gurbenur baru ini.
Novel The Walking Dead Rise of the Governor - RK dan JB
Atlanta. Tempat Pengusian Pertama
© Mizan Fantasy
Foto Pribadi
Permasalahan kedua, ketika sang mereka Keluarga Blake dan Nick berhasil menggapai keluarga Chalmers. Terdiri dari ayah, kakak, dan adik. Permasalahan konflik dimana sang ayah, David Chalmers harus tiada karena penyakit yang dideritanya. Berubah jadi zombie, yang akhirnya harus menghabisi sang David Chalmers, lagi-lagi pemimpin yang tidak dewasa memperlakukan adik dan anak dari David Chalmers tidak karuan. Diusir oleh Tara Chalmers karena telah berani mencampuri urusan keluarganya

Permasalahan ketiga, sang kelompok ini menemukan sebuah villa kosong. Berteduhlah mereka di dalam villa tersebut. Memulai kehidupan yang baru ditengah pandemi zombie yang menimpa. Lagi-lagi, Brian, Phillips, Penny, dan Nick harus berhadapkan dengan sekelompok bandit yang akan menyergap. Perang tidak terelakan dalam pertempurang kelompok kecil vs kelompok yang lebih alih. Baku hamtam dan senjata tidak terelakkan dalam sengitnya panas ini. Sang anak perempuan Phillips, Penny Blake telah tewas. Lagi-lagi Phillips kehilangan banyak akhlak sehat.

Permasalahan yang terpuncak adalah ketika Phillips, Brian, dan Nick telah sampai pada pengungsian terbesar di Woodbury. Yang terjadi sungguh tidak mengenakan, bagaimana kelompok ini sendiri mulai berkonflik sampai tidak ada akal meskipun sudah berada dalam pengungsian Woodbury yang dipimpin oleh Major Gene Gavin. Bagaimana seluruh kelompok kecil ini berkonflik denan sendirinya.

Secara konsep sebenarnya empat permasalahan yang merupakan suatu konsep sederhana tetapi jaman di dalam rise of the Governor. Bangkitlah sang penguasa yang adil dan dapat membawa orang-orang ini kepada masa depan yang lebih cerah. Siapakah yang bener-bener adil disini? Keadilan apakah itu? Siapakah yang dapat memperlakukan keadilan semacam ini?

Sejujurnya saya cukup menikmnati konflik kelompok kecil ini. Bahkan bisa dikatakan mereka hampir tidak memiliki akal sehat. Actually, Phillips Blake satu-satunya yang tak ada akhlak. Kehilangan keluarga, Cinta, bahkan anaknya. Hingga berkonflik dengan keluarga Chalmers. Inilah yang menyebabkan sang pemimpin ini sendiri yang cuman yang bertahan sampai akhir. Sungguh tak ada akhlak.

Actually, Dapatkah kita masih berakhlak?

Permasalahan demi permasalahan demi permasalahan, konflik demi konflik demi konflik, dua hal yang berlipat ganda ini sangat banyak komplicate. Bagaimana yang diperlihatkan sendiri, sebenarnya kalau dipikir-pikir. Diman akhlak sehatnya? Dimana akal yang diperlihatkan? Dimanakah orang-orang yang masih dalam pemikirannya? Atsmosfer yang diperlihatkan sangatlah mencengkamkan.

Dapatkah berpikir sehat? Dapatkah kita mengadapi complicate pandemi Zombie bertarung padu melawan para manusia yang susah berakal. Bertarung untuk mempertahankan hidup. Ditengah kota-kota Amerika yang sudah sangat chaos. Mungkinkah kita untuk bener-bener menjadi orang yang sekuat ini di tengah ini?

Inilah tak ada akhlak, mungkinkah kita berhasil menjadi orang yang dapat bertahan? dapatkah mempertahankan aklak yang kita punya? Dapatkah kita menjadi manusia yang kembali lagi manusia? Inilah keasyikan sekaligus makna filosofi dan psikologi yang diperhadapkan. Mempertahankan aklak sehat ditengah pandemi adalah musuh terbesar.
Novel The Walking Dead Rise of the Governor - RK dan JB
Teori kekacauan. 
Segala Suatu sangat Kacau
© Mizan Fantasy
Foto Pribadi
Pernahkah kita mempelajari bagaimana pandemi Black Death yang terjadi di abad ke -14 sampai 16? Mungkin kita dapat mempelajari pandemi ini sebagai relevasi bagaimana kehidupan yang ada di dalam walking death. Dimana kemungkinan untuk menjadi orang yang bermental strong sangat langka. Inilah yang menarik diperlihatkan bagaimana perubahan mental terjadi begitu kejam.

Dapatkah Kau jadi Pemimpin yang TERPECAYA??

Phillip Blake adalah pemimpin yang menggantikan seluruh yang pekerjaan sang Bobby Marsh. Sebenarnya Brian adalah kakak tertua dari keluarga Blake. Tetapi karena sang Phillip punya ambisi khusus sebagai pemimpin. Lagian dirinya juga memiliki keluarga dan anak perempuan yang bisa ia perlu kerja extra mengatur manusia yang muda dan tua. Maka mau gk mau sang Phillip harus menjadi seorang pemimpin. Tetapi yang terjadi bukanlah manajemen sumber daya manusia yang baik?

Kritik kepemimpinan maupun kritik yang lebih mengarah pada pemimpin adalah salah satu yang harus jadi poin utama. Sepanjang jalannya novel menunjukkan kegaduhan yang terjadi diantara anggota-anggota survivor yang masih ada hingga saat itu. Kemampuan manajemen hingga pengendalian emosi dipertaruhkan disini. Namun apakah mungkin dapat sempurna dari kepemimpinan ini?

Rise of Governor, filosofi bangkitnya gurbenur dan penguasa mutlak atas kelompok-kelompok yang bertahan adalah satu kesatuan yang diangkat disini. Siapakah yang menjadi pemimpin kali ini? Siapakah yang sangat berdaulat dan pemerintah baru disini. Siapakah yang mau menjadi satu-satunya orang dapat memanajemen sumber daya manusia? Itu semua ada di dalam tangan sang Pemimpin. PERLU LU PERHATIIN KETIKA LU JADI PEMIMPIN!

Ending yang Pemecah Persahabatan

Bener-bener sangat kritis. Ketika sang Phillips Blake telah menjadi pemimpin yang sungguh tidak ada akhlak yang sehat, Penny anaknya yang berubah menjadi monster sedangkan Phillips Blake yang telah berubah akhlaknya hilang hanya untuk Penny Blake yang telah tiada. Lalu yang terjadi konflik akhir dimana sang Nick, Phillips, Brian berkonflik karena kelakuan bejat Phillips.

Terjadinya orang-orang yang tidak bisa mengendalikan emosi maupun pikiran yang dingin mereka. Seorang psikologi berkata jika kita tidak bisa mengendalikan emosi kita. Keputusan kita akan selalu berasa dalam kesalahan jika kita mendahulukan berbagai emosi kita. Kita perlu mendinginkan pikiran dan lebih kepada pendinginan.
Novel The Walking Dead Rise of the Governor - RK dan JB
Salah seorang pemimpin yang dzolim
© Mizan Fantasy
Foto Pribadi
Namun yang terjadi, mereka tak bisa terelakan. Bagaimana sang Phillips, Nick, Brian berdebat dan berkonflik. Peperangan yang tidak sengaja terjadi di dalam persahabatan ini. Namun yang terjadi adalah bagaimana sang Nick, dulunya seorang yang sangat religious. Menyatakan bahwa imannya begitu kuat. Akan tetapi yang terjadi sebenarnya yang terjadi adalah luapan emosi diantara 3 orang ini Kelompok kecil yang dipimpin sang Phillips Blake berakhir dengan sadis.

Menyisahkan sang saudara yang tertua, menjadi salah seorang yang berhasil hidup satu-satunya dari berlima yang telah tersisa. Brian Blake yang kini memakai inisial adiknya, Phillips Blake. Apakah yang terjadi berikunya dari sang Blake ini? Dapatkah sang Brian menyembunyikan identitas monster kecilnya?

Karakteristik yang Susah Berakhlak Sehat

Mari kita bahas 3 karakter utama selain karakter pendukungnya. Karakter-karakter yang hampir tiada akhlak semuanya. Bahkan untuk menjadi karakter yang sehat adalah sangat jarang. Bagaimana mereka bertengkar soal bagaimana mereka hidup. Bagaimana emosi dan ketepatan waktu yang diujikan. Bahkan siapapun itu, hampir seluruh karakter ada disni.

Pertama sang Brian Blake. Seorang kakak tertua dalam keluarga Blake. Seorang kakak yang telah ditinggal istrinya. Tetapi untuk usefullnya, sangat meragukan karena sang Brian Blake hanya bertugas dalam menjaga anak dari Phillips Blake. Tetapi sebenarnya kinerja yang lebih sering untuk bagian pembasmian adalah Philips Blake.

Kedua, sang adik, Phillips Blake. Ayah dari Penny Blake. Yang tertunjuk jadi pemimpin sementara yang dan menetap sampai mereka ke Woodbury. Tetapi keputusan yang diperbuatnya memang sebagian besar cukup sukses tetapi segala tindakannya kadang merupakan tindakan terbodoh yang diberikan bahkan cukup memecahkan kelompok kecil ini. Pemimpin yang kurang baik.

Ketika, sang Nick Parsons, seorang dari antara kelompok ini yang memiliki sedikit rasa Rohani yang stabil. Hoby untuk membaca tetapi kadang yang terjadi keputusan yang diperbuatnya terkesan susah dimengerti. Memang mudah sekali untuk memberikan arahan dan terlihat cukup suci di antara anggota-anggota kelompok ini. Namun pada akhirnya tak ada akhlak yang sehat lagi. Sebab dialah manusia yang tidak sempurna.

Karkater pendukung yang diberikan sebenarnya karakter yang sangat supportive. Sebagai karakter pendukung sebenarnya baik keluarga Chalmers, perampok, hingga pengusiang terakhir sangat menghiasi sepanjang novel ini berjalan.

Kesimpulan

Sebagai salah satu yang novel spin-off dari Walking Death. Telah memberikan suatu pengalaman cerita dikerumuni berbagai zombie dengan sangat luar biasa. Pemanfaatan cerita yang intens denga berbagai konflik tergambarkan di dalam. Tidak terelekan bagaimana menjadi suatu kritik terhadap kepemimpinan yang salah bahkan pasti setiap manusia susah mengendalikan pikiran mereka. Hanya dengan sebuah pandemi zombie. Akhirnya membuat manusia menjadi hewan di tengah pemangsa. Bukan lagi akal sehat yang dimainkan. 
Novel The Walking Dead Rise of the Governor - RK dan JB
Bagaimanakah Walking Death kali ini?
© Mizan Fantasy
Foto Pribadi
Meskipun demikian, banyak kritik halus dan minor yang diberikan adalah jalannya terbaik dalam menceritakan siapakah yang berhak menjadi pemimpin kedepannya. Dapatkah novel ini membawa kita dalam persepsi lain?

Kelebihan :

  • Karakteristik yang terjadi cukup seru
  • Permasalahan yang dibawakan semakin meningkat
  • Makna setiap permasalahan sangat komplikate halus tetapi nyinyir mendalam
  • Karakteristik bener-bener tiada akhlak.
  • Memiliki kemampuan mengkritik yang halus dan baik

Kekurangan :

  • Pembawaan pertarungan antara Perampok dengan kelompok kecil sangat disaayangkan.
  • Kegiatan di Woodbury hanya sekilas saa (Bagian bab akhir).
  • Bab akhir terlihat banyak problem yang diberikan. Sehingga sangat padat dibab 3.
  • Penutup bab 3 dibawakan begitu cepat

Penilaian : Silahkan nilai sendiri


Bagaimana? Dapatkah kita bertahan ditengah krisi pandemi zombie ini? atau kita hanya akan menjadi manuai yang berubah tiada akhlak sehat lagi?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini