[Review] Shachou, Battle no Jikan Desu! : President, Penting itu Sangat PENTING

Menjadi salah satu orang yang memimpin suatu Company adalah suatu imian sekaligus pekerjaan yang sangat berat. Bagaimana kita harus mengatur sebagian besar perusahaan yang harus kita jalankan. Terlebih suatu perusahaan yang merupakan peninggalan dari sang Bapak. Mungkin adalah tantangan yang terbesar harus kita peroleh adalah bagaimana menjalankan perusahaan ini. Apakah jadinya jika kita merupakan penerus ahli dalam perusahaan kecil ini?
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Shachou, Battle no Jikan Desu!
© C2C / Muse Asia
Yap inilah anime Shachou, Battle no Jikan Desu! atau dalam bahasa inggrisnya Shachibato! President, It's Time for Battle! Salah satu anime yang dibangun oleh sang studio C2C di musim Spring 2020.Diadaptasi dari sebuah Game yang sama dan dapat ditonton dalam Muse Asia. Apakah yang membinkin anime ini asyik ditonton atau hanya sekedar anime yang lewat begitu saja musim ini?

Plot

Minato, adalah salah satu orang biasa yang baru saja lulus dari sekolah para petualang. Minato bertemu dengan temannya sendiri yang bernama Yutoria. Di saat tempat yang begitu romantis, seakan-akan sang Yutoria sendiri mau menembak sang Minato. Keadaan yang begitu romantis membikin sang Minato sangat susah menolak. Namun yang terjadi dalil-dalil adalah cinta eh,,, gk tahunya harus menjadi sala satu bagian perusahaan yang memiliki hutang besar...!!
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Pelayanan yes.
© C2C / Muse Asia
Yap mau gk mau, Minato harus mengikuti kepada sang Yutori. Bertemulah sang Minato bersama kawan-kawan dari perusahaan Kabou Company / dalam bahasa inggrisnya Hope Company. Siapakah mereka? Mereka adalah Akari, Makoto, Yutoria, dan Guide / Gaido. Di perusahaan yang kecil ini menyimpan suatu permasalahan yang sangat hebat di bagian ekonomi, kekurangan tenaga, sumber daya, serta memanajemen orang-orang di dalamnya. Apakah yang dapat dilakukan oleh sang Minato demi keberlangsungan perusahaan ini?

Misi pertama didapatkan dalam perusahaan ini adalah terkesan sangat mudah. Namun apa yang didapatkan sebenarnya tidak berjalan mulus. Malahan penghasilan yang didapatkan belum bisa melunasi hutang-hutang yang ada. Permasalahan muncul bergitu terus-terusan hingga perusahaan ini berada dalam step baru. bagaimana caranya sang Minato sebagai preiden untuk menyeesaikan pekerjaan ini?

Plot Cerita yang Bertahap Tapi... 

Sebagai anime yang memiliki tema besar pengelolaan perusahaan Kabou / Hope Company. Perusahaan yang jika bisa dibilang, mengalami suatu kehancuran karena usaha yang diperlihatkan. Lalu diproses sepanjang alannya anime ini berjalan. Proses pemulihan usaha demi usaha, duit demi duit, agar kembali menjadi perusahaan besar yang siap dan kuat untuk menerima berbagai usaha. Namun secara konsep cerita yang diusung sebenarnya adalah cerita yang diberikan sebenarnya konsep yang bertahap meningkat.

Cerita yang diperlihatkan sebenarnya bertahap yang diperlihatkan baik. Akan tetapi yang dipertunjukan ada rasa-rasa kurang dinikmati. Bukan berarti kami anti terhadap cerita. Bukan untuk menjelekkan dan merendahan namun jauh lebih memberikan variasi yang lebih baik untuk ceritanya. Memang sangat disayangkan dalam cerita plotnya sendiri tidak memberikan kekuatan yang kuat. Bahkan cerita yang diberikan menurutku kurang. Apakah yang menyebabkan hal ini terjadi cukup aneh?
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Semuanya teman
© C2C / Muse Asia
Harapan yang diberikan sendiri adalah korelasi antara pemimpin dengan berbagai action diberikan sebenarnya bisa jauh lebih baik. Bisa menampilkan beragai jenis pertarungan yang lebih epic. Misalnya pertarungan antara musuh boss setiap level diwarnai dengan pertarungan yang panjang dan menegangkan. Atau level yang lebih susah untuk dihadapi setiap pekerja kantor ini. Inilah yang mungkin sangat kasihan dari segi cerita. Kek ibarat sudah memberikan peralatan masak dan berbagai bahan. Yang sebenarnya enak. Tinggal digoreng yang seenak-enaknya hingga sedap dihidangkan.

Monster yang Sontoloyo

Entah kali ini jarang banget saya menilai suatu karkater pendukung yang tidak manusawi. Disebut sebagai entitas monster ini. Pembawaan monster sangat tajam, garang, dan kuat ini sebenarnya bisa dipoles lagi bahkan lebih baik. Polesan monster-monster sontoloyo di awal-awal sampai pertengahan. Sebenarnya kenapa harus dibilang sontoloyo ini?
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Monster yang cuman minta ampun
© C2C / Muse Asia
Secara konsep, sang action yang diberikan dengan monster yang diberikan cukup berlawanan antara satu dengan lainnya. Hal ini terlihat bagaimana MC dan Company jauh lebih kuat daripada monster. Jauh lebih kuat ini lebih kepada strategi dan monster yang dihadapi sebenarnya sudah memberikan gigi-gigi taring yang tajam. Bahkan penampilan yang sangat mencerminkan monster terlihat. Cuman sangat disayangkan kalau jatuhnya monster-monster ini terlihat bodoh.

Kenapa harus terlihat bodoh, yaitu dalam gaya pertarungan yang diberikan. Memang sangat menunjang ala manajer karena harus memikirkan ulang setiap kali bertarung. Berpikir sangat keras hingga menemukan setiap kelemahan setiap monster yang ada. Bagaimana sang monster sendiri kalau dilihat dari segi kelemahan justru memalukan setiap monster yang ada. Bahkan dapat dianggap monster yang garang terlihat menakutkan, memiliki kelemahan yang tidak masuk akal. Sangat disayangan secara in box, sangat disayangkan.

President itu Sangat PENTING!

Perlunya sang pemimpin di dalam perusahaan adalah ha yang paling inti di dalam suatu perusahaan selain memiliki pegawai-pegawai yang ada di dalamnya. tanpa pemimpin. Jelas sebagai salah seorang yang penting disini. Bagaimana kita perlu mengendalikan, bertanggung jawab, serta mengelola perusahaan kita. Dalam perusahaan sesosok pemimin adalah orang yang paling berpengaruh. Mengapakah sang presiden ini adalah berpengaruh disini.
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Presiden yang kuat
© C2C / Muse Asia
Penyebab sang presiden ini penting dalam perusahaan sebagai berikut :
  • Memiliki manajemen sumber daya manusia yang tepat. Sang Minato sendiri disini memperlihatkan bagaimana kealihannya yang diwariskan oleh sang Ayah untuk menjalankan perusahaan kecil ini.
  • Prediktif, tenang, dan pandai. Salah satu kemampuan khusus dan sikap dari sang Minato sendiri. Setiap terjadi adanya musuh, jelas sang Minato berusaha tenang menghadapinya. Dengan kepala dingin tanpa emosi, sang Minato pandai memanajemen sekaligus mengatur usahanya ini.
  • Open minded. Salah satu bentuk kemampuan sekaligus pikiran yang dipelihatkan oleh sang Minato adalah bisa menjadi pemimpin yang bisa terbuka pikirannya. Seorang pemimpin perlu memiliki keterbukaan pikiran yang penting dalam menjalankan sang perusahaan. Termasuk bagaimana mengikuti sejamannya. Minato memiliki kemammpuan ini.

Sehingga menurutku, jelas sang Minato adalah presiden yang sangat penting dalam usaha Kibou Company maupun Hope Comany. Salah seorang yang penting di dalam perusahaan ini. Minato seorang yang berpengaruh luar biasa. Sehingga dalam 3 poin ini dapat menggambarkan arti presiden secara sederhana. Sehingga presiden sendiri penting disini ketika kita sangat membutuhkannya. Menurutmu apakah kau mau jadi presiden kali ini?

Manajemen, yes, itulah yang menjadi fokus poin dari sini. Manajer dan pemimpin yang baik, berkompeten, dan punya daya kapasitas yang luar biasa. Merupakan harta nilai yang tak terduga.


Sebenarnya Ada Rasa Komedinya

Mungkin kalau kita melihat beberapa scene yang sebenarnya bikin menggelitik. Kalaupun disebutkan sebenarnya bagian-bagian yang merupakan menggelitik sebenarnya sekitaran kejenakaan antar pekerja dengan sang presiden. Termasuk juga bagaimana sang kesatria Rivar yang berlaga. Serta beberapa bagian yang sebenarnya bisa bikin melawak.
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Woy woy woy!
© C2C / Muse Asia
Setiap kali ada Rivar sendiri hadir, salah seorang yang kuat sekaligus memiliki nilai tinggi di sekolah. Namun pola pikirnya sendiri sangat tidak masuk akal. Pertarung demi menenangan. Bertarung demi kedudukan, namun kehadirannya sendiri sepanjang mostly episode-episodenya sangat menyebalkan dan menggelitik. Maksudnya ialah, seorang yang sempurna di berbagai bidang, tetapi sikapnya bikin menggelitik.

Sehingga dalam presiden yang memimpin suatu perusahaan, disamping itu juga ada unsur yang menggelitik sepanjang anime ini berjalan.

Ending yang Biasa

Sejujurnya merasa bahwa ending anime ini merupakan new problem yang sebenarnya sepele yaitu latar belakang sang president kita. Mungkin kita perlu kejelasan mengenai latar belakang dari sang pemimpin kita, dan ktia mungkin perlu tahu mengapa ia gabung dalam perusahaan. Namun yang terjadi adalah twist kecil terjadi di antara anggota-anggota perusahaan ini.

Dan tepat, permasalahan berupa hal ini. Memang udah mencapai ending dimana mencari harta karung yang sangat terpendam. Melawan monster yang sangat galak, dan mengendalikan sebagian besar anak buahnya. Ini yang tidak tepat untuk diperlihatkan dan inilah yang menjadi anti presiden yang sebenarnya sang presiden tidak boleh galak terhadap anak buahnya. Ending ini sangat tepat untuk menggambarkan anti tesis presiden yang penting. Meskipun saya kira ending kali ini, 2 episode akhir kurang begitu menyenangkan. Mungkin episode akhir berasa seperti pertarungan new quest tetapi lebih kepada biasa.

Visualisasi Terlihat Friendly

Untuk visualisasi tidak terlalu bermasalah sekaligus beberapa visualisasi sangat firendly namun tidak begitu keren. Mungkin difokuskan pada usia-usia muda yang akan menonton. Termasuk juga anak-anak yang akan menonton.
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Isinya bikin lucu!!
© C2C / Muse Asia
Friendly dalam arti jelas tidak menfokuskan pada beberapa bagian dan juga joke dewasa. Namun yang sangat disayangkan ketika melawan majuu Fammelia yang terlihat cukup dewasa. Hanya bagian kecil ini saja yang merupakan dewasa. Namun secara konsep keseluruhan, pewarnaan dan penggambaran sendiri cukup friendly sekaligus menarik.

Musik-Musik yang Sederhana yang Menggelitik

Kali ini untuk musik, saya tidak mendapatkan beberapa baian musik yang menarik sepanjang jalannya anime ini. Justru saya merasa musik-musiknya menyejukkan sekaligus imut-imut. Itu terlihat dari lagu ending musik anime ini diputar secara menggelitik teling. Ibaratnya kalau musik yang diberikan kek imut-imut, maka implikasinya jelas melihat pembawaan musik yang enak.

Beberapa musik sendiri diberikan saya merasa menarik. Termasuk juga beberapa sound effect dan ost setiap background. Meskipun saya lebih fokus kepada yang namanya cerita, dan juga beberapa poin penting yang dibahas disini. Namun kali ini saya menemukan musik-musik lainnya yang di ED dan OP cukup menggelitik. Dari sini kita dapat mengerti bagaiana sang musik ini sendiri dibawakan secara baik.

Karakter yang Berkembang dan Merata

Saya setuju kalau karakter utamanya hampir lebih dari 3. Bahkan satu usaha sendiri, 5 orang yang merupakan karakter utama dan mereka berjalan secara merata. Bahkan saya rasa kemerataan ini mirip dengan anime Hinako Note. Sehingga dalam hal ini karakteristik tidak terlalu menjadi persoalan di karkater utama. namun juga yang menarik adalah karakter pendukung yang terlihat melengkapi.
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Kami membantumu.
© C2C / Muse Asia
Karakter utama yang berasal dari Kibou Company / Hope Company sendiri. Mereka terlihat sangat supportif termasuk juga memberikan peranan penting sepanjang anime ini berjalan dari episode awal sampai akhir. Episode demi episode menceritakan kebersamaan yang awalnya mungkin agak bertubrukan antar orang di dalamnya. Namun mereka akhirnya menerima sang Sachou / President di dalam perusahaan ini setelah memperlihtkan kinerja utama yang ada. Bahkan kedekatan karakter-karkater utama di dalam perusahaan ini berasa baik.

Kesimpulan

Perusahaan tanpa seorang pemimpin adalah suatu hal yang tidak mungkin ada. Pemimpin adalah yang penting untuk kita miliki sepanjang perusahaan itu berdiri. pemimpin yang berkompeten adalah pemimpin yang ada dalam suatu perusahaan. Termasuk sang Minato ini yang menampilkan kompetennya dirinya di suatu perusahaan kecil hingga menjadi dewasa. Untuk belajar mengenai manajemen perusahaan
Shachou, Battle no Jikan Desu!
Onegaimashu
© C2C / Muse Asia
Fokus penilaian yang lain ya? Gua bisa menilai bahwa sepanjang anime ini bergerak. FOKUSNYA memang MANAJEMEN DAN PRESIDEN. Tetapi jauh daripada itu, Ternyata ada nilai-nilai lain, yakni adalah komedi yang diberikan cukup menggelitik, tetapi yang tidak kalah menarik adalah musuhnya dan monsternya sontoloyo loh. Loh loh harusnya menjelskan bahwa presiden yang begitu tegas dan kuat. Tetapi yang terjadi tidak seimbang dengan monster-monster yang ada. Sehingga terdapat plus dan minus yang ada disini. Apakah yang plus dan apakah yang minur kalian percaya tidak??

Kelebihan :

  • Secara plus, okey ceritanya punya makna kuat mengenai manajemen suatu perusahaan yang harus didasarkan pada pemimpin
  • Monster terlihat tidak begitu menyeramkan, tapi... yang terjadi...

Kekurangan :

  • Monsternya memang tidak seram tapi sontoloyo untuk diperlihatkan
  • Plotnya tidak terlalu memaksa dan tidak terlalu kuat
  • Karakteristik memiliki khas namun tidak begitu kuat.
  • Karkater pendukung hanya sebatas karakter pulang pergi dan penambah kelucuan saja.
  • Tidak ada beberapa bagian yang bener-bener strong
  • Musik kurang begitu strong tetapi lembut.

Penilaian : Bagaimana dengan penilaian kalian dengan ini.

Apakah anime ini akan menjadi suatu anime yang bikin kita bener-bener menyukainya?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini