[Review] Manga Clover Game - Sora : Kebersamaan adalah Terpenting

Menjadi suatu kebiasaan lazim kita untuk mereview beberapa manga. Baik itu one shoot maupun hal-hal yang bikin kita bener-bener merasakan manga itu hidup atau tidak? Mungkin sesuatu yang bikin kita bertanya-tanya. Apakah ada manga yang dapat menghasilkan sesuatu cerita yang cukup menarik hanya sekedar manga one-shoot? Biasa?

Clover Game - Sora
Manga Clover Game
© Sora / Elex Komik
/ Sharp Point Press

Inilah manga / komik Clover Game karya Sora. Sebuah komik yang hadir dan terbit di Indonesia melalui gramedia pada tahun 2017 melalui label Elex Media Komputindo (Elex Komik). Sedangkan di terbitkan di Taiwan melalui Sharp Point Press pada tahun 2015. Kemugkinan ini adalah salah satu komik china atau korea yang diterbitkan disini. Apakah yang bikin manga ini cukup menarik untuk dibaca? Apakah yang menariknay dari clover game ini?


Plot

Menjadi suatu tradisi kebiasaan untuk memburu orang-oran dari suku yang sangat istimewa. Namanya Suku Balute. Sebuah suku yang bikin keberuntungan yang begitu luar biasa bagi seorang yang memiliki keturunannya. Alkisah suku inipun memiliki di kedua tangan mereka ada tanda daun semaki yang berdaun empat yang melambangkan cinta, kesehatan, kejayaan, dan kekayaan. Apakah yang bener saja sang suku balute diburu?

Clover Game - Sora
Kisah Manga Clover Game 
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press

Inilah kisah petulangan dan juga sebuah manga one Shot Clover Game. Mungkinkah dalam hal ini, clover menjadi suatu keberuntungan yang terpenting, dapatkah kita menjadi seseorang yang bisa dibilang sangat menghasilkan keberuntungan sangat tinggi sich. Apalagi mengerti dan memahami makna filosofis Clover. Kenapa clover menjadi lambang keberuntungan. Kenapa kita menyukai apa yang disebut dengan clover ini?

Setidaknya nanti kita akan memahami 4 cerita yang bikin kita memahai arti pentingnya kebersamaan dan perjuangan yang menghasilkan suatu hasil yang maksimal?


Clover Game - Seru siihh....

Clover adalah bunga keberuntungan dan suku Balute adalah sekelompok yang mewarisi di tangan nya adalah kelopak-kelopak bunga clover ini. Setiap kelopak bunga Clover ini melambangkan 4 macam hal, yakni cinta, kesehatan, kekayaan, dan kejayaan. Dan ini sangat dipercaya bahwa setiap orang suku Balute ini memiliki keberuntungan sekaligus sangat langka untuk kita bisa katakan sebagai suku terasingkan dan minoritas.

Clover Game - Sora
Kisahnya Seru..
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press

Suatu saat pasukan yang sangat jauh, akhirnya suku terjahat menemukan sisa-sisa orang Suku Balute. Namanya Cattleya. Seorang gadis muda yang memiliki keberuntungan tertinggi. Suku terjahat inipun memperlakukan Cattleya dengan tidak manusiawi. Tetapi di dalam setiap kelapak tangannya terdapat 1 kelopak bunga. Untuk menghidupkan sihir misterius membawa keberuntungan, maka harus menemukan pasangan cowok dari Suku Balute ini. Dapatkah mereka menemukannya dan dapatkah sang Cattleya ini bebas dari kejaran maut suku-suku yang jahat itu?

Saya anggap bagian ini seru, karena terlihat sebagai manga yang diawali dengan adventure dan pertualangan adalah sesuatu yang menarik untuk diikuti dan dibahas.dalam sepanjang kita mngamati manga ini chapter ini.


The Lady and Mr. Know-All - Kisah Kedekatan Yang Tidak Disengaja

Ketika sang Lady akhirnya keluar dari rumah yang sebenarnya tidak ia sukai. Karena tahu bahwa keluarganya tidak benar. Mangkanya sang Lady keluar dan berusaha untuk mencari arti hidup yang sebenarnya. Tidak mengerti kenapa hidupnya yang stuck. Tetapi ketika bertemu sang Mr. Know All "Amo". Cloudy, cewek yang kabur ini merasa ada sesuatu kebebasan yang ingin dicapai dari kemederkaan yang dari rumah. Namun yang terjadi adalah hal bikin kita bener-bener tidak tahu.

Clover Game - Sora
Kisah yang menarik.
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press

Namun dari apa yang kejadian Cloudy alami, dirinya mulai belajar kehidupan lebih baru dan berada di dalam next level yang lebih. Apakah itu? Apakah sang Cloudy harus lakukan terlebih dirinya memahami arti dari keluarga yang dihadapi. Apakah yang terjadi dalam kehidupan kita saat itu?

Inilah kisah kedekatan yang tak disengaja. Sebenarnya Cloudy ini belajar apa yang namanya kedekatan yang sebenarnya antara dirinya dan Mr. Amo. Mungkin bisa dibilang kedekatan yang tidak disengaja kali. Tetapi dari yang tidak disengaja ini menimbulkan seusatu yang bisa dibilang. ketidak sengajaan menimbulkan rasa yang ada di dalam rasa yang begitu dekat.. Gua rasa juga ada sesuatu rasa. Apakah rasa itu dapat kembali dengan baik? Bagaimana rasa yang sebenarnya dirasakan? 


Love on the Spring Cloud - Kisah yang tak Tersampaikan

Mungkin ini untuk pertama kalinya pemulik rumah yang telah mennggal merasakan suatu cinta yang tak pernah dirinya pikirkan sebelumnya. Sang pemilik yang telah meninggal ini memiliki rasa cinta kepada seseorang yang bisa dibilang cinta yang begitu besar dan ingin disampaikan. Tetapi karena sudah menjadi beda dunia. Meskipun demikian, hal ini tidak menyulutkan kisah seorang cewek yang ingin diperhatiin oleh sang cowok yang ada disana. Tetapi harus bisa memilih, apakah perlu membunuh atau harus mengorbankan diri? 

Clover Game - Sora
Cinta berbeda dunia... .
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press

Inilah yang menurutku kisah cinta yang tidak tersampaikan. Kisah cinta yang tak pernah tersampaikan dengan begitu baik. Kisah cinta yang merupakan kisah yang cukup penting harus disampaikan meskipun harus berbeda dunia. Namun yang terjadi adalah kisah tersebut seakan-akan sirna karena terdapat perbedaan dunia yang tak bisa dibilang adalah penghalang terbesar dari antara komunikasi ini. Dan menurutku antara dua dunia yang tidak bisa terdapat titik temu yang tepat. Dan dapat dibilang menjadi batas dan juga permasalahan yang begitu kuat. 

Tetapi dari kisah yang tak tersampaikan ini, saya rasa itu adalah kisah yang tidak menjadi kisah tidak tersampaikan dengan baik. Apakah ada kisah cinta yang begitu kuat untuk menyampaikan ini semua? Tetapi yang jadi penilaianku adalah bagaimana kisah yangdiperlihatkan disini merupakan hal yang sangat wajarlah. Hal tersebut tidak tersampaikan dengan sempurna. Sungguh sangat menyedihkan. 


Ten Billion Love : Kisah Cinta Dua Makhluk Berbeda

Kisah kehidupan cinta kali ini harus dialami dari seorang preman geng wanita yang sangat tangguh untuk menghadapi geng-geng cowok yang akan dihadapi olehnya. Mungkin sesuatu yang sangat aneh bagi kita ketika kita mengetahui sesuatu rahasia sangat membawa kita kepada suatu hal yang sangat berbeda. Anggaplah kita adalah cewek preman yang sebenarnya punya attention kepada cowok yang cukup lemah. Meskipun sang cewek strongnya minta ampun. bahkan bisa dibilang memiliki kemampuan tak terhingga, tetapi kalau sudah berbicara mengenai pacaran dan lain-lain. Dirinya pasti ada setitik yang ia sukai.

Clover Game - Sora
Parah ini... 
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press

Terutama ini terjadi pada kisah Judy ketika bertemu sesosok cowok yang dirinya sukai, yaitu Jacky. Seorang yang sangat pandai dalam silat. Dirinya terkalahkan oleh kemampuan silat dan memborgol tangan Judy. Tetapi apa yang terjadi, terungkaplah bahwa Jacky ini...... Ya ... Dapat dibilang Ada rahasia yang bikn drinya menutupi dirinya yang merupakan manusia beruang. Manusia beruang disini adalah sesautu yang selama ini disembunyikan dari sang Jacky ini. Tetapi dapatkah menjadi kisah cinta?

Sebuah kisah cinta yang berada di dua makhluk yang berbeda. Sebuah cerita yang bisa dibilang kisah yang sanat aneh. Berbeda, dan juga sesuatu yang sangat berbeda. Mungkin sesuatu sangat tidak mungkin terjadi kecuali jika kita melihat cinta antara wereworlf dengan cewek manusia. Mungkin bisa dibilang... Kisah ini terinspirasi dari situ ya.


Kebersamaan adalah Terpenting

Salah satu yang menarik disini adalah kebersamaan antara orang-orang yang terpenting dan juga kebersamaan yang menyatukan orang-orang yang ada disini. Kebersamaan dan persatuan antara cinta yang terjadi diantara orang-orang setiap chapternya. Setiap chapter ketika diperlihatkan bagaimaan kebersamaan ini menghasilkan kebersamaan yang menarik. Hal in adalah kebersamaan yang menghasilkan kekuatan yang tersirat dari kekuatan ini.

Clover Game - Sora
Inilah kekuatan cinta.. 
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press

Gua setuju jika sebagian besar keunikan dari apa yang disampaikan akan menghasilkan kekuatan yang terdalam dari apa yang terdapat dalam kebersamaan ini. Kebersamaan yang terbentuk adalah keunikan  yang terdalam sehingga menghasilkan kekuatan yang begitu super di dalamnya. Mungkin bisa dibilang.... Kebersamaan ini menimbulkan suatu kekuatan yang sangat hebat. Dimana kekuatan ini timbul menjadikan diri kuat menghadapi tantangan yang ada. Gua setuju akhirnya kekuatan itu timbul bersamaan yang menjadi kekuatan yang terpenting untuk menghadapi permasalahan. Permasalahan yang terjadi menyangkut hubungan ini.

Justru yang terpenting disini adalah kemampuan kita di dalam hal ini untuk mewujudkan kebersamaan yang ada. Bagaimana kebersamaan ini adalah power yang terjadi di dalam pencarian pasangan dan kekuatan di dalamnya pasangan ini bekerja dan melakukan apa yang ia lakukan. Sesuatu bisa dibilang kekuatan yang begitu kuat dari dalam. Kekuatan ini yang menentukan sesuatu yang bisa dibilang.kekuatan cinta dan pasangan di dalamnya.


Visualisasinya TOP. Aku suka dan pas.

Aku boleh katakan, visualisasi yang kali ini jauh lebih ngetop daripada yang biasa-biasanya. Sesuatu yang bisa dibilan sangat upgrade di mataku. Visualiasi yang diberikan dari tim dari Sora ini.. Saya rasa cukup menarik diberikan oleh Sora ini menurutku ya TOP bah. Gua terlalu suka penggmbaran yang diberikan Sora ini. Apakah yang diberikan dari sini sehingga ku bilang TOP?

Pertama, sebuah kisah yang bisa dibilang penggambaran karakeristik dari visual karakter terlihat sangat menawan sekaligus sangat baik. Begitu imutnya penggambaran karakter yang diberikan disini adalah keunikan yang terjadi. Karena penggambaran karakter yang terlalu imut disini adalah nilai plus yang terjadi disini. Sesuatu yang bisa dibilang karakter yang bisa dibilang ya bisa dibilang menarik sich. 

Clover Game - Sora
Aduh hai visualisasinya top.
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press

Kedua, penggambaran latar dan pewarnaan yang boleh dikatakan tidak terlalu berat dan bisa dibilang cukup enteng. Karena tipe pewarnaan dan juga latar yang bisa dibilang cukup enak untuk dinikmati. Dan saya cukup menikmati apa yang menjadi hasil disini. Saya rasa penggambaran dan pewarnaan ini adalah sederhana dan unik merupakan hal yang menjadi nilai tambah tersendiri dari background yang diberikan. 

Sisanya tidak begitu banyak menjadi sorotan bagi saya. Dikarenakan apa yang menjadi highlight cukup saya hightlight menjadi bagian terpenting di dalam manga ini. Dua hal pertama diatas ini adalah nilai yang menjadikan saya menyukai visual-visual yang diberikan oleh mangaka Sora. Appresiasi.


Kakakteristik Ok

Tidak begitu banyak karakter yang dapat dibahas. Terlebih apa yang menjadi keunikan yang ada di dalam manga ini. Bisa dibilang. Banyak karakter yang ada kemiripan yang ada. Namun untuk memilih karakter, saya lebih memilih chapter 2 yang berjudul lady and Mr-Know All. Bagian yang ini memiliki karakteristik yang begitu mendalam. Karna sang Lady dan Mr. Know All ini memiliki kisah yang membekas di dalam hati. Membekasnya di dalam hati ini menjadikan Lady dan Mr. Know All ini terbaik. Dua karakter ini bisa dibilang cukup bikin nyaman.

Clover Game - Sora
Inilah kekuatan cinta yang akan
mengalahkan dunia..
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press


Kesimpulan

Sebagai salah satu manga bikinan Sora adalah manga yang mengajarkan bahwa kebersamaan akan memberikan kekuatan terpenting disitu. Bagaimana apa yang diberkan oleh sang Sora ini memiliki keunikan yang bisa dibilang, kekuatan terpenting yang ada dalam kebersamaan memiliki keunikan dan kekuatan yang sangat luar biasa. Kekuatan kebersamaan ini menghasilkan kita semakin strong. Kekuatan cinta dan strong yang ada menghasilkan kemampuan kita untuk berkembang kedepan dan menghadapi permasalahan yang bisa dibilang penting sich. 

Clover Game - Sora
Love Power!!
© Sora / Elex Komik 
/ Sharp Point Press

Permasalahan apapun dapat kita kalahkan bersama dengan kuat dan merupakan tema yang mengharukan kita untuk memiliki kebersamaan. Kebersamaan ini membawa kita untuk menjadi jauh lebih kuat daripada apa yang sebelumnya. Apa yang diberikan dari setiap karakter dan visualisasi ini menurutku cukup menarik dan upgrade yang sangat okey untuk dinikmati. Apa yang diberikan disini cukup menarik dan bikin saya menyuai apa yang diberikan. Sesuatu yang sudah diberikan oleh sang mangaka Sora sangatlah menarik untuk diberikan. Bahkan menurut saya, sesuatu yang diberikan ini. Cukup menarik.


Kelebihan :

  • Cerita yang tidak bikin pusing maupun tidak bikin kita bener-bener mendalam mengenai percintaan dan perjuangan
  • Perjuangan yang dikasih dengan rasa cinta dan kebersamaan membawa kita semakin kua menghadapi permasalahan
  • Visualiasi yang diberikan tergolong menarik dan unik dinikmati
  • Karakteristik yang menarik ada di berikan
  • Cerita yang lumayan susah ditebak tetapi berjalan menarik


Kelemahan :

  • Antargonis di chapter satu tidak begitu menarik.


Penilaian : Berlilah manga dulu baru kita bisa menilai sesuai kalian menilai.


Bagaimana? Apakah kalian menyukai manga yang telah diberikan kali ini? Apakah manga ini cukup menarik untuk diberikan kepadamu?

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini