[Review] Himouto! Umaru-chan : Punya Adik yang Mangkelin

Pernahkah kalian punya adik? Bagaimana sifat adik kalian setelah kalian ngajak mereka untuk berinteraksi? Namun, jikalau adik kalian sangat tidak sehat? Pasti kalian akan sedikit beremosi karenanya. Bahkan jikalau adik kalian sangat pemalas, kecanduan game, dan terbalik 180 derajat dari sekolahlah? Mungkin kalian sudahi saja adik kalian. Well, anyway, janganlah begitu pada adik anda. Tetaplah bersabar untuk menghadapi tingkah laku adikmu, karena itulah satu-satunya teman (serta saudara) kalian di masa depan nanti.
Himouto! Umaru-chan
Himouto! Umaru-chan
© Doga Kobo
Umaru Doma, itulah adik dari Taihei Doma, Umaru merupakan cewek yang sempurna di mata teman-temannya. Umaru sangat cerdas, mudah sekali berteman, dan berinteraksi banyak orang. Namun tidak bagi Taihei, dirinya merupakan pemalas, suka kecaduan game, dan jangan lupa, Cola Effect. Oleh karena sifatnya yang terbalik di rumah 180 derajat dari sekolah inilah yang menjadi daya tarik tersendiri karena adiknya Taihei Doma ini. Anime Himouto! Umaru-Chan sendiri digarap dan diproduksi oleh studio Doga Kobo.
     
Himouto! Umaru-chan (Himouto! Umaru-chan, My Two-Faced Little Sister, 干物妹!うまるちゃん) merupakan anime komedi kakak adik yang diadaptasi beradasarkan manga yang terkenal berjudul yang sama karangan SankakuHead. Doga Kobo adalah studio yang cukup senior dalam menggarap anime pada umumnya dengan penggambaran dan pewarnaan yang khas. Doga Kobo juga pernah menggarap anime New Game, Gekkan Shoujo Nozaki-kun, Plastic Memories, Yuru Yuri, anime yang baru berjudul Gabriel DropOut, dan sedang menggarap Himouto! Umaru-Chan season 2nd di musim Fall 2017 nanti. Sejak artikel saya ditampilkan cukup terlambat, tapi saya sangat menghargai season 1 Umaru-chan! karena cukup menggelitik (sekilas).

Berkut staff Doga Kobo yang diambil dari website MAL(sebagian) :
Sutradara oleh Masahiko Oota
Sutradara Suara oleh Ebina Yasunori.
Penulis oleh Takamitsu Kuono, Hideaki Koyasu, Kenji Sugihara dan Takashi Aoshima yang juga menggerjakan Komposisi Seri.
Kreator originalnya dipegang oleh SankakuHead.
Pemusik oleh Yasuhiro Misawa bersamaan dengan Marier perancang lirik yang berlabel TOHO Animation.
Penyanyi lagu tema oleh Yurina Furukawa, Akari Kageyama, Haruka Shiraishi, dan Aimi Tanaka.
Sutradara Gambar oleh Yuki Ikenoue.
Kunci animasi dipegang oleh Katsuhiro Kumagai bersamaan dengan sutradara gambar.
Kepala sutradara animasi dipegang oleh Hiromi Nakagawa.
Serta beberapa straff lainnya yang memegang peranan penting dalam animasi.
Dan tidak lupa untuk pengisi suara yang diisi oleh Kenji Nojima, Miyu Tomita, Aimi Tanaka, Akari Kageyama, Haruka Shiraishi, Yurina Furukawa, dan lain-lainnya yang tergabung dalam pembuatan anime ini.
   
Bagaimana kelucuan dan kekocakan yang terjadi dalam anime Himouto! Umaru-chan? Semua kembali kepada audiens masing-masing agar menjadi anime favorit mereka.
  

Plot Keseluruhan

Seluruh orang tidak seperti mereka yang dilahirkan begitu sempurna, seperti Umaru Doma yang merupakan gadis SMA yang sangat sempurna. Semua orang menginginkan dirinya karena kesempurnaann yang dimilikinya, seperti kebaikannya, keramahannya, kepandaiannya, dan kecantikannya, sehingga semua orang mengidolakannya, dan menyukainya. Namun, sampai dia pulang dari dunia luar, dia berubah seketika itu juga dan tidak seperti apa yang dibayangkan banyak orang. Apa yang mereka tidak bayangkan berubah seketika. Hanya kakaknya saja yang tahu akan dirinya.
Himouto! Umaru-chan
Adikku Umaru-chan
© Doga Kobo
Pulang dari sekolah, dunia luar, masuk rumah, dan bukan menjadi siswa yang berprestasi sekaligus menyenangkan banyak orang, melainkan berubah menjadi pemalas dan suka akan makan-makan. Seluruh pekerjaan sekolahnya ditinggal, malas-malasan, dan sukanya bermain game sendiri. Semua ini membuat kakaknya kewalahan. Taihei sebagai kakak Umaru harus bertanggung jawab apa yang telah dikejakan oleh Umaru tersebut. Taihei juga harus berusaha untuk mengajarkan kedewasaan kepada Umaru agar siap di masyarakat nanti disamping dia sangat mencintai Umaru sendiri. Namun Umaru tetap saja bermanja-manja kepada kakaknya.
  
Dibalik dirinya yang juga pemalas, dirinya juga berteman dengan Nana Ebina, dan Kirie Motoba serta bersaing bersama Sylphinford Tachibana. Persaingan dan pertemanannya inilah yang dibentuk secara baik oleh Umaru agar menjadi lebih berwarna anime ini. Bagaimana tingkah mereka berempat dalam mewarnai anime Himouto! Umaru-chan?
  

Plot Berdiri Sendiri Nan Menghibur

Setiap episode Himouto! Umaru-chan memang berdiri sendiri, setiap episode memliki ciri khas mereka masing-masing. Namun tetap mengarah pada satu inti cerita yakni Umaru Doma. Inti cerita yang dimaksud adalah kekocakan Umaru-chan sendiri dihadapan para audiens. Sehingga kekocakan inilah yang menjadi ciri khas anime Himouto! Umaru-chan ini.

Seperti halnya plot yang berdiri sendiri layaknya Non-Non Biyori yang mempunyai plot demikian dan memberikan keindahan Asahigaoka. Namun dalam konteks yang berbeda jauh apa yang di komedikan. Himouto! Umaru-chan sendiri mengomedikan dirinya sendiri karena tingkah laku yang dia lakukan di dalam zonanya. Untuk selengkapnya mengenai ini, maka kalian dapat membaca pada bagian komedi di artikel ini.
 
Walaupun plot yang diberikan tetap berdiri sendiri, kami merasa terhibur yang diberikan oleh Doga Kobo berserta mangaka SankakuHead dalam mengelola anime ini. Setiap plot memiliki kelucuan mereka sendiri dalam menggelitik penonton. Secara overall, menawarkan cerita yang menarik untuk disimak dan sangat menghibur hingga kita lupa waktu menontonnya karena terlalu enjoyment untuk menontonnya.
  

Komedi yang Menggelitik dan Terhibur

Satu-satunya sedikit diluar konten adalah bagaimana penggelitik dan terus menggelitik yang diberikan pada anime ini. Karena tingkah laku kekanak-kanakan yang dilakukan oleh Umaru terlalu over di anime ini. Bahkan keseluruhannya sangat menggelitik untuk menonton ulang dan ulang agar mendapatkan kelucuan yang lebih di anime ini. Sehingga penggelitik yang diberikan berasa nyaman dan penuh dengan gelak tawa.
Himouto! Umaru-chan
Bercerita yang lucu
© Doga Kobo
Walaupun Umaru mendominasi dalam animenya (jelaslah), kita tidak boleh lupa karakter lain yang cukup mendukung cerita ini. Sebut saja Ebina Nana yang gugup akan situasinya, Kirie-chan yang terlalu menakutkan (namun sebenarnya dirinya pemalu dan sulit berinteraksi), serta saingan Umaru bernama Syalphinford, dan jangan lupakan kakaknya bernama Taihei yang bersamannya untuk membangun Himouto! Umaru-chan agar menjadi lebih menghibur.
 
Beberapa adegan lucu adalah ketika Umaru harus menjadi pemalas karena sifat saat menjadi chibi, keegoisan Umaru, dan beberapa hal lainnya yang mengarah sepenuhnya kepada Umaru, serja jangan lupa akan tingkah lucunya pada saat di arcade untuk mendapatkan seluruh hadiahnya. Selain itu pula, Ebina yang suka akan Taihei, Kirie-chan yang terlalu sulit berkomunikasi, dan lain-lainnya yang sangat banyak. Sangat diapresiasi sekali kinerja dari Doga Kobo menghadirkan anime komedi ini dengan baik. Slice of life berasa sangat menarik untuk disimak. Bener-bener menggelitik
   

Dibalik Komedi yang Menggelitik

Walaupun menyajikan komedi secara sepenuhnya dalam anime ini. Tapi jangan lupakan apa pesan yang ingin disampaikan oleh anime ini. Kebanyakan anime yang bergenre demikian juga dihiasi sebuah genre yang secara tersirat disampaikan, yaitu genre Slice of life. Selayaknya Non Non Biyori yang juga menawarkan anime Slice of Lice yang menawarkan kehidupan perdesaan Asahigaoka. Himouto! Umaru-chan juga menawarkan hal yang sama namun lebih mengarah pada kehidupan modern yang dilakukan oleh Umaru dan kawan-kawannya di Tokyo. Sehingga kebalikan dari Non Non Biyori yang di desa, Himouto! Umaru-chan yang berada diperkotaan.
Himouto! Umaru-chan
Kebersamaan dengan teman
© Doga Kobo
Slice of Life atau potongan kehidupan merupakan suatu genre yang cukup terkenal dan cukup mudah dinikmati oleh banyak orang. Walaupun memang tidak terlihat sebagai anime slice of life dengan kisah yang berharga, tapi cukup memberikan kisah keluarga yang baik. Satu-satunya yang diapresiasi dalam slice of life adalah kinerja Taihei Doma yang bertangung jawab sepenuhnya untuk merawat kenakalan adiknya, walaupun sedikit beremosi untuk mendidiknya. Kesabaran Taihei inilah yang menjadi cerminan kakak bagi banyak orang. Selain itu pula, beberapa cerita masa lalu yang cukup memukau pula yang sangat keren juga.
 
Walaupun tidak secara langsung, tapi cukup memberikan hal yang baik dalam anime ini. Pembawaan yang diberikan untuk Slice of Life sangat diapresiasi dalam mengelola anime ini. Memang Umaru memberikan komedi yang menggelitik, tapi juga memberikan sedikit pelajaran yang berharga bahwa "Jangan menjadi Anak yang Nakal, merepotkan, dan lain-lainnya.". Selain itu pula, slice of life dikelola mengarah pada kehidupan saat ini. Sangat diapresiasi kinerja dari Doga Kobo mengelola Himouto! Umaru-chan ini agar terlihat menyenangkan karena pula dapat membentuk kehidupan sehari-hari.
  

Punya Adik yang Mangkelin

Umaru sebenarnya adalah cewek yang sempurna karena dilahirkan dari keluarga Doma yang merupakan investor (sekaligus perusahaan) terbesar dan kebanyakan keluarganya diberi talenta yang luar biasa, yakni kepadaian yang luar biasa. Sehingga baik Taihei maupun Umaru. Mereka juga merupakan orang-orang yang pandai. Dengan demikian, banyak sekali yang menyukai kepandaian yang dimiliki olehnya karena banyak bakat yang dimilikinya.

Dengan kepandainya yang luar biasa, banyak orang yang menyukainya. Tapi satu-satu hal yang membuat mereka berpikir dua kali adalah sifat asli dari Himouto! Umaru-chan. Sifat asli yang dimiliki oleh Umaru inilah yang harus berhati-hati dalam mempunyai waifu/adik semacam ini. Oleh sebab itu, jika kalian berpikir untuk menjadikannya waifu yang siap memanjakan anda, namun satu-satunya yang akan anda dapatkan secara nyata adalah berlatih untuk sabar dalam mempunyai waifu semacam ini.
Himouto! Umaru-chan
Aslinya begini ni
© Doga Kobo
Memang membuat kita mangkel karena memiliki waifu / adik demikian, karena sifatnya yang begitu terbalik akan talenta yang dimiliki. Saya sendiri pernah menjadikan dirinya waifu karena sifat yang hampir sama dengan penulis, namun setelah berpikir keempat kalinya, baru sadar bahwa dirinya akan sedikit sulit untuk berada dalam kehidupan dunia nyata saat ini karena belum dipersiapkan secara matang.

Walaupun demikian, satu-satunya kemampuan yang aneh dimiliki oleh Umaru adalah dimana dirinya dapat berubah menjadi chibi dan kenak-kanakan di animenya. Kemampuan chibi inilah yang menjadikan dirinya lebih memiliki khas dalam anime maupun manganya. Memang penampilan yang asli sangatlah cantik nan elegan, namun tidak kalah menarik lagi penampilan dari chibi Umaru yang mencerminkan dirinya sebagai kekanak-kanakan yang overdosis.
  
Satu-satunya yang menjadi apresiasi adalah karkater Umaru yang dapat memerangkan 3 karakter sekaligus, yakni Umaru versi original yang cantik jelita, Umaru versi chibi yang merupakan kebalikan dari Umaru versi original, pemalas, dan kenak-kanakan, serta versi U.M.R yang merupakan umaru versi gamers most gamer. Ketiga karkater ini tergabung dalam Umaru Doma itu sendiri.
Himouto! Umaru-chan
Musuh jadi teman
© Doga Kobo
Semua yang punya adik, pasti sering mangkel dan harus bersabar dengan penuh. Namun perlunya pengertian yang luar biasa dalam merawat adik semacam ini yang akan menjadi teman kita di masa depan nanti. Memang mangkel karena sifatnya yang belum dewasa walaupun dirinya anak SMA. Kita harus bener-bener mangkel karena apa yang telah dilakukan oleh adik kita saat ini. Oleh sebab itu, diluar konten anime komedi, adik semacam ini cukup melatih diri kita untuk bersabar menghadapinya. Memang bener-bener membuat kita mangkel karena adik bersifat semacam ini. Saya pun harus bener-bener melatih diri untuk ini.
  

Sedikit Adaptasi Luar Anime

Anime Himouto! Umaru-chan memang mengambil beberapa konten yang berasal dari luar animenya. Termasuk nama-nama game, anime, manga, dan lain-lainnya yang sedikit diaptasi agar tetap menjadi penghibur anime ini dengan baik.

Adaptasi dari anime luar inilah yang cukup menjadi penghias yang baik. Karena dengan mengadaptasinya ke dalam era modern saat ini, mendatangkan banyak sekali penonton untuk menonton Himouto! Umaru-chan dari berbagai jenis penonton. Baik itu dari anak gamer, anime, dan manga. Bahkan yang lucu adalah, di dalam anime ada anime dan manga, dan di dalam anime ada game serta hal-hal lainnya. Hal yang cukup unik juga dalam anime ini walaupun hanya sebagai penghias yang baik.
Himouto! Umaru-chan
Beberapa game diadaptasi
dari luar anime 
© Doga Kobo
Adaptasi yang dilakukan cukup membawa anime ini semakin terhibur, bahkan semakin keren. Kinerja dari Doga Kobo dan Sankaku Head dalam membentuk anime ini semakin lucu. Adaptasi yang diberikan sangat berasa agar menjadikan anime ini smekain terhibur. Cukup menghibur.
  

Karakter yang Unik

Karakter dalam Himouto! umaru-chan memiliki keunikan tersendiri dalam menawarkan karkater yang mendukung sepenuhnya Himouto! Umaru-chan agar semakin keren. Baik itu Umaru Doma, Taihei Doma, Nana Ebina, Kirie Matoba dan jangan lupa Sylphinford Tachibana yang menjadi saingannya. Serta tidak lupa dari Bombar dan manajer Taihei. Namun kali ini saya memberikan beberapa yang sangat mendukungnya.
Himouto! Umaru-chan
Kebersamaan karakter
© Doga Kobo
Umaru Doma, merupakan karakter utama yang permain pada anime Himouto! Umaru-chan yang mengisahkan sepenuhnya tentang dirinya. Merupakan adik yang paling mangkelin di animenya karena bertindak seenaknya saat dirumah. Namun dirinya juga merupakan anak terpandai dan tercantik dalam anime ini (menurut kebanyakan orang luar). Dirinya diahlisuarakan oleh Aimi Tanaka
 
Nana Ebina, merupakan teman sekelas Umaru sekaligus teman terbaik dan tetangga satu apartemennya. Dirinya memang memiliki penampilan yang mencolok saja. Tapi sayangnya dirinya terlalu pemalu untuk berinteraksi dalam dunia luar dan selalu serba salah. Sehingga nilainya selalu jelek disekolah. Dirinya berasal dari desa Akita yang baru saja pindah di Tokyo untuk sekolah serta belajar berinteraksi. Ebina memiliki perasaan yang tinggi dengan Taihei Doma. Bahkan digambarkan dalam Game of Life menikah dengan Taihei. Saat menikmati makanan, Ebina terlalu berlebihan juga dalam memakan sesuatu. Ebina sendiri diahlisuarakan oleh Akari Kageyama
 
Taihei Doma, merupakan kakak dari Umaru Doma yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Dirinya melakukan ini karena belajar hidup mandiri bersama dengan Umaru tanpa menghandalkan warisan dari keluarganya. Oleh karena kerja kerasnya, dia dapat menyewa apartemen dan bekerja seabgai System Support Worker di kantor bersama dengan temannya Kanau dan Bombar. Dirinya memang sangat populer sehingga banyak yang menyukainya, termasuk Ebina dan Kanau. Taihei Doma diahlihsuarakan oleh Kenji Nojima.

Ketiga karakter yang diberikan yang menurutku mendukung walaupun masih banyak karakter yang sangat mendukung lainnya yang belum disebutkan dalam artikel ini. Namun, saya rasa, karakter-karakter diatas cukup untuk menggambarkan anime Himouto! Umaru-Chan ini. Maaf bagi yang menyukai Bomber, Kirie Motoba, dan Sylphinford, serta lain-lainnya. Overall, mereka juga sangat mendukung Himouto! Umaru-chan dengan luar biasa. Karakter-karkater yang terbentuk memang unik untuk membangun anime ini dengan lebih komedi. Walaupun sifat Umaru sendiri sangat mangkelin sekaligus terbalik 180 derajat.
  

Visualiasi yang khas

Satu-satunya unsur yang tidak boleh dilupakan dalam setiap anime adalah visual yang diberikan. Karena tanpa visual yang memadai, inilah bukan namanya anime. Bahkan hanya sebagai novel biasa. Oleh sebab itu, untuk mendukung manga ini menjadi anime yang luar biasa, maka harus diberikan visual yang khas agar menjadi lebih unik. Pembentuk visual ini dibentuk oleh Tim Himouto! Umaru-chan yang terdapat dalam studio Doga Kobo.
 
Untuk visual adaptasi dan background, mereka berasa okay untuk membentuk anime ini. Memang tidak memberikan realis dalam anime, tapi merak berasa sangat mendukung dan cocok dengan visual karakter yang diberikan. Background dan adaptasi yang menarik.
Himouto! Umaru-chan
Seperti bidadari
© Doga Kobo
Untuk visual karakter, mereka sangat sangat unik dan sangat mendukung anime ini. Visual Karkater yang unik ini tetap didukung dengan pembawaan karkater yang unik pula. Bahkan satu-satunya yang cukup di ingat adalah Umaru yang berbentuk chibi. Dimana pembentukan chibi berasa sangat menarik untuk menghias anime ini.
  
Secara keseluruhan, visual yang diberikan sangat memberikan khas dalam anime Himouto! Umaru-chan. Mengapa demikian? Karena Doga Kobo dapat memberikan pembawaan visual yang khas dan dapat diingat oleh para penonton. Termasuk cerita dan tingkah laku yang dilakukan oleh Umaru besama kawan-kawannya. Serta perwarnaannya yang tidak terlalu mencolok sehingga mata tidak cepat lelah menontonnya.
  

Musik yang Mendukung dan Khas

Yap, memang dari sekilas, lagu opening yang sangat unik dan mendukung sepenuhnya anime ini. Namun jangankan lagu opening yang diberikan, musik-musik yang diberikan lainnya, termasuk Ending dan latar musik berasa mendukung dan berkhas dalam anime ini. Oleh karena itu, kinerja sang pemusik Yasuhiro Misawa berlabel Toho sangat diapresiasi. To the poin satu persatu.

Opening musik dibawakan oleh Aimi Tanaka yang merupakan pemain Umaru Doma membawakan lagu Kakushinteki☆Metamaruphose! (かくしん的☆めたまるふぉ~ぜっ!) . Lagu ini merupakan yang sangat populer karena keunikannya. Memceritakan bagaimana kehidupan Umaru yang sesungguhnya dirumah. Kepopupelarannya yang  diberikan bukan hanya karena lyricsnya, tapi pembawaannya yang juga dikatakan unik.
Himouto! Umaru-chan
Kakak menyebalkan
© Doga Kobo
Ending musik dibawkana oleh keempat karakter Himouto! Umaru-chan oleh SisterS (妹S) Aimi Tanaka, Akari Kageyama, Haruka Shiraishi dan Yurina Furukawa membawakan lagu Hidamari Days (ひだまりデイズ). Lagu ini memang kurang populer tapi pembawaannya cukup unik. Overall, cukup cocok menjadi lagu ending Himouto! Umaru-Chan. Terima kasih telah menonton kami.

Secara keseluruhan, musik yang diberikan sangat berkhas dan cocok menjadi musik dalam anime Himouto! Umaru-chan disamping ceritanya yang berasa menggelitik ini.
  

Kesimpulan

Adik kita semua bernama Umaru Doma, memang sedikit mangkel karena sifatnya yang sangat terbalik 180 derajat dari kehidupan dunia nyata. Umaru bersifat sangat malas, suka bermain game sepenuhnya, dan makan makanan manis everywhere hingga junk food. Karena sifatnya yang terbalik 180 derajat celcius, kita dihadapkan berbagai tantangan diri buat sabar dalam menghadapi adik semacam ini. Oleh karena itu, kesabaran untuk menjadi kakak akan adik yang mangkel ini harus baik.
Himouto! Umaru-chan
Hallo minna!
© Doga Kobo
Walaupun menyajikan adik yang begitu mangkel, di dalam konteks plot yang menghibur, memang satu-satunya anime yang memberikan hiburan yang baik. Kekonyolan tingkah laku Umaru dan Kawan-kawannya sangat diapresiasi untuk menghidupkan anime ini dengan baik. Bahkan kita lebih merasakan jenaka anime ini dengan baik. Didukung dengan visual yang khas dan hidup, musik yang mendukung, dan karakteristik yang menarik, maka anime ini cukup layak untuk ditonton bersama keluarga. Good Job, Doga Kobo mengeksekusi Himouto! Umaru-chan.

Kelebihan

  • Menghadirkan tingkah laku Himotou yang mangkel.
  • Komedi yang diberikan cukup dan (sangat) menggelitik.
  • Visual karakter yang khas.
  • Musik yang mendukung sepenuhnya anime ini sehingga memberikan khas
  • Karkateristik yang berkhas dan cukup unik
  • Nana Ebina yang cukup keren dihati bersamaan dengan Sylphinford.
  • Karkateristik UMR yang terbentuk dalam 3 kepribadian.
  • Di dalam anime ada anime, manga, game.
  • Penghias Slice of life yang cukup baik dan berasa lembut dimata pewarnaannya.
 

Kekurangan

  • Berlatih sabar dan sabar
  • Plot yang berdiri sendiri-sendiri setiap episodenya
  • Setiap episode punya komedi dirinya masing-masing.
  • Siap-siap berlatih menjadi pemalas.
  • Setiap episode memiliki khas mereka masing-masing
  • Jangan lupa, anak ini bener-bener mangkelin yap :3 
  • Berasa santai... (Memang sulit menemukan kekurangannya). 
  • Ending yang kurang berasa
  • Tidak ada aksi, bagi yang mencarinya siap-siap sedikit kecewa. :3

Saran

  • Mempertahankan seluruh ciri khas dari Himouto! Umaru-chan
  • Jikalau ada sempat season 2, maka terbentuklah Sifat Umaru yang mendukung.
  • Memberikan karkater baru yang cukup mengagetkan dalam Himouto! Umaru-chan berikutnya
  • Memperkaya karakteristik dari mereka terutama Kirie-chan.
  • Slice of life sedikit ditekan walaupun dengan komedi yang diberikan.

Cocok : yang mencari Komedi bergenre Slice of Life dalam membangun anime ini, Mencari penonton dari para gamer dan anime, tidak terlalu serius animenya.
Tidak Cocok : Yang mencari aksi-aksi atau anime action yang berlebih. Mencari anime yang terlalu serius.

Terima Kasih :

Doga Kobo dalam membentuk animasi ini.
Toho Animation yang membantu penyebarannya dan musiknya.
Sankaku Head yang membangun Manganya.
  
Kira-kira, Bagaimana aksi Umaru-chan dkk berikutnya di Season 2nd nanti?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini