[Review] BOFURI Anime : Mari Bermain Bersama

Pernahkah kalian bermain suatu video game? Mungkinkah kita mengerti bagaimana mengerti mekanika game tersebut? Bagaimana kalian mendesains karakter game anda sendiri? Mungkin kita berusaha menjadi pemain yang memiliki karakter yang seunik manapun itu. Bahkan dalam game VRMMO yang mengharuskan kita menjalankan karakter sesuai dengan standar kita bermain. Nah itulah gambaran luas dari sang BOFURI ini.
BOFURI : I Don't want to Get Hurt,  so I'll Max Out My Defense
BOFURI : I Don't want to Get Hurt,
so I'll Max Out My Defense.
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Persepsi gua mengenai BOFURI. sama halnya dengan judulnya :  Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu. atau dalam bahasa inggris : BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.. Jelas seusai judul sepanjang ini. Karakter yang dijelaskan dan jalannya cerita. Pasti udah jelas sebelum kita menonton. Sebuah anime dibawakan oleh Silverlink dalam Winter 2020 ini menjadi hype musim ini? Wow kok bisa ya jadi salah satu hype anime? Kalian dapat tentukan koment kalian atau mari kita bicarakan bersama

Plot 

Pernahkah membayangkan suatu game yang sangat populer di Jepang? Mungkin sangat antusias akan game yang kali ini. Inilah yang dialami oleh Kaede Hondo dimana mendapatkan undangan dari teman terbaiknya dari sekolah. Bayangi aja, Kaede sendiri tidak antusias akan ini, akan tetapi akhirnya mencoba dengan karakter "Maple". Job Deffencer, dengan full Vitalitas. Dalam arti, Fokus pada Pertahanan dan vitalitas pribadi yang sangat tinggi.
BOFURI : I Don't want to Get Hurt,  so I'll Max Out My Defense
Ayo Kita Bermain Game!! 
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Hari pertama memulai. Maple tidak mendapatkan masalah apa-apa. Bahkan jauh lebih berguna, jauh lebih kuat, bahkan jauh lebih menguasai game seketika itu juga. Bahkan mendapatkan berbagai skill. Loh kok bisa? Bahkan dari skill defence aja, ia dapat menguasai permainan ini? loh-loh kok bisa? Mari kita bahas keistimewaan dari Maple ini...

Mari bicara Cerita yang Ambyar

bayangi dari cerita. Gau sebenarnya akan berbicara mengenai ini terlebih dahulu cerita. Gua sebenarnya merasa cerita ini hanya sebatas bermain-main. Tidak ada ekspetasi cerita selain hanya bermain dalam game. Gak ada ekspetasi selain memiliki suatu pertahanan tinggi, bermain sana sini, dan menikmati ini. Mungkin 3 hal ini yang dibicarakan dari cerita ini menjelaskannya. Bahkan saya rasa sangat ambyar dah ini. Hampir tidak ada plot selain memperkenalkan karakter.

Loh loh kok bisa amyar? Jujur gua sendiri merasa tidak ada sistemanika cerita. Bayangi kita tidak ada kemungkinan-kemungkinan selain 3 episode akhir. Kemungkinan-kemungkinan cerita ini sendiri hampir tidak ada. Bayangi aja. kalau u mau ke kota surabaya, tetapi yang terjadi adalah kamu harus melewati beberapa jalan yang tidak pernah lewati. Biasanya kesurabaya dari malang harus melewati kota Sidoarjo karena alur tercepat. Tetapi bis membawa u kepada jalan lain. Sampai memasuki kota Surabaya, u mulai paham. Nah disinilah. Ketika dibawa-bawa dalam berbagai jalur, itulah 1 - 9 Episode dibawakan, Namun ketika mendekati ke kota, 10 - 12 episode adalah yang bgian yang bisa ditebak arahnya.
BOFURI : I Don't want to Get Hurt,  so I'll Max Out My Defense
Ambyar!! 
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Sehingga dalam hal ini, saya meyakini ceritanya sangat ambyar. Jujur seambyar apakah ceritanya u yang mengerti itu. Cobalah menonton dari Episode 1 sampai episode 12. Cobalah mengerti dari keambyaran ini.

Penuh Aksi bercampur Canda

Tema besar bukanlah Aksi, tema besar disini bukanlah isekai, bahkan tema besar yang diberikan hanyalah aksi comedy. Action-Comedy. Yap benar, apakah saya tidak salah? Sebenarnya tidak salah. Tetapi kalau dipikir, kenapa bisa disaat bersamaan. Bayangi mungkin kita sudah terbiasa dengan ini, terbiasa mengenai aksi yang jarang sekali bercampur komedi. Namun bisa-bisa aja ini anime mencampuri keduanya?

Sejujurnya tema besar inilah yang membuat saya cukup antusias. Kenapa ? Karena jarang sekali ada tema yang mencampuri kedua hal ini, Bahkan 80% kali ini diwarnai unsur ini. Bayangi jika kamu meracik sebuah kopi susu. Pasti ada kopi dan susunya. Dengan perbadingan 2 : 3. Yap Susunya 2, kopinya 3. Demikian juga disini. 80% diwarnai dengan Action Comedy. Comedynya 3, Actionnya 2. Oleh sebab itu jelas-jelas kali ini menampilkan berbagai komedi.
BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.
Pertarungan 3 vs 3 
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Alangkah baiknya saya sangat merekomendasikan episode akhir, ataupun dari awal sampai akhir. Karena saya tidak akan spoiler banyak tetapi u yang memutuskan seberapa banyak kadar yang akan u bisa jelaskan. Tetapi kali ini, kau yang memutuskan.  Menurut gua adalah kelebihan tersendiri dari ini.

Mari Bermain Bersama "Have Fun"

Filosofi terpenting dari anime ini adalah baaimana kita bisa membentuk permainan bersama di dalam dunia game VRMMO. Jujur, bermain bersama saat ini sangat susah. Kebanyakan orang sangat terpaku bagaimana menaikan level, guild, dan skill. Namun mereka sangat lupa satu hal yang terpenting dari esensi game itu, yaitu Mari Bermain Bersama.

Bermain adalah bagian penting, bagaimana game esensinya dan filosofi ini adalah bermain. Bermain, ayo bermain, kita bermain. Itu segala game yang diciptakan. Bagaimana kita menjadi seseorang yang gamer yang bener-bener dapat menikmati ini. Apakah mungkin itu bisa. Sejujurnya kita telah melupakan ini. Kali ini filosofi game "Mari Bermain Bersama.". Sejujurnya adalah filosfi terbaik sepanjang jalannya anime ini.

Lah-lah kok bisa, padahal kita sendiri bermain bersama? sejujurnya yang ditampilin dari aktor utama bagaimana kita enjoy with our playstyle dalam menjalani seluruh misi disini, bermain meningkatkan skill, tanpa memperdulikan rasa senang ketika kita bermain bersama. Itu yang bener-bener hilang dari setiap game yang kita mainin. Mungkin kita lupa BERMAIN BERSAMA ini.

Ending..... Dobel-Dobel Keren

Jujur kali ini kita akan bahas ending, tepatnya pertarungan akhir di 3 episode akhir adalah bagian TERBAIK selama season 1 ini muncul. Coba u bayangi, apa yang ditawarkan dari pertarungan-pertarungan itu hanya sebatas menyelesaikan misi-misi, quest, dan latihan. Namun satu-satunya pertarungan yang ditampilin dan yang terbaik adalah di 3 Episode akhir ini. Pertarungan apa itu?
BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.
Ayo Kita Bermain Game!! 
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Gua yakini pertarungan antar Clan adalah pertarungan yang diharapkan bahkan bagian yang penting untuk dinikmati dalam Anime ini. Bahkan bagian yang paling ditunggu-tunggu. Gua yakini karena ada salah satu faktornya adalah Payne. Musuh terakhir dan player terkuat seantero game ini. Mungkin hanya mengenal nama Payne tetapi belum merasakan bagaimana pertarungan sebenarnya. Antar Clan ini ada.

Gua setuju bagian akhir ini adalah bagian terkeren. Episode 12 terutama adalah episode yang bikin ngakak, aksi yang lucu, comedy bersemerbak. Lu bisa rasakan terbahak-bahak sepanjang episode ini, dengan aksi yang melegakan dipandu dengan komedi dan kelucuan dari Maple. Sungguh amat terlalu;.

Fokus - Fokus : Maple-Maple-Chan

Salah satu kunci disini adalah dikuasai oleh karakter dari Maple-Chan. Ya Maple Chan. oke Maple-Chan. Dimana-mana hanya fokus ke Maple-Chan. Elu bakalan bingung kenapa harus Maple-Chan. Bahkan gua harus nyebut Maple-Chan berulang-ulang kali? ada apa dengan review gua Maple-Chan.. (woy knp spam nama Maple-Chan) Pokoknya agak sedikit berkaitan dengan Tate no Yuusha.
BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.
Malaikat Maple 
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Ok kali ini kita bahas kenapa harus Maple-Chan di poin ini? Ok biar gua kelarin urusan gua sama Maple-Chan. Maple-Chan adalah karakter yang menjadi sudut pandang utama dalam judul anime ini. Dikarenakan karkatersiktik terfokus pada tingkah laku Maple. Bahkan gaya bermain di game ini. Loh kok bisa? kelebihannya apa sich?
  • Full Vitalitas
  • Skill aneh-aneh
  • Playstyle yang tidak pasti
  • Punya anggota Guild beragam
  • Tingkah laku yang lucu
  • Tidak Ngebosenin ketika bersama teman
  • Imut juga
  • Skill full Attack.
  • Sosialiasi yang luar biasa.
Pernah gk kebayang kalau satu karakter semacam ini? Wow gua rasa kali ini gua ngerasa ini keren. Berbeda pada karakter umumnya yang gua ngelihat di Game. Disini kayak seperti karakter yang tidak pernah ada. Bahkan mungkin saya rasa, karakter Maple ini lucu. Bahkan sangat berbeda dengan yang lainnya yang ada di dalam. Bahkan Maple sendiri tidak membosankan. Meskipun sangat disayangkan kalau hanya berfokus pada Maple-chan mulu. :v

Karakter lain?

Mari kita bahas karakter lain selain Maple. Memang benar bahwa karakter utama sebenarnya Maple dan Sally. Mereka sehati dan juga memiliki memiliki kekerabatan yang dekat. Bahkan meruakan sahabat dalam game yang memiliki skill dan kemampuan khusus. Bahkan dengna kedekatan semacam ini, gua rasa maple dan Sally adalah pasangan yang serasi dalam game ini.
BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.
Malaikat Maple 
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Tetapi kalau bahas karakter lain, gua rasa akan saya bahas dari segi grop Maple Tree. Jujur kali ini gua sedikit ngakak disini. Semua anggota Guild Maple sebenarnya tahu kagak? Semuanya cewek, dan hanya cowok sendiri yaitu Kuromu. Gua yakin anggota ini hanya cowok sendiri yang pada akhirnya mengikuti skill aneh dari Maple. Sungguh amat terlalu... 

Anggota maple lainnya gua yakin Iz dan Kasumi adalah anggota yang terkuat, selain sikembar. Tetapi bagaimana memperoleh anggota kuat-kuat. Bahkan mungkin kagak ada yang bisa menyamakan Maple Tree ini. Akan tetapi jauh daripada itu, anggota maple Tree telah memenuhi keseimbangan guild dengan kriteria job masing-masing. Bahkan sebagai pemain pembantu, sangat memperlengkapi BOFURI dengan sangat luar biasa. 

Ok Visual tidak baik, tidak buruk

Kita akan bahas mengenai visual. Sejujurnya visualnya sebenarnya lebih cerah dan jauh lebih bersifat friendly. Saya tidak terlalu bermasalah dengan Visual karena yang dibawakan justru menjadikan visualnya cocok dengan komedi yang disampaikan. Karena agak ke genre 13 tahun, bersifat cerah, Sehingga saya menilai visual yang dibawakan tidak masalah. Meskipun menurut gua tidak baik dan tidak buruk. Namun karenanya sebenarnya cukup dikenang

Ok Audio yang Menyenangkan

Kali ini ya, permainan Audio jauh lebih menyenangkan daripada yang unsur lainnya. Terlihat dari sini bagaimana pihak studio bemain sepenuhnya disini. Saya rasa kali ini lagu yang dibawakan sesuai dengan apa yang dibawakan dalam tema besar BOFURI ini. Bahkan saya kali ini setuju dengan pembawaan musik disini. Bayangi bahwa audio yang dibawakan sesuai tema sekaligus menggembirakan. Itulah yang dialami oleh BOFURI ini sepanjang jalannya anime.
BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.
Ara-Ara-Ara 
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Baik lagu Opengin, Ending, dan insert Song. Kali ini dieksekusi dengan baik. Bener-bener baik. Bahkan menjadikan BOFURI Semakin Cerita, sangat direkomendasi ini Musik yang dibawakan. Meskipun tidak begitu banyak kita mendengarkan. Tetapi bisa menyenangkan dan telinga sangat mendebar-debar dan menggelikan. Terutama mendengarkan... Lagu Insert Song "Good Night". Bahkan gua jujur lagu ini the best lah.

Kalu berbicara BGM. Jujur tidak ada masalah sepanjang gua mengikuti Anime ini.

Kesimpulan

BOFURI mengajarkan kita satu hal, bagaimana bisa menikmati game. Bermain Bersama, Have Fun, dan segala macam yang ditawarkan oleh game ini. Baik dari segi cerita sampai ending, musik, dan visual. Terindikasikan secara konsep mengenai kebersamaan disini. Kalau lu lupa esensi bermain game. Lihatlah Maple ketika ia bermain Game.  Tidak hanya membentuk guild, bermisi ria, quest, bertarung, membentuk sosial, dan beberapa yang dibahas diatas. Pokoknya anime ini cukup menyenangkan untuk dilihat.
BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.
Sebenarnya Gua mainnya Normal?!?! 
© Silver Link / Funimation / 
Kadokawa / Muse Asia
Saya setuju kalau anime ini sangat ceria, menghilangkan stress, tidak tegang, penuh komedi, dan sangat bikin ketawa sana sini. Jujur kali ini saya merasa ini cukup rekomendasi bagi yang pengen menonton komedi.

Kelebihan :

  • Menampilkan action komedi yang keren dan menggelitik
  • Tidak membosenkan sepanjang anime ini
  • Maple menjadi pusat utama yang tidak membosankan
  • Ending yang sangat melegakan dan bikin asyik
  • Musik yang diberikan sangat menggelitik dan tepat sesuai kondisi
  • Visual baik.
  • Satu-satuya cowok gabung ke Maple Tree.
  • Plotnya tidak ketebak jalan cerita

Kekurangan :

  • Visual tidak terlalu buruk n baik
  • Hanya terlalu fokus ke Maple, kurang kepada orientasi yang lain.
  • Terlalu dianggap overpower.
  • Berasa, It's enough? Yap kurang awet

Penilaian : 8.2/10

BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.
Wow Maple Tok 
© Silver Link / Funimation /
Kadokawa / Muse Asia 

Bagaimana? Apakah menurutmu ini sangat keren atau hanya sekedar superhoero dengan vitalitas tinggi?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini