[Ngoceh²] Kesulitan dan Keunikan dalam Review Attack on Titan

Jujur saya disini akan memberikan pendapat saya mengenai mungkin bisa jadi kesusahan dalam mengreview dari suatu anime yang bernama Attack on Titan dimana anime ini menurutku susah dan anime terbaik. Alasan utamanya mungkin saya ungkapan dari artikel ini.
Attack on Titan season 2
Sangat direkomendasi anime ini
© Wit House
Mengulas suatu produk adalah sesuatu hal yang dipakai untuk bekerja ekstra mengulas apa yang ada dalam suatu produk ini. Mengulas bukanlah pekerjaan yang mudah dikarenakan kita memakai cara pandang kita untuk menilai suatu produk apakah produk ini layak atau tidak untuk konsumen menikmati. Banyaknya ulasan baik mendukung maupun tidak adalah suatu produk adalah tergantung pada cara pandang kita. Sehingga seorang reviewer perlu mengerti bagaiman cara review dan bagaiman mengerti apa yang akan direview. Sehingga hasil review akan menjadi pertimbangan bagi para pengembang dan pembaca apakah produk ini menjadi lebih baik dan lebih bisa dipakai?

Oleh sebab review dalam Attack on Titan adalah sesuatu yang benar-benar menarik dan susah. Hal ini memang saya secara cara pandang adalah penggemar dari anime maupun manga Attack on Titan. Bukan cari cara pandang yang membenci Attack on Titan. Sehingga banyak yang akan menjadi nilai positif dalam anime Attack on Titan sehingga jarang menemukan nilai negatif dalam anime Attack on Titan. Sehingga bagi saya adalah kesulitan untuk menilai anime Attack on Titan karena positif yang ada. Tetapi yang terlebih lagi adalah kesulitan dan keunikan yang masih ada dalam review Attack on Titan.

Kesulitan

Berikut beberapa kesulitan yang mungkin dihadapi saya untuk mengreview anime Attack on Titan dari season 1 sampai 3 part 2 / nanti yang Final adalah :

1. Plot yang Benar-Benar Merusak Season Sebelumnya

Perbedaan yang meletak pada dasar plot garis utama dan yang ingin dibawakan. Garis utama dalam season 1 , 2 , dan 3 saling terikat tetapi juga saling merusak. Alasan utama adalah dalam season 1 mengungkapkan cerita rakyat di dalam dinding dihantui oleh Titan. Tetapi dalam season 2merusak itu semua dan mulai mencari tahu siapakah titan itu. Bagaimana orang bisa berubah jadi titan, kenapa ada titan dalam dinding dan pengungkapan musuh utama ini. Tetapi dalam season 3 ternyata musuh utama bukan cuman diluar dinding. Tetapi ada dalam dinding. Sesuatu yang benar-benar berbeda. Dan Mungkin final season adalah sesuatu yang sudah merusak dari season 1 sampai 3 part 2 ini. Sehingga sulitnya adalah kita harus mengikuti tema tiap seasonnya. TETAPI apakah season 1 sampai saat ini akan nyambung. Sebenarnya adalah nyambung, karena satu titik permasalahannya telah menjadi jelas.
Sangat direkomendasi anime ini
© Wit House
Kesusahannya ini harus bisa membagi tiap season dalam beberapa arc atau episode tertentu agar mengerti bagaimana gambaran anime ini. Memang tiap season punya tema tersendiri dan punya tujuan tersendiri. TETAPI tetap nyambung dan memiliki garis merah yang tidak bisa terpisahkan.

2. Karakteristik akan Berubah

Sesuatu yang menarik disini penggunaan karakteristik yang dibawakan setiap karkaterpun berbeda dengan yang ada. Tiap season berasa bahwa karakteristik Eren semakin berubah pada tiap seasonnya. Tetapi hal yang dibawakan tetap menjadi satu Eren yang punya sikap berbeda dengan tiap kali memaknai apa yang terjadi padanya, apa yang mempengaruhi dirinya, dan apa yang menjadi latar belakang dan lawan yang mempengaruhi sikap Eren. Termasuk hal diluar kepribadian dan kemampuan titan yang dimilikinya sehingga bisa jadi kesalahan terbesar dan pengubah kepribadian secara umum dimiliki Eren. Sehingga tidak mesti kita lihat eren yang sekarang dengan eren yang kedepan maupun yang dulu. Akan tetap ada perubahan tersendiri.

Termasuk juga perubahan pelahan dari karakteristik Mikasa maupun Armin yang semakin mungkin terlihat. Ditambah pula beberapa karakter yang terlihat adalah sebagai pendukung maupun penambah karakteristik dalam Attack on Titan dan pembunuhan terhadap beberapa karakter di Attack on Titan. Sebut saja si Annie yang diam-diam adalah musik, Reiner dan Bertholdt yang adalah musuh dibalik selimut yang telah mengikuti sepanjang tahun di dalam dinding mereka. Sehingga seakan-akan menjadi suatu perubahan karakter yang ada. Sehingga perlu dipahami tiap karakter yang merupakan pendukung bisa jadi pemain utama dalam karakter attack on titan dan bisa jadi karakter pembantu hanya sekedar lewat saja. Sehingga karakter yang dinilai akan sulit selain satu jawaban. Karakter ini hanya pemain pembantu saja.

3. Episodik yang Padat

Setiap episode memiliki tema dan alur mereka masing-masing dimana akan terlalu padat dan jarang membawa kelucuan yang terdapat didalamnya. Saking padatnya isi dari anime tiap episodenya. Maka akan membawa suatu pandangan tiap episodenya sangat berharga dan juga semakin sulit untuk membedakan mana episode yang berhenti disuatu titik dengan episode yang semakin jalan berlanjut. Memang setiap episode berkaitan satu dengan lainnya. Tetapi untuk membaginya dalam part akan sangat sulit pula karena kepadatan yang diberikan.

Memang aku nilai negatif kecil dan sulit untuk menentukan mana akan berhentinya jalan satu arc ini. Sehingga salah satu kesatuan episode akan terlihat cukup baik. Tetapi dengan padatnya episode-episode yang ada. Ini menyiratkan bahwa setiap episode sangatlah berharga untuk ditonton tiap episodenya. Sehingga perlu dimengerti secara dalam.

Keunikan

Berikut keunikan yang menurut saya adalah sebagai berikut :

1. Plot yang Nge-Tiwst dan Membingungkan

Ada orang yang tidak menyukai Attack on Titan karena tidak konsisten sehingga banyak orang yang konfidensi menanggap anime dan cerita dari anime Attack on Titan berubah dari plot awal hingga akhir. Sesuatu yang aneh dibawakan dalam anime ini. Tetapi hal inilah yang menurutku hal ini adalah hal terbaik yang dibawakan sepanjang anime ini. Alasan utamanya adalah mengungkap kebenaran yang menyakitkan. Dan pergeseran cerita menjadikan makna Attack on Titan berubah dengan perlahan. Hal ini terlihat lebih keren menurut dan juga membingungkan karena bisa mengubah alur cerita yang berbeda. Aku secara pribadi kebingungan akan jalannya cerita yang diberikan karena mengubah pandanganku akan plot yang diberikan. Cukup menarik juga ini anime.
Kita akan tahu, dibalik orang ini yang sebenarnya.
Not Yet, Yeah? YES!!
© Wit House

2. Memiliki Musik yang Terbaik

Tidak perlu banyak perbincangan mengenai musik yang dibawakan dalam anime Attack on Titan. Dikarenakan saya merasa musik yang dibawakan dari anime Attack on Titan sangat baik dengan kombinasi sang pemain dari studio terbaik mereka di studio anime Wit House. Hal ini terlihat benar-benar baik dalam pembawaan anime dimana setiap background musik yang hebat dibawakan dengan baik. Hal ini sangat luar biasa dalam menggambarkan musik.

3. Manga dan Anime Saling Berkaitan tapi Ada Berlawanan

Tidak ada Anime dan manga yang tidak ada berlawanan, tetapi disini ada keterkaitan sekaligus sedikit berlawanan yang ada. Manga yang diperlihatkan cukup lebih jauh tetapi sekila. Sedangkan dalam Anime memperlebar dan memperjelas isi dari Manga. Hal ini adalah sesuatu adalah yang menarik karena berkaitan untuk melanjutkan cerita. Tetapi berlawanan untuk memberikan beberapa hal yang manga tidak ada, anime ada, bahkan dalam manga ada. Misalnya manga tidak jelas, Anime diperjelas. misalnya anime tidak memiliki visual yang lebih menyeramkan, manga memiliki visual yang sangat mengerikan.

Kesimpulan

Dari apa yang diperlihatkan. Kesulitan untuk menentukan bagian-bagian tema yang diperlihatkan sangat berbeda. Memang tiap part mungkin akan saya pisahkan agar terlihat baik karena akan mengerti perbedaan sekaligus beberapa bentuk yang diharapkan dalam anime ini. Saya berharap bahwa anime Attack on Titan dapat direview dengan baik dan meningalkan suatu kesan di mata pembaca sebelum menonton dan menilai Attack on Titan dengan baik. Sehingga mungkin setelah ini akan butuh waktu lama untuk mengamati dan mempelajari Attack on Titan dengan baik.

Menurutmu bagaimana Attack on Titan itu sendiri menjadi anime yang terbaik yang kau lihat atau hanya sebatas membikin lu bingung dalam ceritanya?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini