[Review] Renai Boukun : Sebuah Anime Parodi untuk Hiburan

Cinta yang harus diberikan adalah cinta yang sejati dari dua pasangan yang sejati. Bahkan pasangan tersebut harus secara alami mengalami percintaan yang demikian agar dapat berjalan dengan langeng. Namun jikalau cinta tersebut tidak terbentuk dan tidak datang secara alami? Pasti setiap pasangan akan segera putus. Solusi yang bener-bener ampuh agar terbentuk adalah KissNote. Kissnote merupakan satu-satunya senjata paling ampuh untuk membentuk cinta dari mereka agar tetap langgeng. Namun semua berakhir sebagai cinta palsu dan bukan solusi tepat dalam mendapatkan relationship yang normal, tapi abnormal. Semua ini terjadi dalam anime Renai Boukun. 
Renai Boukun
Renai Boukun / Love Tyrant
© EMT² / Magame Mihoshi
Renai Boukun (Love Tyrant, 恋愛暴君) adalah anime yang digarap oleh studio EMT² pada Spring 2017 yang diadaptasi dari manga yang sama karya Magame Mihoshi. Renai Boukun menceritakan bagaiaman kinerja malaikat Kissnote bernama Guri dalam membuat percintaan komedi diantara Seiji dengan Akane, Guri, dan Yuzu. EMT² adalah studio yang menggarap anime ini sehingga cukup terkenal. 
    
Berikut Staff EMT² yang membangun Renai Boukun :
Sutradara oleh Atsushi Nigorikawa
Komposisi Seri dan penulis oleh Natsuko Takahashi
Unit Sutradara oleh Toshiyuki Sone
Pemusik oleh monaca
Kreator Original oleh Megane Mihoshi 
Pendesign karakter oleh Mariko Ito 
Sutradara Gambar oleh Akiko Kikuchi, dan Hiroki Matsumoto
Kepala Animasi oleh Miyako Yatsu
Sutradara animasi oleh Ayako Satou, Jun'ichi Kitamura, Mari Shirakawa, dan Ryōsuke Habu
Sutradara Suara oleh Satoshi Motoyama 
Sutradara Fotografi oleh Atsushi Iwasaki 
Produser oleh Hirohiko Kanbe, Hiroyuki Tanaka, Hisa Sugita, Shunsuke Matsumura, Sôji Miyagi, Takaya Ibira, dan Yōsuke Takabayashi 
Penyeting Gambar oleh Hiroki Matsumoto dan Mayuko Koyama 
Pendesign warna oleh Mika Iwami 
Pengedit oleh Yūji Kondō (REAL-T) 
Ilustrasi End Card oleh Tobi (ep 1)
Perancang oleh Hideo Katsumata, Hideyuki Nanba, Hideyuki Saida, Ming Chan, Tadashi Awano, Takaya Ibira, Takuyuki Hirobe, dan Tsuneo Takechi
Design properti oleh Jun'ichi Kitamura 
Penyanyi Lagu Tema oleh Wake Up, Girls! dan smileY inc.
Serta membawa beberapa pengisi suara seperti Kensho Ono, Manami Numakura, Yoshino Aoyama, Yuki Nagano, Yumi Hara dan lain-lainnya tergabung dalam anime Renai Boukun


Bagaimanakah keseruan dari Renai Boukun yang dibangun oleh studio EMT²?
 

Plot Keseluruhan

Kissnote adalah sebuah buku catatan yang sangat kuat seperti Deathnote yang membuat siapa saja yang memiliki nama mereka akan tertulis langsung jatuh cinta jika mereka saling mencium tanpa mempedulikan keadaan apapun. Notebook ini sangat ajaib serta dimiliki oleh Malaikat bernama Guri yang bercosplay sebagai iblis yang bertugas selayaknya cupid. Dirinya yang menciptakan berbagai pasangan agar mereka langeng. Namun ketidaksengajaan Guri yang menulis nama Aino Seiji yang merupakan anak sekolah menengah reguler. Jikalau dia tidak mencium seorang cewek, maka Guri akan mati, tapi ancaman ini hanya memperkuat saja dan tidak berefek kepada Seiji.
Renai Boukun
Cerita komedi dimulai
© EMT² / Magame Mihoshi
Guri berusaha menyakinkan bahwa Seiji untuk mencium cewek yang dia sukai. Hingga semua tertuju pada Hiyama Akane, gadis yang populer di sekolah yang memiliki perasaan kuat untuk Aino Seiji. Namun, Guri juga menyukai Sejiji juga. Selain itu pula, terdapat juga Yuzu yang menyukai kakaknya sendiri bernama Akane. Sehingga menjadi cinta segiempat. Hubungan yang bener-bener tidak normal terjadi pada Seiji. Namun disamping itu, seorang cewek agak gila menyukai Seiji bernama Shikimi juga. Hubungan cinta Seiji bener-bener bermasalah sekaligus bener-bener tidak sehat dan diluar keinginan dari orang-orang pada umumnya. Bagaimana sang heroine utama akan mengatasi hubungan tergila dalam hidupnya?
  

Plot dan Cerita yang Aneh

Satu-satunya yang berasa aneh adalah plot dan jalan ceritanya , Renai Boukun ini bener-bener anime aneh sekaligus memberikan romance komedi dimana-mana. Selain itu juga, juga menceritakan bagaimana kinerja dari Kiss Note yang secara terang-terangannya mengutuki Seiji, Akane, Guri, dan Yuzu. Guri sebagai malaikat yang ceroboh sengaja menuliskan nama Aino Seiji agar dirinya bener-bener mendapatkan keuntungan sekaligus keanehan relationship bersama Akane Hiyama.
  
Dengan demikian, saya sekali tidak merasa nyaman, tapi hanya mendapatkan komedi yang cukup mengocok perut yang dihiasi dengan musiknya. Walaupun demikian, kasihan si Aino Seiji yang udah dikutuk dari awal oleh malaikat cupid tidak berguna, sang Guri. Bener-bener cerita yang tidak masuk akal sekaligus komedi yang mengocok perut. Namun pada episode-episode berikutnya mulai merasa nyaman sang tokoh utama ini.
  

Pengawalan yang Berlebihan

Pengawalan yang terlalu tiba-tiba cukup berasa aneh. Kehidupan normal yang diinginkan oleh Aino Seiji  berakhir kepada kehidupan percintaan yang sangat tidak waras, Guri yang mendekatinya, dan Akane yang mencintainya. Seiji yang tidak sengaja dikutuk oleh mailakat useful mengganggu kehidupan normal dari Seiji. Pembawaan awal yang bener-bener berlebihan sekaligus aneh, bahkan dengan fans servis ini cukup menghipnotis penonton agar menonton anime ini berasa seru. Apalagi pembawaan fans servis yang berasa normal dari Akane. Cukup aneh sekali sekaligus berlebihan. Namun cukup dieksekusi dengan okay oleh EMT², namun masih berasa kurang menyenangkan oleh saya sendiri.
  

Sebuah Anime Parodi

Memang dari awal banget sudah menjadi adaptasi yang begitu jelas. Karena memberikan tulisan Kissnote yang merupakan adaptasi atau parodi dari Deathnote itu sendiri. Apalagi merupakan kebalikan dari Death Note bahwa Kiss Note merupakan siapapun yang ditulis namanya dalam Kissnote akan saling menyukai dan mencium dan langgeng hingga pernikahan. Parodi Deathnote inilah yang membuat ciri khas Renai Boukun sekaligus memperlemah juga.
Renai Boukun
Kissnote??
© EMT² / Magame Mihoshi
Selain adanya Kissnote, kita tidak akan asing terhadap satu karakter yang menghancurkan Seiji, yakni Shikimi. Shikimi digambarkan bagaimana se-Yandere yang dia perbuat (Dirinya hanya dibedakan melalui kacamatanya). Dirinya menyukai akan perhatian yang dari banyak orang, sedikit berbeda dengna yang lain. Sebagai antagonis yang jahat, Shikimi digambarkan begitu aneh di anime ini.
  
Segala kebalikan dan parodi yang diberikan berasa aneh, lucu, dan tidak begitu menyenangkan. Anime parodi ini hanya mengocok perut semata dengna cerita yang bergeser-geser, tapi satu-satunya parodi yang ingin ditampilkan di Spring 2017. Overalll, parodi yang diberikan hanya mengocok perut tapi berasa tidak nyaman karena tidak memberikan hal-hal yang baik, termasuk plot yang bergeser.
  

Kombinasi Romance Komedi yang Aneh

Sesuai dengan genre yang ingin disampaikan, bahwa Renai Boukun menghadirkan sebuah hal yang dicampur begitu aneh. Walaupun hanya sebuah romance komedi yang ditampilkan, tapi masih ada skill turun temurun yang dimiliki oleh Akane dan Yuzu. Akane sebagai pedang dan Yuzu sebagai tameng dalam saat berperang. Mereka memiliki kemampuan ini merupakan keturunan dari orang tua mereka yang memiliki kemampuan demikian.
Renai Boukun
Komedi Romance
© EMT² / Magame Mihoshi
Komedi romance yang diberikan hanya menggelitik. Mengapa demikian? Karena penyajian yang disediakan oleh Renai Boukun ini yang menggelitik saja, ditambah dengan romance yang tidak murni berubah menjadi komedi romance, namun lambat laun akan menjadi murni di anime ini tanpa kissnote sekalipun.
 
Romance yang tidak murni ini dihiasi oleh Kiss dari KissNote oleh karena Guri yang bener-bener merusak hubungan yang begitu normal ke hubungan yang abnormal. Jadi oleh karena KissNote. Maka ada pengaruh lain yaitu Kiss. Setiap kali anime ini tayang, siap-siap melihat banyakanya kiss yang dilakukan oleh karakter. Bahkan akan berasa sangat lucu sekali jikalau ada laki-laki sama laki-laki serta beberapa yang mengocok perut. Bener-bener lucu sekaligus tidak masuk akal.
   

Visualisasi Komedi yang Okay

Satu-satu unsur yang cukup kuat dalam Renai Boukun adalah visual yang diberikan. Secara keseluruhan berasa memang berasa okay dan lucu . Tim EMT² membangun anime ini berasa kental akan komedi, maka harus tetap menyesuaikan dari manga yang mereka adaptasi agar menghasilkan komedi yang tepat di visualnya.
  
Backgound yang diberikan memang tidak mengarah pada realisme, namun berasa okay karena pewarnaan yang terbilang cerah dan pantang untuk anime macam ini. Kecerahan warna inilah yang membentuk background yang cukup baik visualnya. Secara overall, background berasa cukup baik.
Renai Boukun
Visualisasi okey
© EMT² / Magame Mihoshi
Selain itu pula, penggambaran karakter yang diberikan berasa okay, walaupun mempertahankan pewarnaan yang cerah, fans servis, dan beberapa darah yang dilakukan oleh Shikimi berasa okay. Selain itu juga pengambaran yang memiliki sedikit khas agar dapat membedakan antara anime ini dengan anime lainnya cukup sukses. Bahkan kiss yang diberikan, dan pedang akane menambah khas dari anime ini.
  
Satu-satunya yang cukup unik adalah effect penggambaran sekaligus pewarnaan yang berasa cukup memperkuat anime komedi ini. Secara overall, pembawaan karakter, background, dan seluruh visual berasa baik agar dapat memperkuat komedi dalam anime berasa sangat baik dalam eksekusi dan penampilannya. Secara overall, pembawaan visualisasi berasa cocok untuk anime komedi ini.
   

Semakin ke Belakang, Semakin Berubah dan Semakin Jelas

Yap, kata yang pantas untuk menggambarkan plot yang ada di dalam anime ini. Karena semakin ke belakang, anime ini semakin menunjukan kejelasan hubungan yang terjadi antar karakter yang begitu baik. Dengan menghadirkan penggeseran cerita yang terjadi pada 4 episode akhir yang cukup diapresiasi.
 
Memang diawali dengan hal-hal aneh yang terjadi, tapi saya baru bisa mengapresiasi saat mau mencapai episode akhir yang unik. Untuk mendapatkan hal demikian, maka perlu mendalami cerita ini dengan baik-baik dengan mengertinya pelahan-lahan. Untuk mendapatkan kejelasan dan enjoyment yang kuat, maka sedikit mendalami anime ini dengan okay saja.
     

Karteristik yang Aneh

Karakter adalah unsur dari kesekian unsur yang ingin ditampilkan. Kali ini karakterikstik yang ditampilkan cukup aneh dan beragam. Mereka memberikan perbedaan mencolok sekaligus melengkapi Renai Boukun dengan baik agar lebih aneh lagi. Bahkan karakter-karakter mendukung speenuhnya Renai Boukun.
 
Aino Seiji yang diahlihsuarakan oleh Ono Kensho. Aino Seiji sendiri cukup beruntung sekaligus menyakitkan dirinya, dimana dirinya dapat dekat dengan Akane Hiyama. Walaupun begitu, keberuntungannya harus menjadi hal yang menyakitkan karena hubungan mereka bener-bener tidak waras (Seiji mencintai sama Akane). Disamping itu, dirinya juga mendapatkan sang Guri sendiri yang mencintainya terlebih lagi. Namun lambat laun, dirinya mulai menyadari itu dengan menerimanya dengan lapang dada.
 
Akane Hiyama sang pedang, diahlihsuarakan oleh Manami Numakura dan merupakan keluarga dari Hiyama. Akane sendiri merupakan idola sekolah yang dicintai oleh Seiji. Namun perasaannya bener-bener palsu karena ditulis dalam KissNote. Bahkan dirinya juga dicintai oleh adiknya dari nama keluarga berbeda, Yuzu Kichougasaki. Semakin kebelakang tanpa memikirkan KissNote, dirinya semakin menunjukan kecintaannya kepada Seiji dengan dalam.
    
Yuzu Kichougasaki sang tameng, diahlihsuarakan oleh Yuki Nagano merupakan keluarga dari Kichougasaki. Dirinya sangat mencintai kakaknya dia bernama Akane Hiyama yang telah menyelamatkan dirinya. Dirinya berasal dari keluarga Kichougasaki yang berkekuatan tameng diwarisi dari ibunya.
Renai Boukun
Karakter-Karakter aneh loh
© EMT² / Magame Mihoshi
Guri malaikat cupid yang kurang berguna dan kurang kerjaan. Guri dialihsuarakan oleh Yoshino Aoyama, dan sering bercosplay sebagai demon. Walaupun sebagai malaikat cupid, tapi Guri menunjukan kecintaannya kepada Seiji semenjak bertemu dengannya. Dirinya memang cukup memberikan hiburan Renai Boukun.
  
Shikimi Shiramine diahlihsuarakan oleh Yumi Hara. Sepupu dari Akane dan Yuzu yang terkenal dengan kesadisannya , manipulatif, dan hampa. Shikimi sendiri adalah Antargonis utama dalam Renai Boukun. Karakter pendukung yang merusak hubungan sekaligus mendukung jalannya cerita Renai Boukun yang lebih baik. Hingga endingnya kesadisannya hanya membuat dirinya mendapatkan perhatian orang lain saja.
 
Secara overall, seluruh karakter memiliki kepribadian masing-masing yang sangat menyupport anime Renai Boukun agar menjadi Komedi Romance Kiss di Spring 2017 dengan keanehannya. Eksekusi yang aneh sekaligus diapresiasi kepada EMT².
  

Musik yang okay

Musik adalah unsur terpenting dalam setiap anime agar memunculkan cerita yang kuat, namun masih kurang yang terdapat pada Renai Boukun. Pemusik Renai Boukun dieksekusi oleh monaca dengan dengan membawa Wake Up, Girls! dan smileY inc. sebagai penyanyi lagu tema. Musik dan Sound Effect berasa berasa bener-bener kurang berasa untuk memperkuat komedi didalamnya, tapi varietasnya cukup okay. Musik yang diberikan berlabel avex music.
 
Musik opening yang dibawakan oleh Wake Up, Girls! dengan membawa lagu Koi? de Ai? de Boukun desu! (恋?で愛?で暴君です!). Lagu yang dibawakan kurang berasa tapi menimbulkan seikit kesan mengelitik. Karena hampir full lagu menceritakan bagaiamana anime Renai Boukun terbentuk. Secara overall, lagu ini beasa kurang tapi walaupun sedikit menggelitik. Diambil di luar konten. Pembawaan lagu ini cukup unik.
Renai Boukun
Kamu terpilih!
© EMT² / Magame Mihoshi
Ending Musik dibawakan oleh  smileY inc. membawakan lagu  'Suki' wo Oshiete (「スキ」を教えて)" Lagu yang cukup cerita diending anime yang divisualkan dengan pengambaran cinta segitiga dari Seiji bersama Akane dan Guri. Sebagai pelengkap Opening Renai Boukun, ditambah dengan instrument yang cukup sederhana juga. Namun masih kurang memoriable di telinga penonton.
   
Walaupun demikian, saya rasa sangat disayangkan kepada latar musik yang diberikan. Varietas yang diberikan cukup memukau pada Renai Boukun, tapi masih kurang membangkitkan suasana Renai Boukun itu sendiri. Cukup disayangkan anime komedi agar menjadi lebih menggelitik ini. Secara overall, sangat disayangkan
   

Kesimpulan

Sebuah anime komedi yang berkesan agak aneh maupun aneh di awal saya menonton, memang unsur berlebihan komedi cinta yang diberikan. Untuk mendapatkan anime ini lebih jelas, maka jangan di nilai di depan episode karena belum memberikan kejelasan berarti pada cerita, walaupun juga sampai akhir ceritanya berubah dengan sendirinya dan memperjelas anime komedi ini.
Renai Boukun
Endingnya!?!
© EMT² / Magame Mihoshi
Saya hanya mengapresiasi kinerja dari EMT² dalam membangun anime romance komedi yang terlalu aneh inilah. Parodi Anime yang saya apresiasi sekaligus memberikan kelucuan dalam anime ini. Pertunjukan yang begitu aneh ini sangat saya apresiasi karena memberikan kelucuan sekaligus gelak tawa dalam Renai Boukun. Oleh karena itu, saya merekomendasikan bagi mereka yang menginginkan anime parodi yang memberikan gelak tawa yang menarik, tapi saya kurang merekomendasikan bagi mereka yang tidak menginginkan parodi, khususnya parodi anime, dan parodi romance yang berasa aneh sekali.
   

Kelebihan

  • Lucu dan menghibur
  • Tidak terlalu serius, tidak terlalu enjoy
  • Visualisasi berasa cukup berciri khas. 
  • Pengalaman episode akhir yang berubah arah. 
  • Ending yang menggelitik dan menarik.
  • Tidak ada hal yang lain selain komedi saja.
  • Parodi Romance Komedi yang cukup.
   

Kekurangan

  • Memang tujuannya ingin menghibur, tapi tetap berasa aneh dimata.
  • Episode 1 berasa terlalu cepat memperkenalkan karakter, dan berasa aneh luar biasa.
  • Parodi Anime yang aneh sekaligus memberikan humor secara langsung.
  • Ending yang berasa menggelitik tapi kurang puas, karena berasa ya begitu saja. 
  • Pembawaan cerita yang berasa cepat
  • Plot yang berasa aneh untuk disimak, sekaligus cerita yang hanya menampilkan komedi semata.
  • Musik yang kurang memoriable, sebagai penghias semata. 
  • Karakteristik terlalu mudah dipahami dan pemainan yang terbilan okay. 
  • Dikomedikan secara terus menerus walaupun sampai akhirnya terbilang cukup okay.
  

Saran

  • Memberikan cerita yang sedikit lebih jelas.
  • Tetap memberikan komedi tapi tidak secara langsung, melainkan kadang-kadang, namun bila ini anime full komedi tidak masalah. 
  • Memperkuat musik yang diberikan.
  • Menambahkan karakter sampingan yang merusak hubungan dari karakter-karakter yang diatas serta memperkuat karakter yang ada.
  • Saya tidak menyarangkan untuk membuang karkater terlebih dahulu, tapi hanya menambahkan agar menjadi lebih baik dengan plot yang sedikit twist dan jelas.
   
Cocok : Pencari Anime Parodi Romance terunik, pencari anime komedi yang kurang masuk akal. Dikomedikan secara tak baik
Tidak Cocok :  Pencari anime parodi yang masih masuk akal dan komedi yang terdapat secara baik, serta mencari romance yang bener-bener baik sekaligus lebih baik dari hanya sekedar parodi romance komedi.
  
Terima kasih kepada :Studio Bridge,  Magame Mihoshi, dan Avex music dalam mengelola anime ini.
   
Bagaimana menurut anda mengenai anime parodi yang terlihat cukup aneh ini?
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar di Blog ini