[Ngoceh²] Perbedaan antara Otaku dan Wibu / Weeaboo, suatu ejekan dan juga kebanggaan di Indonesia

Sekian lama saya tidak memberikan suatu edukasi maupun ngoceh-ngoceh yang bakalan asyik kali ini. Sekian lama saya tidak memberikan pendapat saya dalam artikel khusus kali ini. Mengapa tidak karena saya sangat banyak berfokus. Baik dalam perkuliahan. Rumah, dan lain-lain. So sampai artikel ini turun beberapa diantara sini cukup terlambat untuk mengoceh ria bersama para pembaca.
Bedanya Otaku dan Weaboo
© Kaskus
Mengapa bahan kali ini ialah mengenai yang bernama Otaku dan Wibu / Weeaboo yang menjadi fenomena umum dikalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang mengakui dirinya Otaku, ada yang mengakui dirinya Wibu. Bahkan ada yang bangga akan kewibuan mereka. Nah pada segmen post kali ini kita akan membahas beberapa hal yang penting untuk meyelamtkan generasi Indonesia yang mulai agak chaos masalah anime kali dengan memberikan gambaran perbedaan dari Otaku dan Wibu ini. So Check it now.

Otaku

Pengertian Otaku

Otaku adalah istilah Jepang untuk orang-orang dengan minat obsesif, terutama di anime dan manga.  Bahkan Otaku sebenarnya juga memiliki makna seseorang yang sungguh-sungguh menekuni hobinya.  Sehingga otaku adalah orang yang menekuni hobi dan passionnya. Diambil suatu contoh dalam animanga bahwa orang yang sangat tekun untuk menonton anime pasti tidak akan berusaha menjadi sangat profesional dalam bidangnya. Sebut saja yang lainnya misalnya saja seorang ahli menulis. Dirinya berusaha untuk benar-benar tekun apa yang ia Tulis. Pada akhirnya orang-orang ini disebut otaku.
Contoh yang sedang menjalani
hoby pembuat game
©Doga Kobo
Tetapi belakangan otaku berkembang dalam budaya kotemporer saat ini (2019) dartikan sebagai orang yang menyukai hoby berupa anime Jepang. Dikarenakan kata otaku sendiri berasal dari Jepang.

Etymology

Otaku sendiri berasal dari istilah bahasa Jepang yang merunjuk pada rumah atau keluarga orang lain selain dirinya (お宅/御宅, otaku). Sering dignakan dalam pengartian metafora dan honorifik kata ganti untuk ornag kedua. Dalam sebuah kasus ini, merubah terjemahannya menjadi "Anda." Yang berasal dari rumah atau keluarga orang lain berubah menjadi anda / kau.

Dalam suatu slang modern dari otaku sepenuhnya beasal dari aksara hiragana(おたく) , katakana(オタク, atau yang lebih jarang, ヲタク) yang digunakan untuk menyapa sesama pengemar anime.

Ciri-Ciri Otaku

  • Sebagai mengikuti ciri-ciri pertama sebenarnya ciri-ciri otaku secara umum dan sesuai adalah orang yang sedang mengejar hoby mereka yang mereka tekuni.
  • Sekarang sebagai panggilan bagi sesama anime manga yang ada di dunia. Bahkan di Indonesia

Jenis-Jenis Otaku

Menurut riset Nomura bahwa terdapat 2 studi mengenai otaku. Pertama dilakukan pada 2004 dan 2005. Berikut tipe-tipe yang diungkapkan ada 12 jenis otaku menurut reaseach pertaam Nomura:
  1. Otaku yang suka Manga
  2. Otaku yang suka Idol
  3. Otaku yang Travel.
  4. Otaku yang suka Komputer (PC)
  5. Otaku yang menyukai anime.
  6. Otaku yang menyukai Aksesoris Mobile IT
  7. Otaku suka akan kamera (Fotografi)
  8. Otaku yang menyukai Fashion maupun Stel Pakaian
  9. Otaku yang menyukai Kendaraan dan alat transportasi umum.
  10. Otaku yang menyukau Kesehatan,
  11. Otaku yang menyukai Game.
  12. Otaku yang menyukai mengenai Kendaraan, motor maupun mobil


Wibu / Weeaboo / Wapannese

Pengertian Wibu

Wibu adalah suatu istilah yang diberikan kepada para orang-orang asing atau yang tinggal di luar Jepang yang sangat amat terobsesi terhadap Jepang. Bahkan berbau-bau Jepang yang benar-benar terobsesi dengan Jepang bahkan cukup radikal. Istilah ini sendiri tidak diketahui kapan dimulai maupun asal muasal kata wibu ini muncul.
Seorang Wibu
© Splice Today
Dalam kalangan orang Amerika yang berkulit putih sendiri menyebutkan seseorang yang maniak Jepang dengan kata Wibu. Sedangkan karena mengikuti demikian, orang indonesia mengikuti budaya amerika untuk mengejek seseorang yang menyukai kejepangan secara langsung dengan sebutkan wibu. Sebutan inipun baik yang suka anime, maupun orang yang baru suka wibu. Sehingga jangan heran kalau masalah anime manga dan jepang selalu dipakai mencela mereka dengan sebutan wibu.

Contoh dari dimana seorang mahasiswa indonesia yang tidak pernah mengerti anime maupun manga. Tetapi dirinya ingin hidup di Jepang, Ia mengidolakan Jepang dan kebuadayan serta unsur setiap perkataannya selalu ada unsur Jepang. Sehingga dirinya menganggap Jepang sebagai Tuhan baginya. Meskipun hidup di Indonesia. Bahkan pada tahap yang lebih parah ialah sudah tidak cinta akan budaya mereka. Ini merupakan saya bisa katakan sebagai seorang wibu sejati.

Ciri-Ciri Wibu

  • Wibu sangat kental akan namanya Jepang dan telah menyentuh dalam berbagai didalamnya.
  • Wibu tidak harus suka anime manga, tapi karena sebagian besar orang saat ini mengungkapkan bahwa Wibu adalah pencinta anime maupun manga. tapi tidak juga.
  • Wibu terlalu menjadi wapanese atau bisa dikatakan ingin seakan-akan menjadi dirinya seperti Jepang yang tanda kutip. Over Jepang.
Reasksi Wibu
© JurnalOtaku Indonesia

Perbedaan Otaku dan Wibu

Kalau dilihat dari ciri yang diberikan. Otaku dan Wibu sebenarnya dua kubu yang saling berkaitan tetapi juga bertolak belakang. Hal ini ditandai bahwa Otaku adalah sebutan yang sudah lama terbentuk dan merupakan budaya yang sudah lama terjad sedangkan Wibu akhir-akhir ini muncul begitu aja karena keinginan mereka yang menjadi seperti Jepang
No.
Otaku
Wibu
1 Orang yang menggemari Hobi Orang yang berusaha menjadikan dirinya menjadi
2 Otaku bisa bersifat Positif asalkan hobi yang tekuninnya bisa bermanfaat. Kecenderungan bersifa negatif karena berusaha mengubah sturktur kebudayaannya ke arah kebudayaan Jepang.
3 Otaku dapat dikatakan tidak separah wibu jikalau otaku yang kecenderungannya ke arah otaku Jepang. Wibu jauh lebih parah daripada Otaku karena jauh lebih menjadikan dirinya seperti negara Jepang (Jepang tidak salah tapi orangnya) 
4 Otaku belum tentu dirinya menyukai Anime secara berlebihan Wibu lebih sering mengambil referensi anime sebagai bagian dari kebudayaan Jepang.
5 Kesan yang ditimbulkan adalah dia adalah orang yang biasa kepada orang umum. Kadang kala kesan Wibu yang disampaikan adalah kesan yang cukup aneh didepan orang.
Otaku vs Weeaboo
© Amino Apps

Terus Ngoceh² apa?

Sekilas terlihat sama tapi berbeda secara konseptual. Otaku sebenarnya hanay sekumpulan masyarakat yang sedang menekuni Hobynya. Tetapi pada budaya modern saaat ini digunakan sebagai ejekan kepada orang-orang yang menyukai anime. Tetapi jauh lebih parah ialah ejekan yang digunakan untuk Wibu. Karena Wibu adalah ejekan kasar yang sangat kasar untuk orang-orang yang suka akan Jepang. Mangkanya kebanyakan orang langsung sebut Wibu sebagai ejekan kepada para otaku anime Sebab sebutan dan panggilan Wibu adalah kasar bagi para otaku.

Fenomena semacam ini sebenarnya sudah cukup menjadi keanehan tersendiri. Tetapi jikalau para otaku dapat menyadarkan beberapa pendapat orang mengenai dirinya adalah suatu hal yang benar dan tidak perlu menyebut dirinya Wibu. It's okay it's fine. Ini adalah tindakan yang benar-benar baik ditambah memberikan pengajaran kepada para anti wibu atau orang awam jauh lebih baik.

Kesimpulan

Otaku adalah orang yang menikmat hoby mereka dan otaku belum tentu menjadi wibu dan Wibu belum tentu merupakan addictif otaku karena Wibu merupakan orang yang ingin seakan-akan menjadi dirinya seorang Jepang. (Wapanese). Untuk menyadarkan pada Weaboo perlu waktu khusus dan pendidikan kebudayaan yang baik.

Sekian Ngoceh-ngoceh ini. Semogga bermanfaat.

Sumber :
Wikipedia English
Solusik
riizhu.blogspot.com
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini