[Review] Charlotte : Komedi yang Menggelitik, Tetapi....

Hidup di dunia dimana setiap karakter memiliki kemampuan khusus adalah sesuatu yang aneh dan unik. Baik karakter utama maupun karkater pembantu lainnya yang saling melengkapi. Apakah dirimu menginginkan kekuatan demikian? Mungkin kita bercita-cita akan memiliki kemampuan itu untuk membantu maupun usil terhadap sesama kita. Hal ini yang menjadikan beberapa anime mempergunakannya element dan racikan ini agar terlihat menarik tetapi yang penting juga diperlukan adalah cerita dan musik jelas. Tetapi apakah yang membikin Charlotte ini kami review seperti judul Review kali ini?
Charlotte
Love inside
© P.A. Works
Membawa cerita kembali bagaimana sang karkater utama memiliki kemampuan khusus dan supranatural. Charlotte menjadi salah satu anime yang di antisipasi di eranya. Dimana sang salah satu maestro penulis skrip Jun Maeda tergabung di dalamnya. Adaptasi yang dilakukan oleh P. A. Works untuk menjadikan anime adaptasinya. Sesuatu proyek terbesar karya P. A. Works yang dikerjakan di musim Summer 2015. Mengapa anime ini kami sebut Komedi yang Menggelitik Tetapi ....  ? Dan apa keistimewaannya?

Plot

Suatu hari, Yuu Otosaka mempunyai suatu kemampuan yang tidak biasa. Dirinya dapat memasuki setiap tubuh manusia dan mengendalikan penuh atas tubuh itu selama 5 detik. Dirinya berusaha untuk merahasiakan apa yang ia miliki selama ini semenjak dirinya k ecil. Kemampuannya inipun dimanfaatkan sepenuhnya agar Yuu dapat mempergunakannya kemampuannya. untuk mendapatkan nilai tertingi. Penggunaan yang tidak selayaknya ini haru segera dituntaskan atau diberi hukuman.
Charlotte
Yuu Skill
© P.A. Works
Tetapi ketika seorang gadis Nao Tomori berhasil menangkap sang Yuu ketika sedang show up their Skill. Menangkap orang yang menggunakan Sill dan  bergabung dalam misi menangkap dan menghukum orang yang menggunakan berbagai skill. Akhirnya mereka berserta adiknya, Ayumi pindah ke akademi Hoshinoumi. Sebuah sekolah untuk siswa dengan kemampuan supranatural. Anggota Osis sendiri dipimpin oleh Nao Tomori. Dan Kerjaannya adalah melacak berbagai kemampuan para remaja yang mungkin disalah gunakan. Bagiamana kerjaan sang protagonis utama ini untuk mengejar berbagai remaja yang salah jalan hidupnya?

First Impression yang Hampir Menipu

First impresion sendiri menurutku sangat masih logikal sekali. Sebab bagian ini terlihat menarik untuk dibuka dalam Review anime P. A. Works yang membawa pesan moral di dalamnya. Tetapi dalam beberapa anime selalu mempergunakan sifat mudah menipu mereka sehingga kadang kala merasakan twist tersendiri di dalamnya. Sekilas beberapa episode awal menampilkan suatu rasa yang menampilkan lu nyari berbagai orang yang memiliki kemampuan magic tetapi perlu dihukum dan diperbaiki pola pikirnya. Sehingga itulah yang ingin ditampilkan dalam Charlotte.
Charlotte
Take Him now
© P.A. Works
Secara First pula, saya merasa tidak begitu baik. Dimana awalnya hanya terlihat sebagai komedi dimana Yuu menampilkan berbagai kemampuannya kepada mereka. Episode awal adalah episode cukup menggelitik ditambah episode 2 dan 3 yang mulai sedikit menggelitik tetapi cukup mendalam. Overall, First Impression membuat penyegaran untuk membuka Charlotte dengan baik. Dan jangan lupa pengampilan Komedi yang dibawakan.

Komedi yang Menggelitik, Tetapi...

Charlotte salah satu anime yang menggunakan beberapa element yang menarik di dalamnya. Elemetn berupa kemampuan khusus yang dimiliki oleh setiap karakter.. Dapat berupa kemampuan untuk menghilang maupun mencuri perhatian dan mengendalikan tubuh lawan. Tetapi selain memperlihatkan kemampuan super yang mereka miliki. Unsur komedi yang ditampilkan tidak kalah keren sekaligus menarik untuk disimakan.

Charlotte adalah salah satu anime yang menurutku cukup keren mengedepankan unsur komedi yang mereka lakikan. Khususnya beberapa karakter seperti Ayumi, Yusarin, Joujirou, bahkan waifu sang Nao adalah karakter yang sering terlihat kelucuan bersama Yuu. Salah satu komedi dimana sang Yusarin menunjukkan kemampuan untuk menenangkan orang ditambah penggemarnya Joujrou adalah teknik yang lucu sekaligus menggelitik dari anime Charlotte ini.
Charlotte
Ayumi dan Yusarin <3
© P.A. Works
Selain itu ditambah beberapa komedi yang tiba-tiba muncul misalnya saja kedekatan antara Yuu dengan Nao. Secara tak langsung keduanya saling menyukai. Tetapi tidak saling mengakui hingga tiba episode akhir diakuinya bahwa Nao adalah pacar Yuu. Sesuatu yang aneh tetapi menggelitik dan  adem dimana awalnya tidak mau mengakuinya hingga endingnya mau mengakuinya. Cukup lucu kalau dilihat juga.

Permainan Plot Twist yang Kurang

Kekonsistenan yang dipakai dalam anime Charlotte hanya terbatas episode 1 sampai 5 episode dimana menampilkan tujuan untuk mengembalikan segala pemilik power kepada penggunaan yang tepat. Bagian ini adalah hal yang krusial dalam anime Charlotte. Krusial dalam hal memang dibentuk sebagai tema yang Sehingga tema demikian adalah tema yang dibawakan sepanjang anime ini. Tetapi Apakah tema inti dari semuanya?
Charlotte
Ketemu Nii Chan
© P.A. Works
Permainan Plot twist menghasilkan tema yang menjadi bagian terpenting sepanjang Charlotte. Hal ini ditandai bahwa tema inti yang dijelaskan secara gamblang. Selain tema untuk tidak menyalahkan kemampuan yang mereka miliki. Tetapi disini tema inti dari Chalotte ialah Sang Yuu Otosaka berusaha mencuri dan mengambil seluruh kemampuan melalui kemampuannya. Lah kok bisa? karena setiap memasuki jiwa orang, Yuu punya kemampuan menyerap seluruh kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut. Hal itu terjadi saat ketemu kakaknya adalah hal yang ngetwist. Sesuatu yang berbeda dihasilkan dari dalamnya meskipun inti cerita tetaplah sama. Inilah Plot twist dari Chalotte ini.

Plot twist ini saya menilai dua, pertama baik untuk mengisi kekosongan karena memang tidak memiliki cerita yang menarik dari Charlotte ini. Hal ini terlihat bagaimana 5 episode awal memperlihatkan bagaimana cerita sangat amat sederhana dan tidak begitu kuat. Bagian awal episode diperlihatkan bagaimana menyadarkan mereka dengan mempergunakan kekuatannya dan dibawakan dengan baik. TETAPI MEMBOSANKAN JIKALAU SELURUH CERITA DIAMBIL TEMA DEMIKIAN.
Charlotte
Teror Path.
© P.A. Works
Akan tetapi Plot Twist ini sendiri gagal memberikan kejutan tetapi cukup merusak dari apa yang telah dibentuk dari perspektif awal anime Ini. Hal ini terlihat dari pemilihan Twist yang TERLIHAT MEMAKSA. Twist ini terlihat tidak menarik karena tiba-tiba harus mengeksekusi berbagai orang didunia dan dicuri kekuatannya. Hal ini tidak begitu menarik karena terlalu cepat dan tahapan prosesnya tidak runtut sama sekali yang tiba-tiba setelah Brothernya ada. Yuu meminta dirinya untuk langsung membalaskan tujuannya untuk langsung mencuri seluruh kekuatan di dunia, baik yang digunakan untuk kebaikan maupun kejahatan agar manusia hidup damai tanpanya. Sesuatu yang berubah jadi ini SANGAT DISAYANGKAN.

Beberapa Bagian cukup menyedihkan

Aku merasakan sesuatu bagian yang menarik di tampilkan. Meskipun membawakan cerita yang benar-benar aneh sekaligus perlu dipertanyakan. Akan tetapi dalam penulisan Skrip, Jun Maeda selalu berhasil memasukan unsur kesedihan yang ada.
Charlotte
Ok Fix ini Sedih
© P.A. Works
Ditunjukkan pada episode 6 dimana kematian Ayumi adalah kematian yang luar biasa menusuk hati. Ditambah Episode 10 dimana sang Kakak selama ini bersembunyi untuk menampung berbagai orang dengan kemampuan khusus hadir sangat mengasihi kedua saudara ini. Kesedihan lainnya dimana teman dari Shun sendiri yang mati begitu tiba-tiba. Hal ini membuat anime Charlotte adalah lanjutan dari Angel Beats dimana memasukan unsur kesedihan adalah ciri khas tersendiri dari Jun Maeda. Dan selalu karya Jun Maeda dieksekusi dengan baik dan mendalam.

Ending yang Kurang melegakan

Salah satu kelemahan yang ku lihat ialah Ending yang berasa dipercepat dan dipaksakan. Memang sebenarnya apakah Jun Maeda telah memperiapkan ending dari Charlotte atau hanya ingin menampilkan bagian sedihnya atau endingnya. Entah cerita yang menurutku cukup mengtwistkan dengan tidak baik ditambah mungkin ending yang kurang melegakan membuat Charlotte kurang minat. Jujur bagian sedih yang terlihat menarik.
Charlotte
Our Family
© P.A. Works
Dengan membawa plot twist akan diharapkan mendapatkan ending yang cukup keren dibawakan oleh P. A. Works. tetapi Yang terjadi adalah ending yang kurang mengenakan dan terkesan hanya foto saja. Sesuatu yang tidak membuat sedih lantara Angel Beats! berhasil dengan kesedihannya. Tetapi yang satu ini cukup membuat perbedaan yang agak tajam. Dimana Charlotte yang mungkin menurutku bisa menangis kini diubah menjadi "Oh Gitu ya" Jadinya kurang melegakan. Jujur Endingnya kurang lega dan perlu perbaikan.

Visual dan Background menarik

Sekilas P. A. Works mengalami perubahan visual yang ditampilkan dalam Charlotte.  Yap tepat sekali perbedaan mencolok dan penggambaran berasa lebih baik dari Angel Beats!. Kenapa saya membandingkannya dengan Angel Beats! karena keduanya hampir mirip untuk menggunakan unsur yang ada. Cuman pewarnaan dan pengambaran dalam Charlotte ini jauh lebih menarik dari Angel Beats!  Sehinga tidak perlu banyak cakap bahwa pembawaan visual dan background sangat pass.
Charlotte
Beautiful Inside
© P.A. Works

Musik yang konsisten dan Menarik

Setiap anime racikan Jun Maeda dalam penceritaan selalu membawa suatu band tersendiri agar menjadi cukup terkenal dalam musiknya. Angel Beats membawa GirlDeMo yang notabenenya band anime yang mengisi insert song. Dan cukup laris lagu yang dibawakan oleh GirlDeMo ini. Dan juga kali ini mencoba untuk serupa pada anime di Charlotte dengan menghadrkan ZHIEND. Seorang musisi yang dapat berbahasa Jepang dan dalam lagunya kebanyakan berbahasa Inggris.
Charlotte
ZHIEND Performance
© P.A. Works
Selain ZHIEND, saya hampir lupa kalau salah satu penyanyi yakni  :  Yusarin. Dimana penyanyi ini merupakan penyanyi yang benar-benar diidolakan oleh semua orang di Charlotte. Tetapi pembawaan Yusarin tidak kalah keren dari Zhiend. Tetapi membawakan lagu yang imut yang dia bawakan. Sehingga menambah keragaman musik anime ini.

Membawa penyanyi yang cukup terkenal ini membuat jalannya Charlotte sangat unik. Karena pembawaan penulis Jun Maeda yang cenderung mengisi kekosongan dengan kesdihan ditambah pemusik yang mengunakan bahasa inggris untuk menyanyi adalah konsep yang menarik. Saya rasa permainan musik yang satu ini tidak boleh diragukan lagi.

Karakteristik agak terbangun

Sebagai anime yang mempunyai sedikit karakter, tetapi Telah membangun karkateristik dalam anime ini. Karakter Yuu yang cukup tidak stabil ini sangat baik digambarkan. Ditambah karakter Nao yang merupakan perempuan keras. Ayumi adalah gadis yang ceria dan suka masak, sekaligus perhatian. Yusa yang imut dan ceria suka menggemaskan. Dan karakter Joujirou yang lucu dan kadang kala tidak berpikiran lewat otaknya. Shunsuke yang sangat cerdas. Misa yang merupakan kebalikan dari Yusarin. Takehito yang misterius tetapi sebenarnya baik. Dan lain sebagainya yang benar-benar membangun Charlotte dengan agak baik. Sehingga kita dapat membedakan dan mengenai karakter utama, khususnya 5 karakter ini dengan mudah.

Kesimpulan

Charlotte adalah salah satu mahakarya Jun Maeda yang bergabung dalam P. A. Works yang mengangkat cerita pengalaman supranatural setiap karakter dengan kemampuan khusus yang berasal dari komet Charlotte. Sesuatu hal yang menarik sebenarnya tetapi aku merasa ceritanya terlalu boring dibawakan. Sesuatu yang benar-benar mereka ubah jadi plot twist kini berasa cukup biasa. Hal ini ditandai dengan ketidakmenarikan dan terlalu cepat untuk mengakhirinya. Sehingga ku rasa Jun Maeda belum mempersiapkannya. Tetapi dibalik itu semua beberapa bagian misalnya karkater, Musik, dan bahkan komedi yang ku bilang telah berhasil membentuk anime ini dengan baik.  Salut buat yang bagian ini. Tetapi next time berusaha untuk memakai twist yang baik agar ending tidak berasa oh ya.
Charlotte
Nao Tomori, Daisuki
© P.A. Works

Kelebihan 

  • Pembentukan komedi yang baik
  • Pembentukan karakter yang baik dan cukup dikenal.
  • Bagian scene tersedih dibikin benar-benar baik setara dengan Angel Beats!
  • Memberian musik yang cukup menarik serta dibawakan oleh ZHIEND.
  • Ayumi and Yusarin Effect. It's so cute and fun yeah?
  • Nao Tomori it's so strong?
  • Sampai gw lupa disini Yusarin juga membawakan Musik terbaik juga.
Charlotte
Lucu si Yusarin
© P.A. Works

Kekurangan

  • Plot yang ditampilkan sangat tidak konsisten, bahkan terkesan anime ini tidak memiliki jalan cerita jelas 
  • Ending yang disampaikan tidak tepat dan terkesan cepat.
  • Tidak begitu kuat anime ini sehingga cukup mudah dilupain pengemar. 
  • Cerita yang terlihat agak memaksa setelah Episode 10.
Charlotte
Okey Main Yuk
© P.A. Works

Nilai : 7.9/10
 
Charlotte
Yuk Bersama...
© P.A. Works
Bagaimana dengan keputusan yang ada? Bagaimana kemampuan yan dibawakan oleh P. A. Works dalam membangun Charlotte? It's Worth or not?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini