Review Kuma Kuma Kuma Bear : Isekai Game bagi Beruang

Memainkan game VR adalah keinginan kita di era saat ini. Mendapatkan game VR yang setara dengan SAO adalah keinginan dan cita-cita dari para gamers yang ingin merasakan uniknya sang permainan yang ada. Namun apa yang terjadi jika kita benar-benar terdampar di dalam dunia game yang akhirnya kita diperkenankan untuk mengenakan pakaian beruang dan hidup terjebak di dalam dunia ini? Siapakah yang ingin mencoba menjadi seroang beruang di dalam dunia game? 

Kuma Kuma Kuma Bear
Kuma kuma kuma Bear
© EMT² / Kumanano /
029 / Muse Asia

Inilah anime Kuma Kuma Kuma Bear, anime yang tayang pada musim Fall 2020. Sebuah anime yang diadaptasi dari light novel karya Kumamano. Anime ini sendiri di garap oleh EMT². Sebuah anime yang hadir untuk menghibur kita dengan kelucuan sang beruang di dalam animenya Kuma Kuma Kuma Bear. Apakah yang bikin anime ini sangat rekomendasi untuk di tonton atau hanya sekedar anime yang kurang begitu yakin untuk ditonton di musim ini?


Plot

Yuna, adalah gadis yang berusia 15 tahun yang selalu dalam tinggal di rumah, seorang NEET yang terobsesi sangat bermain di dalam suatu game VRMMO yang ia kenal. Sebagai seorang top player yang hidupnya sangat menyukai game. Dalam artian dirinya hikikomori yang sangat luar biasa. Kehidupan sosialnya hanya dihabiskan hanya untuk bermain game VRMMO dan pergi kesekolah. Kehidupan seorang NEET yang begitu menyedikan dari sang Yuna ini.

Kuma Kuma Kuma Bear
Wah kok masuk ke game?
© EMT² / Kumanano / 
029 / Muse Asia

Hingga suatu ketika, Yuna mendapatkan pemberitahuan bahwa dirinya adalah pemain yang pro player di suatu game. Dirinya berhak untuk mendapatkan sebuah konstum yang sangat aneh dan baru. Konstum yang beruang yang satu-satunya kostum terkuat dari seluruh game tersebut. Memang sangat memalukan bagi Yuna. Namun yang terjadi, dirinya terhisap dalam isekai suatu game Online. Lah kok bisa? Bagaimana mungkin bisa terhisap dalam suatu game online? Mengapa kok bisa demikian??  Bagaimana kelanjutan dari kehidupan sang Yuna ini??


Kisah yang Sederhana tapi Menyenangkan

Salah satu yang menjadi keunikan dari kisah Kuma kuma kuma bear adalah kisah yang diperlihatkan jelas kisah yang cukup sederhana. Kesederhanaan cerita yang diberikan dalam anime ini tidak memuat begitu beratnya cerita karena salah satu poin pasar adalah anak-anak SMP-SMA yang sangat senang terhadap beruang. Terlebih lagi kisah yang diperlihatkan dalam Yuna yang terlebih lagi kisah yang diperlihatkan adalah kisah yang terjebak dalam dunia online.

Kuma Kuma Kuma Bear
Kuma kuma kuma
© EMT² / Kumanano / 
029 / Muse Asia

Sebenarnya kalau kalian bener-bener yang ingin sebuah cerita yang begitu intensif dan dalam di dalam isekai, maka kuma kuma kuma bear bukanlah jawaban yang kalian butuhkan. Isekai yang lain selain daripada kuma kuma kuma bear. Saya rasa bukanlah jawaban yang tepat untuk menonton Kuma Kuma Kuma Bear untuk merasakan Isekai dunia game (Dan mungkin banyak isekai lain yang berbicara demikian). Mungkin bisa kita bandingkan dengan Isekai dunia game, Kuma Kuma Kuma Bear adalah Isekai yang mengarahkan diri kepada cerita Yuna sang Beruang;.


Saya punya keyakinan bahwa cerita ini akan sangat membosankan bagi mereka menginginkan lebih banyak aksi maupun cerita yang lebih mendalam dari anime ini.  Karena anime ini tidak menyediakan cerita yang begitu kompleks untuk dinikmati. Melainkan cerita yang sangat baik untuk dinikmati bagi orang yang tidak menyukai action. Lebih sedikit kepada isekai fantasy dan slice of life. Sehingga Kuma Kuma Kuma Bear bukanlah anime drama action. Melainkan simple life dalam penceritaan ini. 


Isekai Game bagi Beruang

Dunia Isekai sangat beragam, Isekai adalah dunia lain yang ada dari dunia nyata. Jelas Isekai adalah tema yang tidak ada habis-habisnya yang ada di dunia otaku. Hampir sebagian kita melihat bahwa Isekai adalah tema yang sangat beragam tergantung bagaimana sudut pandang dari sang pembuat. Dan kali ini isekai game yang difokuskan pada cerita beruang adalah sesuatu yang cukup menarik kita pahami.

Kuma Kuma Kuma Bear
Pertualangan dengan beruang
© EMT² / Kumanano / 
029 / Muse Asia

Isekai yang diperankan disini adalah beruang. Mengapa kok harus beruang? bukan karakter hewan lain. Kenapa gk ayam, kucing, naga, dsb. Kenapa harus beruang disini? Nah inilah yang menjadi keunikan mengapa harus beruang. Beruang memiliki nilai filosofi yang tertinggi di dalam negeri jepang. Mungkin tidak sebagus ikan koi, tetapi ada makna yang ingin diungkapkan di dalamnya.


Dalam sebuah artikel line today yang dikutip dari bobo.id , beruang memiliki nilai penting bagi suku Ainu di Jepang. Dalam bahasa suku Ainu, beruang dapat disebut sebagai kamui, dalam kepercayaan sana, bahwa kamui artinya Dewa. Sehingga dalam artian sederhana, beruang / kamui memiliki kedudukan tertinggi bagi suku Ainu. Kedudukan tertinggi dan pemimpin dari seluruh pemimpin semua dewa. Maka beruang memiliki arti khusus yang begitu mendalam. Dan beruang adalah pemimpin dari seluruh isekai ini. Dan Yuna adalah sesosok pemimpin yang mempengaruhi seluruh yang ada dalam isekai ini. 


Sehingga kita dapat merasakan bahwa Isekai beruang ini adalah Isekai yang menarik untuk kita nikmati sebagai penonton isekai game. Kita merasakan bahwa isekai kali ini tidak ditunjukkan kepada penonton dewasa, melainkan khusus penonton yang suka akan keimutan Yuna menjadi seekor beruang yang berguna dalam anime ini.


Ada Nilai-Nilai Khusus yang Dipelajari

Nilai-nilai yang dapat kita pelarjari dalam anime ini adalah nilai-nilai mengenai keadilan, kebersamaan, dan babu babuan. Seorang Yuna adalah seorang cewek yang kepribadiannya sangat terbalik dari dunia nyata. Dirinya yang pemalas sekaligus kurang mengerti arti kehidupan. Kehidupan yang harus kita harus bisa membawa perubahan yang signifikasi dari kehidupan yang sudah bobrok.

Kuma Kuma Kuma Bear
Tidak perlu berterima kasih
© EMT² / Kumanano / 
029 / Muse Asia

Salah satu yang menjadi nilai penting harus kita pelajari dari Yuna adalah dirinya adalah seorang yang memiliki kepribadian yang terbalik. Dirinya adalah seorang yang dahlu adalah seorang NEET Hikikomori. Seorang Hikkikomori yang pemalas dan sangat jarang bersosial. Dirinya adalah seorang anti-sosial dan kehidupannya hanya sekedar pergi kesekolah dan bermain game. Keseharian yang sangat menyedihkan dari sang  Yuna karena dirinya tidak memiliki kehidupan yang baik dan sosial yang lemah. 


Namun sangat penting untuk kita adalah bahwa nilai-nilai yang harus kita miliki di dalam kehidupan Yuna adalah nilai-nilai keadilan dan keaktifan. Kita sudah tahu bahwa Yuna adalah seorang hikikkomori yang kehidupannya tidak disukai oleh orang pada umumnya. Orang-orang menganggap bahwa kehidupan hikkikomori adalah kehidupan yang tidak bahagia dan hidup sebagai anti sosial. Namun yang terjadi adalah Yuna membuktikan dirinya tidak lagi hikikomori, melainkan seorang yang peduli terhadap sosial dan membela keadilan. Inilah ang dapat saya petik dalam keinginan Yuna dalam kehidupan bersosial.


Ending yang B aja

Salah satu yang menjadi sedikit kekurangan dari anime ini adalah deliveri ending yang dibawakan cukup baik. Karena dalam artian ending yang dibawakan tidak begitu istimewa. Mungkin ending yang ku maksud memang B aja karena cerita yang diperlihakan adalah cerita yang cukup layak untuk anak-anak. Dan menurutku ending yang dibawakan cukup biasa saja. 

Kuma Kuma Kuma Bear
Iyaa kok gini sich
© EMT² / Kumanano / 
029 / Muse Asia

Sangat disayangkan anime yang ku tonton saat ini memang cukup baik deliveri cerita tapi untuk ending ya masih B aja ku rasa. Ini yang sangat disayangkan dari anime yang ceritanya menarik akhirnya ditutup dengan cerita yang B saja. Sangat disayangkan cerita yang dideliveri di ending tidak begitu mengharukan. 


Akan tetapi meskipun episode 12 adalah episode ending. Tetapi yang menarik sebenarnya ada di dalam pertarungan dengan Kraken. Pertarungan yang sangat menarik diperlihatkan disini. Pertarungan yang penuh makna karena beruang melawan raksasa kraken. Menurutku ini yang tepat untuk menggambarkan semangat ending


Karakter Utama yang Okey dan Imut (Friendly)

Salah satu kelebihan lain dari anime ini adalah keimutan dari sang karkater utama, yakni seorang MC yang bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri di dalam jaalankan anime ini. Karena ini adalah anime yang diperlihatkan dan dinikmati merupakan anime yang menceritakan tentang dirinya. Kuma kuma kuma Bear. Seorang gadis yang masih usia 15 tahun berpakaian seperti beruang. Seorang gadis yang akhirnya berguna di dalam isekai game ini.

Kuma Kuma Kuma Bear
Ini karakter yang menarik
© EMT² / Kumanano / 
029 / Muse Asia

Namun yang menarik adalah ada salah satu karakter yang masih kecil bernama Fina yang menemani Yuna. Kegiatan Yuna selalu di temani seorang anak yang menjadi pembantu sekaligus pemain utama. Hidup tinggal bersama Yuna karena telah menyelamatkan Ibuny dari penyakit yang mematikan. Dan akhirnya menjadi teman dan pemain utama yang berdampingan dengan Yuna selama anime ini bergerak maju. Sehingga karakter Fina sama pentingnya dengan karakter Yuna.


Sisa karakter lainnya adalah karakter yang menjadi pembantu sepanjang anime ini bergerak. Pembantu inilah yang akhirnya menghiasi kuma kuma kuma bear untuk menjadi anime yang okey. Dikira karakter-karakter pembantu ini adalah NPC di dalam game. Namun yang terjadi adalah mereka adalah karakter yang bukan NPC dan memiliki kehendak dan keinginan mereka sendiri untuk bergerak. Dan Karakter pembantu ini, yang mayoritas ada di dalam game ini memiliki keunikan dan sifat sendiri- sendiri yang unik. 


Kebersamaan antar karakter adalah nilai sangat luar biasa penting. Karena pengaruh Yuna yang sangat luar biasa menghasilkan orang-orang yang bersedia membantu sang Yuna. Dari apa yang disampikan disini jelas sangat menarik. 


Visualisasi Terlihat Menyenangkan

EMT² sangat baik. Visualisasi yang sangat tepat untuk memasarkan produk mereka kepada orang-orang yang menjadi target dari pemasaran mereka. Pemasaran yang mengarah kepada anak-anak sekaligus anime yang fun harus diihasi dengan penggambaran yang sederhana sekaligus dapat dinikmati bagi segala usia. Terlintas memang cocok untuk anak-anak karena animasinya sangat menyenangkan. Namun masih kurang untuk orang dewasa karena animasinya tidak terlalu dewasa.

Kuma Kuma Kuma Bear
Hae hae hae
© EMT² / Kumanano / 
029 / Muse Asia

Sehingga menurutku visualisasi kali ini cukup ramah lingkungan dan ramah bagi anak-anak yang ingin menikmati. Tidak terlalu dewasa dan action dari apa yang ditampilkan masih sebatas wajar untuk dinikmati. Sehingga bagi saya sendiri, anime ini masih layak dan nyaman bagi usia yang demikian. Tidak terlalu strong sekaligus ceritanya ya cocok juga. Sehingga menurutku kali ini, visualisasinya okey.


Visualisasi nya memang sangat cocok untuk anak-anak karena pembawaan yang begitu cerah. Pewarnaan yang khas sekaligus bentuk-bentuk visualisasi yang tidak terlihat berat. Keceriaan visual dengan warna-warna yang cocok untuk anak-anak menjadikan anime ini memiliki visual yang tidak berat.


Musik yang cukup Asyik

Salah satu yang menjadi keunikan adalah musik yang diberikan sangatlah asyik untuk dinikmati. Namun untuk konteks  lain, musiknya masih kurang begitu memoriable. Tap pembawaan lagu-lagu yang diberikan masih tepat sasaran. Saya tidak merasakan lagu yang diberikan begitu memoriable. Tapi cukup baik dan menyenangkan bagi anime yang mengarah kepada animasi anak-anak ini dan asyik saja sich.


Kesimpulan

Sebagai anime yang menjelaskan mengenai isekai di dunia game dengan berkostum beruang adalah keunikan tersendiri yang dibawakan dalam anime Kuma Kuma Kuma Bear. Menjelaskan arti penting bahwa beruang adalah pahlawan yang sangat dihormati baik dari segi filosofi maupun mitos dan hal ini ingin dibawakan dalam anime ini. Beruang adalah salah satu lambang dewa yang ingin dibahas secara sederhana dengan memperhatikan peran penting Yuna sebagai main character yang dihormati dan berguna untuk yang lain.

Kuma Kuma Kuma Bear
Ia ini aku sang Kuma
© EMT² / Kumanano / 
029 / Muse Asia

Untuk bagian-bagian yang mengenai visual, karkater musik, cukup untuk mengarahkan kepada penonton anak-anak yang seusia. Terlebih pasar yang diberikan adalah pasar anak-anak. Oleh sebab itu kita yang sudah cukup tua tidak mungkin cocok menonton anime ini selain daripada anime-anime action yang lebih berkelas. Mungkin anime misteri maupun anime yang mengarahkan kita kepada drama yang lebih berat. Tetapi yang menjadikan suatu anime yang cukup ramah lingkungan.


Kelebihan : 

  • Ceritanya sangat sederhana untuk kita nikmati.
  • Tidak terlau berat untuk visualisasi yang diberikan
  • Memiliki nilai-nilai yang dapat kita petik sebagai pengajaran kita secara pribadi
  • Karakteristik yang menjadi pusat perhatian kita
  • Sangat imut - imut untuk ditonton sebagai anime. 
  • MC yang overpower di setiap pertarungan yang dibawakan.


Kekurangan : 

  • Cerita tidak begitu layak bagi mereka yang menginginkan cerita berat
  • Visualisasi jelas bukan untuk orang-orang yang sangat ingin visual yang berat
  • Tidak Direkomendasikan bagi yang cukup dewasa.
  • Kadang plot yang diberikan memang cukup membosankan jadi perlu sabar
  • Tidak ada pertarungan yang begitu berarti sepanjang anime ini.
  • Komedi yang diberikan kurang begitu kuat.
  • Endingnya kurang saja


Penilaian : Menonton Kuma Kuma Kuma Bear akan Mendapatkan Nilai


Apakah kalian yang ingin merasakan apa yang diberikan dalam anime ini? Apakah kalian sangat menyukai sang Yuna dalam anime ini? Bagaimana penilaian kalian terhadap perjalanan Yuna di anime ini? Mau dibawa kemana beruang kita?

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini