[Review] Violet Evergarden : Makna Cinta dalam Perjalanan Cinta sang Robot

Mengenal yang namanya cinta merupakan suatu kesalahan terbesar. Cinta adalah perasaan yang sulit tergambarkan. Perasaan yang teramat dalam sulit untuk diungkapkan dalam beberapa kata. Seorang yang belajar mencintai akan sulit rasanya untuk melupakan kekasih yang tercinta dalam hidupnya. Bahkan bagaimana mengirimkan cinta itu kepada sang kekasih merupakan kesulitan tersendiri. Bagaimana mencintai yang tulus kepada sang kekasih adalah sangat rumit dilakukan disamping ingin memilikinya. Cinta adalah kebutaan yang terhayat dalam hati dan sanubari pikiran yang teramat sakit.
Violet Evergarden
Violet Evergarden Perjalanan Cinta
©Kyoto Animation/Netflix
Sebuah anime yang sangat fenomenal pada masanya. Fenomenal karena penyambutan beberapa anime yang di streaming di Netflix. Tetapi salah satu anime berhasil sebagai eklusif Anime Series, yakni Violet Evergarden. Fenomenal lainnya menjadi salah satu top anime saat. Disamping fenomenalnya, penyajian hidangan special  memuaskan.  Bahkan anime ini sendiri menampilkan PV dalam 4 bahasa berbeda. Sungguh Luar biasa. Namun kembali pada konteks mengapa saya menilai Violet Evergarden lebih baik daripada yang lain?

Violet Evergarden sendiri dibikin oleh Studio ternama  di Jepang,  Kyoto Animation. Violet Evergarden mengadaptasi Light Novel Violet Evergarden yang digarap oleh Kana Akatsuki. Berdasarkan kelarisan light Novel inilah, Kyoani dengan berani bahkan Netflix-pun ikut mengekslusifkan anime ini. Sehingga apakah yang membuat anime Violet Evergarden ini menarik?

Plot

Bangun dari tidurnya setelah perawatan selama bertahun-tahun, dirinya telah disembuhkan dalam perawatan serius pasca perang. Di dalam suatu benua besar yang berkonflik bertahun-tahun. Perang itu berakhir setelah berjuang selama 4 tahun. Tetapi Violet Evergarden terperangkap dalam suatu perang itu besar itu mengakibatkan dirinya harus menerima tanyanya putung keduanya.

Violet dibesarkan sebagai gadis harus menghancurkan musuh. Dirinya sangat lihai dalam menghabisi satu-persatu lawannya dan tujuannya untuk menghancurkan garis depan musuh dengan cepat. Karena dengan cepat dan keras, dirinya adalah senjata yang paling ampuh untuk menghancurkan musuh.  Dirinya hanya sebagai boneka pembunuh.
Violet Evergarden
Mesin Pembunuh
©Kyoto Animation / Netflix
Tetapi dalam perjalanan hidupnya dirinya belum mengerti masalah cinta dan perkataan Aishiteru. Seorang mayor sangat mencintai Violet begitu dalam, mayor tidak membiarkan dirinya mati dalam perang. Akan tetapi Violet yang baru belajar belum mengerti apa-apa. Perasaan begitu mati dan tidak stabil mengenai namanya cinta. Apakah itu Aishiteru?. Bagaimanakah makna itu menghidupi ku dan harus ku cari apakah makna itu.? Darimana Cinta itu? Mengapa Cinta itu terjadi..? Apakah Makna Perkataan Aku cinta kamu?

"Aku ingin mengetahui Apakah cinta itu?" - Violet Perkataan inilah yang menjadi pertualangan pertama Violet

Perjalanan Mengenal suatu Cinta

Violet hanyalah manusia biasa, dirinya hidup di dalam pelatihan menjadi seorang pembunuh terhebat saat terjadi perang. Pelatihan yang begitu keras dan disiplin telah membentuk karakter sebagai seorang tentara kuat, turut pada atasan, bahkan sangat ditakuti oleh berbagai musuh. Tetapi dirinya hampa karena sulit memhamai cinta.  Sebagai tentara yang sakti, tetapi lemah terhadap pemahaman akan cinta itu. Proses perjalanan memahami cinta adalah suatu bukti sulit dan sangat bertentangan dengan dirinya sendiri.

Terjadinya dualisme, antara seorang yang sangat tuntuk pada perintah, dengan seorang yang ingin belajar pcaran. Antara seorang manusia setengah robot(boneka) dalam memahami cinta. Violet ingin mengerti mengenai cinta antara seorang tentara dingin menjadi seorang berperasaan. Cinta adalah hal tingkat tinggi dan perasaan terdalam terhadap seseorang kekasih. Cinta ialah abstrak karena berhubungan dengan psikologi seseorang.
Violet Evergarden
Mayor yang kucintai
©Kyoto Animation/Netflix
Dua komponen yang bertentangan ini mau menjadikan landasan dan acuan menonton anime Violet Evergarden. Tapi yang terpenting ialah bagaimana analogi boneka alat pembunuh yang merasakan cinta. Mesti akan menjadi pertanyaan sekaligus kesulitan tersendiri yang menarik. Oleh sebab dirinya seorang yang ingin mengerti tentang percintaan dan makna Aishiteru. Sebuah kalimat yang bermakna begitu dalam sulit baginya untuk mengerti.

Proses merombak kebonekaan dalam perjalanan cinta adalah menarik. Sebab bagaimana menggambarkan orang yang ingin mendapatkan arti cinta adalah keunikan tersendiri. Kebanyakan menggunakan latar sekolah sebagai pergambaran romantis disini. Tetapi disini digambarkan melalui perang saudara satu benua, military, sekaligus kantor post. Alasan utama ialah tema yang dikombinasikan latar yang kurang lazim. Biasanya latar seperti ini jarang sekali terdapat dalam genre anime kebanyakan.. Sehingga  memberikan kesan berbeda sekaligus memukau.

Surat Pengungkap Perasaan Cinta

Jaman dulu, surat merupakan alat komunikasi yang begitu penting. Pencipta surat pertama terjadi pada jaman Persia, Mesir, dan kebanyakan timur tengah. Sehingga surat adalah alat komunikasi satu-satunya yang berkembang pesat sebelum adanya sms dan sosial media saat ini.

Bagi jaman Violet, surat adalah pengungkapan perasaan yang sangat tulus. Menunggu surat seakan-akan menunggu sang kekasih kembali. Baik dalam tempat jauh, maupun tempat dekat. Sekalipun dalam keadaan perang, satu-satunya hanya melalui surat.
Violet Evergarden
Surat = Perasan
©Kyoto Animation/Netflix
Tempat Violet bekerja merupakan percetakan surat terbesar. Disana terdapat berbagai pekerjaan yang mengharuskan dirinya disebut sebagai boneka memory yang dapat membaca perasaan orang untuk mengetiknya dalam surat. Surat bukanlah sembarangnya karena mengandung cinta dan persasaan didalamnya. Konsep inilah yang menarik dalam anime ini.


Makna Cinta dalam Perjalanan Cinta sang Robot

Violet adalah seorang manusia robot pembunuh. Merasa ditugaskan untuk mengerti cinta. Setelah kematian sang mayor jenderal. Dirinya terliang perkataan terakhirnya "Aku mencintaimu / Aishiteru.." Bingung untuk mengerti makna Cinta ini.  Terliang begitu dalam di dalam pikiran Violet. Violet berjalan mencari makna cinta itu.

Surat/Pesan bernada Perasaan

Setiap Episode menggambarkan satu poin makna cinta yang dapat dipetik. Dimulai dari pembukaan 3 episode yang menggambarkan pembukaan dirinya mulai belajar mengenai cinta itu melalui mengetik Surat. Surat merupakan kebiasaan baru yang dimulai setelah perang dan satu-satunya perusahaan surat dimiliki oleh Teman sang Mayor untuk merawat violet. Tetapi violet harus mengenal bagaimana merasakan perasaan cinta terhadap orang disekitarnya. Surat pertama ialah terima kasih kepada temannya.

Cinta Terhadap Saudaranya

Teman Violet yang satu sekolah memerlukan violet untuk menunjukkan surat terhadap kepedulian saudaranya yang sudah gk baik. Selalu suka mabik-mabukan dan tidak memiliki harapan hidup karena selalu membebani adiknya. Adiknya sangat kawathir terhadap kakaknya sehingga dirinya berusaha mengungkapkan perasaannya.
Violet Evergarden
Kakak Adik
©Kyoto Animation/Netflix

Cinta Tidak Dapat Dipaksakan 

Episode 4 merupakan episode awal yang menggambarkan jelas mengenai Violet ini. Ketika orang tua memaksakan anaknya untuk keluar dari pekerjaan dan menikah dengan cowoknya. Dirinya menolak karena dulu pernah ditolak oleh cowoknya. Sehingga cinta yang dipelajari bukanlah cinta yang murni karna berasal dari keinginan orang Tua. Violet belajar makna demikian. Sebuah cinta murni bukanlah cinta yang dipaksakan. Sebab orang tua tidak mengerti masalah ini dengan baik.

Cinta Melampaui Batas Negara

Seorang putri dari negara Drossel ingin menikah dengan pangeran negara Flugel. Dua negara yang saling berkonfik ini ingin mengadakan pernikhaan untuk menyatukan negaranya. Sang Putri belum mengerti bagaimana saling balas membalas surat.menyurat. Sebuah perasaan cinta sulit untuk diungkapkan dengan baik karena keterbatasaan perasaan yang sulit ini. Cinta yang luar biasa dapat melebihi batas negara yang luar biasa. Tetapi sang putri belum bisa menulis surat akhirnya. Cinta memang sulit untuk dipaksakan tetapi cinta dapat melampaui segala hal. Bahkan saat sedang negara berkonflik sekalipun.
Violet Evergarden
Perbatasan dua Negara
©Kyoto Animation/Netflix

Cinta terhadap Pekerjaan dan Cita-cita

Cita-cita dan pekerjaan adalah hal terpenting karena merupakan bagian terbaik. Pekerjaan dan cita-cita adalah satu kesatuan yang penting dalam rantai kehidupan manusia. Sebagai seorang yang bercita-cita tinggi. Sehingga diperlukan cinta terhadap pekerjaannya sebagai semangat dalam mengapai cita-cita. Seorang yang memiliki cita-cita tertinggi dalam pekerjaannya akan tercapai dengan baik.

Cinta Tidak dapat Memisahkan antara Anak dengan Orang tua

Episode 7 merupakan episode dimana seorang penulis teater sedang benar-benar mengingat akan kematiannya anaknya. Dimana anaknya adalah paling ia cintai. Sebab anaknya adalah hal yang dicintai sepenuhnya dalam hidupnya setelah ibunya meninggal. Sehingga cinta merupakan suatu kedekatan antara orang tua dengan anaknya, bahkan cinta ini melebihi kehidupannya. Kenangan manis antara orang tua dan anak adalah suatu ikatan cinta yang terikat sepenuhnya.
Violet Evergarden
Anak dengan orang tua
dan Orang tua dengan anak
©Kyoto Animation/Netflix
Cinta adalah Kepedulian meskipun Sudah Meninggal. Ibu memiliki peran penting dalam kehidupan sang putrinya. Sang ibu akan meninggal, sehingga untuk memberikan terbaik bagi sang putri. Dirinya menuliskan surat teriap kali ada ulang tahun sang putrinya. Ibunya akan meninggalkan sang putri tercinta di surga. Agar putrinya bertumbuh dengan baik. DIrinya berusaha mengungkapkan perasaanya melalui Surat yang ditulisnya tiap tahun. Bahkan sampai 50 tahun dan 50 surat.

Cinta dari Orang telah Mati

Seorangy ang mati dalam medan peran mengungkapkan kasih sayangnya terhadpa sang kekasih. Meskipun sangat sulit untuk diungkapkan. Seorang yang berperang ditengah perbatasan negara ingin pulang kerumah atau menyampaikan pesan kepada sang kekasih di rumahnya. Bangkan untuk seluruh  Persaaan inilah yang diungkapkan kepada mereka dirumah. Perasaan inilah yang menyedihkan dalam bagian ini karena mengunkapkan perasaanya kepada mereka. Membawa orang mati dalam surat seperti membawa orang itu kembali hidup.

Penuh dengan Emosional

Violet Evergarden dibalut dengan pembawan plot yang sederhana. pembawaan mengenai alur yang sangat lembut dan mudah dicerna. Plot dan alur ang dibawakan merupakan blog yang terbaik tidak Salah satu bagian terbaik dalam mengembangkan emosi sang penonton. Hingga ketitik kesedihan penonton saat menerima surat, bahkan setiap episodenya diselimuti kesedihan yang luar biasa.

Penuh terhadap perasaan setiap penonton, bahkan anime ini dihiasi dengan berbagai perassaan cinta terhadap orang yang dicintai. Saya sangat begitu senang melihat ada anime yang bisa bikin baper begitu dalam. Pembawaan yang dilatari perang saudara berhakhir dengan kedamaian dan Violet  Evergarden telah mengerti sebagian cinta yang diungkapkan dari pengalaman hidupnya.
Violet Evergarden
Bahkan saat mau mati
©Kyoto Animation/Netflix
Disamping memberikan kesan emosional. beberapa rombakan visualisasi sangatlah baik menghiasi Violet Evergarden dengan baik. Kyoani telah menunjukkan sebagai studio veteran yang berhasil memberikan visualiasi dengan penuh emosional. Disamping seiyuu dan musiknya yang baik.

Musik Classic yang Khas

Pembawaan begitu mewah dalam lantunan musik classic yang begitu semerbak. Beberapa anime memang menggunakan musik classic dalam beberapa situasi. Namun khusus Violet Evergarden yang menggunakannya dalam menghiasi Anime ini dengan baik. OST-OST Violet evergarden. Penghiasannya sangat baik dan tidak mengecewakan penonton. Bagiku sesuai baik dari lagu opening dan ending anime Violet Everdarden.

Keclassican musk yang diberikan adalah suatu konsep menarik selaras dengan backgropund dan selaras dengan maksud yang diberikan dalam anime ini. Sehingga tidak sia-sia kalau menonton Violet Evergarden sebagai anime perjalanan cinta terobati dengan baik.

Bahkan saya akui. Penggambaran musiknya tidak kalah dengan Game Final Fantasy. Bahkan pewaranaan musik ini sangat keren. amat keren.  Sangat amat saya akui sangat keren ini anime.

Kesimpulan

Perjalanan cinta adalah suatu konteks yang menarik untuk dipelajari. Hampir semua anime menggunakan formula yang sama dalam mengembangkan animenya. Tetapi formula yang diberikan telah membedakan Violet Evergarden dengan lainnya, selain keviralannya saat ekslusif di Netflix. Sekaligus memberikan makna cinta dalam berbagai sudut pandang berbeda menjadikan Violet sangat mengerti masalah cinta. Kombinasi surat menyurat merupakan suatu ide yang sangat luar biasa karena pada zaman yang sama dan saat inipun. Surat merupakan suatu pesan sangat luar biasa dan suatu pesan yang menjadikan hubungan cinta semakin utuh 
Violet Evergarden
Ku tetap mencintaimu
©Kyoto Animation/Netflix
Selain itu dikombinasikan dengan musik dan visulisasi yang cukup baik dikarenakan dibangun oleh studio Kyoani yang tiada tandingnya. Selain itu  pemusikan classic yang menghiasi anime ini dengan baik merupakan  nilai plus dikarenakan latarnya begitu hidup dengan musik yang diberikan. Bahkan pembawaan setiap karakternya meskipun fokus utama adalah Violet Evergarden. 

Kelebihan :

  • Memberikan cerita yang penuh dengan Emosional  
  • Alur cerita tidak begitu berat tetapi bermakna sangat tinggi 
  • Perjalan cinta yang digambarkan sangatlah tepat sesuai dengan latar 
  • Memberikan penegasan dan perbedaan yang menarik.  
  •  Musiknya sangat bermakna bahkan memberikan nilai plus luar biasa. 
  •  Menghayat dalam hati

Kekurangan :

  • Terlalu masih mudah untu melakukan teknik plot twist, tapi beberapa berhasil. 
  •  Masih terlalu istimewa anime ini karena hampir sempurna sebagai anime pembeda.
  • Terlalu fokus kepada Violet sendiri.

Nilai Obyektif = Kemungkinan besar saya memberinya 8.7/10

Cocok : Bagi Penikmat Anime yang benar-benar bergenre Lembut, Pecinta anime percintaan yang tidak memiliki romantisme berlebihan
Tidak Cocok : Gk cocok yang membutuhkan Suprise di dalamnya. Karena tidak banya kejutan yang diberikan.

Bagaimana menurut anda mengenai Violet Evergarden ini?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini