[Review] Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2 : Penutup Musim ini yang Keren dan Melegakan

Spoiler : Pada bagian ini saya akan mereview bagian awal dari Attack on Titan sendiri yang dijalankan dalam Episode 49-59 Dimana bagian part inilah yang dibahas dalam bagian pertama (Season 3 part 1).

Sebagai bagian lanjutan dimana perang akan dimulai. Yap bagian ini sangat ditunggu-tunggu oleh penonton hampir 6 bulan lebih (2 musim lebih) dari season 3 awalnya. Dimana akan menceritakan apa yang menjadi scene yang ditunggu-tunggu oleh penonton. Bahkan yang telah menantikan telah lama season 3 part 2 ini begitu lama dan begitu dalam.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Last Battle , SASAGEYO
© Wit Studio / Hajime Isayama
Meskipun hanya menampikan 10 episode saja yang berpusat pada pertarungan Beast titan dan juga pada jawaban dibalik ruang bawah tanah ayah Eren. Tetapi hal ini menjadi bagian sangat penting dan tidak boleh sembarangan dieksekusi. Mengapa? Karena memang bagian yang sangat ditunggu-tungguh dan pertarungan yang paling terbaik antara Human vs Titan disini. Sehingga dalam review kali ini akan mengungkapkan seberapa kerennya dari Season 3 Part 2. Dan Seberapa kerennya sang Wit Studio mengeksekusi anime ini menjadi bernilai tinggi?

Plot

Mengungkapkan suatu kebenaran dan perang melawan orang-orang yang disinyalisir. Telah dimiliki oleh Survey Corp. Dimana untuk pemulihan untuk umat manusia dimulai. Pengembalian untuk mendapatkan kembali tembok Maria dengan kota dimana Eren lahir, yakni distrik Shiganshina.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
New Enemy has Appear
© Wit Studio / Hajime Isayama
Suatu pertarungan melawan titan-titan yang sepenuhnya dikendalikan oleh para tokoh yang antargonis. Sehingga pertarungan ini adlaha pertarungan antara nasib pejuang dalam dinding dengan para "titan" yang semestinya merupakan musuh utama manusia. Akan Tetapi terlepas dari itu semua pertarungan yang menakutkan. Terdapat kebenaran yang mulai terungkap sepenuhnya karena harta terpendam sang Grisha Yeager. Bagaimana pertarungan yang diperlihatkan dan kebenaran apakah yang akan diungkap?

Pergeseran yang Semakin Berat

Terungkapnya suatu kebenaran mengubah sepenuhnya jalan cerita Attack on Titan menjadi jauh lebih drastis perubahannya. Sesuatu yang benar-benar susah diterima sekaligus gampang diterima. Alasan utamanya adalah menggeer tema besar dari Attack on Titan yang notabenenya Mari kita menyerang sang Titan. Mari kita menghancurkan Titan. Perjuangan warga dalam dinding adalah tema pusat yang ingin diberikan dari awal. Akan tetapi pergeseran semakin menyulitkan karena terdapat unsur politik, musuh dibalik selimut, bahkan kebenaran dimana pewarisan titan harus dimakan Eldia yang memiliki kemampuan ini.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Conflict Eren vs Levi 
© Wit Studio / Hajime Isayama
Memang dari awal adalah sangat sulit untuk diterima. Hal ini menyirakan pergeseran ini telah merusak hal-hal esensial dari anime Attack on Titan. Tetapi ketika mencoba mendalaminya, bahkan dari sudut pandang non tematik season 1. Akan menghasilkan suatu jawaban berbeda seiringan perkembangan cerita yang dipertontonkan. Bahkan jawaban inipun sesuatu yang benar-benar menarik untuk dipelajari dan didalami.

Saya menilai pergeseran ini tidak sepenuhnya merusak jalan cerita. Tetapi review senang karena plot twist ini sendiri tidak sepenuhnya merusak. Meskipun tanda-tandanya telah terjadi pada season 3 akan tetapi telah membuktikan bahwa semakin bergesernya cerita tidak menjadi masalah besar. Melainkan membeikan jawaban dibalik titan ini.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Next Conflict 
© Wit Studio / Hajime Isayama
Selain itu pula bagaimana tambah berat karena ditambah dengan olesan masa lalu yang terdapat pada season 1 sampai 2 dimana kebersamaan yang dibentuk oleh para pemain Attack on Titan. Hal ini merupakan kemampuan istimewa dimiliki oleh Hajime Isayama dimana berusaha untuk membangun suatu padangan agar mengingat masa lalu ini. Menurutku untuk membangun image yang tidak hanya bergeser melainkan kenangan yang lama. Bahkan dalam kehidupan kita saat ini, mungkinkah kita akan berubah suatu saat nanti ketika kita akan dewasa?

Perasaan, Kesedihan, dan Kemarahan yang Bersatu

Salah satu yang menarik adalah pembawaan yang diberikan. Keistimewaan Wit Studio bekerja sama Hajime Isayama adalah kemampuan untuk membangun cerita yang semakin manusia dan menyentuh. Hal ini adalah hal yang ingin ditunjukan selain keseruan dalam peperangan di balik Survey Corp vs Titan. Sebab untuk menunjukkan rasa humanis yang diperlihatkan. Sebab Isayama sendiri berusaha untuk tidak menunjukkan keseriusan akan tetapi juga kepedulian dan keinginan untuk lebih manusiawi dan mengerek hal ini.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Kebohongan dna Kemarahan 
© Wit Studio / Hajime Isayama
Bagian terkesan adalah Tema Ending dimana memperlihatkan bagaimana kebersamaan dari semua pemain ang ada dalam dinding, termasuk juga musuh dan teman-teman yang terdapat disini diperlihatkan dengan keren. Ditambah dengan lagi Namae of Love yang menyiptakan perasaan iba yang mendalam. Sebenarnya hal ini dibentuk dengan begitu keren dan berperasaan dengan keren.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Pendoktrinan yang salah 
© Wit Studio / Hajime Isayama
Ditambah pula dengan kematian Marlowe yang sangat tidak hanya mati biasa, tetapi diperlihatkan dengan penuh emosional dimana Marlowe memiliki cinta yang terdalam dari salah satu tentara Eldia. Hal ini diperlihatkan agar kematiannya merupakan kematian terhormat dan berasa tidak menyeramkan dibalik lemparan batu Zeke ini.  Jujur beberapa bagian serupa terlihat sangat mengunggah emosi setiap penonton.

Lalu dibalik itu semua konflik kemarahan datangnya berasal dari pemilihan Armin dan Erwin. Kali ini telah membingungkan penonton untuk memilih. Sungguhan, antara Armin, Erwin, dan lain sebagainya. Mau bilang bingung juga bisa, mau marah juga bisa, dan lain sebagainya dibangun dalam satu scene pergulatan Antara Armin Erwin, Levi, Eren, Mikasa, dan anggota Survey Corp. Dan kali ini saya menilai eksekusi ini sangat tepat dan dibawakan dengan keren.

Pertarungan dan Konflik yang Keren dan Kuat

Kali ini membawakan pertarungan yang sebenarnya merupakan sesuatu yang benar-benar keren. Dimana dibawakan antara pertarungan yang tidak seimbang menjadi seimbang dan pertarungan yang berat sebelah digambarkan sedemikian adalah ciri khas dari Hajime Isayama. Hal ini sudah terlihat nampak dari season 1 yang merupakan pertarungan antara Annie dengan Eren dimana awalnya Eren mendominasi pertarungan dan akhirnya dibalikan dengan Annie. Lanjut ke season 2 yang Eren menguasai pertarungan dibalikan Bertolt Hoover dan Reiner Braun. Tetapi hal ini juga terlihat di bagian season 3 part 2 ini.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Pertarungan awal 
© Wit Studio / Hajime Isayama
Bahkan dianggap season 3 part 2 ini menghabiskan sebagian besar yang ada dalam anggota Survey Corp. Tetapi terlebih dari itu, Moblit telah mati, Erwin telah mati, dan juga Beltolt telah mati. Kematian orang-orang ini telah mencerminkan bagaimana saling terbaliknya kedudukan yang ada. Meskipun hal ini adalah ciri khas Hajime Isayama dalam membangun anime dan manga mereka.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Dibalikan oleh musuh. 
© Wit Studio / Hajime Isayama
Balik lagi dalam pertarungan. Ide Hanji Zoe dalam membangun tombak petir yang dikembangkan dari senjata-senjata polisi dalam dinding. Dikembangkan menjadi pistol yang dimiliki oleh mereka dikembangkan dengan catatan-catatan polisi yang ada dan juga perkembangan handering Eren dan Besi-besi yang ada menghasilkan suatu tombak petir yang menyambar hingga ke dalam.

Sehinga ide-ide ini menurut penulis telah dieksekusi sedemikian rupa dan sekeren mungkin menghasilkan pendekatan yang benar-benar keren. Karena telah memberikan kesenangan, kegeniusan, dan juga kekuatan yang menarik dibawakan dalam bagian ini.

Ending Season 3 part 2 yang Misteri sekaligus Melegakan 

Pembawaan Ending kali ini dibawakan sesuai dengan visual yang diberikan pada season 1 dimana akan berhenti di sea atau umi atau laut. Yap sesuai dengan keinginan semua orang sich. Bahkan dalam episode 1 season 3 adalah suatu ending dimana akan dicapai. Tetapi dikira saya akan mendapatkan suatu ending dimana hanya melihat laut. Akan tetapi jauh di seberang sana. Akankah kita bebas dari tempat ini? Akankah kita akan hidup merdeka? Dapatkan kita bebas?

Memang konteks itu diberikan agar menjadi pembatas season 3. Sebelum memasuki season 4 atau final season dimana meyajikan suatu cuplikan sederhana. Dan penutup yang dibikin sangat baik. Karena didukung dengan musik dan beberapa pernyataan Eren yang menunjukkan kebebasan yang belum bebas. Sekaligus beberapa lantuan ost musik yang mengunggah selera yang menonton Attack on Titan. Terlebih lagi ditambah dengan kelegaan sehabis mengalahkan Titan, mendapatkan kebenaran, dan juga lain sebagainya.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Will be All is Free? 
© Wit Studio / Hajime Isayama
Saya tdak melihat hal lain selain ending yang dibawakan sangat keren dan melegakan. Hal ini merupakan kerja keras selama ini yang diperoleh Survey Corp dan umat di dalam Dinding. Sekaligus mengenal dan mengerti musuh yang sebenarnya di laut luar sana. Saya rasa kali ini Ending dibawakan tidaklah biasa, tetapi cukup melegakan, sesuai expetasi, dibawakan dengan lembut, dan menghasilkan misteri yang akan dilanjutkan dengan baik. Bahkan Musik yang dipakai Ending ini sangat melegakan dan membikin semangat lagi untuk menonton season berikutnya.

Musik dan Visual yang Indah

Kali ini saya merasa sangat menghargai perubahan dari awal ke season 3 part 2 ini. Memperlihatkan berbagai visual dan musik yang berkaitan dan begitu indah di eksekusi oleh Studio Wit dalam masa istirahat ini sangatlah indah. Dimulai dari mempertunjukkan kisah sejarah yang dibikin sangat indah, pertarungan antar Titan yang meskipun tidak sesuai 100 % (beberapa saja yang sesuai) Openingnya akan tetapi diperlihatkan dengan keren. Disamping itu juga, bagaimana kisah ini dikisahkan dengan kuat. Termasuk salah satunya adalah Tema Ending yang dipertontonkan dengan menarik.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Dosa?
© Wit Studio / Hajime Isayama
Pembawaan visual sekaligus musik terbilang cukup keren sekaligus menghiasinya jauh lebih berwarna. Bahkan sampai ending sekalipun. Saya menilai hal ini sangat baik mengingat Season 3 part 2 sudah dinanti-nantikan selama 6 bulan (2 musim) dimana penantian sepanjang ini tidak boleh kosong ya kan apalagi dibikin asal-asal. Sehingga pada kali ini telah dieksekusi dengan baik.

Karakteristik yang Cukup

Salah satu hal yang diperlihatkan adalah karkateristik yang diberikan dalam anime ini. Karena karkateristik yang diberikan semakin memperlihatkan dirinya lebih keren. Meskipun ada perubahan karkateritik Erwin yang semakin siap menghadapi kematian. Lalu karakteristik Levi yang setelah mengeluarkan kemampuan terlihat lelah dan susah memberikan keputusan, sekaligus dekatnya dengan Erwin. Serta beberapa karakteristik yang semakin berkonflik membangun Attack on Titan season 3 part 2 semakin keren.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
New Karakter
© Wit Studio / Hajime Isayama
Terlebih lagi bagaimana Eren , Mikasa, Armin yang semakin menunjukkan kedekatan dan persahabatan yangterbentuk. Memang mereka tidak boleh terpisahkan meskipun di masa depan nanti. Bahkan ikatan yang dibangun antar teman telah terbentuk dengan luar biasa. Oleh sebab itu karkateristik ini sangat patut dicontoh.

Tetapi selebihnya karkateristik pemain pendukung tetaplah tidak begitu kuat selain orang-orang yang berada dalam Eren saja. Mereka hanya muncul dan akhirnay tidak ada. Kadang kala memang hanya tokoh yang punya pengaruh kecil saja. Tetapi kemunculannya telah membangun karakter Attack on Titan menjadi lebih kuat. Akan tetapi cukup disayangkn memang karakter hanya sekilas muncul saja.

Kesimpulan

Kali ini untuk Season 3 part 2 telah tereksekusi dengan benar-benar mantang. Meskipun beberapa minor yang disensor dan kurang. Tetapi telah membangun hype baru dan hype penyambung antara season 3 ke season final ini.  Sehingga Menurutku dari segi cerita memang bergeser tapi baik karena mengungkapkan kebenaran yang ada. Disamping itu pengeksekusi pertarungan demi pertarungan telah membangun kedekatan yang ada. Sehingga dengan hal demikian telah menjadikan Attack on Titan season 3 part 2 terbaik dimusimnya.
Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Yes This is our story 
© Wit Studio / Hajime Isayama
Terlebih dari itu, terdapat kekurangan yang sebenarnya hanya terletak pada sensor dan karakter. Tetapi terlebih dari itu telah ditutupi sebaik-baiknya dalam konteks pertarungan yang disajikan dengan luar biasa. Sehingga tidak bolong melainkan terisi dengan kuat dan keren. Apalagi seluruh yang diberkan sangat menghiasi anime yang kali ini cukup menurun. Sehingga hal ini sangat menutupi segala kekurangan.

Kelebihan :

  • Pertarungan yang disajikan sangatlah keren Sekaligus terbaik sepanjang anime yang ada
  • Salah satu anime pendek terbaik dan mengisahkan masa lalu yang keren
  • Didesains dengan visual yang cukup main sekaligus keren
  • Memiliki musik yang indah sekaligus menambah semangat untuk menonton
  • Karakter diusahakan untuk membabat pengkarakteristik yang ada telah baik
  • Perubahan karkater mulai terlihat tetapi ok
  • Terlepas dari itu Ending yang diperlihatkan cukup lega, semangat, dan telah membangun pendingin yang keren.

Kekurangan :

  • Karakter masih banyak pendukung biasa, tapi cukup baik
  • Beberapa perubahan karakter berasa cukup buruk
  • Beberpaa visual memang terlihat sensor sehingga beberapa cukup disensor

Nilai : 9,2

Shingekin no Kyojin Season 3 Part 2
Get out you All
© Wit Studio / Hajime Isayama
Menurutmu , apakah anime ini akan menjadi anime yang akan sekilas berlalu atau akan menjadi anime yang menginsprasimu untuk menonton lebih dalam lagi?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini