[Review] Spy x Family Part 1 - Banyak Salah Paham itu Nilai Jualnya

Pernahkah membayangkan sebuah keluarga yang sebenarnya kehidupan dalam sehari harinya adalah salah paham? Mungkin kita rasa hal tersebut adalah hal yang tidak masuk akal. Bahkan keluarga yang ada kepentingan dibalik itu semua ada sesuatu yang tak terduga yang ada dalam kehidupan. Bahkan keluarga yang kita ketahui saat ini adalah keluarga yang bikin senyum sendiri. Apakah anime yang kita maksud ini?

Spy x Family Season 1 Part 1
Spy X Family Season 1 Part 1
Keluarga Forger
© Tatsuya Endō / Wit Studio /
CloverWorks
  

Inilah Spy x Family / Spy × Family,  Spy x Family adalah anime yang digarap oleh studio Wit Studio, Clover Work dan diproduksi maupun dipublish pada musim Spring 2022 dimana terdapat setidaknya 12 episode yang menceritakan cerita. Spy x Family sebuah anime yang menceritakan keluarga mata mata super yang bertujuan untuk mencegah perang dunia. Bahkan Spy x Family adalah anime yang cukup viral saat ini karena menampilkan berbagai hal yang tidak kita duga. Sebuah anime yang sangat menarik ini adalah sesuatu yang membuat diri kita menarik dari hari ini. Apakah yang menarik dari Spy X Family ini? Mengapa akhirnya kita review agak panjang dan cukup dalam ini?


Plot 

Sebuah keluarga yang penuh tanda tanya. Kok bisa? Karena keluarga ini sendiri adalah keluarga yang punya keunikan di mana mereka menyembunyikan identitas mereka sendiri. Bahkan setiap anggota keluarga punya keunikannya tersendiri dan kekuatannya sendiri. Apakah yang menarik dari keluarga ini? Apakah yang menyebabkan keluarga ini harus saling menyembunyikan identitas mereka?

Spy x Family Season 1 Part 1
Kisah keluarga Forger
© Tatsuya Endō / Wit Studio /
CloverWorks

Sang kepala keluarga, sang Loid Forger punya tujuan utama dalam Operasi Strix dimana harus menghentikan perang dengan mendekati keluarga Desmond. Terutama Donovan Desmond yang salah satu petinggi negara yang punya kemampuan dan jabatan tinggi dan punya ancaman untuk menghadirkan perang maupun tidak.akan perdamaian suatu negeri.. Dengan mendekati Donovan Desmond akan mendapatkan informasi di dalam hal ini. Dan untuk mendekati Donovan Desmond sendiri, sang agen mata-mata Wise ini berusaha untuk mencari cara dengan menjadi keluarga palsu untuk mendekatinya.


Terbentuknya Forger adalah sesuatu yang bisa dibilang baru dari kepala Loid, dengan Yor menjadi istri bohongan dan anya sebagai anak bohongan. Namun dibalik kebohongan ini sendiri tersimpan banyak kekuatan dan maksud-maksud tersembunyi yang belum tentu mereka ungkapkan satu dengan lainnya. Bahkan menjadi keunikan mereka sendiri. Dibalik keluarga palsu ini, mereka punya kepentingannya sendiri-sendiri. Namun dibalik kepentingan ini semua, punya dampak dan kesenangan tersendiri dari setiap orang yang ada. Apakah itu?


Misi dari seorang anya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendekati anaknya dan Donovan Desmond, yakni sang Damian Desmond lalu mendapatkan banyak sekali stella star / bintang stela untuk memperoleh manfaat sekaligus bisa menjadi orang top di akademi Eden. Dengan rencana semacam ini, akhirnya mereka menjadi sebuah keluarga bohongan yang siap untuk menyelamatkan dunia. namun dibalik identitas ini sendiri tersimpan segudang rahasia yang tidak mungkin mereka ungkap satu dengan lainnya. Apakah itu?


Pengen Bentuk Keluarga yang Solid

Salah satu keluarga  yang solid adalah hal yang ingin disampaikan dalam anime ini. Kesolidan dalam keluarga Forger sendiri bisa dilihat dari berbagai profesi dan kemampuan spesial masing-masing. Seperti halnya sang Loid Forger yang adalah seorang mata-mata spy tingkat dewa yang sangat pandai dalam penyamaran. Sang Anya adalah seorang anak yang punya kemampuan untuk membaca pikiran seseorang. Yor Forger, sang asing yang suka akan benda tajam dan darah. Bahkan snag Anjing Mereka (Bond) yang ada di part 2. Mampu memperkirakan masa depan.

Spy x Family Season 1 Part 1
Keluarga Loid Forger yang unik
© Tatsuya Endō / Wit Studio /
CloverWorks

dari apa yang diungkapkan sepanjang anime ini berjalan. Anime Kita bisa melihat keinginan dari sang  Loid Forger yang bersikukuh untuk menyelesaikan misi. Namun tahun lambat tahun akhirnya terbentuknya ikatan keluarga yang awalnya cuman sekedar keluarga untuk misi ternyata isinya adalah keluarga yang saling menutupi diri dan salah paham itu sendiri.


Komedi Keluarga yang Fresh Untuk Indonesia

Sebelumnya kita telah melaksanakan review singkat terhadap anime ini, Anime Spy x Family dengan baik. Singkatnya review karena mengambil satu poin utama dari anime ini. Dari poin-poin yang dibahas, kita akan membahas ke dalam Komedi Keluarga yang Fresh untuk Indonesia. Alasan kenapa kita memilih bagian ini dan menjadikan topik ini utama?


Justru dari ringkasan Review yang diungkap sebenarnya anime ini sangat mengena untuk masyarakat Indonesia. Alasannya karena komedi yang dibawakan memang tidak tanggung-tanggung. Meskipun memang sangat indonsia lokal pride gitu. Bahkan untuk mendengarkan Dubbing indonesia, berasa sangat lucu dan ketawa ketiwi. Kesalahpahaman dari setiap masing-masing keluarga punya keunikan tersendiri bahkan memberikan warna kelucuan dari setiap episode dan nilai-nilai yang dimiliki dari setiap anime ini berjalan dan bergerak. Bahkan dari setiap animasi, karakteristik, musik, dan hal-hal sangat bikin ketawa dan punya nada fresh tersendiri dari anime ini.

Spy x Family Season 1 Part 1
Sang Yor Forger
© Tatsuya Endō / Wit Studio /
CloverWorks

Lalu didorong dengan kelucuan dari Anya Forger juga menambah kesan tersendiri sepanjang anime ini jalan. Bahkan Anya punya pengaruh dari anime ini yang tidak kalah heboh dengan sang papa Loid dan Mami Yor. Anya sendiri ibaratnya seperti Renge Miyauchi yang berasal dari anime Non Non Biyori. Dimana kepribadiannya sendiri mirip-mirip anak kecil yang hiperaktif, lalu keinginannya untuk main-main saja serta kemiripan lainnya yang ditunjukkan. Dengan sifat bocil super susah diatur dan aktif ini. Dan dengan pengaruh Anya juga jelas Spy X Family bikin ricuh sana sini.


Endingnya Lebih banyak Salah Paham

Dari Ending yang diberikan, sebenarnya untuk menutupi kesalahpahaman dari tetangga akan keluarga Forger ini. Memang sangat menurutku tidak pas karena hanya menutupi kelemahan dari keluarga ini agar terlihat harmonis. Misi yang dicapai dari sang Loid adalah mencegah teroris dan dokumen teroris untuk menyelamatkan dunia. Namun dibalik itu mereka harus liburan keluarga. Hal yang unik sekaligus tidak terduga adalah papa Loid di tengah berlibur dan sangat hebat ternyata harus menghadapi teroris dan bekerja. Inilah yang bikin beban papa Loid sangat besar. 

Spy x Family Season 1 Part 1
Keluarga yang saling menutup Dirinya untuk
Kepentingan Diri sendiri
© Tatsuya Endō / Wit Studio /
CloverWorks

Namun meskipun ending yang dibawakan sangatlah salah paham dan penuh jenaka. Jelas pembawaan dari studio Wit Studio dan Cloverwork sangatlah work it untuk dilihat dan begitu banyak jenaka yang muncul dari ending anime Spy x Family ini. Sangat applause dari studio membawakan anime yang satu ini.


Karakteristik yang Kena banget

Tidak banyak bisa dibahas dalam poin ini karena kita sudah mengenal dengan sungguh-sungguh watak dari setiap karakter yang ada dan hadir dalam anime ini. Bahkan setiap watak dan karakter yang muncul bener-bener punya perbedaan dan keunikan yang menyebabkan kita mungkin suka terhadap karakter yang didalami dan dipelajari. Dari setiap orang yang punya karakteristik yang ada, jelas sang anime ini perbedaan karakter menjadi unik dan setiap karakter punya kena tersendiri.


Dari papa Loid sendiri, karakternya yang sangat mudah manipulatif demi kepentingan keluarga adalah keunikan yang dimiliki oleh Loid Forger. Dengan melihat dan memiliki keunikan ini sendiri, Loid sangat mudah sekali menyesuaikan karakter yang ada di sekitar mereka. Bahkan Loid kemampuan yang demikian hanya dimiliki olehnya saja. Lalu karakter  Mama Yor yang terlihat sangat elegan dan lucu juga. apalagi mami Yor sendiri terlihat  unik. Meskipun karakteristiknya kadang terlihat ceroboh namun dapat dimaklumi karena karakter mama Yor terlihat sangat pass dari perjalanan anime ini terbentuk.


Terakhir adalah Anya dan kawan-kawan. Anya terlihat seperti anak SD yang masih polos dan suka banget serta hiperaktif. Terlihat dari sebagian besar tindakan yang ia lakukan selama ia bersekolah. Terlihat sangat elegan sekaligus sangat merepotkan untuk kita semua. Namun dari karakter yang dibawakan oleh Anya sendiri. Jelas terlihat menghiasi. Bahkan jenaka-jenaka seperti salah paham terlihat okey.


Visualisasi yang Ala Detektif

Salah satu hal yang bisa dibilang sangat baik untuk dinikmati lainnya adalah visualisasi yang dibawakan sepanjang anime ini bergerak dan muncul. Karena visual yang dibawakan dari visual ini yang agak ala-ala detektif ini diperlihatkan dengan sangat baik dan terlihat cukup menawan bahkan sangat mendominasi dari setiap anime ini bergerak maupun menjadi anime yang cukup baik.

Spy x Family Season 1 Part 1
Visualisasi alah detektif di dalam kehidupan
© Tatsuya Endō / Wit Studio /
CloverWorks

Pembawaan visual sendiri tidak memiliki masalah karena cukup memberikan kesan pembeda dari anime ini dengan lainnya. Kesan-kesan anime komedi yang dibawakan di era perang dunia ditambah di era dimana mata-mata adalah profesi terpenting sekaligus profesi yang penting untuk mencegah terjadinya perang. Oleh sebab itu tema yang terlihat sangat penting ini dibawakan dengan cukup baik bahkan visualisasi yang dimiliki. Dengan visualisasi yang ala detektif ini sangat unik. Serta pembawaan visualisasi yang dinikmati sangat baik.


Musik cukup baik Banget

Meskipun musik yang dibawakan sendiri yang sangat dibawakan dalam anime ini cukup baik sekali. Menjelaskan mirip-mirip mata-mata dan juga digabungkan. Dan nada dan tone dalam Musik Spy x Family sungguh sangat enak dan bagus. Bahkan musik yang dibawakan dalam anime ini sendiri sangat baik. Bahkan anime ini sendiri punya musik yang menarik untuk dinikmati untuk dilaksanakan dan di dengarkan.


Kesimpulan

Sebuah anime yang mengungkapkan kesalahpahaman tentang sudut pandang masing-masing yang ada adalah sesuatu yang sangat lucu dan menarik. Bahkan setiap orang yang hadir di dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam sebuah anime Spy x Family ini sendiri adalah sesuatu yang penting. Bahkan Spy X Family sendiri punya kelucuan dalam kesalahpahaman dari setiap orang. Dari Salah Paham ini sendiri punya kelucuan dan keunikan tersendiri di dalam kehidupan sehari-hari. 

Spy x Family Season 1 Part 1
Sus banget nih Anya
© Tatsuya Endō / Wit Studio /
CloverWorks

Anime yang salah paham ini sendiri, jelas punya kelucuan dan keunikan tersendiri. Anime Spy x Family sendiri unik. Tidak ada anime yang bener-bener unik selain anime salah paham. Dengan cerita salah paham ini, kita punya perspektif kedekatan dengan karakter. Bahkan Anya Effect di dunia cosplay dan anime sangat kental banget. Oleh sebab itu, Spy X Family Part 1 adalah part awal untuk mengungkapkan misi-misi tentang makna Keluarga.


Kelebihan : 

  • Memiliki keunikan dalam memberikan komedi salah paham
  • Keunikan Anya Effect begitu kental
  • Keluarga Anya sangat lucu banget untuk dilihat
  • Kemampuan anime ini dan apa yang dibawakan
  • Karakter yang sangat khas dengan watak tersendiri
  • Lucu dan Fun Komedinya dapat dicerna


Kekurangan : 

  • Alur Ceritanya Sebenarnya Hampir Biasa saja Sebenarnya
  • Pembawaan cerita yang terkesan lambat
  • Karakter selain keluarga Forger kurang dikembangkan lebih dalam.
  • Beberapa karakter memang terlihat lebay dan agak hambar dikit
  • Endingnya masih terasa hambar dikit


Penilaian : 8/10 deh (Pendapat kalian bisa memberikan nilai terserah)


Apakah yang kalian sukai dari anime Spy x Family Part 1? Apakah kalian suka akan ending yang dibawakan oleh anime ini? Apakah kalian suka akan konteks maupun cerita yang dibawakan?

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini