7 Layar Kutukan dari Made in Abyss

Kutukan adalah suatu kerusakan dalam tantanan hidup. Kutukan dapat merusak beberapa fungsi organ tubuh manusia. Kutukan bukan hanya berbicara mengenai ketuhanan, tetapi condong pada racun yang ditinggal secara tak langsung dan tak sadar. Bagaimana sebuah toxic melekat setiap tubuh manusia bahkan mahluk yang ada. Kutukan ini terpanpan nayta dalam anime maupun manga dari mahakarya anime yang akan kita bahas nantinya.
Made in Abyss, Abyss yang mistery
©Kimena 
Citrus/Sentai Filmworks/Kadokawa/Akihito Tsukushi
Anime Made in Abyss adalah suatu trobosan tersendiri dalam dunia anime. Dimana konsep yang hampir sadis tersusun secara baik menelusuri jurang yang teramat dalam. Tergelam di dalam Jurang maupun menyelam ke dalam Abyss, maka semakin kita tersedot dan tidak akan pernah kembali ke atas, bahkan sulit untuk kembali pada layar pertama.

Konsep memasuki jurang Abyss juga dapat digambarkan sebagai Jurang laut yang semakin menyelam maka semakin hilang kita tertelam di dalam dasar laut maupun masuk ke dalam perut bumi. Tetapi pula juga jurang yang ada di dunia ini yang sulit sekali ditebak kebenarannya. Seberapa dalam, seberapa dangkal, maupun seberapa menyeramkan menjadi mystery yang perlu dipecahkan.

Tidak terlalu panjang lebar membahas lubang, kini kita akan membahas beberapa lapisan / layar yang nampak sekaligus kutukan yamg akan diderita oleh para penyelam.

(PERINGATAN jika ada perlu diupdate segera kometn di bawah karena akan segera diupdate.)
Bagian-bagian pertama dari Layar Abyss
©Kimena 
Citrus/Sentai Filmworks/Kadokawa/Akihito Tsukushi

Rumah dan Koloni (Orth)

Layar dimana terdapat kehidupan dan merupakan layar pertama kalinya Riko disini. Riko memang terlahir di dalam layar dimana terdapat kehidupan.  Dan banyak terdapat kehidupan yang layak disini bag para manusia dan penyelam Abyss.

Orth adalah kota besar di tepi Abyss, terbentuk sebagai hasil dari banyaknya penjelajah yang bepergian ke pulau itu. Orth memiliki 5 distrik: Tengah, Utara, Barat, Selatan dan Timur. Disinilah terdapat mayoritas Manusia yang hidup dan berasal.

Layar Pertama (The Edge of the Abyss)

Lapisan yang dianggap aman dengan kedalaman sekitar 0 ~1350 Meter kedalamannya. Lapisan ini merupakan lapisan yang teraman dan sering  dipakai penjelajah pluit merah (Red Whistles) menjelajah untuk mencari sisa peninggalan dari Abyss. Tempat ini merupakan tempat yang tampil pada episode pertama Made in Abyss. Dan disinilah Riko menemukan Regu

Untuk makhluk yang ada tergolong aman, meskipun beberapa makhluk dari layar kedua sampai ketiga muncul untuk mencari makanan. Pada lapisan inipun terdapat seperti padang rumput dengan hutan yang ringan. Kutukan yang ditimbulkan ialah Pusing dan mual ringan

Layar Kedua (The Forest of Temptation)

Sebuah hutan yang baru muncul di dalam Abyss. Ukurannya sekitar 1351 ~ 2600 M kedalamannya. Tempat dimana suatu kengerian Abyss mulai muncul.  Dimana para penyelam pluit merah (Red Whistles) yang mempunyai nyali kini berubah menjadi penakut dan ingin bunuh diri, bahkan hanya sedikit penyelam yang berani untuk menggapai area ini.

Di area paling dalam terdapat hutan terbalik dan tempat persembunyian dari salah satu penyelam. Disini juga tempat tinggal dari Ozen, salah satu legendary dan temat dari Ibu Riko ini. Disini juga terdapat tempat peristirahatan bagi para penyelam yang akan melanjutkan perjalanannya. Makhluk-makhluk sudah semakin ganas. Kutukan yang ditimbulkan ialah : Mual berat, Sakit kepala, dan Mati rasa anggota badan.

Layar Ketiga (The Great Fault )

Layar ini berada di 2601~7000 meters kedalamannya. Layar yang merupakan ngarai sempit sepanjang 4 kilometer yang dikelilingi oleh gua-gua yang tak terhitung jumlahnya yang saling berhubungan dengan banyak makhluk, baik yang tidak berbahaya maupun yang mematikan, yang bersembunyi di dalam.

Di area ini sudah mulai sulit, dimana bentuknya sudah seperti niagara dan merupakan bentuk yang berkeliling disepanjang ini niagara ini. Satu-satunya jalan turun yang layak adalah melalui jaringan gua, sarang, dan lubang. Ini kemungkinan dibuat baik secara alami maupun oleh penyelamat, penyelam, manusia purba, dan Neritantans. Sementara gua-gua bagian dalam umumnya menampung makhluk-makhluk yang tidak agresif. Kutukan yang tercoreh ialah vertigo, halusinasi suara dan gambar.
Layar berikutnya yang mulai ada dalam manga
©Kimena 
Citrus/Sentai Filmworks/Kadokawa/Akihito Tsukushi

Layar Keempat (The Goblets of Giants)

Layar dimana bertemu langsung dengan Nanachi dan Mitty. Sebuah layar yang berada pada kedalaman 7001~12000 meters. Sebuah  Hutan yang sangat luas, Fauna dan flora yang khas dan mematikan. Sebuah tempat yang sangat indah karena terdapat hutan didalamnya. Keindahan suatu hutan terdapat disini.

Kedalaman 9000 terdapat suatu taman yang begitu indah dan ciri khas dari Abyss. Dalam tempat inipun terdapat tenda yang dibuat oleh Nanachi utnuk bersinggah. Beberapa penyelam pernah sampai ke daerah ini dengan selamat meskipun beberapa mati karena melawan beberapa fauna buas yang mematikan. Kutukan yang ada ialah: Nyeri seluruh tubuh begitu hebat sehingga menyebabkan pusing, pendarahan internal dan eksternal dari setiap lubang, bahkan kematian semakin mendekat. Season satu anime Made in Abyss berhenti pada Layar keempat.

(manga only)

Layar Kelima (The Sea of Corpses)

Suatu lahan yang begitu beku dimana lapisan laut besar yang membeku. Kedalaman dari Area kelima ialah 12001~13000 metersArea ini memungkinkan para penyelam untuk berhenti dari niatnya yang akan menyelami Abyss. Tempat ini begitu mengerikan karena hanya terdapat beberapa mayat yang ada. Sebagian besar terdiri dari laut besar dengan beberapa bagian mengkristal yang tertahan oleh lapisan besar lumpur dan tulang tebal, karenanya dinamai "Laut mayat."

Maklum disini sangatlah berbahaya, banyak diantara mereka berenang di dalam lautan dan memakan berbagai makhluk yang ada disekitarnya.  Semakin banyak makhluk yang mematikan dan memaksa Satu dengan lainnya. Selain itu kutukan yang disebabkan adalah Perampasan indera(pengerusakan Indera), kebingungan, dan perilaku merugikan diri sendiri.

Layar Keenam (The Capital of the Unreturned)

Biasa disebut sebagai Bell Tower Layer.  Disini merupakan tempat di mana secara fisik sulit untuk selamat dari tempat ini. Bahkan ketika para White Whistles (Pluit Putih). Bahkan penyelaman ini memberi tempat ini sebagai "The Last Drive"  sebab tidak bakal kembali ke permukaan layar sebelumnya.

Di dalam layar keenam itu terdapat sebuah ada rumor di Orth tentang Kota Emas yang tidur di dasar jurang, yang berasal dari kota ini di dalam Lapisan ke-6.  Kota itu sendiri digambarkan sebagai emas, namun reruntuhannya ditutupi oleh kristal dengan warna dan kepadatan yang tidak diketahui.

Kutukan yang bermanifestasi setelah naik dalam Lapisan ke-6 menyebabkan korban mengalami rasa sakit yang tak terbayangkan dan membuat mereka bermutasi menjadi tumpukan daging yang rusak. Manusia kadang-kadang selamat dari efek kutukan, tetapi kecerdasan dan kesadaran mereka lenyap, dan mereka berubah menjadi tumpukan daging yang tidak ada artinya dengan hanya naluri dasar. Dalam keadaan tertentu manusia akan berubah menjadi narehate daripada alternatif yang tidak ada artinya. Mungkin juga bagi mereka yang terkena kutukan untuk mati begitu saja, yang, setelah dipertimbangkan semuanya, mungkin adalah hasil yang lebih berbelas kasih.

Layar Ketujuh (The Final Maelstrom)

Yang benar-benar diketahui adalah keberadaannya. Menurut catatan Lyza, itu adalah lapisan di mana dia pertama kali melihat Reg. Beberapa White Whistles (Peluit Putih) mengklaim bahwa, dari atas, berbentuk seperti cincin. Kedalaman dari layat 15501 - ???. meter Kutukan : Kematian Tertentu. Layar berikutnya ialah kemungkinan adalah titik terdalam.

Penutup:

Oleh sebab tantangan dan keindahan semakin nampak, Abyss memberikan mistery tersendiri bagi para penyelaman yang ada. Oleh sebab ingin memecahkan suatu layar ini perlu penyelam yang lebih dalam lagi. Semakin kita menyelam Abyss, kematian para penyelam akan semakin tinggi.

Sumber :
https://madeinabyss.fandom.com/wiki/Orth
https://madeinabyss.fandom.com/wiki/1st_Layer
https://madeinabyss.fandom.com/wiki/2nd_Layer
https://madeinabyss.fandom.com/wiki/3rd_Layer
https://madeinabyss.fandom.com/wiki/4th_Layer
https://madeinabyss.fandom.com/wiki/5th_Layer
https://madeinabyss.fandom.com/wiki/6th_Layer
https://madeinabyss.fandom.com/wiki/7th_Layer
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini