[Review] SukaSuka Anime : Caretaker

Kembali ke abab pertengahan dimana adanya ilmu sihir, petarungan antar pedang, dan monster-monster jelek nan ganas dan buas kembali menyerang kehidupan manusia di jaman itu. Banyaklah manusia-manusia yang gagah perkasa bertahan di jaman tersadis saat itu. Merekapun berusaha untuk mempertahankan hidup mereka bersama dengan ras makluh setengah manusia yang tersisa. Demikianlah yang terjadi di dalam SukaSuka Anime.
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
© Satelight / C 2 C
SukaSuka Anime atau Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka? ( WorldEnd: What do you do at the end of the world? Are you busy? Will you save us?; SukaSuka, What are you doing at the end? Are you busy? Can you save me? ;終末なにしおたすか?忙しいですか?救っおもらっおいいですか?) (Panjang amat) merupakan anime yang dibangun oleh studio Satelight dan C2C diadaptasi dari light novel terkenal berjudul yang sama  mahakarya dari Akira Kaneko dan ue. Dengan judul yang demikian panjangnya sesuai dengan judul lightnovelnya, maka ada daya tarik tersendiri di dalam anime ini. Mengapa tidak? anime yang judulnya ini pasti akan menjadi bahan pembicaraan untuk menyari Singkatan-nya, dan menjadi sebuah sipnosis dari anime yang ingin ditampilkan. Studio Satelight dan C2C selaku produksi anime berusaha membangun anime ini dengan berdasarkan adaptasi.

Studio Satelight dan C2C adalah studio gabungan yang menggarap SukaSuka Anime. Studio Satelight sendiri merupakan studio besar yang pernah membantu dalam penggarapan Fairy Tail bersama A-1 Pictures, Log Horizon, White Album, dan lain-lainnya bergenre action terkenal lainnya. Sedangkan C2C merupakan studio yang membantunya dalam penggarapannya studio Sateligt. Dengan melihat potensi dan harapan besar dari studio Satelight dan C2C, maka apakah kemungkinan anime SukaSuka ini akan menjadi terbaik dari anime lainnya, khususnya pada Spring 2017?
  
Berikut Staff yang mengerjakan SukaSuka :
Sutradara ditangai oleh Jun'ichi Wada.
Penulis ditangani oleh Akira Kareno, Mariko Mochizuki, Shingo Nagai, dan Toshizo Nemoto.
Pemusik ditangai oleh Tatsuya Katou.
Kreator Asli ditangani oleh Akira Kareno sebagai penulis dan pendesign ditangi oleh ue.
Produser Atsushi Itou.
Penyanyi lagu oleh Tamaru Yamada, Azusa Tadokoro, dan TRUE.
Kunci animasi oleh Shinichi Iimura dan Shinya Yamada.
Produser Musik oleh Shigeru Saitō dari label Studio Lantis. 
Dan lain-lainnya yang tergabung dalam
Serta membawa beberapa pengisi suara seperti Azusa Tadokoro, Ryohei Arai, Akari Uehara, Machico dan lain-lainnya yang tergabung dalam tim SukaSuka Anime.
   
Bagaimanakah keseruan anime Shuumatsu Nanti Shitemasu ka?.... (Suka-Suka)

Plot Keseluruhan

Setelah lima ratus tahun telah berlalu sejak banyaknya manusia dan ras punah di tangan monster buas "Beast" yang menakutkan. Sisa dari mereka yang masih ada saat itu membangun rumah dan perlindungan mereka di atas pulau terapung di langit yang tidak akan terjangkau dari semua monster yang akan menghancurkannya. Namun, "Beast" mulai mencapai pada beberapa pulau dan menghancurkan kediaman mereka. Sebuah dunia antara kematian dan kehidupan dimulai. Apakah mereka akan dapat bertahan?
  
Hanya ada sekelompok kecil gadis muda "Leprechauns" yang bisa menggunakan senjata kuno untuk melawannya. Dimana dalam kehidupan gadis-gadis yang tidak stabil dan singkat, panggilan untuk kematian tentu bisa datang kapan saja dan memasukan seluruh gadis-gadis muda dalam pertempuran yang tidak mungkin untuk mengorbankannya semua. Namun, ada seorang pemuda yang kehilangan segalanya setelah pertarungan lima ratus tahun yang lalu menjadi seorang perawat mereka agar siap dalam segala kondisi, termasuk kematian dan harus saling menyayangi membantu.
 
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
Chtolly Nota Seniorius
© Satelight / C 2 C
Akhirnya setelah itu, Willem menjadi seorang perawat yang berjuang merawat gadis-gadis "Leprechauns" tersisa. Karena tidak sangkup lagi bertarung fisik, Willem akan berjuang untuk membuat gadis-gadis muda mengerti apa artinya keluarga, saling menyanyangi dam melindungi. Willem-pun juga mencitai seorang yang ia pulang dari perang, yakni Chtholly yang pemegang senjata legendaris lainnya. Willem dan gadis-gadis muda secara bertahap mengerti arti kelaurga yang layak untuk dilindungi. Bagaimana Caranya Willem dalam merawat gadis-gadis yang dipersiapkan bertempur disamping itu pula, bagiamana kinerja Chtholly dan kawan-kawan dalam mencegah serangan dari para makhluk yang akan menghancurkan dunia?

4 Episode "Pembentuk Atmosfer Menarik"

Satu-satunya yang cukup interesting adalah diawali dengan pembentukan atmosfer fantasy yang menarik. Bagaimana episode 1 bener-bener memberikan akhir cerita dimana Chtholly adalah seorang manusia yang tersisa dalam pertarungan melawan "Beast", dimana dirinya pemilik senjata legenda yang digunakan untuk menghancurkan beast harus mati bersamaan ras yang tersisa. Opening dimana harus menjadi Ending dari anime ini sehingga menimbulkan banyak sekali pertanyaan sekaligus penghias yang luar biasa dalam SukaSuka. Selain itu, pembentukan episode awal bener-bener keren karena apakah anime ini akan berakhir dalam bentuk Happy Ending atau Bad Ending, cukup komplikasi.

Selain itu pula, Willem adalah seorang caretaker yang dulu adalah salah satu dari pahlawan yang pernah bertarung melawan "Beast" dirinya pernah menggunakan senjata legenda dalam mengalahkan berbagai "Beast". Tapi pertarungan akhirnya berbuahkan negatif. Dirinya gagal dalam melawan mereka dan hampir membuatnya membantu. Ini terjadi dalam episode 3 yang merupakan masa lalu dari Willem. Sangat disayangkan karena dirinya harus gagal dalam menyelamatkan dunia tersisa dan menjadi es. Selain itu pula, episode 4 merupakan episode dimana Willem menjadi caretaker membawa seorang gadis ke dalam rumah sakit.

Episode awal bener-bener menghipnotis penonton, mengapa tidak? Semua yang dikisahkan cukup menarik sekaligus. Semua ras tersisah harus bertahan hidup, termasuk manusia yang bener-bener bisa menggunakan senjata legenda dan ras lainnya untuk mengalahkan "Beast". Willem yang merupakan mantan dari itu cukup mengisahkan bagaiamana dirinya merawat seluruh gadis-gadis yang tersisa. Serta Chtholly yang mulai dirasukan sesuatu yang membuatnya harus bermental kuat serta merubah sifatnya menjadi "Beast". Sebuah hal yang unik sekali dalam anime ini. Sebab masih banyak permasalahan yang didalamnya butuh jawaban jelas. Oleh karena itu, pembukaan berasa bener-bener membuat atmosfer WorldEnd berasa menarik.

8 Episode Action Less

Satu-satunya Aksi yang ditampilkan cukup membosankan. Mengapa demikian, karena di opening musik ditampilkan bagimana aksi Chtholly dan kawan-kawan dalam menghabiskan "Beast". Selain itu pula, beberapa episode masih kurang menampilkan aksi-aksi yang berarti. Sehingga aksi nya berasa sangat kurang. Apalagi anime ini merupakan anime fantasy-action yang sebenarnya cukup keren jika di eksekusi melalui aksi-aski mereka. Walaupun demikian, masih okaylah.
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
Dunia lain!!
© Satelight / C 2 C
Mungkin saya sedikit menilai minus karena tidak memberikan aksi yang banyak. Namun cukup puas dengan sedikit action pertarungan yang ditampilkan Tapi aku rasa berasa okay dengan penampilannya. Walaupun tidak terlalu banyak, tapi masih kurang.

Kisah WorldEnd, Ambang Kematian

Entah, kisah drama, action, romance, ataupun fantasy yang diolah secara unik. Mengapa tidak, kisah action yang sedikit diberikan cukup dihiasi dengan masa lalu dari Willem. Selain itu pula, setiap episode berasa butuh jawaban. Karena dalam setiap episode memberikan jawaban yang tidak terduga. Sehingga setiap episode sangatlah berarti. Selain tu pula, setiap episode sangatlah kuat sekaligus sulit dipahami kalau tidak mendalam. Inilah yang menjadi menjadi nilai plus dalam anime ini. Maka harus bener-bener ditonton bolak-balik dan disambung dengan baik.
 
WorldEnd, Sebuah Ambang Kematian. Cukup menarik walaupun tidak memberikan banyak action kecuali fantasy. Semua ras harus bertahan diambang kematian. Selain itu pula, mereka harus bertahan dari seluruh masa lalu yang dapat merusak otak mereka.
 

CareTaker Mantan Pertarung

Anime SukaSuka kurang menjanjikan action yang berlebih di dalamnya, kurang menjanjikan banyak fantasy sekaligus pertarungan kepada "Beast". Namun semua kembali kepada tokoh utama yaitu Willem. Dimana dirinya harus merawat seluruh gadis-gadis "Leprechauns" yang tersisa.

Gadis-gadis "Leprechauns" yang berada dalam penginapan merupakan sisa-sisa manusia terakhir yang dapat menggunakan senjata legendaris. Mereka itu diperlengkapi dengan kemampuan-kemampuan yang kuat sekaligus kuat fisik dalam menghadapi kematian. Semuanya ini dipersiapkan oleh Willem saat dunia akhir ini.
 
Disamping itu pula, Willem selaku perawat baru juga mencintai Chtholly yang merupakan petarung dalam mempertahankan ras tersisa dari serangan "Beast". Mengapa? Karena mereka bener-bener mencintainya. Dimana seorang cowok membantu pekerjaan sebagai pembantu dan seorang cewek harus berani bertempur menggantikan cowok setelah lima ratus tahun dirinya gagal bertarung.
Pembentukan percintaan ini berakhir sebagai romance sederhana sehingga tidak berasa. Bahkan Action yang diberikan tidak berasa menarik disamping romance yang kurang berasa feelingnya. Sungguh disayangkan.
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
Anak-anak yang penting dijaga
© Satelight / C 2 C
Apalagi sebuah anime yang bener-bener menyajikan plot action, namun semua berakhir semua kepada Caretaker yang penuh dengan dialog, karena hampir seluruh episode mengarah pada demikian bukannya action, malah caretaker. Karena Willem menjadi seorang ayah yang akan merawat "Leprechauns" tersisa. Walaupun demikian, 2 episode akhir dieksekusi sangat keren karena action fantasy mulai ditampilkan dengan luar biasa walaupun begitu cepat. Eksekusi akhir yang bener-bener menarik untuk disimak, walaupun sebagian besar dihiasi caretaker.
   

Ending yang Menyedihkan dan Menjanjikan

Mencapai ending yang true ending, saya merasa bener-bener luar biasa dimana 2 episode akhir adalah episode istimewa yang menawarkan ending yang luar biasa juga. Dimana pertarungan akhir antara ras tersisa dengan beast yang merupakan musuh sepanjang anime ini. Sebuah adegan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang telah menantikan bagian istimewa ini, bahkan ditekan lebih dalam lagi dengan berbagai musik yang begitu indah dan visual yang menjanjikan.
  
Kembali dari caretaker menjadi petarung yang menyelamatkan seluruh angkatan perang yang tersisa, itulah Willem dalam anime ini. Namun pada akhirnya, Chthollylah yang mengorbankan dirinya setelah bertemu sang Elq Hrqstn, dimana dirinya yang terhubung dengan Chtholly dan masa lalu Chtholly serta merupakan pengerusakan pikiran yang terdapat dalam Chtholly sehingga merubah dirinya berambut merah. Pengorbanan Chtholly perlu diapresiasi karena telah menyelamatkan hampir sebagian ras yang tersisa. Bahkan di depan cowok yang dia cintai, yakni Willem.
  
Banyak sekali penonton yang menginginkan Ending bahagia dalam SukaSuka ini (bahkan pernikahan Chtholly bersama Willem), lalu semua sudah mulai berubah dan menimbulkan kesan berbeda yang diharapkan. Saya sendiri sudah mengerti ke mana ending yang akan dimaksudkan dan saya menyebut sebagai ending yang sebenarnya, ditambah berbagai aksi yang diberikan. Sunguh saya mendapatkan kesedihan, aksi, dan lainnya yang begitu isitimewa dalam anime ini, walaupun sebagian besar episodenya merupakan percakapan caretaker yang masih kurang menarik.
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
Ending yang sangat menyedihkan
© Satelight / C 2 C
Secara keseluruhan, plot caretaker memang berasa tidak kuat, serta lebih dihiasi dengan berbagai percakapan sekaligus membosankan. Karena itu sangat disayangkan sekali, tapi semua sudah mulai berubah saat mencapai ending dan tergolong dengan perubahan yang begitu cepat dalam SukaSuka Anime ini. Saya merasa bahwa Ending yang diberikan cukup indah dan memperbaiki seluruh perckapan yang ada dalam episode-episode sebelumnya. Sungguh endingnya membuatku sedih sekali walaupun begitu cepat juga.
  

Visual Fantasy yang Unik

Walaupun memang plot yang disajikan dari awal episode hingga 10 episode merupakan plot yang kurang menarik sekali untuk disimak, karena memberikan plot yang membosankan ketimbang ending yang diberikan. Sungguh salah satu bagian yang menarik disimak sekaligus butuh dilihat berulang-ulang. Oleh sebab itu, memerlukan visual yang indah agar menghasilkan anime yang menarik.
 
Visual yang diberkan memang merupakan gabungan dari dua studio, yakni C2C dan Satelight, dimana membawa sebuah background yang begitu indah dimana memberikan sebuah pulau langit ditambah beberapa bentuk-bentuk perkotaan yang mengambil bentuk ala abab pertengahan yang cukup menarik.
 
Selain itu pula, pembentukan viual pada karakter terlihat okay, saya tidak terlalu mengamatinya. Visual karakter yang dibangun oleh studio mereka cukup menarik. Bahkan untuk Willem dan Chtholly yang terlihat memukau dalam anime ini. Oleh sebab itu, visual yang diberikan terlihat okay untuk kali ini. Bahkan diberikan dalam bentuk abab pertengahan yang cukup luar biasa.
 

Karakteristik yang Menarik

Membawakan karakter-karakter manusia yang diberi sebagai julukan ras Leprechauns, beserta ras-ras lainnya yang terdapat dalam anime ini. Ditambah dengan berbagai karakter-karakter pendukung yang bener-bener banyak, tapi cukup menjelaskan anime ini dengan baik. Saya sendiri tidak terlalu melihat berbagai karakter selain 2 karakter utama yang merupakan pasangan yang sempurna, yakni Willem dan Chtholly.
   
Willem Kmetsch seorang cowok yang bekerja sebagai caretaker dari seluruh Leprechauns, hidup dalam 500 tahun yang lalu yang membeku sebagai batu dan diselamatkan oleh beberapa ras yang tersisa. Diriya memang adalah seorang kesatria dan pahlawan yang pensiun dalam perang, tapi tetap menjadi pertukangan yang ada. Merupakan ras Leprechauns yang cukup unik dalam anime ini yang bekerja untuk menghidupi mereka-mereka yang tersisa. Willem-pun memiliki kisah masa lalu yang begitu menarik sekaligus menyedihkan pula, keluarganya mati dan tidak dikehtaui karena apa, tapi kemungkinan besar adalah Beast Dirinya mencintai Chtholly begitu dalam. Sungguh kisah Romance yang menarik. Willem disuarakan oleh Arai Ryouhei.
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
Willem Kmetsch dan Chtholly Nota Seniorious
© Satelight / C 2 C
Chtholly Nota Seniorious seorang cewek yang bekerja sebagai pahlawan dalam membela ras-ras yang tersisa dari serangan para beast yang akan mereggut nyawa mereka. Dirinya digambarkan sebagai wanita berambut birung diikat di kedua ujungnya dan merupakan ras Leprechauns Fairy yang dapat menggunakan senjata legenda. Dirinya memang begitu hebat sebagai cewek yang sangat peduli terhadap semua orang, walaupun pada akhirnya mati sebagai pahlawan terhomat bersama Nephren. Chtholly sendiri disuarakan oleh Azusa Tadokoro.
 
Jujur, karakteristik yang diberikan sungguh cukup baik walaupun banyak yang diberikan, tidak terlalu buruk juga dalam anime yang satu ini, walaupun karakteristiknya akan berubah saat mereka mendapatkan kerusakan otak mereka karena hal-hal yang tidak terduga. Secara overall, mereka uckup baik dalam mebentuk karakter yang ada di sini dengan cukup jelas, termasuk karakter pendukungnya.

Musik Bener-Bener Pass

Dengan membawakan musik yang begitu menarik untuk didengar, dimana dikerjakan oleh Shigeru Saitō dari label Studio Lantis musik, memberikan pengaruh yang cukup baik dalam anime ini dan sangat indah oleh mereka. Dimana mereka cukup berhasil dalam mengelola seluruh musik, termasuk insert song yang mereka lakukan dalam anime ini.
 
Musik opening yang diberikan diberikan berjudul DEAREST DROP yang dinyanyikan oleh Azuka Tadokoro yang mengangkat cerita cinta tentang kehidupan di ambang dunia akhir. bagaimana caranya sang tokoh utama ingin mengukir cinta kepada mereka. Oleh sebab itu, lagu ini cukup enak untuk didengarkan.
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
Sebuah.... 
© Satelight / C 2 C
Musik Ending yang diberikan berjudul From oleh TRUE, membawa lagu ayng tetap romantis dalam animenya. Walaupun memang memberikan nada yang cukup sederhana, tapi sangat layak untuk didengar. Cukup baik juga pembawaan dari TRUE ini.
  
Selain itu terdapat beberapa insert song, salah satunya adalah puisi dan lagu legendaris yang sangat luar biasa adalah Scarborough Fair oleh Tamaru Yamada, dan Kinema oleh TRUE. Cukup luar biasa lagu ini sebagai penghias yang sangat baik oleh Latis studio dan timnya. Secara overall, lagu yang diberikan, termasuk lagu background sungguh sangat luar biasa dan cocok untuk anime SukaSuka ini.
  

Kesimpulan

Sebuah cerita WorldEnd yang bener-bener menarik untuk disimak, walaupun perlu banget pendalaman yang mendalam dalam mempelajari anime ini. Dimana kisah asmara antara Willem dan Chtholly dalam dunia akhir begitu menarik, walaupun memang banyak percakapan dan mengarah pada caretaker dari Willem ini kepada seluruh Leprechauns yang tersisa. Memang sangat disayangkan hampir seluruh episode yang diberikan. Jujur, saya menilai sebagai caretaker karena mendominasi dalam anime ini.
Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?
Kisah Cinta berdua!
© Satelight / C 2 C
Sungguh sangat disayangkan dengan dominasi yang terjadi dalam anime ini tanpa aksi yang begitu berarti banyak, selain yang ada dalam 2 episode akhir. Dengan plot yang sulit dicerna sekaligus sangat luar biasa jika didalami, musik yang sangat mendukung, dan visual yang cukup indah. Saya menilai plus dalam anime ini walaupun 10 episodenya sangat sayang sekali. Untuk mendapatkan cerita yang lebih dalam dari anime ini adalah harus memperhatikan setiap percakapan dan cerita masa lalu dari mereka. Saya sedikit merekomendasikan bagi mereka yang suka aksi anime, nonton di episode 11 dan 12, tapi untuk mendalaminya, maka harus menonton dari awal sampai akhir.

Kelebihan

    • Plotnya memang menarik, tapi sulit dicerna. Oleh sebab itu perlu
    • Endingnya sangat istimewa, sehingga feelingnya dapat begitu istimewa anime ini.
    • Musik yang dibawakan sangat mendukung anime ini dengan baik.
    • Visual yang cukup baik untuk ditonton.
    • Aksi akhir yang memukau di episode-episode akhir.
    • Karakteristik yang menarik untuk disimak.
     

      Kekurangan

      • Ceritanya masih membosakan di awal karena lebih sering mempertunjukan romance dan percakapan saja.
      • Karakter terlalu berfokus pada karakter utama.
      • Sulit di cerna ceritanya, maka perlu banyak menonton ulang.
      • Banyak percakapan yang membuatnya membosankan, bahkan untuk episode 1 - 10 ini.
      • Aksi yang diberikan tidak begitu banyak, oleh sebab itu, masih dalam kategori kurang.
       

      Saran

      • Memperbanyak aksi yang diberikan dalam anime ini.
      • Sedikit menjelaskan bagaimana jalannya cerita anime ini.
      • Tidak terlalu perlu banyak diperbaiki, namun sebagian besar antusias jikalau ada season 2 yang serupa dengan anime SukaSuka ini. Semoga saja.
      • Mempertahankan visual yang tergolong baik ini, oleh karena pembawaannya yang cukup khas dengan background yang diberikan.
        
      Cocok : Plot yang terbilang sulit dicerna, kisah romantis di era akhir dunia, dan cerita cinta yang cukup. Selain itu pula yang mencari fantasy di dunia abab pertengahan.
      Tidak Cocok : Bukan pencari anak kecil disini, karena tidak ada yang membahas tentang ini. Pencari aksi yang memukau atau lebih mendominan.
       

      Terima Kasih

      Studio C2C dan Satelight dalam membangun anime ini, serta studio musik Lantis dalam membangun musiknya.
      Komentar Facebook
      0 Komentar Blogger

      0 komentar

      Post a Comment

      Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini