[Review] Made in Abyss : Para Penyelam Muda di dalam Kutukan

Penjelajah dunia adalah cita-cita yang sangat luar biasa. Hanya beberapa orang terpilih untuk memilikinya. Namun masalahnya, Bagaimana tantangan yang akan dihadapi? Apakah yang terbayangkan kalau hanya sekedar berangkat, tanpa persiapan pasti, dan langsung berangkat? Atau mungkin nekad ke dalam jurang kematian, bukit salju yang amat dingin, serta berbagai hewan liar. Pastinya kita akan berasumsi mereka yang berangkat akan tewas diperjalanan. Tapi ingatlah satu hal yang akan membuatnya berhasil. Yakni : Tekad yang bulat.
Made in Abyss
Perjalanan sang Made in Abyss
© Kimena Citrus / Sentai Filmworks
/ Kadokawa
Mengingat bahwa hanya orang dewasa yang boleh perpergian ke luar dunia yang jahat, bahkan begitu banyak tantangan. Orang Dewasa yang ahlinya ahli pasti akan berangkat kesana. Namun apa jadinya jika hal tersebut dilakukan oleh anak usia muda. Namun apakah hal ini begitu berarti bagi seorang yang bertekad begitu kuat? Begitu juga Riko dan Regu yang akan bersama dalam melakukan perjalanan penuh tantangan ini.

Plot 

Abyss, sebuah dangkal yang mengerikan dan penuh dengan kutukan. Sebuah cerita turun temurun dari berbagai generasi mengatakan bahwa terdapat 7 layar. Perlu diingatkan bahwa angka tujuh dalam beberapa kepercayaan dan budaya melambangkan kesempurnaan. Maka sekali kita melihat angka tujuh maka angka tersebut sangat unik diberikan dalam penceritan. Demikianlah juga abyyss, 7 layar kutukan harus dilalui agar mendapatkan jawaban di dalamnya. Jawaban apakah yang menyebabkan Abyss begitu menyeramkan?
Made in Abyss
Perjalanan 2 anak muda
© Kimena Citrus / Sentai Filmworks 
/ Kadokawa
Satu-satunya penyelam perempuan muda (dan yang masih anak-anak), yang ingin mencari jawaban tersebut. untuk menggapai jawaban ini sangatlah sulit tercapai kalau hanya bermodalkan uang. Tetapi Riko harus berniat dan bertekad penuh dalam menggapai layar terakhir, yakni layar ketujuh. Dimana kutukan akan menghantui para penyelam. Tetapi Riko tidak akan mudah menyerah karena tekadnya bulat sampai ke layar ketujuh.

Plot yang disampaikan sangat sederhana. Tidak ada keribetan maupun yang berlebihan dalam anime ini. Reviewers merasa intinya inti dari Made in Abyss adalah menyelami 7 layar terdalam dalam abyss. Sesuatu yang begitu sulit jikalau hanya dilakukan oleh anak masih usia dibawah 18 tahun. Sebuah tantangan sangat besar bagi Riko dan Regu.

7 Layar Kutukan Abyss 

7 layar kutukan Abyss adalah sesuatu yang sulit sekali untuk dicapai. Setiap kutukan memiliki ciri khas tersendiri. Selain itu pula terdapat beberapa penyelam yang telah gagal terbunuh di dalamnya. Setiap kutukan membawa cerita tersendiri yang menghasilkan penekanannya masing-masing. Bahkan ketika sudah sampai di layar ke enam akan sulit sekali untuk kembali ke layar sebelumnya. Bahkan dalam layar keenam ini kematian kebanyakan penyelam terdapat, bahkan lebih parahnya kehilangan unsur kemanusiaannya.
Made in Abyss
Kutukan demi Kutukan
© Kimena Citrus / Sentai Filmworks 
/ Kadokawa
 Setiap kutukan dari setiap layar memiliki ciri khas masing-masing. Layar pertama merupakan hal yang masih bisa dicapai oleh para penyelam pluit merah yang notabenenya penduduk biasa. Kutukan yang terdapat hanyalah kutukan ringan hanya berupa mual dan masih terdapat perasaan kemanusiaan. Tetapi ketika menginjak layar keenam dan ketujuh, Kematian dan perasaan kemanusiaan mulai hilang. Sehingga layar ini tidak adalah layar kematian. Hanya beberapa orang dapat bertahan disini.

--> Dibahas dalam post tersendiri.

Dengan mencari jawaban untuk menggapai layar terakhir dan darimana kutukan itu berasal. Riko dan Regu berjuang menyelami Abyss yang tidak terbatas. Meskipun harus mati satu persatu, tapi perjuangannya akan menjadi seru.

Penutup yang Menjadi Misteri

Sebuah penutup yang ada dalam episode 13 ini terakum dalam 1 jam. Dimana bagian ini menjelaskan bagaimana nanachi menjelaskan masa lalu yang buruk. Sekaligus mengisahkan perjalanan berikutnya ke layar kelima hingga ketujuh.Yang menjadi suatu pertanyaan penting, apakah yang akan terjadi dalam Made in Abyss? Apakah akan menjadi Good Ending, Relax Ending, ataupun Bad Ending. Meskipun demikian, Made in Abyss kemungkinan besar akan mendapatkan Good Ending. 

Meskipun penutupnya ialah Good Ending menurut sebagian besar anggapan penonton, tetapi alur ceritanya yang selalu maju dan menegangkan akan mungkin ditutup juga dengan Bad Ending, tetapi mengenang semuanya. Dugaan-dugaan menurut penulis ini ialah : 

1. Kutukan akan tercabut dengan sempurna. Ketika Riko, Regu, dan kawan-kawannya berhasil mencapai bagian layar terakhir, mereka akan menemukan bagaimana kutukan itu akan hilang lenyap. Kemungkinan teori ini akan terjadi ketika menemukan core of the core all cursed yang menghantui 7 lapis layar dari Abyss. Core of the core mungkin akan dirusak sepenuhnya. Sehingga tidak ada namanya makhluk buas, makhluk aneh, dan semua kembali menjadi makhluk normal. Namun hal demikian akan merusak latar yang unik dari Made in Abyss. 

2. Semua tokoh akan selamat dan menikmati selayang padang panorama layar ketujuh. Menurut penulis review ini, bahwa layar ketujuh bukanlah layar yang penuh dengan kematian, bahkan bukan layar yang mengerikan. Layar ini tedapat cahaya yang benar-benar terang dan panorama yang begitu indah, daripada layar yang lainnya yang semakin buruk. Layar ketujuh merupakan layar yang menarik. Bahkan menurut kabar bahwa Lyza, ibu Riko telah sampai menemukan Regu dilayar ini. Kemungkinan besar pula Riko akan menemukan Ibunya disini. 

3. Semua tokoh akan meninggal atau berubah menjadi makhluk tak berotak. Jika ditinjau dari semakin banyaknya kutukan dan semakin anehnya makhluk yang dimiliki. Kemungkinan besar layar ini merupakan layar kematian. Tidak ada yang selamat daripada layar kematian. Meskipun seorang Lyza sendiri telah mencapai layar ini. Sudah dapat dipastikan akan mati meninggalkan bangkai.
Made in Abyss
Abyss yang penuh dengan miseri
© Kimena Citrus / Sentai Filmworks 
/ Kadokawa
Beberapa duggan yang penulis inginkan dalam ending mungkin akan agak berlebihan, tetapi semua kembali kepada Akihito Tsukushi. Tsukushi adalah penulis sekaligus mangaka yang akan membawa anime ini ke arah yang lebih baik.

Perpaduan 2 yang Menarik

Kenikmatan suatu anime, tidak hanya berasal dari plot maupun misteri yang ada. Tetapi unsur lain yang begitu mendorong Made in Abyss menjadi tontonan yang layak. Meskipun menghadirkan cerita berkelanjutkan dan plot yang masih cukup mudah ditebak. Tetapi dengan perpanduan musik latar dan konsep dunia dan visual telah menjadi penyatu dan penyedap rasa penyelam anime ini.

Perpaduan Visual dan audio merupakan nilai plus. Visual yang diberikan sangatlah indah membentuk dunia Abyss yang nyaris fantasi. Selain berfantasi yang menarik, pencampuran dari bumbu musik yang menambah suasana keindahan dan kengerian dari abyss. Visualisasi yang diberikan telah membentuk dunia sekaligus karakteristik setiap karakter. Oleh sebab itu, penyedap ini diacungi Jempol kuat.

Kesimpulan

Konsep Abyss yang mengerikan dihadirkan sangat menawan dalam anime Made in Abyss. Pengiring cerita yang sederhana telah menimbulkan teori sederhana mengenai kemanakah akhir dari penutup Made in Abyss. Penutup manakah yang layak untuk menjadi peledak anime ini. Apakah harus di frezze, di ledakan, ataupun di dark mode. Kembali pada pembaca dan penonton Made in Abyss.
Made in Abyss
Indah dan Penuh dengan Misteri
© Kimena Citrus / Sentai Filmworks 
/ Kadokawa

Kelebihan

  • Penggambaran Dunia yang mengangumkan dan indah
  • Pemusikan yang sangat khas dipadukan dengan visual yang menawan dengan ciri keindahannya.
  • Pembawaan Alur yang menegangkan memberikan suatu merinding yang keras.
  • Kutukan yang melayang layang menyebabkan anak kecil takut dan keras sekali. Sehingga kutukan unsur utama terbaik.

Kekurangan

  • Plot jalan cerita yang sangat santai sekaligus tidak begitu berat.
  • Plot yang mudah menyebabkan kesimpulan dan penutup cerita yang mudah ditebak ke arah mana terjadi.

Nilai Obyektif = Kemungkinan besar saya memberinya 8,8/10

Cocok : Bagi yang menikmati visual, kisah menegangkan, dan isekai dari penyelaman Abyss.
Tidak Cocok : Plot cerita yang mudah ditebak sekaligus mudah dipahami dengan singkat.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini