Youtubers Hilang dari Toplist Cita-Cita Anak Jepang Saat Ini

Sempat setahun lalu ketika saya membaca berita di JurnalOtaku, sempat terkejut sebagaimana Anak-Anak Jepang ingin Menjadi Seorang Youtubers. Sempat menjadi agak viral pula karena sebagian anak yang masih muda ingin mencoba menjadi Youtubers karena pekerjaan tersebut dianggap cukup mudah dan berbakat dalam pembuatan konten kreator. Youtubers dianggap sebagai momok untuk mendapatkan uang banyak dengan kerja sederhana. Namun cita-cita profesi anak Jepang saat ini?
Anak-Anak Jepang
Anak-Anak Jepang, Sumber : Brilio

Dengan berdasarkan poling internet yang diadakan oleh irorio tahun ini dengan melibatkan 500 anak-anak Jepang dengan rasio umur 6 - 15 tahun (SD dan SMP). Youtuber bukanlah profesi yang paling banyak diinginkan oleh anak-anak tersebut. Lebih banyak kecenderungan anak-anak untuk mengharapkan pekerjaan yang realis dengan kerja keras. Berikut

Lelaki usia 6 - 15 Tahun
1. Soccer Player (Pemain Soccer)
2. Doctor (Dokter)
3. Baseball Player (Pemain Baseball)
4. Police (Polisi)
5. Pegawai Negeri (PNS)
6. Teacher (Guru)
7. Company employee (Pekerja Kantor)
8. Scholar/researcher (Terpelajar / Peneliti)
9. Game developer (Dev. Game)
10 Pilot/engineer/programmer (Pilot, engineer, Programmer)

Perempuan Usia 6 - 15 Tahun
1. Baker (Pembuat Roti)
2. Doctor (Dokter)
3. Teacher (Guru)
4. Nurse (Perawat)
5. Pegawai Negeri (PNS)
6. Police (Polisi)
7. Scholar/researcher (Terpelajar / Peneliti)
8. Fashion designer (Designer baju / Fashion)
9. Baseball player (Pemain Baseball)
10 Actor/company employee (Aktris/Pemain Film, atau Pekerja Kantor)

Jika hal tersebut dipisahkan berdasarkan pendidikan sekolah mereka, Anak laki-laki SD lebih menginginkan untuk menjadi pemain bola, sedangkan anak SMP lebih menginginkan menjadi seorang Dokter. Sedangkan anak perempuan usia SD lebih cenderung menginginkan jadi baker, sedangkan anak perempuan usia SMP ingin menjadi Dokter.

Sungguh sebagai pembaca list profesi ini. Dokter merupakan cita-cita yang paling banyak diharapkan oleh anak-anak Jepang saat ini. Pikiran mereka lebih dewasa ketimbang tahun lalu yang masih kurang mendasar. Dengan melihat profesi ini, dapat diharapkan cita-cita anak-anak Jepang kedepannya akan jauh lebih baik bahkan menghasilkan lulusan yang luar biasa kedepannya. Saya sebagai penulis senang akan perubahan yang terjadi pada cita-cita anak Jepang saat ini walaupun didominasi cita-cita sebagai pegawai, bukanlah pengusaha. Namun saya sendiri mengharapkan untuk lebih bekerja keras agar tercapai. Bagaimana dengan Cita-Cita mu? Sejauh mana Perjuanganmu?

Sumber :
Jurnalotaku oleh Randy
Image(hanya mengambil gambar):
Brilio
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini