[Review] Novel Love Spell - Rin Ayane : Ketika Cinta Harus Bertukar

Pengalaman Cinta yang tak pernah Kulupakan dalam hidupku. Untuk pertama kalinya saya baru merasakan cinta yang sungguh luar biasa dalam usiaku yang menginjak kepala 20. Ku ingin membagikan suatu cerita yang tak akan pernah ku lupakan dengan si dia. Bagaimana kisah cintaku yang saat ini ingin ku bagikan pada kalian?

Love Spell Ayane Rin
Love Spell karya Ayane Rin
© Ayane Rin / Ranobe / M n C / 
Gramedia

Inilah Novel Love Spell karangan Rin Ayane. Sebuah novel yang diterbitkan oleh Gramedia melalui M n C dengan label Ranobe. Novel Japan yang terbit di Indonesia pada tahun 2017 dari Jepang terbit pada 2015 melalui Shogakukan. Mahakrya Rin Ayane yang menceritakan suatu kisah yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Kisah yang sangat menarik dan menarik perhatian kita. Apakah yang menyebabkan novel ini menarik untuk kita nikmati dan coba membaca?


Plot

Hina Hoshikawa, seorang siswi SMA yang bersekolah di SMA khusus wanita. Seorang siswi SMA kelas 2 yang baru saja menerima cinta yang bertepuk sebelah tangan. Dimana kisah cintanya selalu tidak pernah kesampaian kepada seseorang yang pernah ia cintai. Namanya Reo Kannazuki. Seorang cowok yang sangat banyak idolanya di sekolah. Cowok yang sering kali naik kereta bersama dengan Hina. Namun, Hina yang begitu polos dan belum mampu untuk menyampaikan perasaannya kepadanya. Akhirnya Hina menuliskannya dalam buku harian miliknya.

Love Spell Ayane Rin
Inilah kisah Hina Hoshikawa
© Ayane Rin / Ranobe / M n C / 
Gramedia

Hingga suatu saat, dia memungut tempat kartu yang dijatuhkan cowok itu. Namanya Reo Kannazuki. Dan inilah momentum yang tepat antara sang Hina dan Kannazuki. Dan akhirnya perasaan Hina tersampaikan kepada sang Kannazuki dan meelwati hari-hari yang begitu istimewa bersamanya. Bagaimana keseharian sang Hoshikawa dengan Kannazuki bagaikan kisah mesra pasangan burung merpati yang baru saja menemukan pasangan setianya..


Akan tetapi.... Ada rahasia yang Kannazuki miliki. Suatu Rahasia yang tidak akan pernah kita ketahui dan Hina ketahui. Rahasia semacam apakah itu? Mengapa sang Kannazuki harus merahasiakan apa yang ada di dalam kehidupannya? Kenapa dan mengapa? Melalui suatu kecelakaan dan rahasia Kannazuki, sang perasaan Hina-pun sungguh diuji melalui kisah cinta yang sangat manis pahit di dalam kehidupannya.


Pola penulisan ala Semi Buku Harian

Ketika kalian membaca buku novel ini pertama kalinya saya membaca bentuk novel yang dibikin semi buku harian. Tidak ada novel yang ada seperti ini daripada novel yang dibawakan oleh sang Rin Ayane . Mungkin salah satu novel yang menurutku dibawakan dalam bentuk buku harian adalah ciri khas yang menarik. Dengan menempatkan tangal-tanggal khusus dan beberapa hal yang mirip dengan cacatan harian. Kali ini kita melihat bahwa sebuah novel yang mirip dengan buku cacatan harian. Sangat menarik untuk kita baca dan nikmati. Meskipun ada sedikit perbedaan dari apa yang kita nikmati dari novel umumnya dengan novel yang satu ini.

Love Spell Ayane Rin
Pola Penulisan Ala Cacatan Harian
© Ayane Rin / Ranobe / M n C / 
Gramedia


Kisah yang Sederhana tapi Menarik

Kisah Cinta memang tidak ada habisnya. Kisah yang sederhana sekaligus kisah yang bikin kita inspiratif. Kisah cinta yang tidak ada duanya daripada kisah cinta yang lain. Mungkin kita membayangkan kisah cinta yang sama-sama happy ending atau kisah cinta yang dapat kita tebak. Namun untuk kali ini, kisah cinta yang terlihat biasa-biasa tapi punya sebuah scence dan kisah yang tidak kalah menarik dari lainnya.

Love Spell Ayane Rin
Akuu????
© Ayane Rin / Ranobe / M n C / 
Gramedia

Pernahkah kalian membayangkan sautu kisah cinta yang tidak pernah kalian dapatkan dalam pengalaman kalian? Berpacaran dengan orang yang salah, berpacaran dengan orang yang salah atau tidak tepat sasaran adalah hal yang mungkin tidak pernah kita duga. Namun inilah yang menjadi keunikan sang Rin Ayane dalam mengedeliveri sebuah kisah cinta yang tidak pernah kita duga dan kita kira. Mungkin kita menganggap bahwa kisah cinta selalu hal yang sangat biasa dan tahu bahwa kisahnya ya biasa-biasa. Namun kali ini ada yang menarik loh.


Sederhana dan menarik. Mungkin terlihat biasa tapi ada keunikannya loh? apakah itu?


Ketika Cinta Harus Bertukar

Nah inilah keunikan yang ada di dalamnya. Harus kita pahami konsep penting dalam novel ini adalah kisah Kannazuki. Sang Hina pun harus berpacaran dengan seorang Kannazuki yang lain loh.. Wow kok bisa begitu? Karena ada namanya Nao Kannazuki dengan Reo Kannazuki. Dua kakak beradik yang kembar dan jelas Hina tidak bisa membedakan secara pasti manakah Nao dan Reo. Wow kok bisa begitu? Kok bisa-bisanya berpacaran dengan Nao padahal yang dia cintai adalah Reo??


Nah inilah keunikan dibalik kisah ini. Saya kita bahwa kisahnya bakalan berakhir dengan kisah cinta yang baik. Dengan kisah permasalahan yang biasa-biasa aja. Awalnya penulis anggap kisah cinta yang mungkin bakalan kita bisa mengerti jalan kemana ia ungkapkan. Dikarenakan setiap novel pasti mengajarkan sesuatu yang sangat bisa kita tebak bahwa kisah cinta akan selalu berakhir dengan orang yang kita cintai. Namun untuk novel ini tidak demikian, mungkin kita bisa menganggap bahwa cerita cinta selalu berkenaan dengan cinta yang sejati. Mungkin kita menganggap bahwa cinta itu hanya sekedar mendapatkan cinta yang sejati yang diidam-idamkan. Namun salah untuk novel satu ini.

Love Spell Ayane Rin
Putus???
© Ayane Rin / Ranobe / M n C / 
Gramedia

Novel ini mengajarkan bahwa kecelakaan pun bisa menjadi suatu kisah cinta yang begitu mengharukan. Kisah cinta yang tidak pernah terjadi di dalam kehidupan seseorang. Sebagian besar menganggap bahwa kisah cinta itu harus berdasarkan kisah yang sama-sama menyukai. Namun yang terjadi adalah kisah cinta yang merupakan kecelakaan... Kisah yang cukup unik dari kisah cinta yang bertukar ini.


Ketika cinta harus bertukar adalah suatu tantangan yang sangat susah untuk kita pahami. Kisah cinta yang harusnya kepada seseorang yang bener-bener mencintai kita. Salah satu yang membuat kita benar-benar berpikiran kalau kisah cinta selalu berjalan mulus atau suatu kisah yang menceritakan kisah sesuai dengan keinginan. Ini meman tidak salah namun tidak benar juga. Dan dalam Novel ini menceritakan bahwa kisah cinta bisa saja datang dari suatu kecelakaan.


Karakteristik yang Terfokus pada Percintaannya

Setidaknya kita bisa mengenal beberapa karakteristik yang ada. Sebagian besar banyak karakter yang diperlihatkan dalam novel ini. Mungkin sebagian besar adalah pendukung baik dari sisi cowok maupun sisi cewek. Karakter pendukung ini lebih membela dari karakter utama. Dikarenakan karakter utama memiliki teman-teman tersendiri di setiap chapter maupun kedekatannya dengan mereka. Karena kedekatan antara karakter utama dengan pembantu. Maka karakter pembantu terlihat Biasa saja/ terlihat seperti dukungan moril terhadap karakter utama.

Love Spell Ayane Rin
Karakter-Karakter dalam Love Spell
© Ayane Rin / Ranobe / M n C / 
Gramedia

Terfokus didalam karakter utama yang terfokus pada percintaan adalah nilai lebih dari suatu Novel ini. Dimana karakter utama adalah karakter yang baru saja merasakan cinta yang salah orang. Cinta yang salah orang ini menghasilkan kisah yang tidak biasa di dalam perintaan. Karakter utama yang cewek merasa dirinya seperti cewek umumnya yangbaru saja merasakan cinta. Meraskaan bahwa dirinya menemukan orang yang tepat. Merasa ini tidak salah namun yang terjadi bukanlah cinta sejatinya yang ia cintai


Sedangkan karakter yang sudah pernah membohongi soal pacar, yaitu sang Nao. Akhirnya bisa menunjukkan perubahan yang ada dalam kehidupannya. Dirinya yang orang cukup resek daripada yang lain. Bisa dibilang berbeda dengan sang kakaknya yang merupakan Reo Kannazuki yang merupakan siswa yang sangat cerdas dan akhirnya mendapatkan beasiswa. Sang Nao sedikit berubah daripada yang pernah ia alami dalam percintaan. Namun Nao sendiri akhirnya sadar bahwa perbuatannya salah dan harus ia ubah..


Nilai-Nilai dalam Love Spell

Kali ini aku mendapatkan titik yang menarik yang menjadi amanat kali ini. Bukan berarti tidak ada amanat atau pengajaran setiap novel. Pasti ada cuman ada suatu titik yang menarik untuk saya bahas dibagian ini. Adalah bagaimana kita kehidupan kita sendiri harus tidak boleh berbohong terhadap sesama kita. dalam artian kita tidak boleh menipu terhadap pasangan kelak kita. Disini Nao membohongi sang Hana (namun untungnya dirinya tetap mendapatkan sang Hana). Yang terjadi adalah pembodohan dan penipuan. Sangat disayangkan loh.... Namun akhirnya sang Nao berusaha lebih baik lagi dan menjadi anak yang dulunya berandalan kini menjadi anak baik-baik. Kebaikan orang-orang

Love Spell Ayane Rin
PEMBOHONG!!!
© Ayane Rin / Ranobe / M n C / 
Gramedia

Sehingga dapat gua ambil kesimpulan. Ada dua nilai-nilai sosial yang kalian dapatkan. Yang pertama janganlah jadi penipu di dalam memainkan perasaan cewek. Karena perasaan adalah musuh terbesar dalam kehidupan. Yang kedua adalah berubahlah menjadi orang baik. Dari seorang yang berandalan menjadi seorang yang baik dan berusaha keras. Sangat penting bagi kita seorang cowok atau cewek yang harus hidup di dalam hal-hal yang bener dan baik. Sehingga kehidupan kita perlu meneladani orang-orang yang baik di dalam pacaran. Sebab di dalam pacaran sendiri perlu memperhatikan hal-hal yang penting untuk kita sendiri.


Endinya Okey

Sudah jelas bisa kita tebak bagaimana kisah cinta ini berakhir. Bagaimana kisah cinta yang indah akan mengakhirinya dengan indah pula. Perjalanan yang tidak akan pernah ku lupakan saat memahami Novel ini. Kisah yang menarik dibawakan sang Rin hingga akhirnya mendapatkan keunikan tersendiri. Pengkhianatan karena berbohong berakhir dengan keindahan.. Loh kok bisa?? Inilah yang okey..


Kesimpulan

Sebagai novel yang menceritkana soal percintaan dan bagaiman pecintaan yang berbeda dari yang lainnya. Sebuah kisah percintaan yang sangat menarik dari mahakarya Rin Ayane. Mungkin kita tidak mengetahui bahwa ada kisah cinta yang akhirnya tertukar karena mereka adalah anak kembar. Mungkin kita bisa bilang bahwa anak kembar bisa saja memiliki kepribadian yang sama. Namun hal ini tidak berlaku bagi keluarga Kannazuki. Al hasil sang Hina tidak mendapatkan cinta yang sejati malahan cinta yang lain. Inilah letak keunikan sang novel Love Spell. Perbedaan yang menyatukan disini.

Love Spell Ayane Rin
Kisah Cinta Hina..
© Ayane Rin / Ranobe / M n C / 
Gramedia

Disini kita membaca novel ini cukup baik juga. Tidak terlalu banyak percakapan. Pembawana cerita yang tidak biasanya dari suatu cerita cinta dikarenakan kisah permaslahan cinta yang sangat jarang ada di dalam novel / cerita percintaan. Dikarenakna kembar Salah dan akhirnya merasakan cinta. Di sisi lain kisah cinta yang mengajarkan kepada kita untuk tidak berbohong kepada pasangan sangat tepat sasaran dan mengkritisi kita semua.


Kelebihan

  • Menghadirkan cerita cinta yang tidak biasa.
  • Permasalahan soal perasaan sangat menarik dibawakan
  • Nilai moral di dalam berpacaran sangat penting.
  • Kisah Cinta yang tidak biasa terjadi dalam Pasangan ini.
  • Pembawaan cerita yang menghadirkan semi membaca buku harian


Kelemahan

  • Endingnya sudah pasti kita bisa menebak
  • Tidak banyak kekurangan yang dibawakan dalam Novel ini.


Penilaian : Bacalah Novel ini terlebih dahulu baru kalian mendapatkan keunikannya


Apakah kalian sudah menemukan pacar seperti sang Hana? atau kalian gagal untuk menemukan pacar? Mungkin kalian pacaran dengan anak kembar??

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini