[Review] Kantai Collection / Kancolle : Kapal-Kapal Moe yang Asyik

Anime militari adalah anime unik dibawakan untuk orang-orang suka berbau militer. Hal ini merupakan hal yang menarik salah satunya bagaimana moefikasi sebuah anime yang terkenal dengan kemampua bertarungnya di laut. Yakni sebuah kapal-kapal yang dimoefikasi. Sungguhan loh kapal-kapal aja dibikin semoe dan sewaifu avaible mungkin agar terlihat sangat menarik. Sehingga mereka tertarik untuk menonton. Bahkan ini diadaptasi dari game yang ada.
Kantai Collection / Kancolle
Siap dalam Battle
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Meskipun diangkat dari game yang sangat menggoda orang yang memainkannya, Khususnya warga non jepang yang berusaha memainkannya di DMM. Hal ini sangat diapresiasi positif mengingat popularitas game ini sendiri tidak perlu ditanyakan. Apakah mugkin akan menggaet penonton-penonton yang belum menyaksikan nih atau akan hanya jadi pelengkap dan bumerang bagi pengembang dan studio yang terkait? Berikut ulasan kami mengenai Kantai Collection yang konon cukup keren ini?

Plot

Pertarungan antara Abyssal (kapal Berhantu) dengan para gadis kapal masih terus berlanjut dan berlanjut. Dimana dengna tidak sadar sang Fubuki ditransfer ke sebuah pulau yang dikelola oleh Teitoku. Ia hanyalah kapal penghancur biasa yang belum siap dalam medan pertempuran. Akan tetapi kemampuan yang akan dipertunjukkan akan jauh lebih berlanjut.
Kantai Collection / Kancolle
Haik, Siap!
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Karena penyerangan sang kapal hantu (abyssal) semakin marak terjadi dimana-mana. Akhirnya banyak dari gadis-gadis kapal memerlukan kemampuan sekaligus pertarungan yang sangat penting.Meskipun sangat lama untuk melewati itu semua. Berjalan secara pasti mereka terus bertarung untuk mendamaikan kelautan yang ada. Akankah itu akan berhasil atau tidak? Apakah eksekusi dari studio Diomedea akan berhasil atau hanya lewat saja?

Pembawaan yang Bertahap

Salah satu hal yang patut dinilai positif adalah pembawaan cerita yang bertahap dan semakin kearah yang baik. Tidak banyak pertarungan adalah kunci dari Anime ini. Tetapi terlebih dari itu mencoba memberikan rasa feeling dibalik itu semua. 
Kantai Collection / Kancolle
Persahabatan 3 kapal
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Rasa feeling ini adalah sesuatu yang benar-benar penting dan menarik. Alasan utamanya adalah telah membangun suatu perasaan terhadap karakter. Khususnya juga saat Kisaragi harus benar benar tenggelam. Dan juga saat Fubuki hampir tenggelam. Sesuatu hal yang menarik sich. 

Namun dibalik itu semua. Pengacau adalah berasal dari Mutsuki. Saya merasakan kesedihan yang dipaksakan oleh Mutsuki. Mungkin dobikin untuk menunggu dan ditutup nangis adalah sesuatu hal yang aneh tapi diusahakan untuk dieksekusi sebaik mungkin agar menambah kesan. Menurut saya hanya sekedar dipaksakan saja. 
Kantai Collection / Kancolle
Kesedihan yang Mendalam
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea

Condong Mengusahakan pada Kehidupan dan Game

Masuk bagian sederhana dari pembawaan Kantai Collection adalah mengarah pada percakapan akan kedekatan dari antar karakter. Hal ini dilihat dari sepanjang japannya anime condong kepada percakapan ketimbang pertarungan meskipun harapan saya adalah pertarungan. Akan tetapi agar tidak terlihat serius dan berusaha menaikan derajat gamenya sendiri saya nilai baik.
Kantai Collection / Kancolle
Banyaknya percakapan dan 
pendekatan antar teman
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Beberapa bagian dari game misalnya pertarungan antar gadis kapal dengan abyssal terlihat disini. Sekaligus juga Teitoku yang jarang hadir untuk bersama-sama dengan gadis kapal. Sekaligus juga memperkenalkan game mereka kedalam anime. Meskipun kebanyakan memang didominasi dengan cewek, tetapi berusaha menampilkan kehidupan di kamp dan kebersamaan yang baik, khususnya juga bersama cewek-cewek disana. Bahkan berusaha menghidupkan kehidupan sekolah.


Kapal-Kapal Moe yang Lucu

Salah satu komedi yang ingin ditampilkan dalam Anime ini sangat baik. Sungguh sangat baik karena agar tidak mematikan ide dari anime yang ditampilkan. Meskipun sebagian besar menginginkan suatu konteks yang selalu perang atau apalah. Tetapi kali ini disegarkan dengan kebersamaan dan kelucuan sekaligus kejenakaan yang ditampilkan didalam ini. 
Kantai Collection / Kancolle
Lucu
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Hal yang benar-benar unik dimana kapal Moe.Yang sebenarnya adalah Kapal dan bukan lagi manusia dibikin seperti manusia. Bayangkan aja bagaimaan bisa sebuah kapal menjadi moe-moe? Mungkin sangat jarang atau udah menjadi kebiasaan yang ada dalam Jepang untuk menganimasikan sesuatu yang aneh (termasuk Sejarah) ke dalam suatu anime. Disisi lain belajar sejarah dan menghargainya di sisi lain juga terlihat aneh dibawakan dalam kotemporer saat ini. 
Kantai Collection / Kancolle
Burning Love
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Akan Tetapi yang menarik dari ini adalah membikin seperti jenakan ketimbang terlalu serius anime ini. Sungguh beberapa bagian jenaka sengaja di tampilkan bagian yang membuat para penonton tidak terfokus pada action. Akan tetapi jenaka dan kedekatan antara mereka adalah suatu pendekatan yang baik-baik dari penilaian saya.

Semi Action Battle

Salah satu yang ingin ditampilkan dan mungkin diinginkan adalah pertarungan antara Abyssal dengan Kapal Moe adalah suatu keistimewaan tersendiri dari anime ini. Tetapi karena porsi yang saya lihat hanyalah secukupnya dan tidak begitu ditekankan di dalam itu. Alasan utama adalah mungkin suatu konteks yang menginginkan pertarungan. Akan tetapi biar fair dan seimbang diberi porsi secukupnya.
Kantai Collection / Kancolle
Attack to Enermy
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Dengan porsi secukupnya, saya menilai cukup baik anime ini. Bahkan action battle yang diterapkan cukup dinilai baik. Oleh sebab itu meskipun tidak terlalu fokus pada bagian ini. Tetapi karena porsi dibikin cukup. Maka cukup baik untuk diterapkan dalam anime Kancolle ini. Sehingga action battle cukup baik. 

Salah satu hal berkesan adalah bagaimana yang dibuatkan secara emosional dari apa yang dibangun dalam pertempuran akhir maupun pertempuran lainnya. Tetapi kadang kala dibikin agar ketawa dalam pertempuran. Bahkan hal ini adalah penyejuk tersendiri dalam anime ini. Akan tetapi hal ini terlihat cukup baik. 
Kantai Collection / Kancolle
The Enermy
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Beberapa battle yang terlihat adalah : Battle of W Island, Battle of the Sea in Front of the Naval Base, Battle of Southwest Area, Operation MI(FINAL), Operation FS dan Operation MO

Waifuable Deh

Daripada kita pusingkan bagian action battle sampai kita lupa membahas satu topik lagi mengenai kapal-kapal moe. Hal ini sangat karena menghasilkan berbagai jenis waifu dan juga kapal-kapal yang menjadi menjadi waifu atau istrimu sendiri.
Kantai Collection / Kancolle
Teitoku
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Salah satunya yang mungkin saya nilai terbaik adalah Yuudachi dan juga Mutsuki, Nagato, maupun Fubuki dll. Jujur salah satu yang membikinku tertarik adalah Yuudachi ini. Karena memiliki kata-kata poi-poi yang ciri khasnya lucu. Sifat dan karakter yang ceria sekaligus menggelitik serta saat-saat penting ia menunjukkan ketertarikannya dengan teitoku.
Kantai Collection / Kancolle
POOIIII
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Selain itu beberapa karakter berusaha medekati teitoku adalah sang Burning Love atau yang suka bahasa inggris. Kongou-san. Memang salah satu sejarah dibikin oleh orang Inggris dan gadis pertama dibikin. Sehingga pendekatan dan karakteristik terbentuk. Bahkan condong beberapa orang pasti akan deket sama Kongou-san. Tapi tidak begitu baik sich.

Selain itu pembawaan karakter-karakter lain dibikin sedemikain untuk mendapatkan ciri khas tersendiri. Hal ini dibikin sebaik mungkin agar memperlihatkan ciri-ciri masing-masing karakter yang ada. Sehingga dalam pembawaannya berasa sangat baik dan keren untuk sekelas adaptasi game. TETAPI KARENA BANYAKNYA Karakter yang dilibatkan hanya sebatas penghibur saja. Jujur meskipun berusaha untuk memberikan khas dan tidak terlihat pembantu. Akan tetapi hasilnya hanya pelengkap saja. Tetapi itulah yang disajikan.

Ending yang Masih Berlanjut

Kayaknya anime ini akan berakhir pada satu musim. Akan tetapi ternyata tidak juga karena menampilkan beberapa clue untuk melanjutkan pada season 2 dan filmnya sendiri akan menggambarkan pada pertarungan di Solomon / battles of Solomon.
Kantai Collection / Kancolle
Berlanjut di Movie
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Selain itu entah kapan akan ada season 2 ini. Dibalik itu semua saya menilai ending kali ini kurang baik sich. Karena memang sangat terlihat biasa dan mudah sekali untuk menebak kemana anime ini akan berjalan. Sehingga kurang memberikan ending yang plot twist maupun menjebak. Tetapi karena sudah mungkin gampang ditebak. jadi okeylah. Meskipun membawa operation MI / Pertempuran di Midway (Battle of Midway). Meskipun dalam sejarahnya Amerika dalah pemenang dalam pertempuran ini.

Musik dan Visual yang Okey

Salah satu yang patut diperhatikan adalah musik dan visual yang dibawakan. Yap tidak lebih dan kurang dari itu terlihat cukup okay dari apa yang ditampilkan. Tetapi tidak begitu kuat yang mereka tampilkan. Akan tetapi animasi dari beberapa karakter berasa cukup okey.

Mari kita bahas efect animasi dalam pertempuran. Saya rata tidak ada masalah selama ini dari efect dan suara efect yang diperlihatkan. Tetpai hanya terilihat biasa dari sound efect yang telah ditampilkan. Tetapi telah memberikan yang terbaik saja.

Selain itu musik yang dibawakan hanya terlihat biasa. Karena tidak memberikan kesan apa-apa dari musik yang diberikan. Sehingga masih kurang saya rasa dari musik ini.

Kesimpulan

Sebagai salah satu anime adaptasi dari game dan berusaha membawa pelajaran sejarah dunia perang kedua kedalam bentuk anime perkapalan. Memang banyak diantaranya merupakan pertempuran perang dunia di area anime dan kotemporer kepada makanan orang Jepang. Baik dalam game maupun anime adalah sama-sama memberikan gambaran dari world war 2 ini.
Kantai Collection / Kancolle
Banyak karakter hanya dikasih sekilas
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Tetapi dibalik itu semua. Usaha Diomedea dalam membangun animenya adalah suatu hal yang menarik. Meskipun sangat jarang kita menemukan anime karya studio ini. Tetapi karena mereka berusaha ya cukup diberi apresiasi berupa kritik maupun saran yang terbaik yang mereka lakukan.

Tetapi terlepas sebelum berkata kekurangan yang cukup banyak. Kita akan membahas hal-hal yang istimewa dari anime ini. Yaitu telah mengangkat histori yang ada. Meskipun beberapa akan menimbulkan inspirasi ulang seperti Girl und Panzer, maupun Haifuri. Tetapi mereka telah mengeksekusi history dengan cukup baik. Meskipun keterpihakan utama masih ditangan sang Jepang agar rakyatnya jauh menghargai negaranya.

Kelebihan :

  • Membawa sejarah era kotemporer
  • Memiliki segi kejenakaan yang menggelitik
  • Tidak begitu berat dan condong cukup seimbang
  • Karakter diusahakan memiliki ciri khas tertentu
  • Menghadirkan sesuatu dari Game yang diadaptasi kepada Anime dengan baik

Kekurangan :

  • Karakter terlalu banyak dan tidak bisa menampilkan karakteristik yang banyak, sehingga hanya pelengkap
  • Voice Actor / Seiyuu terlihat mirip-mirip karena banyaknya karakter.
  • Cerita memang tidak berjalan serius dan hanya sekilas.
  • Plot mudah sekali ditebak.
  • Tidak banyak yang terlihat keren karena memakai frame yang biasa.

Nilai : 7,3 (Karena kurang memoriable)

Kantai Collection / Kancolle
Yo Attack
© DMM / Kancolle Staff / 
Kadokawa / Diomedea
Menurutmu, apakah kapal kapal moe ini menggelitik kau dengan perut kocak atau tidak? lu putusin sendiri. 
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini