[Review] Grisaia no Meikyuu : Tetaplah Berjuang dalam Labirin Kehidupan

Studio 8 Bit lagi-lagi mengadaptasi visual novel yang cukup terkenal di Jepang. Dan Studio 8Bit tidak kehabisan ide untuk itu. Dirinya berusaha membawakan seluruh trilogi dari Grisaia itu sendiri. Trilogi kedua dari Grisaia telah dibawakan dalam bentuk special.
Grisaia no Meikyuu
Grisaia no Meikyuu aka
Le Labyrinthe De La Grisaia
© Studio Frontwing / 8bit
Seperti kalian baca reveiw before it yang asyik-asyikan membahas tentang Grisaia No Kajitsu - Dengan masa lalu yang suram. Kali ini akan menyajikan suatu hal yang begitu berbeda tapi sama. Bahkan lebih suram dari tokoh-tokoh heroine lainnya.. Untuk mengerti siapakah yang mendapatkan porsi special ini??

Grisaia no Meikyuu / Caprice no Mayu 0 (The Labyrinth of Grisaia: The Cocoon of Caprice 0 / Le Labyrinthe de la Grisaia グリザイアの迷宮 カプリスの繭0) merupakan Fasis kedua dari Grisaia. Merupakan sequel Grisaia no Kajitsu yang menceritakan sebuah labirin kehidupan yang begitu kuat. Labirin inipun menjadi episode special dan penyambung antara Grisaia no Kajitsu(S2) dengan Grisaia no Rauken(S3). Tetap mempertahankan studio yang pernah mengerjakan Grisaia no Kajitsu.

Berikut merupakan Staff yang mengerjakan Grisaia no Meikyuu
Motoki Tanaka aka Tenshou sebagai sutradaranya yang pernah mengerjakan Rewrite dan sutrada untuk GrisaiaJin Aketagawa sebagai sutradara suaranya.
Front Wing sebagai pemilik originalnya.
Junpei Fujita dan Haruki Mori sebagai pemusiknya.
Faylan sebagai penyanyinya
Tsutomo Ueno sebagai sound effect.
Hidetoshi Namura Sebagai Sutradara episode sekaligus kunci animasi.
Kazuhiro Inoue sebagai Sutradara Art
Yuuya Kumazawa sebagai fotografer
Nonaka Masayuki sebagai Kepala Sutradara Animasi
Natsumi Takemiya sebagai editor
Akio Watanabe sebagai Design Karakter Original, dan kepala sutradara animasi.
Serta animator didalamnya (credit title)
Selain itu juga membawa pengisi-pengisi suara dalam tim Grisaia, seperti Ayaka Suwa, Takahiro Sakurai, Akane Tomonaga, serta lain-lainnya.

Plot Keseluruhan

Kembalinya cerita masa lalu yang seram di Grisaia sesaon 2 ini. Setelah memberikan kisah masa lalu sekaligus resolusi yang dihadapi oleh 5 gadis Mihama Academy. Kali ini kita diberi suatu cerita yang lebih seram dari mereka itu semua. Tidak lain adalah sang tokoh laki-laki utama. Kazami Yuuji.

Setelah Kazami Yuuji(Ayaka Suwa, Takahiro Sakurai) telah menyelesaikan misinya di Akademi Mihama, dirinya memutuskan untuk kenaikan jabatan di CIRS. Dirinya mulai berkonsultasi dengna JB. JB dan Yuuji mulai memeriksa dokumen dan membedah seluruh masa lalu yang dimiliki oleh Yuuji.
Grisaia no Meikyuu
Kisah ku disini
© Studio Frontwing / 8bit
Sementara itu, tanpa sepengetahuan Yuuji, Murid-murid Akademi Himana juga menemukan robekan dokumen-dokumen yang disembunyikan Yuuji dalam kamarnya. Bagaimanakah isi dari Dokumen Yuuji tersebut dan Apakah yang terjadi mereka selanjutnya?

Menghadirkan kembali Grisaia

Menghadirkan kembali ciri khas Grisaia, yakni masa lalu suram penuh penyesalan yang dialami oleh seluruh heroine wanita di Akademi Mihama, namun kali ini berbeda. Kehadiran cerita yang masih kental dipikiran audiens dihadirkan kembali dalam karakter utama cowok. Yakni Kazami Yuuji

Kazami Yuuji adalah murid misterius yang merupakan bagian dari intelejen negara. Namun dibalik dirinya yang menjadi intelejen negara, dirinya pun memiliki cerita masa lalu yang begitu seram pula. Bagaimanakah kisah masa lalu dari Yuuji ini?

Cobaan Psikologis yang Berat

Kazami Yuuji saat masa lalu merupakan anak yang terbuang. Dirinya tidak memiliki kemampuan apapun tak seperti kakaknya. Dirinya merupakan anak yang tak berguna apapun dikeluarganya. Bahkan dirinya diasingkan dan tidak dianggap sebagai bagian dari keluarga Kazami.
Grisaia no Meikyuu
Kisah Sedih
© Studio Frontwing / 8bit
Keluarganya Kazami harus menganak kandungkan Kazami Kazuki ketimbang Kazami Yuuji. Mereka menganggap Kazami Yuuji adlaah anak sampah dan layak untuk dibuang. Namun sebaliknya Kazami Kazuki lebih menganggap Adikknya sebagai pasangannya.

Hingga suatu saat dimana Kazuki harus mati begitu saja. Keluarga Kazami-pun mendapatkan kehancuran yang luar biasa yang mengakibatkan Yuuji tertekan Batin yang berat. Ibunya harus mengakhiri nyawanya bersamaan dengan bapaknya. Bahkan Yuuji sendiri harus dilatih oleh kelompok yang jahat. Bagaimanakah Yuuji yang masih kecil itu dapat bertahan hingga sekarang? 
Grisaia no Meikyuu
Kekerasan Rumah Tangga
© Studio Frontwing / 8bit
Satu hal yang ingin disampaikan begitu dalam dari kreator asli Grisaia no Meikyuu. yakni Front Wing kepada kita dengan mempertebal kesensaraan yang dialami oleh Kazami Kazuki. Bahkan kesengsaraan ini tidak pantas bagi anak seiusia Kazami Kazuki. Namun dibalik itu, tetap ada penyampaian yang lua biasa yang ingin Front Wings sampaikan.

Secara keseluruhan, plot begini merupakan plot "Garis keras". Dimana mengisahkan hal yang sungguh berat diterima selayaknya anak zaman sekarang. Dengan merangkum inti cerita dari Grisaia no Meikyuu visual novelnya. Bahkan rangkumannya ini aku rasa udah cukup (belum nemeukan celahnya) untuk menggambarkan kehidupan kecil dari Kazami Yuuji yang sengsara sekali. Bahkan penyampaian yang singkat ini dibawakan oleh 8bit secara baik dan cukup mendalam.

Tetaplah Berjuang

Perjuangan Yuuji untuk bertahan dalam alam kehidupannya yang tak menginginkan dirinya untuk hidup lebih lama lagi. Bahkan dirinya tak diharapakan oleh dunia. Namun dirinya merupakan sesuatu yang cukup menghancurkan. Perjuangan Yuuji untuk bertahan hiduplah yang cukup diapreasiasi.

Bahkan saya rasa, plot garis keras ini cukup memberikan gambaran kuat akan keadaan Kazami Yuuji yang menjadi bagian inpirasi yang cukup nyata. Suatu hal yang cukup bertampak besar yang ingin diceritakan.
Grisaia no Meikyuu
Berjuang!!
© Studio Frontwing / 8bit
Perjuangan kita sebagai manusia masih berlum berakhir sekedar sekian saja. Bahkan walaupun kematian menghantui kita. Kita harus tetap berjuang selayaknya Kazami Yuuji yang memiliki background yang cukup berat sekali. Selain itu, juga memberikan gambaran karakteristik Yuuji saat kecil yang sangat jelas pula. Pujian yang cukup tinggi kepada kreator.

Menyentuh Sekali

Dibalik perjuangan Yuuji dalam mempertahankan hidupnya, dirinya juga harus berhadapan sesuatu yang lebih serius dan menekan bantin serta kejiwaannya. Dirinya harus menghadapi keluarga yang saling menjatuhkan kehidupan Yuuji. Bagaimanakah Yuuji dapat bertahan semuanya itu.?
Grisaia no Meikyuu
Kisah Keluarga keras
© Studio Frontwing / 8bit
Dibalik pemberian Fans services yang tidak begitu kuat, Grisaia no Meikyuu juga memberikan sentuhan yang cukup sadis pula. Yakni penderitaan yang diterima oleh Yuuji. Bahkan penderitaan yang diterimanya cukup menyentuh audiens hingga sedikit mengganjil dimata mereka. Sentuhan cerita yang terlihat sedikit ini ditambah dengan musik yang memperparahnya cukup diapreasiasi. Penyentuhan yang baik oleh 8bit di eksekusi dengan baik.

Resolusi??

Setiap cerita mesti memberikan resolusi yang jelas maupun tidak jelas. Namun kali khususnya Grisaia no Meikyuu tidak memberikan resolusi jelas. Tapi memberikan permasalahan yang sangat membuat banyak orang bertanya-tanya. Sehingga berhasil menimbulkan permasalahan tanpa menimbulkan resolusi jelas dalam Grisaia no Meikyuu.

Walaupun demikian, audiens masih ingin betanya-tanya merupakan nilai tersendiri yang cukup baik diekseskusi. Sehingga mereka dapat menonton season 3 yang berjudul Grisaia no Rakuen sebagai puncak anime trilogi of Grisaia dan sequel dari Grisaia no Meikyuu.

Inti Cerita?

Sejujurnya, bagi kebanyakan yang telah membaca Visual Novel, pasti mengira hal yang ganjil. Yakni melewati batas dari cerita Visual novel. Namun tetap mengambil inti ceritanya. Yakni dengan membuang ending pemanis Visual Novel setiap karakternya dan mengambil cerita dari Yuuji. Tapi inti ceritanya yang diambil oleh studio 8bit cukup baik. 
Grisaia no Meikyuu
Inti cerita kembali ke masa lalu
© Studio Frontwing / 8bit

Musik

Musik Tema yang diberikan hanya berupa Ending saja yang terlihat disini. Walaupun demikian, 8bit studio bersama para pemusiknya telah cukup mengeksekusi musiknya dengan baik.

Walaupun tidak ada opening (vocal) dalam Grisaia no Meikyuu, tapi dengan Ending sebagai theme song menurutku cukup baik. Ppening Grisaia no Meikyuu lebih berbeda daripada opening pada Grisaia no Kajitsu dan Rakuen. Perbedaan inilah yang cukup menjadikan khas tersendiri dari Grisaia no Meikyuu. Selain itu, pemberian intrument dan cerita yang cukup dieksekusi denganbaik

Ending vocal musik pada Grisaia no Meikyuu dibawakan oleh Faylan dengan judul Grimm cukup memukau hanya dengan 1 menit 30 detik. Selain itu juga menjelaskan tentang dirinya, si Yuuji akan keinginannya membalaskan seluruh yang telah direbut oleh mereka. Overall, lagu vocal ending yang cukup berkesan.
Grisaia no Meikyuu
Harta, Tahta, Keluarga
© Studio Frontwing / 8bit
Selain itu, musik background yang dibentuk oleh Junpei Fujita dan Haruki Mori masih memberikan khas yang dipertahankan dari Grisaia no Kajitsu. Hampir semua musik berasa sama dengan seri sebelumnya. Penuh dengan drama, violin, dan piano. Background musik yang sangat sekali berkesan, bahkan feel dari background musik yang cukup luar biasa. Sangat penuh dengan pujian kepada Junpei Fujita dan Haruki Mori yang membawakan musik serupa dari Visual Novelnya.
 

Visualisasi

Selain itu, jangan lupakan visualisasi yang diberikan. Grisaia no Meikyuu masih mempertahankan ciri khas dari Trilogi Grisaia. Namun kali ini menampilkan visual yang cukup baik dengan memberikan kesadisan yang lebih meningkat.
Grisaia no Meikyuu
Visualisasinya oke
© Studio Frontwing / 8bit
Memberikan background yang terlihat normal namun halus. Kehalusan background yang diberikan mulai cukup berasa. Bahkan cukup baik dari Grisaia no Kajitsu. Selain pula, juga visualisasi yang dibawakan tetap mempertahankan sedikit dari Visual Novel dengan penambahan karakter yang baik. Selain itu, pembawaan yang diberikan pada karakter tetap baik dengan pembauran bersama background visual yang diberikan. Overall, semua berrasa okay, tidak banyak penajaman warna, dan berasa okay di mata.

Kesimpulan

Kazami Yuuji memiliki latar belakang yang begitu kuat sebelum dirinya ditemukan oleh Asako. Bahkan dirinya harus merasakan pedih, kesakitan, dan api yang ada di dunia hingga batas dari antara kematian dan kehidupan sejak dirinya dilahirkan. Bagi manusia saat ini, itu hal yang sangat tidak mungkin dilakukan. Bahkan mereka akan menyerah begitu saja. Tapi tidak bagi Kazami Yuuji.
Grisaia no Meikyuu
Oke sampai keujung acara
© Studio Frontwing / 8bit
Cerita Kazami Yuuji inipun dibuat sepadat mungkin telah diekseskusi dengan baik oleh 8bit studio (yang menjadi rangkuman Visual Novel). Visualisasi yang mempertahankan Ciri khas tersendiri dari trilogi grisaia berasa sangat baik walaupun beberapa visual dan adegan tidak cocok bagi anak-anak. Selain itu pula terdapat pembawaan karakter Yuuji yang sangat kuat memperlihatkan kelemahannya dan perjuangannya. Musik yang dibawakan tetap mempertahankan ciri khas Grisaia dengan penambahan yang musik yang enak sekali ditelingan bahkan merubah suasana yang cukup keren.

Dengan memperhatikan kelebihan-kelebihan terutama pada ceritanya yang begitu komplek, keras, dan penuh makna ini sangat layak sekali untuk ditonton. Cerita yang memberikan kita motivasi keras ini cocok untuk mereka yang ingin mencari plot yang tajam, keras, serta bermakna ini.

Kelebihan

  • Memberikan plot yang begitu keras, kuat, dan penajaman yang baik. Cukup menjelaskan masa lalu dari Kazami Yuuji ini seperti labirin kehidupan.
  • Penderitaan Yuuji menjadi penarik perhatian ayng cukup luar biasa.
  • Musik yang cukup membawa suasana yang cukup keras. Bahkan suasana yang dibawakan berasa enak.
  • Visualisasi yang mempertahankan ciri khas grisaia dari Front Wing cukup baik.
  • Makna yang tersurat cukup memberikan kita semangat yang luar biasa. Bahkan cerita yang diberikan cukup baik.
  • Ending yang masih menimbulkan rasa ingin tinggi dan tanda tanya besar cukup menarik perhatian audiens menonton season 3-nya (bahkan bagi yang belum membaca Visual Novelnya).

Kekurangan

  • Beberapa karakteristik (terutama pendukung) berasa sekilas saja. Bahkan masih kurang begitu menarik.
  • Walaupun memberikan penderitaan Yuuji yang luar biasa. Tapi masih kurang panjang, bahkan masih membutuhkan beberapa adegan untuk memperkuatnya. Butuh penambahan durasi yang berarti.
  • Karakter-Karakter pendukung masih perlu diperkuat masa lalu mereka. Bahkan masih ingin perlu dijelaskan begitu dalam lagi.
  • Bacalah Visual novel dari Grisaia no Meikyuu. Masih banyak cerita yang perlu dijelaskan. Maka perlulah membaca visual novelnya.
  • Adegan-Adegan dewasa yang tidak layak untuk anak-anak. Tapi bagus untuk mengajarkan-nya sedini mungkin.

Saran

  • Mempertahankan visualisai yang khas dari Grisaia
  • Memperpanjang durasi yang ada agar berrasa seperti movie.
  • Memasukan cerita ke dalam anime Movie yang bergitu bagus dan cocok.
  • Memperjelas Karakter yang masih kurang di Grisaia no Meikyuu.
  • Tidak memberikan banyak fans service. Tapi memperjelas cerita dan menguat cerita.
  • Plot hole, masih ada cerita yang dibuang, tolong ditampilkan lagi.

Cocok : Bagi yang membutuhkan Cerita yang kuat dengan sedikit kesan fans service. Menginginkan action tingkat rendah(tidak terlalu banyak).

Tidak Cocok : Bagi anak-anak yang tak ingin visualisasi yang keras. (Bahkan bukan untuk anka-anaka) Bagi yang ingin Action lebih banyak

Terima kasih kepada :MAL sebagai referensi Grisaia no Meikyuu.
Studio 8bit dan Front Wing dalam membawakan anime ini.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini