[Review] One Punch Man (Season 1) : Musuh Kesendirian dan Depresi dalam Hidup

Menjadi Super hero adalah cita-cita yang sangat mulia bagi semua orang. Mungkin kitapun sebagai orang biasa yang berjuang untuk menjadi super hero. Namun tahu gk ada super hero yang tidak terkenal? Tapi memiliki kemampuan dahsyat. Seorang hero yang menyendiri. Mungkin merupakan hero yang tidak masuk dalam jajaran hero yang terbaik di antero dunia.
One Punch Man
One Punch Man
© Mad House / Muse Asia
Inilah One Punch Man atau dapat di One Punch-Man, One-Punch Man, OPM sebuah anime yang hadir di tahun 2015, khususnya musim Fall 2015 yang dibangun oleh Mad House. Sebuah anime season 1 yang terkenal dengan kebotakannya dan kelucuannya. Sekarang ini anime ini tayang dalam limited-time (waktu terbatas dalam Muse Asia) hingga 30 September 2020 untuk memeriahkan penayangannya sebelum One Punch Man Season 3. Apakah yang bikin anime ini sungguh istimewa untuk ditonton?

Plot

Saitama, seorang yang tampaknya biasa saja dan tampangnya sendiri tidak menarik [kata-kata ribet dimasukan disini]. Namun satu-satunya hobi yang tidak biasa. Bisa dibilang sangat unik adalah menjadi seorang Hero. Semenjak dirinya memulai mencapai impiannya. Saitama berlatih dengan keras selama 3 tahun tanpa henti. Pelatihan yang sangat keras ini akhirnya mengakibatkan kehilangan seluruh rambutnya hilang dan botak. Hingga akhirnya Saitama sangat kuat, begitu sangat kuat dan akhirnya bisa mengalahkan berbagai musuh dalam pertempuran.
One Punch Man
Menjadi Kuat dan KUAT!
© Mad House / Muse Asia
Fakta yang sangat luar biasa adalah yang tidak bisa kita pungkiri, sebagai satu-satunya OPM terbaik. Dalam satu pukulan yang luar biasa dapat menyebabkan masalah yang tak terduga. Termasuk juga dalam pertempuran, dimana dengan kemampuan sekali tebas mati ini akhirnya membuat dirinya tidak bisa menikmati sensasi pertarungan yang sebenarnya dan bosan dalam kehidupannya sebagai hero. Bahkan kita bisa bilang OPM bosan hidup.

Kehidupan hero yang begitu sangat boring ini, akhirnya berubah dengan drastis ketika berkenalan dengan Genos, seorang cybog hero yang berusia 19 tahun. Seorang murid baru bagi Saitama. Dimana akhirnya Genos mengusulkan Saitama untuk gabung pada Asosiasi Hero. Sebuah asosiasi Hero yang bersetifikat diakui dalam kontribusi positifnya baik masyarakat. Saitama setuju dan dimulailah sebuah kisah action komedi. Inilah sebuah cerita sang hero yang tidak pernah terkenal. Lonely Hero, Saitama. Sang One Punch Man. Bagaimana Ceritanya??

Cerita Utama ada di Bagian Tengah

Awal-awal cerita kita dibawa dalam episode-episode yang bikin kita sangat senang. Kita dibikin menjadi lebih tertarik dengan jenaka yang diberikan sepanjang ini anime berjalan. Kita mungkin tidak sadar kalau 2 - 3 episode adalah episode menurutku bukanlah cerita utama. Tetapi lebih kepada penenalan kenala sang Saitama ini kuat namun terlihat sangat membosankan. Ini bukan konsep dasar cerita dalam Saitama ini.
One Punch Man
Inilah rahasia Saitama
© Mad House / Muse Asia
Justru Cerita utama Saitama bertepatan di bagian boring Saitama ini. Jujur One Punch Man kalau udah sampai tengah-tengah pasti Boring. Tapi cerita utamanya jelas dibagian tengah-tengah. Semenjak sang One Punch Man (OPM) masuk kepada Asosiasi Hero. Cerita dimulai disini. Meskipun peralihannya ada di episode 4 dan 5. Apakah penawaran cerita dari tengah hingga endingnya? Kalian bisa menilai ini.

Feeling Komedi Action yang Menurun

Gua setuju kalau sebagian besar anime ini didasari pada action komedi yang cukup luas. Kita tahu bagaimana pembawaan si botak dengan karakteristik, keinginannya, hingga bagaimana sifat dan watak one punch man yang diberikan justru jauh bikin kita geli-geli. Saya mengerti bahwa kemampuan yang dimiliki Saitama ini cukup bikin bisa ngakak dan langung menebak mau ngapain ini orang. Mungkin Saitama kerjaannya kehidupan normal life aja kali ya.

Musuh Kesendirian dan Depresi dalam Hidup

Apakah yang menjadi poin penting di dalam Saitama ini terlihat dari pesan yang ingin disampaikan. Mungkin kita mengerti beberapa sub poin yang ada dalam judul-judul One Punch Man ini. Kalau kita mengartikan secara lebih tajam dan mencari tema besar Saitama ini.
One Punch Man
Fokus Poinnya disini tepatnya
di Ending Theme
© Mad House / Muse Asia
Problem Superioritas yang mengakibatkan kesendirian dan keterpurukan hidup. Keterpurukan karena tidak ada orang lain lagi yang bisa menandingi sang Saitama. Beragam musuh-musuh monser hingga hero akhirnya melawan saitama tetapi sang Saitama lebih kuat dan sangat kuat. Mungkin hanya Lord Boros saja yang agak memiliki keseimbangan dengan kemampuan Saitama.

Disinilah yang disebut semakin superioritas semakin susah menemukan orang yang lebih tinggi dari kita. Misalnya gua orang yang paling nomor satu di sekolah dan kuliah, maka masuk yang lebih tinggi dan lebih kuat lagi tetapi sang diri kita sudah top tertinggi dan tidak mungkin terkalahkan oleh siapapun. Namun dibalik superioritas ini, kita mengalami kebosanan dan berbanding terbalik bahwa kita pun hanya sekedar menemukan musuh-musuh yang lebih lemah. Sehingga dibalik superioritas ini tersimpan kebosenan karena tidak menemukan orang yang lebih kuat dari kita.
One Punch Man
Huhhh!!
© Mad House / Muse Asia
Memang semakin kuat dan menjadi peringkat pertama. Jelas adalah hal yang baik namun dibalik hal ini akan tetapi dampak ketika tidak ada teman maupun lawan yang sangat berarti maupun kuat untuk dihadirkan. Namun yang terjadi adalah depresi berlebihan akhirnya. Sangat disayangkan kalau kita sudah sangat kuat dan hebat dan menjadi fokus kita ini, jatuh dalam keterpurukan yang harus menjadi resiko dan akibat disini. Poin inilah secara umum dibawakan dalam Saitama Season 1. Apakah dapat diperbaiki di season 2 nanti?

Ending yang Melegakan + Musuh Terbaik

Pertarungan antara Lord Boros dengan Saitama dibikin begitu epic meskipun diawali dengan sang Saitama diserang habis-habisan oleh sang Lord Boros sebagai lawan yang seimbang bagi Saitama. Seorang kepala aliansi monster penyerang monster pertama dari aliansi monster dan alien. Seakan-akan Saitama diserang bertubi-tubi dan memperlihatkan kekalahannya. Namun yang terjadi...
One Punch Man
Lord Boros
© Mad House / Muse Asia
Inilah ending yang menarik perlu kita nonton. Tidak ada satupun pukulan saitama yang memakai one punch man lagi. Tetapi hanya memakai skill tingkat level kedua dengan pukulan yang sangat menyakitkan. Mungkin ada satu kemampuan penting yang Saitama miliki belum terungkap.

Visualisasi Khas Banget

Gua setuju kalau dari awal sampai akhir memiliki konsep visualisasi yang khas Ala semi komik. Bikinan sang Mad House terlihat memiliki ciri khas tersendiri dalam pengambaran yang diberikan terlihat punya ciri khas tersendiri bahkan saya menilai kali ini, Saitama punya satu bentuk yang mungkin susah diberikan dari beberapa anime lainnya. Apakah demikian? Mungkin yes dan no. Kalau disuruh ngasih angka Saitama punya ciri khas tersendiri.
One Punch Man
Sangat Khas Banget dengan botaknya Saitama
© Mad House / Muse Asia
Salah satu ciri khas yang mungkin bisa kita lihat dari sini adalah sang Botak Saitama dengan berbagai monster yang bisa jadi suatu ciri khas tersendiri. Lalu bentuk-bentuk hero dari hero asosiasi dan juga monster asosiasi yang punya ciri khas tersendiri di dalamnya. Sehingga jelas, visualisasi punya khas yang bisa diingat. Bahkan beberapa terlihat cukup lucu./ 

Karakteristik Banyak tapi..

Banyak karakter pendukung yang mendukung anime One Punch Man. Bahkan saya mengatakan karakter-karakter ini punya keahlihan dan peran khusus meskipun sekedap mata kita menontonya. Mungkin monster-monster yang dikalahkan sang Saitama hingga beberapa hero Asosiasi yang terlihat seperti pemain yang hanya sekilas tampil. Mungkin inilah yang bikin game dan monster-monster di OPM beragam. Akan tetapi untuk awal ini, fokus pada 2 karakter penting, yakni :

Saitama, sang Botak, Punya kekuatan super kuat dan salah satu hero kelas C / B yang punya kekuatan dan pukulan super. Sekali pukul semua monster dan hero pun jadi musuh awal Saitama tebas habis.. Namun kepribadiannya yang unstable dan terlihat bodoh serta egois terhadap kehidupannya. Namun dibalik hero yang terlihat polos ini, tersimpan kekuatan yang sangat hebat di dalamnya.
One Punch Man
Genos dalam masa Perbaikan
© Mad House / Muse Asia
Genoss, sang anak didik Saitama. Seorang yang dibikin secara cyborg dan manusia cyborg yang ingin mencapai kemampuan terhebat dan terkeren. Namun sangat disayangan nak didik Saitama ini sendiri belum memiliki kemampuan terbaik sebagai hero kelas S. Termasuk juga salah satu hero yang berkembang pesat meskipun kekuatannya tidak sekuat Saitama. Tapi hebatnya Hero ini sekelas S begitu cepat.

Musik

Tidak menutup kemungkinan musik yang diberikan sangat asyik kok. Opening dan Endingnya memang sangat kontras karena openingna diberikan secara unik - unik gitu. Opening diberikan secara asyik-asyikan bahwa kita dibawakan secara high seakan-akan kita diperlihatkan adanya hero yang super kuat. Adanya suatu hero yang bikin kita enerjik menonton anime ini. Namun ending diperlihatkan suatu konsep yang sangat kontras namun penyejuk di dalamnya.

Musiknya tidak begitu masalah menurut gua. Namun fokus cerita yang sangat kuat adalah bagian penting diberikan. Namun untuk musik gk ada masalah melainkan justru bikin ketagihan di openingnya.

Kesimpulan

Kembali pada kesimpulan Saitama ini adalah anime yang menjelaskan arti dari kekuatan dibalik sebuah anime komedi action yang bikin kita ngakak peyut mules. Dibawakna komedi-komedi yang bikin mules ini perut. Namun yang menarik bukanlah komedi yang menjadi poin fokusnya. Namun makna dibalik cerita ini. Yaitu Kekuatan besar serta dampak yang ditimbulkan.
One Punch Man
Sugoiii!!
© Mad House / Muse Asia
Bener, OPM berbicara One Punch Man. Sebuah makna dimana kekuatan super hanya sebesar pukulan maut aja. Sebuah pukulan yang mungkin sekali mukul langsung mati. Sebuah pukulan yang sekali mukul bisa langsung knockout dan mati. Sehingga kekuatannya sangat hebat. Namun dibalik kekuatan yang sangat menjadi dampak besar, yaitu... Kesendirian dan Depresi bagaimana kita sendiri tidak memiliki orang yang lebih kuat dan tinggi dari kita. Resiko kebosanan yang sangat tajam terjadi dalam kehidupan Saitama. Inilah tema besar yang dibikin olehnya.

Kelebihan :

  • Gua lebih setuju drive dari hal yang sederhana kepada yang lebih sederhana.
  • Jauh lebih mengarah kepada joke-joke yang bener-bener bikin peyut mules dan menggelitik.
  • Deliver makna cerita yang sangat cukup menarik dari sebuah kesendirian dalam kekuatan super.
  • Karkateristik terfokus dengan baik pada sang Saitama dan Genos dengan baik.
  • Moral Valuenya bener-bener cukup terlihat.

Kekurangan :

  • Bagian inti dibikin Boring justru menurutku sedikit kesalahan
  • Karakter pendukung berasa seperti datang pergi dan hanya menganggu kehidupan sang Saitama dan manusia-manusia
  • Entah kenapa komedi yang diberikan dari awal sampai akhir berasa berkurang.

Penilaian : Nonton dulu baru lu ngerti

One Punch Man
Hero Kelas B Rank 63 :!
© Mad House / Muse Asia
Apakah kalian yang suka game maupun anime ini? Jangan lupa baca manga yang bikin kalian juga menggelitik kok. Tenang aja kapan-kapan komik kalau ada yang terkirim akan saya review.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini