Rekomendasi Anime Genre Slife Of Life Part 1

Di era persaingan anime semakin memanas. Bebrapa studio anime mulai gencar-gencarnya menawarkan berbagai anime yang layak sekaligus memiliki  kejutan yang harus disajikan kepada penonton. Dalam kopetensi inipun akan menyisakan mana yang akan berhasil dan mana yang akan gagal. Oleh sebab itu dalam kopetensi ini akan menunjukkan beberapa anime terbaik yang dipick oleh penonton dirumah.

Salah satu yang menjadi favorit studio adalah genre Slice of Lice. Slice of Life sendiri merupakan genre dimana mengambil sebagian dari potongan kisah kehidupan. Anime ini merupakan anime yang sudah ada sejak jaman lampau dimana menggambarkan kehidupan kekasisaran Jepang pada masanya. Bahkan setelah era 100 tahun anime, Slice of life telah menjadi genre favorit daptasi dalam berbagai tambahan genre, baik dalam fantasy, komedi, maupun genre action.
Kehidupan Dalam Keluarga
©Kyoto Animation/Jun Maeda/Key/Misaki Juri/

Bagian Part :
Part 1
Part 2
Part 3

Rekomendasi anime Slide of Life

Slice of life merupakan gerne yang selalu menjadi favorite oleh beberapa kebanyakan penonton pemula anime. Beberapa orang yang belum menyukai anime selalu menyarankan untuk menonton anime bergenre demikian, namun beberapa menyarankan untuk menonton movie anime yang bergenre romantis. Tetapi beberapa ada yang menyarankan untuk menonton action. Akan tetapi saya lebih sering menyarankan untuk menonton movie anime yang kearah slice of life atau sesuai dengan teman anda.

Berikut rekomendasi Slice of life (Baik Movie maupun series) versi website kami.

1. Clannad

Clanaad merupakan anime yang dibuat oleh Kyoto Animation. Anime ini sendiri mengisahkan bagaimana seorang anak nakal bernama Tomoya. Tomoya hidup sebagai broken home dimana orang tua perempuannya meninggal. Dirinya hidup dengan asuhan orang tua laki yang benar-benar hidup keras sekaligus sudah putus asa. Dirinya hidup sebagai anak jalanan yang mengacaukan dirinya dan masa depannya
Nagisa, Tomoya
Nagisa Tomoya yang menginpirasi penonton
©Kyoto Animation/Jun Maeda/Key/Misaki Juri
Namun suatu saat kehidupannya sangat berubah ketika dirinya bertemu dengan Nagisa. Seorang cewek yang cukup rapuh dimana mengatakan suatu kue. Tomoya membalas dan pada hakekatnya mereka mulai mengerti satu dengan lainnya. Suatu perubahan terjadi pada Tomoya secara pelahan namun pasti.

Saya rasa memahami suatu makna kehidupan sangatlah sulit tanpa mempelajari anime Clannad ini. Anime Clannad mengajarkan bagaimana kehidupan dapat berubah dengan luar biasa. Dimana sang karakter utama adalah Tomoya  hidup sebaai anak jalanan yang sudah rusak Disamping Nagisa yang memiliki latar unik. Tomoya mulai bisa berteman dengan siapa saja dan membentuk suatu hubungan yang disebut dengan Clannad. Kenapa anime Clannad selalu dikenang oleh saya, karena mengisahkan suatu hubungan keluarga yang sederhana namun sangat kuat.

2. AnoHana

Nama jepangnya Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai namun lebih banyak menyingkatnya dengan AnoHana merupakan anime yang cukup terkenal di era saat itu. Bahkan pembuat anime ini sendiri salah satu Studio terbesar di Jepang, yakni A-1 Picture. AnoHana selalu dikenang oleh penotnon karena pembawaan ceritanya yang begitu menarik, disamping pula dengan musik Opening maupun Ending yang dibawakan.
Persahabatan tidak akan terlupakan
©A-1 Pictures
Kehidupan seorang Jinta sangat berubah ketika melihat Menma temannya hidup sebagai pengganggu. Menma yang telah meninggal tiba-tiba muncul dalam pikiran dan seluruh kehidupannya. Bahkan Menma menjadi satu-satunya halusinasi yang hanya tertancap di jinta seorang. Menma hanya menginginkan semua teman-temannya kembali menyatu. Banyak dari kelompok kecil ini telah pergi dan sibuk akan kehidupanya masing-masing tanpa mengingat masa lalunya. Mereka pergi untuk menghidup kehidupan baru yang mereka terima.

Tetapi usaha seorang Jinta tidak akan berhenti hanya sebatas diganggu oleh Menma saja. Agar dapat kembalinya base kecil mereka dan teman-teman mereka. Jinta dan Menma berjuang untuk mengembalikan masa kejayaan mereka di masa lalu itu.

Saya merasa anime ini cocok sebagai anime Slice of life karena menceritakan bagaimana persahabatan dari sejak kecil tidak boleh terlupakan begitu saja. Terhilang karena waktu adalah kesalahan terbesar yang pernah ada. Sehingga AnoHana salah satu anime yang cocok sebagai Slice of Life.

3. Violet Evergarden

"Aku ingin mengetahui Apakah itu AKU CINTA KAMU" Sebuah pertanyaan yang sangat amat sulit untuk dijawab dengan gamblang dibenak seorang Violet-chan. Seroang gadis manusia robot yang diciptakan untuk membunuh siapa saja yang berada di dekatnya. Ketika perang, Violet merupakan satu-satunya gadis yang dapat mengalahkan berbagai musuh dalam medan perang. Akan tetapi dirinya hanya satu pertanyaan yang tidak bisa terjawab. Apakah Artinya cinta demikian. Violet berjuang menemukan Arti cinta dalam hidupnya
Kakak Adik
©Kyoto Animation/Netflix
Violet Evergarden merupakan serial anime yang dikembangkan berdasarkan light novel karya Kana Akatsuki. Anime ini diadaptasi oleh Kyoto Animation menjadi anime yang cukup viral di masanya. Dimana Violet Evergarden dijadikan ekslusif streaming oleh Netflix hingga sampai keujung dunia. karena kepopulerannya diadaptasi dalam berbagai bahasa, maka Anime ini layak sekali ditonton.

Menilai Violet Evergarden, secara Slice of Life jaman dikontekskan  jaman itu merupakan suatu kebenaran yang menarik. Karena Surat merupakan perasaan dari seseroang yang harus disampaikan kepada yang dikasihinya. Secara eksposisi ke dalam jaman sekarang. Menunggu sebuah chat dari yang dikasihi adalah suatu kesempatan yang sangat mulia. Karena chat bukan cuman berkata-kata, tetapi terdapat perasaan di dalamnya.

4. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Para naga datang pada kehidupan Kobayashi. Para naga berwujud manusia menghampiri kehidupan Kobayashi. Entah apa yang mereka lakukan hanya berubah menjadi pembantu bagi Kobayashi. Bahkan Tooru sangat tergila-gila oleh Kobayashi karena telah menyelamatkan kehidupan. Tapi Kobayashi belum mengerti mengapa Tooru demikian. Akhirnya perlahan Tooru belajar kehidupan sebagai seorang manusia.
Naga-naga Belajar Kehidupan
©Kyoto Animation
Kobayashi-san Chi no Maid Dragon anime yang dibangun oleh studio yang sama yakni Kyoto Animation. Kyoto Animation mengadaptasi anime ini berdasarkan manga yang dibangun oleh manga Cool-Kyou Shinja. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon terpilih sebagai manga yang diadaptasi anime karena ceritanya yang cukup unik disamping menggambarkan perjalnana makna kehidupan dari sang naga di dalam kehidupan manusianya.

Kobayashi mengajarkan kepada para naga berwujud manusia untuk bertingkah secara normal dalam kehidupan manusia. Para naga berusaha mempelajari kehidupan secara pelahan, bagaimana gambaran kehidupan Jepang yang super sekali sibuknya. Sekaligus mempelajari kehidupan masyarakat Jepang.

Saya melihat penggambaran kehidupan Jepang sangat melekat di dalam anime ini meskipun tidak sepenuhnya, tetapi hampir mewakili kehidupan Jepang yang super padat. Saya menilai anime ini cukup baik dalam mewakili kehidupan super sibuknya Jepang. Tetapi disamping itu pergaulan dan kebisaaan yang diperlihatkan cukup baik dan ditambah dengan bumbu komedi yang bisa bikin pentonton terhibur.

5. Ookami Kodomo no Ame to Yuki / Wolf Children

Cinta antara dua dunia berbeda menyatukan antara bangsa manusia serigala dengan manusia itu sendiri. Antara suami yang werewolf, dengan manusia yang normal. Hingga masuk dalam jenjang pernikahan. Mereka berduanya menikah dengan dianugerahkan 2 orang anak.
Ibu Single Parent
©Studio Chizu
Dalam perjalanan hidupnya, sang suami mati dan sang istri merawat kedua anaknya. Tetapi karena gen yang dimilikinya, sang anak dapat berubah menjadi manusia serigala sewaktu-waktu mereka tidak gagal mengendalikannya. Sang ibu sebagai single parent berusaha merawat kedua anaknya menjadi lebih dewasa. Sehingga keluarga ini merupakan panutan yang penting untuk dipelajari bagi ibu single parent.

Mengambil konsep anak serigala dan single parent sesuatu yang sangat berbeda dan unik. Karena dengan tema demikian, telah memberikan kenangan manis dari anime Wolf Children ini. Keistimewaan lainnya ialah merupakan karya original dari studio kurang terkenal, studio Chizu. Tetapi penampilan anime movie ini boleh dibilang jempolan terbaik sepanjang masa untk studio Chizu.

6. New Game!

Ingin bikin sebuah game? Butuh studio game yang bener-bener bisa nerima kau? New Game! solusinya. Ketika memiliki passion berlebih di dunia game, pasti orang itu akan berbakat dalam dunia game dengan baik. Seperit halnya Aoba yang terobsesi banget kepada jalan cerita dari suatu game akhirnya bergabung dalam salah satu studio game di Jepang.
Kehidupan sang Studio Game
©Doga Kobo
New game merupakan anime yang dibangun oleh Doga Kobo yang diadaptasi oleh 4-koma manga. Anime ini menceritakan bagaimana kehidupan seorang studio game dalam mengembangkan game mereka terbaik yang pernah mereka buat. Studio game ini sangatlah penting dalam industri game, disamping itu terdapat komedi yang menggelitik hati.

Saya menilai bahwa anime ini memberikan komedi sekaligus slice of life sebagai perjuangan sang developer game untuk mengembangi game mereka jauh lebih baik. Perkembangan game memang pesat di era saat ini mengingat persaingan semakin memanas dimaan-mana. Sehingga anime ini merupakan anime terbaik dalam berjuang dalam industri game ini.

Kesimpulan

Setiap anime Slice of life yang ditampilkan selalu memiliki makna penggalan kehidupan yang sangat amat menarik. Disamping menghadirkan kehidupan saat itu, juga mengeksposisi nilai-nilai dalam kehidupan jaman sekarang sangatlah penting. Clanad memberikan arti kehidupan yang terikat, AnoHana adalah kehidupan sahabat yang tidak boleh terlupakan, Perjuangan arti cinta dalam Violet Evergarden. Belajar kerasnya Jepang dalam Kobayashi. Bagaimana perjuangan seroang single parent di Wolf Children, dan Perjuangan dalam membangun game di New Game!.

Semua anime Slice of life memiliki nilai makna kehidupan yang menarik untuk dipelajari satu persatu. Dalam memberikan makna, Slice of Life selalu bermakna yang menarik dan perlu dlihat setiap kali merasa kehidupan sangat sulit.

Lanjut ke Part Dua.

Bagaimana Peniliaian Saudara mengenai anime diatas? Apakah saudara setuju terhadap daftar diatas?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger