[Review] Manga Be Boys - Van : Komunikasi Anak dan Orang Tua Penting

Pernahkah membayangkan kisah seorang cowok-cowok yang punya keinginan tahuan yang tinggi? Mungkin sebagian kita benar-benar belum bisa mengerti apa keinginan cowok yang sebenarnya. Ataupun mengerti permasalahan yang ada di dalam cowok-cowok ini.. Apakah cowok itu ada masalah atau cowok itu ada sesuatu yang bikin kita berpikir dua kali?
Be Boys - Van
Be Boys
© Van / Gramedia / Koloni
Inilah sebuah manga Be Boys karya Van dari komikus Indonesia. Sebuah komik yang datang dari Indonesia dan merupakan komik yang bener-bener mengisahkan suatu kisah yang bikin kita penasaran. Sebuah komik yang diterbitkan oleh Gramedia dalam label Koloni ini terbit pada tahun 2011. Apakah yang bikin cerita ini kita bisa mengikuti komik drama ini?

Plot

Pernahkah kalian melihat kebiasaan orang yang gerak geriknya cukup mencurigakan? Mungkin kita cukup kepo untuk memahami kebiasaan orang ini maupun kemungkinan lain yang bikin kita kepo ibaratnya kepo terhadap kehidupan yang bikin kita penasaran.
Be Boys - Van
Sebuah cerita yang bikin penasaran
© Van / Gramedia / Koloni
Sebuah pernyataan umum yang bikin kita berpikir dua adalah apakah mereka para cowok memang nggak sepatutnya menangis. Cowok itu sendiri harus tegar dan tegar dalam menghadapi hidup. Kelak mereka harus menjadi seroang kepala keluarga. Sehingga cowok harus memakai topeng yang serba kuat ya kan. Mungkin inilah yang bikin Tomi memiliki pembawaan dan anggapan keras mengenai cowok. Serta keinginan untuk menonjok sang Yogi, teman satu sekolah ang populer.

Karena telah mengetahui topeng yang dipakai Yogi selama ini, Tomi ingin membongkar segala kebusukan yang berasal dari sang Yogi. Kebusukan apakah itu? Seberapa busuk yang disembunyikan dari sang Yogi? Apakah permasalahan yang dimiliki oleh Yogi sehingga menyembunyikan topengnya?

Coba Serapin Permasalahannya

Permasalahan yang bikin kali ini penting dibahas adalah bagaimana keluarga yang dipermasalahkan dalam kehidupan sang Yogi. Bagaimana antarr Ayah, Ibu, dan Anak yang sangat susah dipahami. Memang orang tua dan anak harus bener-bener bisa berkomunikasi dengan permasalahan yang ada. Permasalahan komunikasi ini adalah permasalahan yang sering terjadi dalam kehidupan keluarga yang sebenarnya harus segera diselesaikan.
Be Boys - Van
Hmm begitu..
© Van / Gramedia / Koloni
Sebenarnya menarik sich untuk kritik terhadap kita bahwa kehidupan kita harus kembali kepada orang tua kita. Karena orang tua harus kita ingatkan agar mereka tidak berlarut-larut dalam kesibukan yang bikin kita lupa dengan keluarga kita sendiri. Inilah yang bikin kita perlu memikirkan ulang apa yang kita lakukan di dalam keluarga nanti.

Komunikasi Anak dan Orang Tua Penting

Oke ini yang jadi poin utama dalam cerita. Komunikasi antara anak dan orang tua menjadi titik temu yang penting di dalam keluarga. Dikarenakan keluarga memerlukan sebuah komunikasi dan sharing beban. Maka komunikasi ini begitu kuat agar informasi bisa kesampaian dengan tepat sasaran. Sehingga bisa mengajarkan hal-hal yang bener disitu.
Be Boys - Van
Poin Penting Permasalahannya!
© Van / Gramedia / Koloni
Komunikasi yang bener-bener penting karena yang menjadi bagian bikin kita untuk mengenal, menjadi dekat, dan lain sebagainya. Informasi dan apa yang diharapkan adalah hal yang bikin kita ya bisa lebih deket dengannya. Karena komunikasi ini adalah yang bikin kita bener-bener bikin kita mengerti.

Agak Lama Untuk Mencapai Poin penting

Mungkin gaya penceritaan yang bikin banyak chapter 7 chapter. Mungkin agak berbeda dengan sebelumnya yang ada 10 chapter yang bikin kita bener mengenal. Tetai kali ini sebenarnya permasalahannya agak lama. Diawal hanya meihat kegaduhan dan kelucuan 3 sahabat tetapi akhirnya act act tengah dan akhir sudah menjadi bagian penting disini. Tetapi untuk ekesuksi yang diperlihat sangat menyedihkan.

Visualiasi ala Indo

Salah satu yang bikin ciri khas komik indonesia adalah visual yang diberikan adalah perbedaan rasa yang ada antara jenis Indonesia dengan Jepang. Perbedaan segi visualisasi ini sangat bikin kita bertanya-tanya. bagaimana kualitas komik Indonesia di tahun 2010-2011? Apakah yang bikin visualiasi komik ini cukup khas?
Be Boys - Van
Teknik visual?
© Van / Gramedia / Koloni
Gua setuju dengan kekhasan yang dibawakan. Menurutku memang gayanya agak kebarat dan agak sedikit sentuhan Jepang didalam komik ini. Sentuhan-sentuhan ini adalah keunikan yang dibawakan sepanjang penggambaran disini. Yang kurang ku sukai dari sentuhan-sentuhan komik visual ala indo ini kecampur ini dan kurang bisa dinikmati secara maksimal.

Karakteristik Unik

Setidaknya ada 4 karkater utama dalam manga ini / komik ini. Dan memiliki keunikan dalam setiap ceritanya. Dikarenakan karakter ini terbentuk dengan latar belakang yang mengisahkan keterikatan antara karakter satu dengan lainnya. Bagaimana keterikatan antara satu karkater dengan lainnya hingga membentuk support dan saling memiliki keterikatan diantaranya.
Be Boys - Van
Bertarung dengan Gen??
© Van / Gramedia / Koloni
Salah satunya adalah Tomi dengan Yogi yang merupakan salah satu menurutku punya kakrakter unik. Dimana Tomi ingin menyelidiki kebiasan Yogi yang sebenarnya ada permasalahan yang cukup serius dijalani. Bagaimana Yogi ini punya kebiasaan yang tidak seperti anak pada umumnya.

lalu karakter yang sebenarnya ditengah-tengah utama dan pembantu adalah.Alvin dan Gaga. Alvin yang memiliki rambut putih memang punya gaya bercanda yang cukup bener-bener bikin ngakak. lalu sang Gaga yang pakai selempang dikepalanya adalah anak dari Kakek yang jualan ikan. Tetapi yang bikin kurang begitu kental karkater ini adalah memang gk terlihat sebagai pemain utama tetapi sejatinya mereka adalah karakter utama loh.

Jadi yang bisa dibilang unik ada 2 tetapi penggambaran yang keren ada di 2 karakter lainnya. Dimana karakter-karakter ini memang terlihat ya kurang wow aja. Tetapi yang bikin wow adalah guru yang merupakan kakak dari sang karakter Tomi.

Kesimpulan

Sebagai salah satu manga yang dibikin oleh Van yang menyediakan arti penting di dalam keluarga dan komunikasi antar sesama anggotanya di dala keluarga. Memang kesatuan keluarga dan komunikasi di dalam keluarga adalah titik penting kita di dalam berkeluarga. baik itu anak, ayah, ibu dsb. Sehingga mereka bisa saling melengkapi di dalam keluarga. Keluarga yang utuh dan saling melengkapi ini adalah titik penting, ketika kita berkomunikasi disini. Alasan ini terlihat bagaimana sang Yogi berusaha untuk menggapai Ayahnya agar kembali memikirkan drinya.
Be Boys - Van
Ngeprint di WC bu.
© Van / Gramedia / Koloni
Meskipun sebagai manga yang bener-bener merasakan arti penting keluarga ini. Bagaimana keluarga berperan penting untuk menghasilkan orang-orang yang kuat di dalamnya. Termasuk juga sang Yogi ini jika bener-bener menemukan sosok yang bisa diharapkan.

Kelebihan :

  • Menceritakan arti penting di dalam keluarga. Sebuah Problema anak muda dan keluarga sibuk
  • Memiliki khas visual indonesia
  • Ceritanya kadang dirasakan cukup memiliki komedi tersendiri dan bergerak dengan okey di dalamnya.

Kekurangan :

  • Visualiasi kurang ngeeh di akunya yang kurang enak
  • Pembawaan komedi yang kurang begitu kuat sich meskipun sudah bisa ngakak sebagian besar.
  • Kemampuan sang penggambar manga ini cukup baik juga.

Penilaian : Komik Indonesia perlu dinilai dengan cukup subyek atau obyektif

Apakah kalian punya masalah dengan keluarga? Dapatkah kalian memperhatikan dan juga menyelesaikan permasalahan keluarga kalian?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini