Situs Manga Rock akan diberhentikan?

Pembajakan manga telah tejadi begitu lama dan tidak akan kunjung selesai. Hal ini terlihat bagaimana konflik antara pembuat dan pihak website yang menyediakan kemarin. salah satunya adalah Irodori Comics CEO On Takahashi yang baru saja mengkritisi aplikasi milik Manga Rock yang mengharuskan pembacanya membayar seuatu untuk full akses. Sehingga konflik ini akan terus berlanjut mengingat pihak Jepang sedang getol-getolnya
Aplikasi Manga Rock
© J-Cast Jepang
Salah satu situs yang cukup terkenal di dunia saat ini adalah manga Rock. Sebuah situs manga yang konon dikatain sebuah situs pembajakan kini harus berhadapan dengan salah satu CEO terbesar di Jepang. Tetapi kabar berikutnya bagaimaan dari Manga Rock ini?

Manga Rock?

Aplikasi agrgator dari Manga Rock mengungkapkan pada hari Minggu lalu di situs web J-Cast News ada rencana untuk menghentikan layanan Aplikasinya ini. Tetapi beberapa waktu lalu situs dalam situasi maintenance atau memang tidak dapat diakses. Sebuah Situs Web dan halaman facebook adalah untuk anak perusahan teknologi Hong Kong-based technology company Noizer Limited's subsidiary Not a Basement Studio di Vienam menjalankan dan mengelola Manga Rock juga luput dari tidak bisa diakses.
Aplkasi MangaRock yang menuai Koflik
© J-Cast
Not a Basement Studio mengatakan kepada J-Cast News bahwa Manga Rock dimulai sebagai proyek ketika stafnya adalah mahasiswa, dan mengumpulkan scanlations yang sudah dirilis. Not a Basement Studio juga mengatakan :

"Pada saat itu (mahasiswa), kami sendiri tidak memahami industri manga dengan baik dan asal melakukan scanlations termasuk juga tanpa lisensi. Seiringan berjalannya waktu, perusahaan kami telah memahami kerusakan yang ditimbulkan dari pencipta dan penerbit manga. Selain itu pula populeran Manga Rock semakin meningkat dan kerusakan dalam industri manga semakin meningkat. Sehingga kami merenungkan peran kami dalam mempercepat hal ini, dan akhirnya kami meminta maaf dengan tulus kepada para krban, pencipta manga, maupun penerbit manga. Sehingga kami sendiri berencana untuk menutup situs web dan aplikasi scanlations kami. Rekomendasi kami bahwa situs semcam ini harus ditutup juga agar tdak menjadi masalah besar di industri manga."


CEO Irodori Comics, On Takahashi sebelumnya telah memposting serankaian Tweet yang dalam bahasa inggris maupun Jepang utnuk mengkritisi layanan dari Manga Rock. Dalam lintarasa Twitter Jepang telah mengumpulkan setidaknya 60.000 retweet semenjak post ditulis.





Di Tweetnya, Takahashi menggambarkan aplikasi dari Manga Rock sendiri untuk bahasa Jepang telah diblok olehJepang. Manga Rock tidak hanya membagikan suatu scan manga yang ilegal, aplikasi ini juga mengharuskan para pengguna untuk membayar sebesar $4,99 perbulan. Tetapi karena Manga Rock sendiri telah mendapatkan persetujuan di Google Play Store maupun App Store, Takahashi berpendapat kalau banyak pengguna aplikasi tidak sadar akan menggunakan aplikasi dan layanan Ilegal.

Info :

Manga Rock sendiri diluncurkan padatahun 2010. Dan Apliaksi ini sendiri memungkinkan pengguna untuk membaca maupun mendownload manga secara online maupun offline. Penerjemah dari aplikasi menyatakan : "Semua manga, karakter, dan logo milik masing-masing dari pemilik hak cipta." Dia mengklaim bahwa Not A Basement Studio tidak memliki afiliasi dengan Situs web yang menjadi tuan rumah untuk scan mangay ang tidak sah.

Selain itu pula terdapat situs lain bernama Mangamura yang telah tidak dapat diakses pada April 2018. Para penerbit Jepang sendiri telah mengajukan tuntutnan pidana untuk situs Web ini pada musim Panas hingga Guru pada tahun 2017. Dan Pihak Jepang sendiri telah menyelidiki secara aktif dalam website Manga Mura pada Mei 2018. Serta kepolisian Jepang telah menangkap beberapa pengunggah gambar yang tidak memiliki hak sah di Situs MangaMura.

Sumber : ANN , : J-Cast News (谷本陵)

Wih pembajakan Manga semakin Luar biasa, semakin banyak pihak yang peduli akan hak cipta dan menjadikan kita semakin baik untuk membaca manga. Gimana pendapatmu?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini