[Review] RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records : Dedikasi Penuh dalam Mengajar

Salah satu anime yang mengangkat cerita tentang guru kembali hadir di dunia magic kali ini. Selain seorang guru profesor Heine dalam Anime Oushitsu Kyoushi Haine. Namun kali ini guru yang mendidik sangatlah berbeda. Bahkan dirinya merupakan bukan guru yang bener-bener perfect seperti Heine. Tapi guru yang tetap menjadi pendukung muridnya dalam susah maupun senang. Anime yang menghadirkan sosok guru hebat kembali hadir pada musin Spring 2017. Dengan judul yang cukup panjang juga, yakni Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
RokuAka / Rokudenashi Majutsu
Koushi to Akashic Records
© LIDENFILMS
Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Record (Akashic Records of Bastard Magic Instructor, ロクでなし魔術講師と禁忌教典) merupakan sebuah anime yang digarap oleh LIDENFILMS berdasarkan light novel karangan Kurone Mishima, dan Tarou Hitsuji. Studio LIDENFILMS merupakan studio yang cukup baik dalam pembuatan anime di Jepang. Walaupun merupakan salah satu studio yang baru dalam produksi anime, tapi mereka cukup memiliki anime yang terkenal misalnya Yamada-kun to 7-nin no Majo, Udon no Kuni no Kiniro Kemari, dan Senyuu. Langsung saja ke staff yang menangangi anime Spirng 2017 ini :
  
Director ditangani oleh Minao Kazuto.
Kreator Asli ditangan Kurone Mishima sebagai ilustator dan Tarou Hitsuji sebagai penulis.
Komposisi Seri ditangani oleh Touko Machida.
Naskah ditangan oleh Chikara Todo, Rintarou Ikeda, Touko Machida dan Yu Sato.
Papan cerita ditangan oleh Chikara Sakurai, Ikurō Morikawa, Minato Kazuto, dan Shinobu Yoshioka.
Unit Sutradara ditangan oleh Chikara Sakurai, Satoshi Takafuji, Shingo Uchida, Shinobu Yoshioka, dan Teruyuki Omine.
Pemusik ditangan oleh Tim Hiroaki Tsutsumi yang berlabel Kadokawa yang dibawakan oleh Konomi Suzuki sebagai opening serta Akane Fujita, Yume Miyamoto, dan Ari Ozawa sebagai penyanyi Ending.
Kepala sutradara animasi adalah Makoto Iino (飯野まこと), dan Satoshi Kimura.
Sutradara animasi ditangan oleh Akihiro Yamamoto, Daisuke Ishibashi, Miho Azuma, Ryouichi Nakano, Shinya Kokaji, Shiomi Yamada, Shuichi Hara, Shunsuke Imanaka, Toshiyuki Fujisawa (藤澤俊), dan Yasuhiro Namatame (なまためやすひろ).
Sutradara Suara oleh  Youji Shimizu.
Sutradara Fotografi oleh Takao Saito (齊藤崇夫).
Pendesign Warna ditangani oleh  Mineyo Oonishi.
Pendesign oleh Noise Ekoda (Mahojin).
Kunci animasi dipegang oleh Motoki Yagi, Shinichi Takahashi.
Design properti ditangan oleh Toshinori Iwanaga.
Dan lain-lainnya dalam staff Studio LIDENFILMS.
Serta beberapa pengisi suara seperti Soma Saito, Yume Miyamoto, Akane Fujita, Ari Ozawa, dan lain-lain yang tergabung dalam pengisi suara di Tim RokuAka.
  
Bagaimana hasil dari kinerja Studio LIDENFILMS dalam membangun anime Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records?
  

Plot Keseluruhan

Untuk petama kalinya, Sekolah Sihir Kerajaan Imperial Alzano menerima guru baru bernama Glenn. Guru yang bukan  guru impian dari Sisitine karena guru lamanya yang sudah pensiun. Guru yang terlihat memalas, lamban, dan tidak kompeten sama sekali sebagai guru ngajar pada umumnya. Dirinya cuman menulis untuk belajar sendiri, kemudian tidak bekerja sama sekali, dan tertidur dikelas. Sehingga terlihat dirinya tidak disukai oleh anak didiknya, terlebih lagi untuk Sistine dan Rumia.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Guru Pemalas
© LIDENFILMS
Namun, saat kejadian yang sangat mengertikan dan mengancam seluruh keselamatan murid-muridnya. Glenn menunjukan seluruh dedikasi sangat tertinggi untuk melindunginya. Bagaimanakah yang dilakukan Glenn untuk melindungi seluruh muridnya?
 

Keusilan sang Guru Baru, Glenn Radars

Sejujurnya,  2 episode ini merupakan bagian yang cukup menipu karena kehadiran 2 episode, Glenn berasa seperti guru malas yang akan mengajar ke dalam sekolah akademi. Keusilan dan kemasalasan sang guru ini berasa seperti penyajian komedi kepada penonton. Tipuan inipun cukup menjelaskan kepada penonton pada anime ini yang akan berjalan lebih unik setlahnya, sehingga banyak menarik penonton untuk menontonnya.
   
Kemampuan episode tipuan ini cukup diapresiasi agar mendatangkan penonton yang lebih. Saya pun berasa ketipu ketika melihat 2 episode yang belum mencapai inti cerita sehingga berasa keren. Selain itu pula, penjelasan 2 episode ini terbilang cepat untuk baik. Walaupun begitu, berasa unik sekali yang dibawakan dalam anime ini.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Tatapan yang aneh
© LIDENFILMS
Pembawaan episode ini sangat berarti, bahkan episode 2 berasa sangat cepet untuk menjelaskan kemampuan guru Bastard ini. Sebuah tipuan yang cukup unik pula dari guru bastard ini. Bener-bener guru usil dan kurang kompeten untuk menipu kita semua. Haha menggelitik deh.
 

Sedikit Plot Twist yang Keren

Salah satu anime action yang ada dalam Spring 2017 cukup unik dan keren. Setiap episode memiliki twist tersendiri dan lebih enak untuk dilihat. Bahkan twist ini berasa nyaman dalam mata dengan kombinasi visual yang baik. Sekolah magic yang bukan hanya sekolah magic, belajar sihir, dan langsung menang begitu saja dalam competisi. Bukan cuman itu, bahkan disini menyajikan cerita dari yang lain.
  
Penyajian cerita yang bergeser dari keusilan guru menjadi dedikasi guru yang sangat keren kepada murid kesayangannya bener-bener keren. Namun banyaknya acaman dari luar untuk menghancurkan sekolah beserta kerajaannya Alzano Imperial Magic. Disinilah yang letak plot twist yang jarang terjadi dalam satu genre. Apalagi mengombinasikannya dengan guru dan school (walaupun pernah ada). Penyajian inipun diperbagus dengan aksi-aski yang memukau dari Glenn, Sitine, Rumia, dan Re=L. Selain itu pula, banyaknya karakterpendukung yang muncul tiba-tiba untuk memperkuat jalannya cerita agar aksi yang diberikan lebih berarti.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
My Card
© LIDENFILMS
Kombinasi setiap plot twist ini cukup baik. Karena berasa sangat nyaman dengan plot twist yang kurang ditebak. Walaupun aslinya hanya 3 episode yang cukup mengartikan anime RokuAka ini. Tapi Setiap episodenya sangat berarti. Selain itu pula terdapat banyak komedi yang tidak terlalu serius agar anime ini tetap ditonton. Eskesuki yang unik dari KyoAka berserta Kurone Mishima dan Tarou Hitsuji.
 

Setiap Episode Sangat Berarti

Seperti pada plot twist yang menerangkan bahwa setiap episodenya sangat berarti, maka satu halyang perlu diingat bahwa setiap detik anime ini dieksekusi dengan baik oleh LIDENFILMS sehingga menyajikan anime action magic school yang keren.
  
Aksi-aksi yang disajikan dan plot twist serta sifat guru yang pemalas inilah yang menjadi ciri khas tersendiri dalam anime ini. Selain itu pula terdapat pula alur maju yang cukup dieksekusi dengan baik, dan banyak hal-hal lainnya yang berarti,  sehingga secara keseluruhan, anime ini memiliki episode yang sangat berarti untuk ditonton. LIDENFILMS telah mengeksekusinya dengan baik
 

3 Episode akhir yang bener-bener menarik

Nilai plus yang terakhir adalah 3 episode akhir yang terdapat pada episode 10 - 12. Dimana disini merupakan bagian Sistine yang harus diatasi permasalahannya melawan Leos palsu (Jatice Lowfan Justice). Memang penuh dengan kejutan dan pertarungan akhir yang bener-bener menarik untuk disimak, dimana terdapat pertarungan akhir antara Glenn melawan Jatice ini.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Hahahah
© LIDENFILMS
Kami menilai plus dengan durasi pertarungan yang bener-bener panjang. Memang episode 12 sendiri di fokuskan untuk pertarungan Glenn melawan Jatice. Nilai plus banget ini pertarungannya. Berasa sangat okay dan special deh. Intinya episode ini sangat berarti, setiap episode menghasilkan identitas mereka masing-masing. LIDENFILMS telah.
   

Dedikasi Penuh dalam Mengajar

Satu-Satunya guru yang memiliki dedikasi penuh walaupun dirinya sangat bastard adalah Guru Glenn Radars. Dirinya hanya memiliki sifat pemalas sebagai seorang guru dan memiliki pendidikan yang bener-bener rendah sebagai guru dan tidak layak sebagai guru dalam akademi. Tapi secara tak langsung menjadi guru akademi karena rekomendasi dari Celica, cukup aneh juga.
  
Selain itu pula, dirinya mengajar hal yang tidak seperti guru pada umumnya. Glenn mengajar hal-hal yang sangat berbeda karena dirinya kurang memiliki kemampuan buat belajar. Glenn hanya menulis bahwa mereka harus belajar sendiri dan dirinya hanya tidur di kelas. Sehingga dirinya sangat tidak layak untuk mengajar. Sehingga penggambaran yang cukup unik dalam agar menjelaskan anime ini.
 
Tapi semua berubah ketika mulai mencapai episode 2 dan seterusnya. Glenn menunjukan kemampuan yang sangat luar biasa sehingga dirinya yang semula pemalas, akhirnya menjadi lebih baik dan bahkan mengalahkan kelas-kelas lainnya. Sehingga kelas 2 menjadi lebih populer bahkan dibawakan oleh guru bastad ini lebih baik dari guru yang lainnya.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Tidak cuman Ngajar seperti ini
© LIDENFILMS
Selain itu pula, semakin ke depan, maka episodenya semakin keren pula. Plot twist yang diberikan sangat bearti sehingga peran guru pemalas ini menjadi lebih dalam lagi. Dirinya tidak cuman sebagai guru biasa, tapi dirinya harus menjaga seluruh anak didiknya. Dirinya sangat berdedikasi penuh akan keselamatan dan kemampuan yang dimiliki oleh anak didiknya di kelas 2. Seluruh kemampuannya harus diberikan kepada anak didiknya sehingga sangat diapreasi guru semacam ini.
 
Nyawa harus dipertaruhkan disetiap waktu, itulah yang dilakukan oleh Glenn kepada anak dirinya. Dirinya menunjukan kemampaun yang tependamnya dalam melindungin anak muridnya dari bahaaya. Wow Sungguh luar biasa.  Selain itu pula, saya rasa guru macam ini jarang ada sama sekali untuk saat ini. Mereka hanya mengajar untuk mengejar payday, namun kurang mengarah pada keselamatan muridnya. Saya Pribadi sedikit mengapreasiasi guru semcam ini karena telah memberikan seluruh hidupnya pada muridnya. Bahkan dengan nyawanya sekalipun. Sebuah guru yang sangat jarang ada di kehidupan ini.
 
Selain itu pula, aksi yang diberikan memang menantang nyawa sanga gurunya.Dirinya bahkan mengorbankan seluruh darahnya kepada muridnya. Sehingga Muridnya tidak terluka sekalipun. Misalnya episode 3 yang penuh dengan darah sang Guru. Ketimbang guru yang lainnya yang mengajar di Akademi ini. Dirinya mengorbankan nyawanya yang sulit tergantikan (Walaupun ini merupakan sekolah sihir) kepada murid-muridnya.
  

Kombinasi Genre yang menarik

Satu-satunya yang menjadi hal menarik dalam anime ini adalah genre yang disediakan dalam setiap episodenya. Genre yang lebih mengarah pada school, action, komedi, dan magic lebih berasa sekali di setiap episodenya. Bahkan satu hal yang lebih diapreasiasi adalah keseimbangan yang disediakan dalam anime ini. Sehingga kadang kala memberikan atmosfer tersendiri dalam anime ini.
 
Atmosfer komedi yang dibentuk berasa baik sekaligus munculnya sangat baik di setiap hal yang tidak terkira. Sehingga menimbulkan kesan yang mengelitik sekali, saya merasa cukup senang dalam anime ini dimana atmosfer yang serius diubah menjadi atmosfer yang begitu santai sekaligus perubahaan ini sangat cepat sehingga terlihat menarik.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Tim Bertahan
© LIDENFILMS
Selian itu, dari Atmosfer komedi dikembalikan ke dalam atmosfer action yang penuh dengan aksi-aksi keren yang diberikan. Penuh dengan aksi yang berdarah sekaligus pemberian visual yang cukup menarik pada beberapa design lingkaran yang terlihat menarik dengan effect itu. Selain itu pula, aksi yang diberikan sangat menghiasi RukoAka dengan baik. Kombinasi dari yang santai dengan fanservis berubah seketika itu juga menjadi lebih serius di beberapa episodenya. Sehingga membentuk keseimbangan yang menarik dalam RukoAka.
   
Atmosfer-Atmosfer yang diberikan sangat diapresiasi sehingga menghasilkan enjoyment yang berlebih dalam anime ini agar tidak terlalu serius maupun tidak terlalu menggelitik. Secara pribadi saya sangat menyukai keseimbangan pada anime ini dan beberapa anime pada umumnya. Suatu hal yang saya sukai dan apresiasi kepada Studio LIDENFILMS.
  

Karakteristik Terbentuk dan Menarik

Setap manusia pasti berubah jikalau pikiran mereka berubah. Selain itu, dalam pembentukan karakter, manusia punya jalannya sendiri agar terbentuk. Namun satu-satunay jalan yang paling cepat dalam pembentukan karakter adalah dalam penderitaan. Termasuk yang terbentuk dalam anime RukoAka. Dimana Glenn, Sistine, dan Rumia harus menghadapi para penghancur kerajaan beserta akademinya. Mereka menghadapi banyak sekali mendapatkan penderitaan yang begitu kuat sehingga mereka memiliki mental yang kuat. 
   
Glenn Radars, seorang guru pemalas sekaligus guru yang paling ahli dalam akademi ini. Dirinya hanya mendapatkan pendidikan rendah namun di perdalam oleh yang merupakan profesor Celica. Walaupun dirinya punya sifat pemalas dalam Akademi (jangan lupa naluri lekaki). Tapi dirinya adalah salah satu anggota kerajaan yang menjadi seorang kesatria yang siap menjaga muridnya. Dedikasi penuh terhadap muridnya merupakan hal yang ingin dia wujudkan dalam kelasnya. Dirinya diahlisuarakan oleh Soma Saito. 
   
Sistine Fibel, merupakan murid kesayangan Glenn. Dirinya diperlihatkan sebagai shiro neko yang merupakan sebutan bagi Glenn. Dirinya merupakan salah satu penyihiri hitam yang cukup ahli walaupun statusnya hanya seorang murid akademi. Dirinya yang awalnya tidak menyukai sifat alami Glenn akhirnya jatuh cinta karena keahlihan Glenn. Dirinya juga merupakan murid yang dilindungi sepenuhnya oleh Glenn dan kawan-kawan. Dirinya diahli suarakan oleh Akane Fujita.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Rumia - Sistine - Re=L
© LIDENFILMS
Rumia Tingel, merupakan murid yang dilindungi oleh Glenn. Rumia merupakan anak dari seorang Ratu Agung dan merupakan anak disayang olehnya. Oleh sebab itu, Glenn melakukan perlindungan yang penuh padanya. Rumia merupakan gadis penyihir putih yang memiliki mental yang begitu keras. Oleh sebab itu, dirinya siap akan segala sesuatu. Selain itu pula, dirinya merupakan gadis yang paling dicari dari banyak penjahat oleh karena kemampuannya yang melebihi apapun. Dirinya dialihsuarakan oleh Yume Miyamoto.
  
Terakhir, Re=L Rayford, merupakan anak hasil percobaan dari kakaknya bersama temannya. Dirinya juga merupakan gadis paling kuat dengan senjata pedang besar yang dia punyai. Dirinya sangat sulit untuk menggunakan sihir. Selain itu, Re=L merupakan anak yang paling sulit untuk mengendalikan emosinya dan terlihat bodoh karena terlalu cepat memutuskan. Dirinya memiliki masa lalu yang berat (sehingga aku menangis di episode 9). Re=L dialihsuarakan oleh Ari Ozawa. Walaupun dirinya hanya karakter pendukung, tapi setelah episode 6, dirinya memiliki pengaruh yang sangat luar biasa.
 
Selain karakter-karakter mereka yang menjadi perhatian, kami juga memperhatikan karakter-karakter yang terdapat pada murid-murid Glenn di kelas 2 yang bener-bener mendukung anime ini sepenuhnya. Karena mereka merupakan murid yang bener-bener unik. Secara keseluruhan, karakter yang ditawarkan sangat menarik.
  

Visualiasi yang cukup baik

Sebuah element lainnya yang diberikan para studio dalam menggambarkan anime ini, yaitu visual. Visual yang dikelola oleh studio LIDENFILMS cukup memberikan ciri khas darinya. Penggunaan visual yang terlihat okay pada backgound dan karakter berasa sangat baik. Namun hal yang paling baik adalah visualisasi yang diberikan pada efek-efek sihir dalam pertarungannya.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Rumia Tingel / Visualisasi yang keren
© LIDENFILMS
Dengan penggunaan bakcground yang terlihat cukup baik proporsi dan pewarnaannya. Selain itu pula satu-satunya yang jempol disini bukanlah background karena masih terlihat baik, tapi karakter yang diberikan berasa sangat keren. Visual karakter demikian cukup diapresiasi karena memberikan perbedaan yang mendalam serta dengan pembawaan karakter yang mendukung. Pewarnaan yang tidak begitu mencolok dan mudah dikenali cukup diapresiasi. Namun, satu-satunya yang terlihat sangat baik (menurutku) adalah visualisasi yang diberikan pada pertarungan antar karakter. Baik itu visual efek sihir maupun karakter sangat baik pembawaannya. Secara keseluruhan, LIDENFILMS cukup mengeksekusinya dengnan baik.
   

Musik yang Mendukung

Musik dalam anime RokuAka dikerjakan oleh Tim Hiroaki Tsutsumi berlabel Kadokawa ini cukup menarik. Penggunaan musik sangat berasa sehingga penghias anime ini cukup baik. Musik Latar dan sound effect berasa sangat baik dalam pembawaannya. Pembawaan lantunanya cocok dalam situasi-situasi di anime ini.

 Opening musik ditangai oleh Konomi Suzuki yang membawakan lagu Blow Out. Lagu yang dilabeli oleh Kadokawa ini cukup menarik dari segi pembawaannya. Namun tidak begitu memoriable karena lyricsnya sehingga berasa masih kurang dalam anime ini walaupun dijadikan lagu opening. Tidak ada ciri khas yang diperlihatkan sehingga kurang menarik. Vocal yang dinyanyikan cukup menceritakan RokuAka. Tapi overall berasa okay walaupun jarang diputar
 
Ending Musik ditangan oleh Akane Fujita, Yume Miyamoto, Ari Ozawa yang merupakan pemain dalam RokuAka membawakan lagu Precious You☆ yang juga merupakan label Kadokawa. Lagu yang dibawakan di akhir ini cukup unik. Merupakan lagu yang sedikit memiliki khas walaupun tidak terlalu memoriable. Tapi Oveall berasa okay ditelinga.
   

Kesimpulan

Sebuah anime action magic school muncul secara baik di Spring 2017. Memang banyak yang menggunakan genre semacam ini di Spring 2017, tapi kali ini lebih berasa baik dan asyik. Mulai dari karakteristik yang diperlihatkan, kemampuan magic, dan hal-hal yang unik di dalam anime ini. Saya menilai bahwa anime ini memiliki daya tarik yang luar biasa di Spring 2017.
RokuAka / Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Woow.
© LIDENFILMS
Dengan plot yang mungkin twist kecil, sedikit mudah ditebak, dan cukup menarik. Ditambah juga dengan karakteristik yang terbentuk, baik itu Rumia, Sistine, Re=L dan sang Glenn-sensei.Selain itu pula musik yang diberikan, masa lalu, komedi yang diberikan, dan lain-lain yang berasa menarik untuk dieksekusi oleh LIDENFILMS dalam RokuAka ini. Saya menilai bahwa anime ini cukup baik dan berpengaruh. Oleh sebab itu, saya sangat merekomendasikan untuk menonton RokuAka ini.
   

Kelebihan

  • Visualisasi yang berasa okay dan menarik
  • Karkateristik yang terbentuk, unik dan menarik.
  • Cerita yang dieksekusi begitu menarik dan kuat.
  • Action anime yang menarik dengan porsi yang seimbang.
  • Karakter pendukung yang bener-bener mendukung.
  • Musik yang cocok di beberapa situasi.
  • Feelingnya sangat dapat, baik itu sedih, dan 
  • Intinya cukup menarik untuk disimak.
  • Komedi yang diberikan cukup keren. 
  • 3 Episode terakhir yang bener-bener menarik. (jangan kelewatan)
    

Kekurangan

  • Tipuan fans servis, jadi anime ini diawali dengan tipuan yang menurutku kami terlalu pengaruh dan minus.
  • Opening anime yang penuh dengan tipuan (untuk episode-episode awal).
  • Plot yang mudah dipisahkan setiap 3 episode, yakni bagian Glenn Sensei, Rumia, Re=L, dan terakhir, Sistine, serta mudah sekali menebak jalannya keseluruhan ceritanya.
  • Fokus hanya pada Glenn-sensei(jelas sang Mage of Justice).
  • Fans servis yang tidak terlalu kuat dalam anime ini.
  • Porsi komedi yang masih terlihat kecil tapi menggelitik.
  • Kompetisi sihir yang porsinya cukup baik, tapi lebih mengarah pada to the poin.
    

Saran

  • Mempertahankan cerita yang semakin menarik maka harus diperbaharui lagi.
  • Mempertahankan visualiasi yang diberikan dalam anime ini.
  • Memperahankan chant sihir yang ada di dalamnya. Bener-bener unik sekali.
  • Mempertahankan musik yang diberikan.
  • Memperbanyak Karakteristik yang mendukung cerita.
  • Cukup dengan Season 1 yang diberikan.
  • Kompetitsi magic yang unik.
  • Season 2 harus hadir juga dalam beberapa tahun kedepan. Karena udah menarik untuk disimak
       
Cocok : Bagi yang mencari anime action komedi dan magic yang ingin diperlihatkan. Karakteristik yang begitu unik, dan porsi anime yang seimbang.

Tidak Cocok : Bagi yang mencari anime Komedi yang berlebihan, action yang berlebihan juga. Serta anime pencinta Slice of Life, dan yang mencari fans servis.
  

Terima Kasih :

LIDENFILMS sebagai Studio produksi, dan Kadokawa Music sebagai label musik, dan Kadokawa sebagai distrubusi.

Dan lain-lain yang bekerja di anime ini.
   
Bagaimana menurut kalian RokuAka ini di mata kalian? Menurutku, bener-bener menarik.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini