[Review] Eromanga-sensei : Komedi Romance Kakak Adik Menggelitik

Apakah kalian punya saudara kadung/adopsi? Tapi jarang banger keluar dari kamarnya? Bahkan terlebih lagi jarang sekali untuk berinteraksi dengan keluarganya. Itulah yang dialami oleh Masamune kun bersama dengan Sagiri yang merupakan saudara dalam satu rumah. Mereka selalu tertutup dalam satu rumah. Sagiri yang cuman hanya di kamar saja dan Masamune-kun yang selalu bekerja dan sekolah untuk keluarganya. Dan untuk pertama kalinya, mereka bertemu selama setahun Sagiri menutup kamarnya. Pertemuan yang sangat lama ini terbentuk hanya karena sebuah masalah hobby yang saling melengkapi, yaitu Ero-Ilustrator dan Penulis Light Novel. 
Eromanga-sensei
Eromanga-sensei
© A-1 Pictures Studio
Eromanga-Sensei (エロマンガ先生, Eromanga Sensei) adalah anime yang diangkat dari light novel berjudul yang sama karangan Tsukasa Fushimi dan dikerjakan dalam studio A-1 Pictures Studio yang terkenal dengan karya yang cukup keren seperti Sword Art Online, Anohana, dan Ao no Exorcist. Dikerjakan oleh studio yang sangat berkompeten, maka tidak diragukan lagi tentang kehebatan dan ketertarikan dari Anime Eromanga-Sensei. Bagaimana menurut anda sendiri?

Berikut staff yang mengerjakan Eromanga-Sensei :
Ryohei Takeshita sebagai sutradara, komposisi seri dan sutradara episode
Tatsuya Takahasi sebagai komposisi seri
Kiyotaka Ohata sebagai yang menangani papan cerita dan sutradara episode
Musik dikerjakan oleh Tim Tomoki Kikuya yang berlabel Sacra Music record label dibawah Sony Music Entertainment Japan yang membawa penyanyi ClariS dan TrySail.
Tsukasa Fushimi sebagai kreator original dari Eromanga-Sensei.
Hiro Kanzaki sebagai design original karakter yang dibantu dengan Hiroyuki Oda.
Serta staff lainnya yang belum disebutkan dalam artikel ini.
Serta dibantu dengan pembawa suara yang tergabung dalma tim Eromanga-Sensei seperti Akane Fujita, Yoshitsugu Matsuoka, Ibuki Kido, Mikako Komatsu, dan lain-lainnya.

Langsung ketimbang ngurusin bagian staff produksi, ke poin inti ulasan Eromanga-Sensei ini :
   

Plot Keseluruhan

Sebuah cerita yang penuh komedi romantis yang menceritakan antara kakak adik. yaitu Masamune Izumi bersama dengan Adiknya, Sagiri Izumi . Masamune Izumi merupakan murid SMA yang bercita-cita ingin menjadi penulis light novel terkenal. Sedangkan Adiknya, Sagiri merupakan gadis yang tinggal di kamar sebagai ilustrator. Sagiri sangat memaksakan kakaknya hanya sekedar membuat makanan dengan menggertak melalui lantai kamarnya. Sedangkan Masamune Izumi ingin adiknya meninggalkan kamar dan bersama-sama menjadli hidup yang lebih baik.
Eromanga-sensei
Kisah Antara Izumi Sagiri dan
Izumi Masamune
© A-1 Pictures Studio
Namun, setelah setahun, Masamume baru tahu bahwa "Eromanga-Sensei" menggambar seluruh karakter light novelnya dengan gambar yang ero diminta oleh sang publisher, dan diandalkan oleh Masamume-kun. Hingga sebuah kebenaran terungkap bahwa ilustrator yang menggambar tersebut adalah Adiknya dia sendiri bernama Sagiri Izumi. Terjadilah kekacauan sekaligus hal yang aneh antara keduanya dan berakhir dengan kerjasama yang indah. Namun, di dalam kerjama tersebut diperburuk dengan persaingan pasar segit dalam penjualan produk otaku antar kreator lainnya, khususnya light novel, dan ilustrasi. Persaingan inilah membuat Masamune Izumi dan Sagiri Izumi menyatukan kekuatan agar mengapai cita-cita mereka bersama, yakni menjadi kreator yang karyanya dapat diadaptasi ke anime. Bagaimanakah kinerja mereka agar menjadi lebih kreator terbaik di Jepang dan diadaptasi ke anime mereka?

Plot yang Sederhana

Secara overall, Eromanga-Sensei memberikan plot yang sangat mudah dicerna dari awal karena tidak ada permasalahan lain selain membawa Sagiri dari kebiasaan keluar dari kebiasaan Hikikomorinya dan menjadi kreator terbaik di Jepang hingga karya mereka dianime-kan. Itulah plot yang sangat kental sekaligus ada Eromanga-Sensei, tapi dibawaan yang lain ke arah yang lebih tertanam di kepala audiens, yaitu adalah tingkah laku lucu antar karakter pemerkuat humoris di dalamnya, bahkan lebih banyak menyuguhkan permen-permen pemanisnya.

Saya berasa bahwa Eromanga-Sensei memberikan plot yang masih kurang pass, karena hanya sekian dan begitu di setiap episodenya. Namun di setiap episodenya selalu ditampilkan baik karena telah saling menyambung dan beralur maju. Namun, di luar konten plot yang kurang pass, plot kakak-adik demikian cukup mirip dengan anime-anime sebelumnya, sehingga komedi kakak-adik berasa hampir biasa saja. Selain itu pula, plot yang disediakan hanya diberikan beberapa penekanan-penenkanan di dalamnya sehingga lebih mudah untuk disimpulkan. Secara keseluruhan, berasa sangat mudah dicerna, kurang plot twist yang menekannya, dan mudah sekali disimpulkan. Walaupun demikian, saya belum menyebutkan beberapa harta karun yang baik.

Komedi Romance Kakak Adik Menggelitik

Secara keseluruhan, komedi kakak adik pernah dipakai dan diperagakan oleh anime-anime sebelumnya, bahkan komedi mas-mas dengan adik manis berasa pernah merasakannya saja. Namun, Eromanga-sensei lebih berbeda sedikit karena dibumbui dengan romance yang jarang terjadi antara kakak cowok adik cewek, karena tidak memiliki romance "KUAT" lainnya (walaupun masih ada antara karkater pendukung lainnya). Oleh sebab itu, rasanya sedikit aneh sekaligus menggelitik yang telah disediakan oleh kreator asli bersama studio A-1 Pictures. Bahkan dengan kehadiran pemanis dan gula-gula yang memaniskan komedi-romance-kakak-adik ini.
Eromanga-sensei
Kocak sekali...
© A-1 Pictures Studio
Komedi yang diberikan sejujurnya sangat menggelitik dan terlalu manis dengan kehadiran Ero effect. Ero Effect inipun yang sebenarnya tidak diperkenankan dalam anime remaja di beberapa negara saat ini, namun effect ini memantapkan Eromanga-Sensei (bisa dibaca di bagian Ero Effect). Selain itu, tingkah laku karakter sangat membentuk anime ini menjadi lebih menggelitik. Intinya, bener-bener sukses menggelitik deh.

Selain komedi yang disajikan, jangan lupa terdapat romance yang telah di tulis pada paragraf pertama, dimana antara kakak adik yang menyimpan rasa ingin berpacaran diantara mereka, khususnya sang Sagiri Izumi. Hubungan pacaran kakak-adik inilah menjadi romance yang ditunggu-tunggu karena bukan memberikan kesan romance biasa, tapi contoh sebagian besar komedi friendzone kakak adik dan berakhir hanya kakak adik keluarga Izumi saja. Sesuatu yang jarang terjadi inilah dieksekusi dengan baik oleh A-1 Picture. Selain itu, terdapat pula romance yang berakhir juga kepada Elf Yamada bersama Masamune dan Murasame bersama Masamune sebelum mencapai ending Eromanga-Sensei ini. Untuk mendapatkan informasi mengapa kakak adik ini meromancekan diri, maka harus menonton episode 11 yang menjelaskan seluruhnya.

Walaupun komedi-romance yang diberikan, Sagiri sebenarnya memiliki ketertarikan luar biasa kepada kakaknya. Suatu hal yang tidak biasa karena adik bisa sangat mencintai kakaknya sendiri. Diperlihatkan dengan episode 7 yang cemburu karena kakaknya nge-date dengan Elf Yamada, selain itu pula, sang Masamune-pun memiliki banyak penggemar karena Masamume memiliki bakat penulis light novel keren memperburuk kecemburuan adiknya, bahkan adiknya sendiri ingin menikahi sang kakaknya.

Ero Effect

Salah satu ciri khas dan icon khusus yang ditanam begitu kental dalam Eromanga-Sensei adalah Ero-Effect yang diberikan dalam anime ini. Contohnya pada saat Sagiri yang suka sekali dengan melihat pantsu yang dimiliki oleh karakter-karakter teman bahkan diwariskan dari Ibunya, serta gaya pengambarannya yang terbilang ero pula, dan ditambah pembawaan karakter lainnya. Sehingga Ero effect ini secara langsung dalam tingkah laku dari Sagiri yang keterlaluan dan memberikan banyak sekali kesan, ada yang sangat menyukainya, ada yang cukup tidak menyukainya. Dan beberapa Ero Effect lainnya yang diberikan berkesan seperti fansservis pada penonton agar memperkuat Eromanga-sensei ini. Oleh sebab itu, kinerja A-1 Picture dalam mengadaptasinya cukup baik.

Impian Bersama

Setiap orang pasti memiliki mimpi yang akan diwujudkan dalam kehidupannya. Impian ini dapat membuat mereka merasa nyaman dan berasa semangat walaupun tidak secara nyata harus diwujudkan kehidupan, tapi mereka berusaha untuk mewujudkannya agar lebih berguna. Demikianlah yang dilakukan oleh Masamume dan Sagiri agar menggapai cita-cita mereka yang menjadi kreator terbaik di Jepang dan disukai oleh banyak orang. Sehingga hasil karyanya dapat diadaptasi dalam anime Jepang.
Eromanga-sensei
Jadi Memerah...
© A-1 Pictures Studio
Impian yang ingin dicapai oleh kakak adik ini harus perlu perjuangan keras dengan tekanan dari mana-mana agar mereka sangat mencapai tujuan yang mereka inginkan. Impian bersama ini harus di lalui dengan yang cukup keras namun dalam anime tapi ditunjukan dengan hal-hal sederhana dan lebih mudah disimpulkan, sehingga kurang berasa tapi cukup bagi penonton, tapi saya menghargai kerja keras kakak-adik Izumi-sensei ini.

Nonton Hingga Terakhir

Namun, sebelum permasalahannya ini , dimana saya pernah menulis (akhirnya diahpus) hanya 8 episode cukup, tapi ternyata episode 11 menunjukkan hal yang lebih menunjang episode sebelumya, khususnya episode 8 yang lebih baik. Memang episode 9 dan 10 merupakan episode dimana hanya menunjukan fans servis yang diperbanyak, termasuk baju renang yang dikenakan oleh Elf Yamada, dan Murasama Senju, sekaligus perayaan, bumbu-bumbu komedi yang lebih diperbanyak sekaligus diperkuat dalam episode ini. Tapi semenjak menginjak episode 11, baru berasa hal berbeda dimana bagaimana pertemuan Masamune dan Sagiri di masa lalu. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menontonnya hingga akhir.
  

Anime Terkenal A-1 Pictures

Jika diperhatikan dengan lebih baik episode pada episode 8 merupakan banyak sekali easter egg terlihat terang-terangan di anime ini. Sebut saja Sword Art Online yang terlalu terang-terangan dimunculin sebagai anime terkenal karya A-1 Pictures. Memang terlihat okay si sebagai anime terkenal. Namun di sisi lain sebagai strategi pemasaran yang dilakukan A-1 Pictures agar mereka dapat menjual anime itu lebih baik (Walaupun sebenarnya hanya easter egg kecil tapi tidak terlalu berefek hanya memperkuat sedikit di anime ini). Easter Egg inilah yang "cukup banget" kemunculan dalam anime Eromanga Sensei.
   

Karakteristik yang Keterlaluan

Satu-satunya karakter yang sangat keterlaluan adalah effect dari Sagiri yang bener-bener ero. Mengapa demikian? Karena Sagiri satu-satunya yang suka sekali akan masalah-masalah ero dalam hidupnya. Hingga dia harus menyukai namanya pantsu yang dipakai oleh setiap teman ceweknya. Suatu hal yang sangat tidak masuk akal yang dilakukan oleh Sagiri. Selain itu pula, ero yang diberikan oleh Sagiri ini sangat melesat dan tertanam dalam ingatan penonton. Oleh sebab itu kelakukan dari Sagiri ini cukup keterlaluan sekaligus menghibur. Berikut karakter utama yang sangat keren :
Eromanga-sensei
Wahh...
© A-1 Pictures Studio
Sagiri Izumi, Seorang yang bertitel sebagai Eromanga-Sensei yang bener-bener suka menggambar sesuatu dengan bentuk ero yang digemarinya. Selain itu pula dirinya cinta akan kakaknya sendiri bernama Masamune Izumi. Kemampuan menggambarnya yang dilatih dari ibu nya dahulu membuat dirinya sangat senang akan menggambar, bahkan sifat ero yang dia punya diwarisi oleh Ibunya. Sagiri berasa hidup jikalau dirinya dapat menggambar dan berkata ero-ero padanya. Dirinya pula menyukai pantsu yang dipakai oleh teman-temannya cewek. Dalam Anime Eromanga-Sensei dialih suarakan oleh Akane Fujita.

Sagiri Izumi merupakan adalah anak perempuan yang tinggal bersama ibunya yang juga seorang penggambar yang handal. Dirinya banyak belajar dari Ibunya. namun setealah peristiwa ibunya meninggalkannya bersama Ayah Masamune. Dirinya mulai berhenti akan kemampuan yang dimilikinya. Namun saat bersamaan pula, dirinya suka akan live streaming yang ditampilkan karena dalam feed dapat berinteraksi dengan seseorang dan mendapatkan respon. Sehingga dirinya mulai live streaming, akhirnya dirinya bertemu dengan Masamune setelah setahun mengunci diri dikamar, dan jangan lupa bilang "BAKA!!!!"

Selain itu pula, terdapat juga Masamune Izumi yang merupakan anak SMA yang kerja part time sebagai penulis light novel yang terkenal. Dirinya suka akan pekerjaan-nya sebagai penulis light novel sehingga dirinya harus kerja hingga larut malam agar mengerjar deadline yang telah diberikan. Dia punya harapan untuk lebih dekat dengan Adik. Dirinya secara langsung pada episode 5 bahwa suka akan adiknya sendiri. Tapi ditolak. Dirinya dialihsuarakan oleh Yoshitsugu Matsuoka.
Eromanga-sensei
Hehehe
© A-1 Pictures Studio
Masamune kehilangan ibunya dan tinggal bersama dengan Ayahnya. Dirinya memiliki kemampuan menulis novel ringan sejak muda saat sekolah menengah sehingga membawanya dalam penulis novel ringan. Namun akhirnya dirinya harus ditinggal dengan ayah yang menikah lagi dengan wanita lain (kemungkinan besar Ibu Sagiri) dan meninggalkan Sagiri padanya. Sehingga mereka merupakan anak yang yatim piatu mandiri. Walaupun demikian, Masamune tetap merawat adiknya walaupun sulit untuk dibawa keluar dari kamarnya. (Hingga akhirnya mereka ngedate)

Ditambah dengan karakter lainnya yang tergabung dalam Eromanga-Sensei seperti Jinno Megumi, Yamada Elf, dan lain-lainnya sangat baik dalam menghias anime Eromanga-Sensei agar lebih berarti. Namun satu-satunya yang keterlaluan adalah Jinno Megumi yang bener-bener ngomong soal "manly pride". Tapi hampir overall semua karakter-karakter yang terbangun terlihat keterlaluan sekaligus mendukung cerita yang begitu humoris dan menyenangkan. Keterlaluan yang dimaksud adalah ero effect yang diberikan karena tidak sesuai dengan usia (dibawah 18 tahun). Lucu dan Humoris disamping keterluan karakter yang dibawakan.
  

Visualisasi khas A-1 Pictures

Memberikan visual yang bener-bener berkelas merupakan ciri khas studio A-1 Pictures. Dengan khas yang mereka lakukan, yaitu dengan pewaranaan yang cerah dengan proporsi tubuh yang baik serta dan visual dengan ciri khas yang dibentuk oleh A-1 Picture agar tetap hidup.

Background yang diberikan tetap mengandalkan warna yang cerah oleh studio A-1 picture agar tetap terlihat bersih di mata. Penggunaan teknik warna cerah ini cukup baik walaupun tidak memberikan banyak gradasi yang nampak. Selain itu tidak menimulkan kesan realisme pada background yang diperlihatkan.

Walaupun tidak memberikan background yang realisme, namun pembawaan visual karakter yang sangat baik inilah tetap mempertahankan ciri khas dari anime yang diberikan cukup baik. Memang bagus kecerahan warna yang diberikan karena dapat menarik minat anak kecil dan remaja buat menonton anime ini. Namun beberapa visual memberikan yang sangat tidak baik walaupun udah disensor. Secara overall, berasa okay dan berciri khas. Bahkan ciri khas ini lebih mengarah pada keimutan sang Sagiri Izumi.
  

Musik yang Mendukung

Untuk kesekian kalinya, menemukan musik yang bener-bener mendukung dan memberikan khas itu sangat sulit. Tapi kali ini berdasarkan studio musik yang besar, maka musik yang diberikan pada anime ini memiliki khas yang luar biasa. Mengapa tidak, setiap musik yang diberikan pada anime ini sangat cocok sehingga dapat menimbulkan kesan yang baik dalam anime ini. Lantunan musik yang sangat cerah sangat cocok untuk anime komedi-romace kakak adik ini. Musik dikerjakan oleh Tim Tomoki Kikuya yang berlabel Sacra Music.
Eromanga-sensei
Sang Izumi Sagiri!!
© A-1 Pictures Studio
Opening musik yang diberikan dibawakan oleh ClariS yang membawa lagu Hitorigoto (ヒトリゴト) yang menjadi trending di Spring 2017. Mengapa tidak lagu yang dibawakan memiliki cirikhas yang cukup unik dengan penyanyi yang masih sekarang belum ketemu mimik wajahnya. Memberikan lagu yang juga ceria pada opening yang sangat unik. Selain itu pula vocal yang khas oleh ClariS yang baik. Selain itu pula adalah menceritakan perasaan yang ingin disampaikan oleh sang tokoh utama yang sebenarnya saudara. (Perasaan ini sulit untuk diungkapkan, yaitu perasaan cinta ini.)

Ending Musik yang diberikan dibawakaan oleh TrySail dengan lagu adrenaline!!!. Lagu ini cukup cerah juga sebagai lagu ending yang mengaksikan walaupun gk banyak yang sukai. Selain itu pula lantunan instument yang diberikan tetaplah keras pula. Sehingga lagu ini seakan-akan berasa asyik di telinga.

Kesimpulan

Eromanga-sensei adalah sebuah anime karya Picture A-1 yang berasa sangat menggelitik. Diawali dengan komedi romance kakak-adik yang bener-bener menggelitik. Ditambah dengan kesukaan Sagiri yang menyukai ilustrasi berupa ero-ero yang diwarisi oleh ibunya. Selain itu pula, kemampuan sang Masamune sebagai penulis light novel. Oleh sebab itu, saya menilai kombinasi ini cukup baik.

Walaupun menyajikan komedi romance kakak-adik, sesampainya episode-episode akhir, saya menilai pertemuan antara Masamune dan Sagiri merupakan hal yang unik. Dimana Masamune dan Sagiri merupakan teman semenjak kecil, saling mengenal tanpa diketahui namanya, tapi mereka menyimpan rasa saling menyukai. Hingga mereka jadi kakak adik baru sadar di episode 11 ini.
Eromanga-sensei
Oh Sagiri Oh..
© A-1 Pictures Studio
Disamping sebagai anime yang mengangkat nama ero, maka tidak perlu dipertanyakan lagi tentang effect ero yang ada plus maupun minusnya. Selain itu pula, beberapa karakter berasa cukup baik dan kuat walaupun dalam karkater pendukung di kantor Masamume hanya bertindak sebagai manajer saja. Secara overall, hingga episode akhir, saya menyukainya. Bahkan saya menyarakan tanpa menghilangkan effect ero yang sebenarnya cocok di anime ini, tapi kurang cocok di usia muda.

Kelebihan

  • Pertemuaan Antara Sagiri dan Masamune di Masa lalu pada episode 11. Hingga memperkuat nilai Eromanga-sensei menjadi unik. Ditambah kesuksesan Keluarga Izumi menjual Light Novel, dan lain-lain. Oleh karena itu, episode 11 merupakan episode terbaik.
  • Ero Effect yang mendukung Eromanga-sensei
  • Butuh di tonton hingga akhir agar mendapatkan feel lainnya.
  • Musik yang beras okay untuk anime ini.
  • Sagiri Effect yang luar biasa, bersama beberapa karakter yang mendukung.
  • Elf Yamada dan Murasama melakukan pedekatan pada Masamune yang luar biasa. Sehingga Sagiri cemburu.
  • Visualiasi tidak terlalu buruk dan berciri khas. Sagiri Imut.
  • Walaupun ditutup di episode 8, tapi dapat dipertahankan pada episode 11, walaupun hanya 1 episode saja.
  • Ending yang bener-bener Festival bagi Eromanga-sensei.
  • Komedi yang masuk dan menggelitik.
 

Kekurangan

  • Fans Servis yang kadang kala berasa kurang aman di lihat (kurang aman saja).
  • Plot yang mudah sekali dicerna dan ditebak kemana lajunya
  • karakteristik yang keterlaluan ini masih dibawah usia (kecuali beberapa saja).
  • Manajer yang belum jelas, Takasago Tomoe, dan Shidou-Sensei. Bahkan kakak Elf Yamada yang belum jelas.
  • Episode 7 berasa terlalu cepat, apa mungkin dari pengaruh manga sehingga hanya berjalan satu episode saja menjelaskan Eromanga-sensei. Sehingga berasa ditutup di episode 8.
  • Episode 9 - 10 berasa seperti penyajian fans servis di pantai.

 

Saran

  • Alur jangan terlalu cepat, khususnya episode 7 yang terlalu cepat menjelaskan isi cerita.
  • Menambahkan variasi musik yang lain di season 2 agar menarik tanpa menghilangkan musik yang merupakan ciri khas Eromanga-sensei.
  • Mempertahankan visual yang merupakan ciri khas anime ini.
  • Effect-Effect yang sebenarnya sangat cocok di anime ini tetap dipertahankan.
  • Keimutan dari Sagiri-pun dipertahankan. 
 

Terima kasih :

My Anime list --> Eromanga-sensei
Studio A-1 Picture, Kadokawa, Sacra Music Label, dan lain-lain dalam pembuatan, dan pendistribusian anime ini.

Bagaimana pendapat kalian mengenai Eromanga-Sensei ini?
Komentar Facebook
1 Komentar Blogger

1 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini