[Review] Manga First Love and Unrequited Love - Dua Perspektif Cinta

Pernahkah mungkin kalian merasakan apaakh itu cinta yang kalian harapankan? atau hanya sekedar merasakan tetapi belum sempat sampai ketitik fase percintaan yang sejati. Mungkin untuk mencapai titik ini adalah kesusahan besar yang sering kita lalui dalam berpacaran kita di saat ini. Namun apa jadinya jika ada dua perspektif cinta yang akan kita ketahui? First Love and Unrequited Love? Mungkin kita menjadi seseorang yang baru saja mengenal ke "awkward" cinta ini.
First Love and Unrequited Love
First Love and Unrequited Love
© M & C Comics / Kadokawa
Inilah komik / manga First Love and Unrequited Love. Sebuah karya antology bersama antara Enoki Rita, Truffie, Yaya Arika, Nagiri Youka, dan Nakamura Yukichi. Sebuah komik yang terbit di Jepang pada tahun 2013 oleh Kadokawa dengan judul Hatsukoi & Kataomoi . Di Indonesia sendiri diterbitkan oleh Gramedia melalui label M & C Comic tahun 2016. Apakah yang bikin komik ini sangat menarik untuk dibaca? bagaimana dua perspektif cinta yang diperlihatkan?

Plot

Cinta sendiri tidak akan kunjung pudar, cinta yang itu ada yang manis, cinta itu ada yang pahit, penolakan, dan juga penerimaan. Sebuah rasa cinta yang diawali dengan pandangan pertama maupun cerita yang bertepuk sebelah tangan.
First Love and Unrequited Love
6 Cerita tentang cinta
© M & C Comics / Kadokawa
Inilah kumpulan 6 cerita pendek yang bertemakan cinta, khususnya sebuh cerita cinta pandangan pertama dan cerita yang akhirnya bertepuk sebelah tangan.! 6 Cerita terbagi jadi 2 ini menghasilan 3 cerita yang bikin kita punya pandangan baru loh.

Bitter Honey Photography : First Love with Photo

Sebuah cerita cinta yang diperlihatkan dengan seorang kameramen yang sering kali menfoto pose cowok yang ada. Nama cewek fotografer ini adalah Aoi, namun karena cintanya akan kamera dan model cowok yang tidak pernah ingin difoto, yakni Haru-kun. Karena Haru-kun adalah teman semenjak SD sang Aoi. Dirinya mengerti dan akhirnya jatuh cinta terhadap pekerjaan yang merupakan seorang fotografer.
First Love and Unrequited Love
Kisah Cinta dengan Jepret
© M & C Comics / Kadokawa
Namun yang terjadi adalah bagaimana sang cewek dan cowok akhirnya bercinta, dari pandangan pertama yang diperlihatkan. Akhirnya cinta mereka akan foto dan kedekatannya berakhir manis.

Your Song : Cinta Karena Suara

Kisah cinta dari sang penggemar dan penyanyi. Kedua sudut pandang ini akhirnya melebur menjadi satu. Dari sudut pandang penggemar yang menginginkan mendengar sang penyanyi yang hits di sosial media. Dan yang penyanyi yang selalu menyembunyikan wajah karakternya di sekola karena ketidak inginan untuk terkenal. Namun yang terjadi, terjadi suatu problem yang tidak biasa, yakni teman-temannya mengenal sang cowok ini akhirnya kepercayaannya cukup menurun.
First Love and Unrequited Love
Kisah cinta dengan musik
© M & C Comics / Kadokawa
Tetapi sang cewek, karena suara indah sang cowok, akhirnya sang cewek menjadi pacar sang cowok sebagai penyemangat dari cewek ini untuk sang cowok. Bagaimana sang cewek akhirnya menjadi penyemangat bagi sang cowok untuk terus berkarya hingga akhirnya menjadi pasngan bagi si mereka berdua.

Enchroachment Roger! : Kisah Cinta yang berantakan

Inilah kehidupanku dengan adikku. Seorang adik yang hidupnya cukup berantakan. Bagaimana kegiatanku sehari-hari hanya memperingati sang adik untuk tetap disiplin dalam hidupnya. Namun yang terjadi adalah hidupku harus mendisiplin sang adikku agar tetap di dalam kedisiplinan penting. Oleh sebab itu, penting bagi saya untuk sang kakak mendisiplin sang adik.
First Love and Unrequited Love
Kisah cinta Berantakan
© M & C Comics / Kadokawa
Yap sang adik sangat berantakan kehidupannya, namun dari keberantakan kehidupan yang diberikan, akhirnya kita menjadi suka antara satu dengan yang lainnya. Wow kok cinta antara kakak adik ini berlangsung lucu ya? Kisah cinta yang dengan sang berantakan loh ini.

The Warmth of Your Look : Cinta yang Sakit

Mungkin untuk pertama kalinya saya merasakan bahwa sensei kali ini berbeda. Mungkin karena sensei baru yang ku terima saat ini. Seorang sensei baru yang mengdatangkan kebahagiaan untukku. Namun kebahagiaan itu harus memudar pelan-pelan karena seiring berjalannya waktu. Akhirnya ku sadar bahwa kakak yang ku kejar dari sensei akhirnya bertunangan. Sesakit apakah ini?
First Love and Unrequited Love
Kisah Cinta antara
murid dengan Sensei
© M & C Comics / Kadokawa
Inilah kisah antara seorang sensei baru dengan murid yang ia ajar. Mungkin sang adik sangat mengharapkan kakak dari sensei untuk menjadi pacaranya. Namun.. Akhirnya sang murid ini mendapatkan cinta yang sedikit bertepuk sebelah tangan, ikut kepada sang sensei ini. Cukup ribet ya?

Kisah Give me Courage : Cinta yang Diberi Keberanian

Inilah kerjaanku sebagai voice editor di salah satu studio. Memang saya jarang banget menerbitkan sebuah lagu maupun lirik lagu yang akan diterbitkan. Namun secara tak sengaja lagu tersebut aku kasih kepada seorang cewek yang dulu pernah bertemu. Kini Cewek tersebut menyanyikan lagu yang dulu aku kasih dan ku merasa. Masih ada kesulitan untuk berani, terlebih menyatakan cinta kepadanya.
First Love and Unrequited Love
I love your voice
© M & C Comics / Kadokawa
Inilah kisah bagaimana harus bener-bener menumbuhkan keberanian di dalam bercinta. Mungkin jarang banget orang yang berani menumbuhkan rasa cinta ini karena kesusahan mengungkapkannya. Bahkan meskipun masih satu studio musik. Tetapi yang satu studiopun masih susah menunjukkan keberaniannya dalam bercerita.

Secret Kiss for Prince : Kisah Cinta Penghilang Kutuk

Sebuah al kisah masa lampau ada seorang pangeran bernama Loki. Dirinya selalu dikutuk untuk terus menerus menjadi seorang bocah. Meskipun umurnya sendiri sudah tua dan dewasa. Untuk melepaskan kutukannya maka harus mencari penawar racun ini. Tetapi disaat bersamaan, ada seorang pembantu perempuan yang begitu diperlakukan agak budak tetapi mencintai, dapatkah sang pembantu ini dapat menghilangkan kutukan?
First Love and Unrequited Love
Kutukan dan Cinta
© M & C Comics / Kadokawa
Inilah kisah sejati, layakna putri tidur karena cinta sejati dapat membangunkannya, tetapi dibalik dimana cinta sejati dapat menghilangkan kutuk yang dimiliki oleh sang cowok. Iihhh romantis sekali ya? Tetapi disaat bersamaan pesaing sang pangeran hilang begitu saja? Loh jadi sakit hati dong?

Dua perspektif cinta

Bagian dari sebuah manga ini menjelaskan mengenai perbedaan cinta yang diawali dengan pandangan pertama atau memang cerita cinta bertepuk sebelah tangan. Dua perspektif ini kita bisa menyadari bahwa dua bagian ini punya kenangan pahit dan manis tersendiri.

Dalam perspektif cinta pandangan pertama. Diperlihatkan dengan 3 cerita yang diberikan, selalu berawal dengan manis, ditutup sangat manis. Mungkin tidak semua cinta dapat kita rasakan semanis cinta disini. Memang pandangan pertama adalah cinta yang bener-bener melahirkan cinta yang unik juga.
First Love and Unrequited Love
Kisah Cinta tidak mesti
 berjalan bahagia
© M & C Comics / Kadokawa
Di dalam perspektif cinta yang bertepuk sebelah tangan, kesakitan pasti kesakitan harus dilewati oleh yang merasakan cinta ini. Tidak seperti pandangan pertama yang melahirkan rasa manis diawal, tetapi rasa sakit yang diperlihatkan ketika harus menolak seseorang di bertepuk sebelah tangan, Sehingga yang satu merasakan enaknya cinta, tetapi yang satu harus merasakan pahitnya cinta ketika cinta tersebut ditolak. Huuh kasihan. Bertepuk sebelah tangan deh.

Visualisasi khas masing-masing Mangaka

Mangaka yang tergabung dalam group ini sendiri terdiri dari 5 orang. Seorang mangaka sendiri punya ciri khas masing-masing sepanjang jalannya manga ini bergerak. Dan jika sedikit di generalisasi, jelas mangaka ini memiliki sedikit perspektif kiyut kiyut gitu deh. Seberapa kiyut yang diberikan? Saya tidak berani memastikannya tetapi jelas apa yang menjadi fokus poin sang mangaka adalah deliveri cerita yang cukup baik.

Karkateristik cukup Baik

Salah satu yang menarik adalah karakteristik setiap cerita diperlihatkan cukup jelas serta tidak ada karkater yang terlihat cukup bolong disini. Dengan kesederhanaan cerita telah membawa sang mangaka membangun deliver cerita dan karakter yang cukup unik disini. Mungkin mangakanya punya gaya ya kali. wkwk.

Kesimpulan

Sebagai salah satu manga yang menceritaan 2 perspektif cinta. Maka dapat saya gambaran disini, cinta yang manis mungkin akan terjadi di dalam pandangan pertama, tetapi cinta yang agak pahit-pahit akan dirasakan di dalam cinta yang bertepuk sebelah tangan. Siapakah yang ingin mendapatkan cinta ini? Siapa yang ingin mengerti? Dapatkah segera di komik First Love and Unrequited Love ini loh. Dua pandangan cinta yang didapatkan disini.
First Love and Unrequited Love
Terimak kasih telah baca ya!
© M & C Comics / Kadokawa

Kelebihan :

  • Punya dua perspektif tentang percintaan, baik dalam pandangan pertama maupun bertepuk sebelah tangan
  • Punya cerita-cerita singkat yang bikin kita menarik
  • Karakteristik tergantung sang mangaka
  • Ceritanya padat dengan permasalahan sederhana
  • Visualisasinya okey

Kelemahan :

  • Mungkin singkat untuk dibaca dan dipahami.
  • Mungkin akan cepet boring tanpa dibaca ulang kali
  • One-shot cepet selesai sich.

Penilaian : Mungkin perlu dipahami dan dibaca dulu baru memahami ceritanya

Bagaimana? apakah kalian tercelikan dengan cerita-cerita tentang cinta yang dibahas?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini