Review Majo no Tabitabi : Dunia Tidak Selalu Persis dengan Buku

Lulus dengan nilai ujian yang baik dan tinggi adalah keinginan dari banyak pelajar muda saat ini. Menjadi nomor satu dengan nilai tinggi adalah impian yang tertinggi bagi banyak orang. Setelah itu bagaimana setelah lulus ini akhirnya dapat diterapkan di dalam masyakat dengan membawa segudang keingin tahuan. Wah ini yang sangat menarik. Apalagi seorang yang lulus di usia muda menjadi seorang penyihir muda.. Tambah hebat juga. Nah inilah kisah sang waifu kita semua, Elaina... Puan Sihir yang begitu ajaib dimana-mana.

Wandering Witch
Majo no Tabitabi
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi /
C2C / Muse Asia Indonesia

Inilah anime Majo no Tabitabi atau The Journey of Elaina atau Wandering Witch: The Journey of Elaina. Sebuah anime yang hadir di Musim Fall 2020. Sebuah anime yang menemani kita pada saat pandemi virus Corona. Sebuah anime yang dari judulnya kita bisa kita lihat bahwa perjalanan sang Elaina. Apakah yang menarik dari anime ini? dan mengapa sang MCnya adalah seorang Elaina? Apakah yang ditawarkan sang studio C2C di dalam anime yang diadaptasi dari light novel Jougi Shiraishi? Mengapa dengan perjalanan sang Elaina ini?


Plot

Sesuai dengan judulnya, Elaina sang Puan Sihir muda yang berkelana kemana-mana. Seorang penyihir yang punya keinginan kuat untuk berkelana kemana-mana. Setelah melalui masa-masa belajar sebelum usianya 14 tahun. Dirinya sudah melakukan study yang begitu mendalam mengenai kebudayaan, kisah, mitos, dan segala macamnya yang membekali dan menjadikan sang Elaina sangat cerdas. Sehingga Elaina menjadi seorang cewek yang begitu luar bias ahebatnya sehingga susah orang-orang untuk menandingi kepandaiannya.

Wandering Witch
Perjalanan kesegala penjuru
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi / 
C2C / Muse Asia Indonesia

Setelah lulus dari sekolah di usianya yang ke 14 tahun. Dirinya memutuskan untuk menjadi penyihir yang berkeliling dunia. Sepanjang perjalanan seluruh dunia. Di dalam perjalanan sang Elainapun bertemu berbagai jenis orang di sana. Baik itu di dalam kebudayaan berbeda, orang yang aneh hingga orang yang waras. Seluruh berbagai orang ia temui di dalam perjalanannya. Setiap perjalanan, setiap tokoh dan orang-orang yang bertemu dengannya punya cerita manis bersama Elaina. Sehingga Elaina menjadi seseorang yang begitu mempengaruhi orang lain dan menjadi cerita baru di dalamnya. Menjadi suatu cerita baru akhirnya.


Bagaimana perjalanan Elaina menemukan orang-orang di dunia ini. Mengapa dirinya punya pengaruh luar biasa di setiap orang yang ia temui? Apakah rahasianya? Apakah yang menjadi keunikan dari sang Elaina di dalam perjalanannya menemui banyak orang. Mengapa diri sang Elaina ini begitu istimewa?


Ketekukan Belajar Membawa Hasil

Salah satu yang menarik dari sang Elaina adalah dirinya adalah seorang cewek yang sangat tekun sekali untuk belajar. Dari semenjak kecil, Elaina sudah sangat akrab dengan segala jenis dan macam buku dan pengajaran dari orang tuanya. Buku-buku yang ia telah baca begitu banyak dan telah menghiasi kehidupan Elaina. Kehidupan Elaina sendiri dihiasi dengan begitu banyak buku sehingga pola pikirnya masih agak kaku di beberapa bagian dalam pemikirannya. Namun juga ada solusi yang bisa tepat sasaran dari dirinya membaca buku.

Wandering Witch
Inilah buku buku sang petualang
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi / 
C2C / Muse Asia Indonesia

Sayapun teringat dari salah satu quotes yang terkenal. Seorang filsuf bernama Voltaire mengatakan

"Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir; semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun."

Disini saya mengatakan bahwa bukan bearti kalian belajar kalian menjadi bodoh. Bukan, namun dengan kerendahan hati, dengan keinginan belajar, dengan ketekunan belajar. Membawa kita kepada satu titik pengertian bahwa diri kita sebenarnya belum mengetahui banyak sekali hal-hal yang ajaib diluar sana. Dari sebuah membaca buku, kita memiliki banyak sekali pengertian dan menjadikan diri kita lebih rendah hati. Seperti hanya Elaina yang rendah haiti mau menolong berbagai orang yang ada di dunia ini.


Influencers Muda

Ingin belajar jadi Influencers muda? Sebaiknya kalian melihat sang Elaina menjadi seorang Influener muda yang dapat mempengaruhi sebagian besar orang. Dari kebaikan, kepandaian, karya, dan segala kebaikan yang tertanam dalam hati Elaina telah membawa kita dalam satu pengertian yang penting. Influencer tidak harus menjadi dari penampilan (meskipun penampilan Elaina udah sangat hebat). Melainkan dari pengaruh yang harus ia bawakan kepada orang-orang. Pengaruh baik itu buruk atau baik. Dan kita bisa meneladani sang Elaina ini.

Wandering Witch
Hai bu Guru suka Ngatur
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi / 
C2C / Muse Asia Indonesia

Ketika kita mengamati kepribadian Elaina dan ltar belakang. Kita sudah dapat menemukan bahwa Elaina ini adalah tokoh penting bagi seluruh masyarakat dunia. Baimana sang Elaina ini bisa membantu masyarakat saja sudah menjadi seorang influencer muda yang sudah mempengaruhi orang lain sejak usia 14 tahun. Hal ini sangat menarik mengingat dirinya sedang mencari jati diri dan berpetualangan segala macam akhirnya mempengaruhi orang-orang yang ada sepanjang petualangannya. Seorang penyihir yang baik dapat menjadi influencer di saat dirinya usia 14 Tahun.


Dalam hal ini, ada suatu kemiripan dengan Monster Musume no Oishasan atau Monster Girl Doctor yang seorang dokter akhirnya mencoba menyembuhkan berbagai pasien monster yang memiliki berbagai permasalahan kesehatan. Sang dokter menjadi seorang influencer yang bergerak di bidang dokter. Demikian juga sang Elaina yang seorang Influencer yang bergerak dalam bidang problem-solver atau gua bisa istilahkan secara secara sederhana babu deh (Meskipun gk semua kegiatannya adalah babu). Namun ya begitulah, namun mungkin demikian juga.


Dunia Tidak Selalu Persis dengan Buku

Salah satu yang menjadi keunikan dari anime ini adalah Dunia ini sendiri tidak terlalu / sering persis dengan Buku. Karena saya melihat bahwa sang Elaina ini memiliki kemampuan buku yang sangat hebat. Mungkin keinginan membaca buku dan berpetualangan adalah seusatu yang menarik. Namun yang terjadi, tidak semua yang ada di dalam buku yang ia baca berdampak. Mungkin ada sebagian besar akan berdampak, tapi juga ada beberapa berasal dari kehidupan setiap pribadi. Dan Setiap pribadi punya permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan.

Wandering Witch
IIIHHH!!
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi / 
C2C / Muse Asia Indonesia

Salah satu yang menarik dari apa yang telah dipelajari di dalam buku kadang dapat diterapkan kadang tidak tepat sasaran. Dalam artinya setiap pergumulan dan permasalahan pasti ada penyelesaian yang terkait. Penyelesaian itu dapat berupa hal-hal yang positif hingga hal-hal yang kurang begitu tepat sasaran dan menarik. Penyelesaian hal-hal ini harus kita sadari bahwa tidak semua yang kita baca bisa menjadi suatu solusi yang tepat sasaran. Bisa saja kita memerlukan cara-cara lain yang dapat kita pakai untuk menyelesaikan permasalahan kalian.


Cerita yang Mixing

Salah satu yang menurutku aneh sekaligus menarik adalah setiap cerita punya ciri khas tersendiri. Baik itu cerita yang terlihat sangat baik sekaligus ada juga cerita yang dark. Menurutku mix setiap episode ini punya ciri khas masing-masing yang bisa dibilang unik juga. Setiap cerita dari perjalanan Elaina. Karena bertemu dengan berbagai orang yang berbeda latar belakang kebudayaan, permasalahan, hingga keunikan masing-masing karakter pembantu dan manusia punya keunikan tersendiri.

Wandering Witch
Ehhh.. kok potong terpotong
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi / 
C2C / Muse Asia Indonesia

Cerita yang mix ini akhirnya di kombinasikan dengan berbagai latar belakang orang yang akhirnya menyatu dengan rasa yang bisa dibilang kejutan di setiap rajutannya. Setiap rajutan ceita akhirnya menggambarkan cerita yang mix dan terkesan tidak terlalu garing. Sehingga kita mendapatkan suatu keunikan tersendiri bahwa cerita yang diusung Majo no Tabitabi punya warna tersendiri yang sangat khas dari mix cerita dihadirkan disini.


Ending yang menarik, lucu, dan berharga

Salah satu ending keinginan Elaina adalah bagaimana dirinya bisa menampilkan keinginannya selama berpetualang. Ending yang sangat penting di episode 12. Ending yang cukup menyentuh sekali sebagian besar cerita yang diperlihatkan. Kisah sang Elaina sang pengembara dan penulis buku petualangan ini ditutup dengan hal yang sangat menyentuh sekaligus bikin ngakak. Sesuatu yang cukup menarik karena scene ending menjelaskan berharganya kehidupan.


Endingnya menjelaskan amanat yang penting bahwa kisah yang diberikan adalah kisah yang berharga. Kisah yang beharga karena setiap perjalanan kita menghabiskan cerita yang begitu berharga. Cerita yang berharga ini bisa kita ketahui dari sang Elaina ini. Setiap cerita adalah berharga untuk kita ketahui dan ikuti. Setiap cerita perjalan hidup seseorang adalah biografi yang indah untuk kita baca dan simak. Cerita yang berasal dari berbagai kisah yang menarik kisah yang menarik ini sangat berharga sekali.. Dan Ending telah mendeliveri itu semua.


Karakteristik Fokus ke MC

Tidak perlu kita bahas begitu banyak dan yang jelas fokus utama dari anime ini adalah sang Main Character yang sedang kita bahas dan kita fokuskan disini. Menariknya sang Main Character bernama Elaina sendiri merupakan karakter yang sangat menarik sepanjang jalannya anime Majo no Tabitabi. Dimana kita sudah membaca begitu panjangnya review ini dan telah mengungkapkan bahwa sebenarnya Elaina ini punya pengaruh yang luar biasa dashyat di setiap sendi kehidupannya. Setiap kelakuan sang Elaina ini sangatlah menarik untuk kita ikuti.

Wandering Witch
Serba Elaina
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi / 
C2C / Muse Asia Indonesia

Sedangkan karakter lain. Saya tidak melihat perannya yang begitu signifikansi. Baik itu karkater yang terlihat mirip karakter utama maupun karakter pembantu. Sebagian besar bisa dikatergorikan sebagai karakter pembantu sepanjang serial ini bergerak. Dalam hal ini, kita bisa merasakan bagaimana peran karakter pembantu adalah peran yang akan dibantu oleh Elaina untuk mempengaruhi mereka. Pengaruh terbesar dan karakter terbaik dari serial ini. Sehingga Elaina sebagai pengaruh dan karakter lainnya adalha karakter yang dipengaruhi Elaina.


Visualisasi yang Nyaman

Salah satu yang menjadi keunikan yang ada di dalam Anime bikinan C2C adalah penggambaran dan visualiasi yang ditawarkan sang studio. Studio telah melakukan visualisasi yang sangat menarik untuk dibawakan. Studio C2C telah membawa kita kepada suatu visualisasi yang dapat nyaman kita tonton. Saya rasa tidak menjadi persoalan dan kegentingan serius dari visualisasi yang dibawakan oleh C2C. namun menarik yang dibawakan sang C2C telah membawa kita ke dalam dunia Elaina ini.

Wandering Witch
Seru dan serang mulu
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi / 
C2C / Muse Asia Indonesia

Tidak ada permasalahan yang berarti ketika kita merasakan visualisasi yang diberikan. Terlebih daripada itu, kita merasakan bahwa visualisasi C2C sangat menarik untuk kita nikmati selagi kita merasakan petualangan yang begitu indah bersama Elaina akhirnya dimanjakan dengan Visualisasi yang menarik di era para penyihir mungkin. Meskipun dibawakan secara sederhana namun kemajisannya cukup berasa.


Musik yang Asyik Sangat

Salah satu yang mejadi keunikan lainnya adalah bahwa musik yang diberikan tetaplah musik yang cukup asyik untuk dinikmati. Bukan karena musik yang meriah melainkan isi dari setiap lirik yang sedang ingin disampaikan dalam musik ini. Lirik yang disampaikan oleh musik-musik baik itu Opening maupun Closing sangat bermakna. Menurutku sangat asyik unutuk saya dengarkan sebagai seorang penikmat Elaina ini. Dan saya merekomendasi musik yang ini untuk dinikmati bagi kalian yang akan menikmati


Kesimpulan

Kisah Majo no Tabitabi atau Wandering Witch bener-bener Witch yang wandering dan heran. Keinginan untuk berkeliling seluruh tempat akhirnya terwujud dalam suatu kisah. Memang betul bawha tidak selalu persis dengan buku yang ia baca. Namun kali ini. Kisah sang Elaina telah dibukukan dengan sangat rapi dan baik. Tetapi disini adalah sebuah kisah yang fantasi begitu indah dibawakan oleh sang MC ini.

Wandering Witch
Ehhh suka minum yakk.. 
© Majo no Tabitabi / Jougi Shiraishi / 
C2C / Muse Asia Indonesia

Mengapa kisah ini menarik? Karena plot yang dibawakan sangat beragam. Sekaligus tingkah laku sang Elaina telah membawa kita kepada kisah yang lebih dalam. Kisah yang sangat dalam antara kisah Elaina berkelana seluruh negeri. Dibawakna dengan plot dan keindahan visual yang mumpuni sehingga kita dibawa kepada dunia Elaina jauh lebih baik. Kisah sang Elaina ditutup dengan voice actor yang menarik, ending yang berharga (meskipun agak gimana), dan sebuah amanat yang berarti untuk kita.


Kelebihan

  • Main Character yang sangat menarik untuk dinikmati.
  • Cerita yang sangat sederhana untuk dinikmati
  • Karakter pembantu sebagaimana mestinya menjadi karakter pembantu
  • Nilai-nilai sosial dan kebersamaan serta problem solver sangat penting diterapkan untuk kehidupan.
  • Ada hal-hal yang sangat berat untuk dinikmati agar tidak terlalu kaku dengan cerita sederhana.
  • Endingnya Mantep, Lucu dan dapat feel-nya.


Kekurangan

  • Plot cerita mudah sekali untuk ditebak secara keseluruhan dinikmati.
  • Tidak terlalu cocok untuk ditonton oleh anak-anak
  • Mungkin kita anggepan bahwa babu itu si Elaina. (Mungkin babu ya?)


Penilaian : Mendingan menontonlah Dahulu Deh baru bisa paham Ceritanya


Apakah kalian dapat menikmati Anime Majo no Tabitabi ini? Apakah kalian sangat menyukai kehadiran Elaina di dalam kehidupan kalian? Tulislah pendapat kalian mengenai sang waifu sejuta umat ini!.

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini