Kelebihan-Kelebihan dari Koe no Katachi / A Silent Voice

Setiap manga maupun anime pasti memiliki kelebihan-kelebihan sendiri yang membuat manusia jatuh cinta bahkan terenyuh akan cerita maupun karakter yang dibawakan (terlebih lagi musik yang dibawakan). Bahkan bagi anime yang memiliki hal demikian, patut untuk dipertimbangkan dan untuk ditonton ulang. Termasuk salah satunya adalah Karya adaptasi manga oleh Kyoto Animation.
Teman-Teman Ishida :)

Secara keseluruhan

Mengangkat cerita bully dan kecacatan merupakan ciri khas yang sangat terpancar dari A Silent Voice / Koe no Katachi. Bahkan cerita ini diperparah dengan Tokoh utama yang bener-bener harus merasakan karma yang dia derita saat menjadi korban bully. Namun Semuanya berbeda ketika dirinya mulai bertobat dan mulai berteman dengan teman-temannya.

Koe no Katachi (A Silent Voice, The Shape of Voice, 聲の形) animenya sendiri merupakan adaptasi dari manga karangan Yoshitoki Ooima.Yoshitoki Ooima sendiri merupakan mangaka cukup terkenal. Hampir semua manga-nya laris dipasaran, termasuk Koe no Katachi itu sendiri.

Setelah kita memahami Trailer serta yang telah membaca ulasan kami sebelum mengenai Koe no Katachi. Maka kalian akan memberikan gambaran sekilas yang sangat indah dari Koe no Katachi. To the poin, kali ini saya akan memberikan kelebihan yang lebih dalam dari ulasan kami mengenai Koe no Katachi.

Plot Sederhana, tapi Dalam dan Kuat

Mengangkat cerita dimana seorang pembully yang bertobat akan kelakukannya kepada Nishimiya bernama Ishida. Setelah dia mengalami penyesalan yang begitu dalam. Dirinya mulai sadar bahwa Nishimiya-lah yang membuatnya hidup berubah. Memang terlihat sederhana, tapi masih banyak pendalaman yang luar biasa dari trailer yang diberikan.

Untuk versi animenya sendiri, saya rasa masih terlihat okay. Versi anime masih terdapat banyak sekali plot hole alias tidak sesuai dengan manganya(Beberapa pendalaman karakter pendukung yang minus). Tapi, jika kita ambil sudut pandang animenya saja dengan menghilangkan adaptasi manganya. Maka akan mendapatkan suatu cerita yang berharga super worth it. Bahkan patut untuk diperhatikan.

Plot yang disajikan oleh Kyoto Animation dalam animenya merupakan bagian dari rangkuman manga Koe no Katachi dengan mempertahankan inti cerita dari Koe no Katachi. Walaupun beberapa hal telah dihilangkan. Tapi ceritanya tetap kuat dengan inti ceritanya saja yang diambil. Secara keselurahan, Plot Koe no Katachi sangatlah luar biasa. Semoga plot hole anime Koe no Katachi bisa diperbaiki dengan baik.

Terlalu bagus dan Sangat Emosional!

Koe no Katachi merupakan anime drama yang sedikit-dikit memberikan bumbu slice of life dan condong kearah emosional. Sejujurnya, Koe no Katachi sangatlah cocok. Sebab hampir setiap adegannya merupakan kegiatan sehari-hari di kalangan masyarakat, khususnya anak sekolah. Bahkan dengan pendalaman yang luar biasa. Koe no Katachi bisa dikatakan anime yang tersukses tahun 2016 di samping Kimi no Na Wa.

Disuguhi adegan yang fantastic sehingga menguras seluruh / sebagian air mata audiens yang menyaksikan Koe no Katachi. Bahkan untuk versi anime nya pun mempertajam dari manganya. Segi cerita, Anime dan manganya sangat luar biasa. Bahkan seorang Makoto Shinkai yang membangun Kimi no Na Wa memujinya.

Sungguh, saya rasa adegan yang diperlihat sangatlah luar biasa dari anime demikian. Anime yang menguras emosi ini patut sekali untuk ditonton.

Nishimiya dan Ishida

Berdiri dalam dua negara yang berbeda, dimana yang satu merupakan negara kuat karena kelebihan yang dia miliki, sedangkan negara seberang merupakan negara yang memiliki banyak sekali kekurangan. Namun negara-negara tersebut menyatu dengan sendirinya.

Shoya Ishida disuarakan oleh Miyu Irino, dan Mayu Matsuoka memberikan gambaran sebagai orang yang bertobat dari pem'bully'an yang ia lakukan kepada Nishimiya. Perjuangan Shoya untuk mengembalikan masa kejayaannya SD, teman-temannya, dan terlepan dari ikatan penyesalannya sangat luar biasa.

Shouko Nishimiya disuarakan oleh Saori Hayami merupakan gadis tuna rungu yang cukup menyita  perhatian seluruh audiens. Mengapa tidak? Shouko tetap menghadapinya. Bahkna dianggap sebagai hal yang wajar. Dirinya harus sabar menghadapi seluruh cobaan dalam hidupnya saat SD. Bagiku, Shouko Nishimiya merupakan gadis yang sangat kuat dengan pembawaannya.

2 Karakter utama, baik itu di anime maupun manga yang memiliki pengaruh besar dalam anime ini. Bahkan pendalaman karakter ini jauh lebih baik daripada karakter pendukung animenya (tidak sebut manga-nya). Untuk mendapatkan pendalaman karakter yang lebih, dimohon untuk membaca manganya setelah menonton animenya. (Saya tidak bilang karakter lainnya buruk, tapi untuk mendapatkan pendalamnya yang harus membaca manganya).

Visualisasi yang Menarik (Beautiful)

Secara keseluruhan, visual yang diberikan sangatlah luar biasa. Mengapa tidak?? Kyoto Animation sebagai studio besar dengan staff ahli telah menyulap visualisasi yang terlihat menarik sekali, baik itu background maupun penggambaran karakternya. Bahkan visualisasi ini terlihat lebih indah dari manga yang disajikan oleh Yoshitoki Ooima.

Koi wa Shita no wa (恋をしたのは)

Dari sekian lagu beautiful yang disedikan, cuman lagu penutup yang sangat memoriable. Mengapa tidak, kalian pasti terlalu sering mendengarkan lagu ini di trailer-kan?? haha, memang benar di Trailer. Namun saya pastikan lagu ini merupakan lagu yang paling bagus dari Koi no Katachi. Oleh karena dibawakan saat yang tepat waktu. Sehingga saat kalian menonton Koe no Katachi saat ending yang dinyanyikan oleh aiko. Kalian pasti akan merasakan sesuatu yang menganjil dalam hati kalian. Untuk lagu lainnya, saya rasa tetap menjadi penghias yang bagus dalam Koe no Katachi.

Kisah yang Kaya akan Moral Story

Koe no Katachi memberikan kisah yang kaya akan moral kepada banyak orang, terutama di kalangan masyarakat saat ini. Dimana kita disuguhi bahwa  bully merupakan perbuatan yang tidak baik, bahkan jikalau kita melakukannya, maka kita akan kena karma yang rasanya 10 x lebih menyakitkan daripada kita membully seseorang. Maka dari itu kita secara tak langsung meninggalkan praktek pembullyan di masyarakat.

Selain praktek bully yang harus ditinggalkan, salah satu hal yang ingin disampaikan dari korban bully adalah kita harus kuat. Bahkan kita harus sabar menghadapi itu semua. Memang semua itu sangat menyakitkan di hati, tapi harus tetap dijalani dalam realitas kehidupan sekarang. Usaha yang dilakukan oleh Kyoto Animation dan Yoshitoki Ooima sangat layak mendapatkan pujian yang luar biasa untuk memberikan pelajaran yang berharga bagi kehidupan bermasyarakat.

Bagaimana pendapatmu??

Setelah saya bahas kelebihan-kelebihan yang aku dapatkan di Koe no Katachi, mungkin sebagian pembaca ada yang tidak setuju dari pembahasan yang aku lakukan dalam tulisan ini. Tapi inilah yang saya dapatkan saat menonton Koe no Katachi pada tanggal 3 Mei 2017.
Mengisahkan Nishimiya dan Ishida
Walaupun demikian, saya sangat mengapresiasi karya Kyoto Animation dalam membangun anime bernilai emas seperti Koe no Katachi. Mengutip pernyataan Makoto Shingkai bahwa "Seberapapun kau meniru Koe no Katachi, kau pasti tak kan bisa." Ternyata benar(menurutku) yang dikatakan oleh beliau. Semoga saja ada anime yang memiliki cerita lebih kuat lagi dan memberikan perubahan dalam kehidupan. (Selepas menonton Animenya, jangan lupa baca manganya karena pendalaman sebenarnya terdapat di manga-nya. :) )
 
Ucapan terima kasih :
MAL --> Koe no Katachi Terima Kasih pula kepada Encore Film Indonesia yang membawakan anime ini untuk datang ke Indonesia.
Studio Kyoto Animation 
Yoshitoki Ooima 
dan Screen shot dari trailer yang sangat berguna.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini